Jumat, 04 Januari 2013

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas


KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah,Tuhan Yang Maha Esa. Berkat rahmat Allah Swt makalah metodologi penelitian pendidikan ini dapat diselesaikan. Dalam makalah ini terdapat banyak kekurangan. Kekurangan-kekurangan itu ,merupakan alamat bahwa dalam diri ini terlalu banyak hal-hal yang tidak kami ketahui tentang pembuatan makalah. Apa yang  saya tulis ini merupakan usaha yang sungguh-sungguh.
Penulis menyadari makalah ini jauh dari kata sempurna sehingga kami mengharapkan kritik dan saran dari dosen dan teman-teman supaya penyusun dapat memperbaikinya di makalah berikutnya. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.
Semoga Allah Swt senangtiasa menambahkan pengetahuan kita demi kebahagiaan dunia dan akhirat.

                                                                                                 Makassar,    Desember 2012


Penyusun



DAFTAR ISI
                                                                                                            Halaman
KATA PENGANTAR ...........................................................................             i
DAFTAR ISI .........................................................................................            ii
BAB    I             Pendahuluan ................................................................            1
A.    Latar Belakang .......................................................            1
B.     Rumusan Masalah ...................................................           1
BAB II              Pembahasan .................................................................            2
A.    Tujuan penelitian tindakan kelas (PTK) .................              2
BAB III            Penutup ........................................................................            6
A.    Simpulan ..................................................................           6
B.     Saran ........................................................................          7
DAFTAR PUSTAKA ............................................................................            8

  

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Dewasa ini, perkembangan masyarakat berkembang dengan cepat, hal itu berarti tuntutan akan pendidikan yang berkualitas juga semakin tinggi. Hal itu dapat terwujud jika keterampilan dan kemampuan guru sebagai praktisi lapangan memadai.
Keprofesionalan guru dituntut untuk dapat menyelesaikan masalah-masalah aktual yang terjadi dalam proses belajar mengajar. Hal ini tentu dapat dilaksanakan bila guru mengetahui apa yang harus dilakukannya untuk mencapai tujuan tersebut. Salah satu caranya dapat dilaksanakan dengan penelitian tindakan kelas.
Penelitian tindakan kelas akan menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi mulai dari perencanaan, penerapan, penilaian dan evaluasi selama proses belajar mengajar.

B.     Rumusan Masalah
Dalam makalah ini pertanyaan  yang akan dibahas adalah apa yang menjadi tujuan dari penelitian tindakan kelas ?

 
BAB II
PEMBAHASAN

A.    Tujuan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Penelitian tindakan kelas merupakan penelitian yang dilakukan guru untuk mencapai kondisi yang lebih baik di lapangan. Walau demikian pelaksanaan penelitian ini sangat beragam di lapangan. Penelitian ini disebut juga sebagai penelitian berdasarkan praktik lapangan. Penelitian ini dianggap sebagai jalan untuk merubah dan memperbaiki keadaan di lapangan menjadi lebih baik. (Setyosari, 2012 : 47-48)
Penelitian tindakan ini digunakan oleh para guru sebagai praktisi lapangan di- dunia pendidikan. Penelitian ini sering digunakan guru untuk memecahkan masalah-masalah sehari-hari yang  timbul dalam proses belajar mengajar, masalah-masalah nyata yang terjadi dikelas  akan menjadi cara untuk meningkatkan proses pembelajaran serta meningkatkan hasil belajar para peserta didik. (Setyosari, 2012 : 47-48)
Menurut (Daryant, 2011 : 13-14) tujuan dari penelitian tindakan kelas harus sesuai dan konsisten dengan permasalahan yang akan diteliti. Perumusan tujuannya haruslah dilakukan dengan jelas, baik dan terencana. Harus jelas untuk apa dan siapa penelitian ini ditujukan. Tujuan dari PTK disini berbeda dengan tujuan formal yang artinya, tujuan dari PTK ini bukan dari apa yang tampak untuk diteliti melainkan proses dan hasil yang  ingin kita capai dalam penelitian tersebut, Misalnya dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam akan diterapkan strategi proses belajar mengajar yang baru salah satunya dengan meningkatkan pemanfaatan lingkungan sebagai medianya. Dalam hal ini pengembangan PBM tersebut bukanlah rumusan dari tujuan PTK tetapi hasil yang akan dicapai yaitu meningkatnya  hasil belajar peserta didik lah yang merupakan tujuan  dari penelitian tindakan kelas itu sendiri.
            Dewasa ini perkembangan masyarakat berlangsung dengan cepat, tuntutan akan pendidikan yang berkualitas pun semakin meningkat oleh karena itu kita sebagai guru yang dengan kata lain merupakan praktisi lapangan di dunia pendidikan dituntut dapat lebih cepat untuk memenuhi tuntutan-tuntutan tersebut dengan kemampuan dan keahlian yang dimiliki. Oleh karena itu guru sebagai praktisi lapangan dituntut untuk terus- menerus mencari dan mencoba hal-hal baru yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Melalui penelitian tindakan kelas, pendidik dapat meningkatkan dan memperbaiki layananan pendidikan yang dalam hal ini adalah segala yang terjadi dalam proses belajar mengajar di kelas. Dalam hal ini dapat dikatakan bahwa tujuan utama PTK  adalah untuk perbaikan dan peningkatan layanan profesional pendidik dalam menangani proses belajar di dalam kelas. Tujuan itu dapat dicapai dengan melaukakan tindakan alternatif dalam memecahkan masalah yang dihadapi. Fokus penelitian ini terdapat pada tindakan yang direncanakan oleh guru, yang selanjutnya akan diterapkan pada peserta didik, kemudian dievaluasi apakah berhasil atau tidak  (Arikunto, dkk.2009 : 106-107).
            Menurut Grundy dan Kemmis (1982) dalam (Sanjaya,2010:30-33) tujuan penelitian tindakan kelas mencakup persoalan praktik, pengembangan dan peningkatan terhadap praktek atau kegiatan,  keprofesionalan  dan situasi atau proses kegiatan. Atau dapat dijelaskan sebagai berikut :
1.      PTK bertujuan untuk meningkatkan kualitas praktik di lapangan. Praktek disini adalah kegiatan yang dilaksanakan selama proses belajar mengajar.
2.      Untuk meningkatkan kemampuan pendidik agar dapat selalu tanggap terhadap perubahan sosial dan bidang ilmu yang didalaminya serta peningkatan kemampuan dalam proses pembelajaran agar lebih professional.
3.      Meningkatkan proses selama PBM agar lebih berkualitas, sehingga peserta didik pun dapat meningkat kemampuannya sebab tidak hanya bertumpu pada hasil yang akan diperoleh. Hal ini tentu hanya dapat terjadi dengan meningkatnya keterampilan guru untuk menyelesaikan setiap masalah.
Menurut Bahri (2012 : 10) penelitian tindakan kelas bertujuan untuk memperbaiki praktek dalam pembelajaran agar menjadi lebih berkualitas dalam prosesnya agar hasil belajar pun dapat meningkat, secara lebih luas PTK bertujuan untuk meningkatkan pelayanan pendidikan disekolah dan masyarakat.
Menurut Sanjaya (2010 : 33). Tujuan utama PTK adalah peningkatan kualitas proses belajar dan kualitas hasil belajar, Dimana peningkatan itu dilakukan secara praktis, yang artinya pelaksanaannya kadang tidak memperhatikan kaidah-kaidah ilmiah tetapi lebih kepada situasi dan kondisi yang secara nyata terjadi di lapangan.
Menurut Tahir (2011 : 85) tujuan utama PTK  adalah perbaikan dan peningkatan keprofesionalan guru dalam PBM. Sedang tujuan sertaan dari PTK adalah mengembangkan keterampilan guru untuk menyelesaikan segala persoalan aktual yang terkait pembelajaran.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan agar sasaran-sasaran yang hendak dicapai bisa terwujud yaitu guru dapat meningkatkan kualitas isi, proses dan hasil belajar; meningkatkan kemampuan untuk dapat menciptakan inovasi-inovasi dalam proses belajar mengajar tetapi hal ini bisa tercapai jika kemampuan guru dalam meneliti juga meningkat, guru dapat menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi didalam kelas serta meningkatkan hubungan antara guru dengan tenaga kependidikan lainnya agar masalah-masalah dalam pembelajaran bias teratasi. (Arikunto, dkk. 2009 : 107).
Mengenai pernyataan di atas tujuan penelitian tindakan kelas dapat di jelaskan sebagai  pengembangan keterampilan proses pembelajaran yang dihadapi oleh guru dalam kegiatan belajar mengajar di kelas,bukan bertujuan untuk mencapai pengetehuan umun dalam suatu bidang pendidikan. (Borg,  1996 dalam Arikonto, 2009 : 107) 




BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Penelitian tindakan kelas merupakan penelitian yang dilakukan praktisi lapangan untuk mengembangkan dan meningkatkan pelayanan pendidikan disekolah dan masyarakat.
Tujuan utama dari PTK adalah untuk memberbaiki dan meningkatkan layanan profesional guru dalam PBM. Tujuan tersebut dapat direalisasikan dengan melakukan refleksi dengan mempertimbangkan segala kondisi, menerapkannya dan mengevaluasi hasilnya, atau dengan kata lain bertujuan untuk,
1.      meningkatkan tahap awal, proses dan hasil dari kegiatan proses belajar mengajar oleh guru yang profesioanal
2.      memecahkan masalah-masalah aktual yang terjadi dalam PBM
3.      meningkatkan hasil belajar peserta didik.
4.      Meningkatkan keprofesioanalan guru.
5.      Meningkatkan pelayanan disekolah dan masyarakat
Dan tujuan sertaan adalah meningkatkan daya tarik meneliti dikalangan guru.


B.       Saran
Penyusun menyadari makalah ini masih terdapat banyak kekurangan oleh karena itu penyusun mengharapkan kritik dan saran dari pembaca demi perbaikan makalah ini dan makalah selanjutnya


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, Supardi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara
Bahri, Aliem. 2012. “Penelitian Tindakan Kelas”. Makassar : Universitas Muhammadiyah Makassar
Daryanto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas Dan Penelitiann Tindakan Sekolah. Yogyakarta : Gava Media
Sanjaya, Wina. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Setyosari, Punaji. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Dan Pengembangan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Tahir, Muh. 2011. “Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan”. Makassar : Universitas Muhammadiyah Makassar.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar