KATA
PENGANTAR
Puji
syukur kami panjatkan ke hadirat Allah,Tuhan Yang Maha Esa. Berkat rahmat Allah
Swt makalah metodologi penelitian pendidikan ini dapat diselesaikan. Dalam
makalah ini terdapat
banyak kekurangan. Kekurangan-kekurangan itu ,merupakan alamat bahwa dalam diri
ini terlalu banyak hal-hal yang tidak kami ketahui tentang pembuatan makalah. Apa yang saya tulis ini merupakan usaha yang
sungguh-sungguh.
Penulis
menyadari makalah ini jauh dari kata sempurna sehingga kami mengharapkan kritik
dan saran dari dosen dan teman-teman supaya penyusun dapat memperbaikinya di
makalah berikutnya. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.
Semoga
Allah Swt senangtiasa menambahkan pengetahuan kita demi kebahagiaan dunia dan
akhirat.
Makassar, Desember 2012
Penyusun
DAFTAR
ISI
Halaman
KATA
PENGANTAR ........................................................................... i
DAFTAR
ISI ......................................................................................... ii
BAB I Pendahuluan ................................................................ 1
A. Latar
Belakang ....................................................... 1
B. Rumusan
Masalah ................................................... 1
BAB
II Pembahasan ................................................................. 2
A. Tujuan
penelitian tindakan kelas (PTK) ................. 2
BAB
III Penutup ........................................................................ 6
A. Simpulan
.................................................................. 6
B. Saran
........................................................................ 7
DAFTAR
PUSTAKA ............................................................................ 8
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Dewasa ini, perkembangan masyarakat
berkembang dengan cepat, hal itu berarti tuntutan akan pendidikan yang
berkualitas juga semakin tinggi. Hal itu dapat terwujud jika keterampilan dan
kemampuan guru sebagai praktisi lapangan memadai.
Keprofesionalan guru dituntut untuk
dapat menyelesaikan masalah-masalah aktual yang terjadi dalam proses belajar
mengajar. Hal ini tentu dapat dilaksanakan bila guru mengetahui apa yang harus
dilakukannya untuk mencapai tujuan tersebut. Salah satu caranya dapat
dilaksanakan dengan penelitian tindakan kelas.
Penelitian tindakan kelas akan
menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi mulai dari perencanaan,
penerapan, penilaian dan evaluasi selama proses belajar mengajar.
B. Rumusan
Masalah
Dalam makalah ini pertanyaan yang akan dibahas adalah apa yang menjadi
tujuan dari penelitian tindakan kelas ?
BAB
II
PEMBAHASAN
A. Tujuan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Penelitian tindakan kelas merupakan
penelitian yang dilakukan guru untuk mencapai kondisi yang lebih baik di lapangan.
Walau demikian pelaksanaan penelitian ini sangat beragam di lapangan.
Penelitian ini disebut juga sebagai penelitian berdasarkan praktik lapangan.
Penelitian ini dianggap sebagai jalan untuk merubah dan memperbaiki keadaan di
lapangan menjadi lebih baik. (Setyosari, 2012 : 47-48)
Penelitian tindakan ini digunakan oleh
para guru sebagai praktisi lapangan di- dunia pendidikan. Penelitian ini sering
digunakan guru untuk memecahkan masalah-masalah sehari-hari yang timbul dalam proses belajar mengajar,
masalah-masalah nyata yang terjadi dikelas
akan menjadi cara untuk meningkatkan proses pembelajaran serta
meningkatkan hasil belajar para peserta didik. (Setyosari, 2012 : 47-48)
Menurut (Daryant, 2011 : 13-14) tujuan
dari penelitian tindakan kelas harus sesuai dan konsisten dengan permasalahan
yang akan diteliti. Perumusan tujuannya haruslah dilakukan dengan jelas, baik
dan terencana. Harus jelas untuk apa dan siapa penelitian ini ditujukan. Tujuan
dari PTK disini berbeda dengan tujuan formal yang artinya, tujuan dari PTK ini
bukan
dari apa yang tampak untuk diteliti melainkan proses dan hasil yang ingin kita capai dalam penelitian tersebut, Misalnya
dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam akan diterapkan
strategi proses belajar mengajar yang baru salah satunya dengan meningkatkan
pemanfaatan lingkungan sebagai medianya. Dalam hal ini pengembangan PBM
tersebut bukanlah rumusan dari tujuan PTK tetapi hasil yang akan dicapai yaitu
meningkatnya hasil belajar peserta didik
lah yang merupakan tujuan dari
penelitian tindakan kelas itu sendiri.
Dewasa ini perkembangan masyarakat
berlangsung dengan cepat, tuntutan akan pendidikan yang berkualitas pun semakin
meningkat oleh karena itu kita sebagai guru yang dengan kata lain merupakan
praktisi lapangan di dunia pendidikan dituntut dapat lebih cepat untuk memenuhi
tuntutan-tuntutan tersebut dengan kemampuan dan keahlian yang dimiliki. Oleh
karena itu guru sebagai praktisi lapangan dituntut untuk terus- menerus mencari
dan mencoba hal-hal baru yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Melalui
penelitian tindakan kelas, pendidik dapat meningkatkan dan memperbaiki
layananan pendidikan yang dalam hal ini adalah segala yang terjadi dalam proses
belajar mengajar di kelas. Dalam hal ini dapat dikatakan bahwa tujuan utama
PTK adalah untuk perbaikan dan
peningkatan layanan profesional pendidik dalam menangani proses belajar di
dalam kelas. Tujuan itu dapat dicapai dengan melaukakan tindakan alternatif
dalam memecahkan masalah yang dihadapi. Fokus penelitian ini terdapat pada
tindakan yang direncanakan oleh guru, yang selanjutnya akan diterapkan pada
peserta didik, kemudian dievaluasi apakah berhasil atau tidak (Arikunto, dkk.2009 : 106-107).
Menurut Grundy dan Kemmis (1982)
dalam (Sanjaya,2010:30-33) tujuan penelitian tindakan kelas mencakup persoalan
praktik, pengembangan dan peningkatan terhadap praktek atau kegiatan, keprofesionalan dan situasi atau proses kegiatan. Atau dapat
dijelaskan sebagai berikut :
1. PTK
bertujuan untuk meningkatkan kualitas praktik di lapangan. Praktek disini
adalah kegiatan yang dilaksanakan selama proses belajar mengajar.
2. Untuk
meningkatkan kemampuan pendidik agar dapat selalu tanggap terhadap perubahan
sosial dan bidang ilmu yang didalaminya serta peningkatan kemampuan dalam
proses pembelajaran agar lebih professional.
3. Meningkatkan
proses selama PBM agar lebih berkualitas, sehingga peserta didik pun dapat
meningkat kemampuannya sebab tidak hanya bertumpu pada hasil yang akan
diperoleh. Hal ini tentu hanya dapat terjadi dengan meningkatnya keterampilan
guru untuk menyelesaikan setiap masalah.
Menurut Bahri (2012 : 10) penelitian
tindakan kelas bertujuan untuk memperbaiki praktek dalam pembelajaran agar
menjadi lebih berkualitas dalam prosesnya agar hasil belajar pun dapat
meningkat, secara lebih luas PTK bertujuan untuk meningkatkan pelayanan
pendidikan disekolah dan masyarakat.
Menurut Sanjaya (2010 : 33). Tujuan utama PTK adalah
peningkatan kualitas proses belajar dan kualitas hasil belajar, Dimana
peningkatan itu dilakukan secara praktis, yang artinya pelaksanaannya kadang
tidak memperhatikan kaidah-kaidah ilmiah tetapi lebih kepada situasi dan
kondisi yang secara nyata terjadi di lapangan.
Menurut Tahir (2011 : 85) tujuan utama
PTK adalah perbaikan dan peningkatan
keprofesionalan guru dalam PBM. Sedang tujuan sertaan dari PTK adalah mengembangkan
keterampilan guru untuk menyelesaikan segala persoalan aktual yang terkait
pembelajaran.
Penelitian tindakan kelas ini
dilaksanakan agar sasaran-sasaran yang hendak dicapai bisa terwujud yaitu guru
dapat meningkatkan kualitas isi, proses dan hasil belajar; meningkatkan
kemampuan untuk dapat menciptakan inovasi-inovasi dalam proses belajar mengajar
tetapi hal ini bisa tercapai jika kemampuan guru dalam meneliti juga meningkat,
guru dapat menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi didalam kelas serta
meningkatkan hubungan antara guru dengan tenaga kependidikan lainnya agar
masalah-masalah dalam pembelajaran bias teratasi. (Arikunto, dkk. 2009 : 107).
Mengenai pernyataan di atas tujuan penelitian tindakan kelas dapat
di jelaskan sebagai pengembangan keterampilan proses pembelajaran
yang dihadapi oleh guru dalam kegiatan belajar mengajar di kelas,bukan
bertujuan untuk mencapai pengetehuan umun dalam suatu bidang pendidikan. (Borg, 1996 dalam
Arikonto,
2009 : 107)
BAB
III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Penelitian tindakan kelas merupakan
penelitian yang dilakukan praktisi lapangan untuk mengembangkan dan
meningkatkan pelayanan pendidikan disekolah dan masyarakat.
Tujuan utama dari PTK adalah untuk
memberbaiki dan meningkatkan layanan profesional guru dalam PBM. Tujuan
tersebut dapat direalisasikan dengan melakukan refleksi dengan mempertimbangkan
segala kondisi, menerapkannya dan mengevaluasi hasilnya, atau dengan kata lain
bertujuan untuk,
1. meningkatkan
tahap awal, proses dan hasil dari kegiatan proses belajar mengajar oleh guru
yang profesioanal
2. memecahkan
masalah-masalah aktual yang terjadi dalam PBM
3. meningkatkan
hasil belajar peserta didik.
4. Meningkatkan
keprofesioanalan guru.
5. Meningkatkan
pelayanan disekolah dan masyarakat
Dan tujuan sertaan adalah meningkatkan
daya tarik meneliti dikalangan guru.
B. Saran
Penyusun
menyadari makalah ini masih terdapat banyak kekurangan oleh karena itu penyusun
mengharapkan kritik dan saran dari pembaca demi perbaikan makalah ini dan
makalah selanjutnya
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono,
Supardi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara
Bahri,
Aliem. 2012. “Penelitian Tindakan Kelas”. Makassar : Universitas Muhammadiyah
Makassar
Daryanto.
2011. Penelitian Tindakan Kelas Dan Penelitiann Tindakan Sekolah.
Yogyakarta : Gava Media
Sanjaya,
Wina. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Kencana Prenada Media
Group
Setyosari,
Punaji. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Dan Pengembangan. Jakarta :
Kencana Prenada Media Group
Tahir,
Muh. 2011. “Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan”. Makassar : Universitas
Muhammadiyah Makassar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar