Selasa, 19 Februari 2013

TUGAS KE III ( MAKALAH RANCANGAN PENELITIAN )


METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN


 


                              






OLEH :
MEGAWATI
105400419210
KELAS PGSD V A 2010


PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAL ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR


KATA PENGANTAR
Alhamdulillahi Rabbil Alamin, itulah ucapan yang paling pantas penulis ucapkan sebagai tanda syukur kepada allah Swt. Karena atas segala rahmat dan karunia-Nya itulah sehigga penulis dapat menyusun makalah ini. Makalah Metodologi Penelitian Pendidikan ini Sebagai salah  satu syarat perkulihan. Dalam makalah ini di jelaskan pengertian pengertian rancangan penelitian dan manfaat serta syarat-syarat rancangan penelitian.
   Penulis menyadari bahwa terdapat banyak kekurangan dalam makalah ini, untuk itu penulis mengharapkan saran-saran yang berharga untuk lebih meningkatkan kualitas pembuatan makalah selanjutnya. Dan mudah-mudahan dengan adanya makalah ini dapat membantu pembaca dan penulis sendiri  dalam memahami meteri di dalamnya.
Semoga Allah senantiasa menambahkan pengetahuan kita demi kebahagiaan dunia dan akhirat. Amin …
                                                                         Makassar, 18 Desember 2012

                                                                                       Penulis


DAFTAR ISI
Halaman
KATA PENGANTAR................................................................................ i   
DAFTAR ISI............................................................................................... ii  
BAB I Pendahuluan.................................................................................... 1
A.Latar Belakang............................................................................. 1
B.Rumusan Masalah........................................................................ 2
BAB II Pembahasan.................................................................................... 3
A.Pengertian Rancangan Penelitian................................................. 3
B,Jenis-Jenis Rancangan Penelitian................................................. 8
BAB III Penutup...........................................................................................9
A.Simpulan...................................................................................... 10
B.Saran............................................................................................ 10
         DAFTAR PUSTAKA...................................................................................11



 
BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang.
Dalam melakukan penelitian salah satu hal yang penting ialah membuat  Rancangan penelitian. Rancangan atau Desain penelitian bagaikan sebuah peta jalan bagi peneliti yang menuntun serta menentukan arah berlangsungnya proses penelitian secara benar dan tepat sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Tanpa desain yang benar seorang peneliti tidak akan dapat melakukan penelitian dengan baik karena yang bersangkutan tidak mempunyai pedoman arah yang jelas.
Agar tercapai pembuatan desain yang benar, maka peneliti perlu menghindari sumber potensial kesalahan dalam proses penelitian secara keseluruhan. Kesalahan-kesalahan tersebut ialah:
a. Kesalahan Dalam Perencanaan
Kesalahan dalam perencanaan dapat terjadi saat peneliti membuat kesalahan dalam menyusun desain yang akan digunakan untuk mengumpulkan informasi..
b. Kesalahan Dalam Pengumpulan Data
Kesalahan dalam pengumpulan data terjadi pada saat peneliti melakukan kesalahan dalam proses pengumpulan data di lapangan.
c. Kesalahan Dalam Melakukan Analisa
Kesalahan dalam melakukan analisa dapat terjadi pada saat peneliti salah dalam memilih cara menganalisa data..
d. Kesalahan Dalam Pelaporan
Kesalahan dalam pelaporan terjadi jika peneliti membuat kesalahan dalam menginterprestasikan hasil-hasil penelitian
B.     Rumusan Masalah
a.    Apakah yang dimaksud dengan rancangan penelitian ?
b.    Menjelaskan jenis-jenis rancangan penelitian kuantitatif ?


BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Rancangan Penelitian
Ketika kita akan melakukan penelitian, terlebih dahulu kita sebagai peneliti harus mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan penelitian. Mulai dari membuat perencanaan, merencanakan kerja sama dan memahami macam-macam etika penelitian. Menurut Margono, (2010:100) Rancangan itu adalah alur kegiatan peneliti dalam memecahkan masalah . Disusun secara matang dan cermat sehingga nantinya akan sangat membantu peneliti maupun orang yang membaca hasil penelitiannya dalam memahami masalah serta cara mengatasinya.
Rancangan penelitian dapat juga dikatakan sebagai skema atau bagan karena rencana itu membuat atau memuat peta kegiatan yang akan kita laksanakan dan digunakan sebagai petunjuk. Rancangan juga mengingatkan kita untuk melakukan ini, jangan melakukan yang itu, hati-hati dalam melakukan ini, ini tidak penting dan seterusnya. Ini merupakan sebuah petunjuk dan pedoman seorang peneliti dalam menyelesaikan penelitiannya dan mendapatkan hasil yang memuaskan.
Menurut Soegeng dalam Tahir (2011:51) Rancangan penelitian adalah langkah-langkah penelitian yang terstruktur, Ekonomis dan Sesuai dengan Tujuan Penelitian sehingga data-data yang didapatkan adalah data yang akurat. Sedangkan menurut Sukardi (2003:69), perencanaan penelitian yaitu bayangan untuk seorang peneliti tentang apa yang akan kita lakukan saat menelitian dan menemukan cara mengatasi masalah yang menjadi objek penelitiannya.
Kerlinger dan Lee dalam Setyosari (2010:170) mengemukakan bahwa Kegunaan rancangan penelitian yang pertama adalah pedoman dalam menemukan  hasil/ cara mengatasi suatu permasalahan, yang dulu sebelum kita melakukan penelitian menjadi tanda tanya yang akan kita temukan jawabannya dan setelah melakukan penelitian bertolak dari rancangan itu sendiri kini pertanyaan-pertanyaan itu terjawab semua dan merupakan hasil penelitian . Kedua adalah mengontrol atau mengendalikan variabel yang saling berhubungan, variabel-variabel apa yang harus kita dahulukan.
“Agar rancangan dapat memperkirakan hal-hal apa yang akan dilakukan dan dipegang selama penelitian, perumusannya harus memperhatikan criteria sebagai berikut:
1.    Mencakup semua kegiatan yang akan dilakukan, seperti masalah, tujuan, sumber data, sarana prasarana dan sebagainya
2.    Disusun secara sistematis logis sehingga memberi kemungkinan kemudahan bagi peneliti dalam melaksanakan dan bagi orang lain dalam melakukan penilaian.
3.    Harus dapat memperkirakan sejauh mana hasil yang akan diperoleh, serta usaha-usaha yang mungkin dilakukan untuk memperoleh hasil secara efektif dan efisien.” Margono (2010,100)

B.     Komponen Rancangan Penelitian
Menurut Sukardi (2003:69-73) Secara umum rencana penelitian mempunyai beberapa komponen penting, diantaranya :
a.       Halaman judul
Halaman judul terletak paling pertama dalam laporan penelitian. Pada halaman ini berbeda dengan halaman-halaman selanjutnya sebab, tulisannya lebih tebal dan dengan huruf yang besar. Selain itu, halaman judul berisi judul permasalahan yang akan kita teliti, nama peneliti, logo lembaga (jika penelitian dilakukan dibawah naungan suatu lembaga atau organisasi saperti universitas) dan yang paling terakhir adalah nama dari lembaga itu sendiri. Judul penelitian yang ditulis bersifat mewakili masalah yang membutuhkan pemecahan dan solusi, harus singkat, padat dan jelas.( Sukardi:2003:70)
b.      Pengantar
halaman ini merupakan halaman untuk si peneliti sebab disinilah peneliti memperkenalkan secara sederhana masalah yang hendak di teliti. Pada halaman ini pula peneliti menyampaikan ucapan-ucapan terimah kasih kepada rekan-rekan yang turut membantu proses penelitian, kepada pimpinan dan orang-oarng  yang menjadi inspirasi terlaksananya kegiatan penelitian. Seringkali peneliti menuliskan sebuah kalimat yang menjadi prinsipnya dalam mencari solusi atas permasalahan.(Sukardi : 71)
c.       Pendahuluan
Bagian - bagian di dalam bab pendahuluan adalah : latar belakang yaitu peneliti memberikan pemahaman kepada pembaca tentang kejadian-kejadian yang sangat berhubungann dengan permasalahan yang ingin diteliti serta apa yang menjadi dasar penelitian tersebut dilaksanakan dan perlu untuk dilakukannya penelitian. Identifiksi permsalahan yaitu permasalahan yang mungkin saja ada dalam kasus penelitian yang mempunyai hubungan dengan masalah pokoknya namun dalam menentukan masalah peneliti hrus mempertimbangkan kelayakannya, peneliti hanya mengambil masalah yang sangat erat kaitannya dengan penelitian. Rumusan masalah yaitu untuk memudahkan peneliti memperoleh informasi-informasi yang ilmiah sehingga dalam menemukan jawabannya juga akan mudah dan tepat. Tujuan yaitu apa yang diinginkan peneliti terhadap permasalahan itu sebenarnya sehingga dilakukan penelitian dan Manfaat penelitian yaitu hasil dari penelitian tersebut berdampak positif kepada diri sendiri sebagai peneliti teritama masyarakat .  ( Sukardi:2003:70)
d.      Kajian pustaka
Menurut Setyosari (2010:84) .kajian pustaka yaitu bahan- bahan bacaan yang pernah dibaca oleh peneliti dan menpunyai kaitan dengan apa yang akan diteliti dan membantu peneliti untuk lebih memahami masalah yang dihadapi. Pada kajian pustaka peneliti mengajukan kerangka berpikir, hipotesis, arah metode yang dikehendaki.

e.       Metodologi
Menurut sukardi (2003:71) Pada metodologi terdapat sekumpulan peraturan, kegiatan, dan prosedur yang digunakan oleh peneliti dalam melakukan penelitian sehingga subjek yang akan diteliti dapat dipahami Disini juga peneliti memaparkan metode penelitian yang diterapkan dalam mengatasi permasalahan yang menjadi bahan penelitiannya.
f.       Jadwal penelitian
Komponen ini merupakan penjelasan tenggang waktu yang dugunakan peneliti. Penentuan jadwal menjadi sebuah target yang waktu yang akan diselesaikan dalam melaksanakan penelitian. Agar setiap kegiatan dapat diperhitungkan semakin singkat waktu penelitian maka semakin sedikit pula biaya yang dikeliarkan.(Sukardi:2003:71)
g.      Rencana anggaran/estimasi biaya (jika diperlukan)
Dalam melakukan penelitian pelaku memerlukan biya yang bervariasi, tergantung tempat dan waktu penelitian. Semakin jauh tempat tempat mengumpulkan data maka akan memerlukan waktu yang sangat lama dan semakin banyak pula biaya yang diperlukan.
“kerangka penelitian dalam bentuk singkat yang biasanya memuat hal-hal sebagai berikut :
a)      Nama proyek :
b)      Pengusul proyek:
c)      Supervisor:
d)     Pelaksana:
e)      Pimpinan proyek:
f)       Research associates:
g)      Kontrak:
h)      Jangka waktu pelaksana:
i)        Anggaran biaya:
j)        Scope penyelidikan:
k)      Metode yang digunakan:
l)        Tahapan-tahapan pelaksanaan:
m)    Laporan sementara:” (Narbuko:2012:167-168)
C.    Jenis-Jenis Rancangan Penelitian Kuantitatif
Menurut Tahir (2011:52) penelitian kuantitatif terdiri dari metode eksperimen dan metode non eksperimen. Dalam metode eksperimen terdapat true experiment dan quasi experiment. Sedangkan dalam metode non eksperimen terdapat metode deskriptif, metode korelasional dan metode survei.
1.      Metode eksperimen
a)      True experiment
True experiment atau eksperimen sungguhan dilakukan dengan memberi perlakuan (treatment) kepada kelompok atau subjek untuk mengetahui apakah perlakuan tersebut memiliki dampak pada variabel atau factor hasil tersebut. True experiment ialah untuk menguji hubungan sebab akibat ( Emzir:2007:98)
b)      Quasi experiment
Dalam penelitian quasi experiment bertujuan untuk mambandingkan suatu kelompok. Peneliti memilik secara kelompok atau subjek secara acak dan menentukan kelompok treatment atau kelompok yang mendapat perlakuan dan control. (Setyosari:2010:42)
2.      Metode non eksperimen
a)      Rancangan penelitian deskriptif
Metode penelitian yang mengambarkan ojek sesuai dengan apa adanya yang diperoleh dari peneliti langsung.penelitian ini dapat ditampilkan seperti penggambaran secara factual tentang perkembangan sekolah. Margono (2010:106)
b)      Rancangan penelitian korelasional, menurut Soegeng dalam Tahir (2011:55) penelitian korelasional adalah suatu penelitian yang melibatkan tindakan pengumpulan data guna menentukan apakah ada hubungan dan tingkat hubungan antara dua variabel atau lebih.
c)      Rancangan penelitian survey, yaitu model penelitian yang paling banyak digunakan untuk meneliti kehidupan social dan pendidikan. Penelitian survey mengumpulkan data seakurat mungkin guna mendapatkan informasi mengenai keadaan dan kejadian yang terjadi dikalangan masyarakt tersebut.


BAB III
PENUTUP
A.    Simpulan
Rancangan penelitian adalah  Rencana tentang cara mengumpulkan Data dan Menganalisis Data agar dapat dilakukan secara Ekonomis dan Sesuai dengan Tujuan Penelitian.
Jenis-jenis rancangan penelitian yaitu :
1.      Metode eksperimen
a.       True experiment
b.      Quasi experiment
2.      Metode non eksperimen
a.       Metode deskriptif
b.      Metode korelasional
c.       Metode survey
B.     Saran
Berdasarkan makalah yang telah di susun ini penulis dapat mengemukakan saran bahwa dalam melakukan suatu penelitian seorang peneliti tidak merekayasa dan memalsukan informasi dalam penelitian karena rancangan penelitian sangat membantu kita dalam melakukan penelitian sehingga data-data atau informasi yang di dapat akan benar.


DAFTAR PUSTAKA
Anggoro,Toha M.2007.Metode Penelitian.Jakarta:Universits Terbuka
Emzir.2007.Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif Dan Kualitatif.Jakarta:Rajawali Pers
Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Narbuko, Cholid, Abu Ahmad.2012. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara
Setyosari, Punaji. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Dan Pengembangan. Malang: Kencana Prenada Media Group
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Tahir, Muh. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Makassar: Unismuh


 
                         

1 komentar: