Senin, 12 November 2012

METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN


METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN

    DISUSUN OLEH;

NAMA                     : RAMDAN
NIM                         : 1054 0041 83 10


FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
UNISMUH MAKASSAR
2012




KATA PENGANTAR

Bismillahirrahmanirrahim

            Skukur  Alhamdulillah  penulisan  makalah  metodologi  penelitian  pendidikan  ini dapat  teselesaikan.  Dengan  harapan  bias  menambah  wawasan  dan  menjadi  bahan  kajian  bagi  mahasiswa  dalam  melakukan  penelitian  pendidikan.
            Makalah  ini  cenderum  menekan  pada  penjelasan  pengertian  metodologi penelitian  pendidikan  dan  jenis-jenisnya.  Makalah  ini  terdiri  dari  tiga   bab.
            Sasaran  pembaca  makalah  ini  adalah  para  mahasiswa  jurusan  pendidikan.  Sebab makalah  ini  memberikan  pengetahuan  tentang  pengertian  dan  jenis-jenis  metodologi penelitian  pendidikan.
            Dalam  membaca  makalah  ini,  para  pembaca  perlu  membaca  mulai  dari  bagian  awal  hingga  akhir  secara  berurutan.  Sebab  makalah ini disusun mulai dari  pendahuluan,  rumusan  masalah,  pembahasan,  penutup,  simpulan,  dan  saran.
            Makalah  ini  dapat  terselesikan  dengan  melihat  wacana  di  buku  panduan   metodologi  penelitian  pendidikan  yang  disusun  oleh Dr.H.M. Mussfiqkon, M.Pd.  dan Muh. Tahir, S.Pd., M.Pd.,M.ED., EREA. 
            Semoga   makalah  ini  bermamfaat  bagi  pengembangan  bidang  ilmu  pendidikan  melalui  penelitian.  Selain  itu  memberi  juga  mamfaat  bagi  mahasiswa  dalam  memahami  metodologi  penelitian  pendidikan.



DAFTAR ISI


Sampul ..........................................................................................................  i
Kata Pengantar  ............................................................................................  ii
Daftar Isi  ......................................................................................................  iii
BAB  1:  PENDAHULUAN  ......................................................................  1
A.    Latar Belakang ..........................................................................  1
B.     Rumusan Masalah .....................................................................  1
BAB  2:  PEMBAHASAN ..........................................................................  2
A.    Pelitian Survei ...........................................................................  2
B.     Studi Korelasional .....................................................................  4
BAB  3:  PENUTUP ....................................................................................  5
A.    Simpulan ..................................................................................  5
B.     Saran ........................................................................................  5
DAFTAR FUSTAKA ..................................................................................  6




BAB  1:  PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang

Metodogi penelitian pendidikan adalah kegiatan untuk mencari kebenaran dengan penyelidikan di suatu sekolah. Dan yang melatar belakangi saya membuat makalah ini adalah perintah atau tugas yang diberikan oleh dosen untuk saya karena itu juga sudah menjadi salahsatu kewajiban saya sebagai mahasiswa yaitu mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen.



B.     Rumusan Masalah
 Berdasarkan uraian latar belakang masalah diatas, maka adapun rumusan masalah dalam makalah  ini adalah mengetahui pengetian dan jenis-jenis metodologi penelitian pendidikan.
     















BAB  2:  PEMBAHASAN

A.    Pengertian Metodologi Penelitian Pendidikan
Sebelum kita mengetahui pengertian metodologi penelitian pendidikan telebih dahulu kita mengetahui apa itu metodologi dan penelitian.
Metologi berasal dari kata yunani yang telah di kembangkan dalam keilmuan serta telah masuk dalam setiap disiplin ilmu. Metologi adalah ilmu atau cara yang digunakan untuk memperoleh kebenaran,sesuai realitas yang di kaji (Wikipedia.org,19/03/2012). Kata kunci metodologi adalah “ilmu dan tata cara” yang dipadukan dalam proses pencarian kebenaran, termasuk melalui kegiatan penelitian(Dr.H.M.Musfiqon, M.Pd. dalam bukunya panduan lengkap metodologi penelitian pendidikan hal 2).
Sedangkan penelitian adalah penyelidikan; kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian data yang dilakukan secara sistematis dan objektif untuk memecahkan suatu persoalan atau menguji suatu hipotesis untuk mengembangkan prinsip-prinsip umum.

“Secara etimologi, penelitian berasal dari bahasa Inggris research (re berarti kembali dan search berarti mencari). Dengan demikian research berarti mencari kembali.
Penelitian adalah merupakan proses ilmiah yang mencakup sifat formal dan intensif. Karakter formal dan intensif karena merekaterkait dengan aturan, urutan, maupun cara pnyajiannya agar memperileh hasil yang diakui dan bermanfaat bagi kehidupan manusia. Intensif dengan menerapkan ketelitian dan ketepatan dalam melakukan proses penelitian agar memperoleh hasil yang dapat diper-tanggungjawabkan, memecahkan problem melalui hubungan sebab dan akibat, dapat diulang kembali dengan cara yang sama dan hasil yang sama. Penelitian adalah suatu penyelidikan atau suatu usaha pegujian yang dilakukan secara teliti dan kritis dalam mencari fakta-fakta atau prinsip-prinsip dengan menggunakan langkah-langkah tertentu. Dalam mencari fakta-fakta ini diperlukan usaha yang sistematis untuk menemukan jawaban ilmiah terhadap sustu masalah(Subliyanto Rabu, 09 Juni 2010 di website http//:
pengertian-penelitian-metode-penelitian.html)”.

Jadi kesimpulan penelitian tidak lain adalah usaha seseorang yang dilakukan secara sistematis mengikuti aturan-aturan metodologi misalnya observasi secara sistematis, dikontrol, dan mendasarkan pada teori yang ada dan diperkuat dengan gejala yang ada.

Jadi metodologi penelitian pendidikan adalah kegiatan untuk mencari kebenaran dengan penyelidikan di suatu sekolah.

B.     Jenis-Jenis
Pemilihan jenis penelitian juga mempertimbangkan pendekatan dan metode penelitian yang digunakan menyelesaikan masalah penelitian. Berdasrkan pendekatan dan metode penelitian akan melahirkan beberapa jenis penelitian yang dapat di pilih.
1.   Penelitian Kuantitatif
Penelitian kuatitatif adalah penelitian yang difokuskan pada kajian fenomena objektif untuk dikaji secara kuatitatif.
a.       Penilitian eksperimental.
Pendekatan ppenilitian eksperimental merupakan penelitian yang murni kuantitatif.
b.      Penelitian noneksperimental.
Pendekatan penelitian noneksperimental juga masih termasuk penelitian
kuatitatif. Pendekatan ini banyak di terapkan dalam penelitian pendidikan, karena lingkup kegunaan penelitian sering digunakan penelitian terapan dan tindakan (Dr.H.M.Musfiqon, M.Pd. dalam bukunya panduan lengkap metodologi penelitian pendidikan hal 59-60).
.
2.  Penelitian Kualitatif
      Paradigma penelitian kualitatif adalah berpikir secara induktif. Setiap masalah penelitian dipandang sebagai kasus yang bersifat mikro, baru kemudian ditarik dalam konteks yang lebih umum.

a.       Intraktif
            Pendekatan interaktif dalam penelitian kualitatif dimaksudkan, penelitian berinteraksi secara langsung dengan subjek penelitian.


b.      Noninteraktif
     Penelitian kualitatif noninteraktif  berbeda dengan penelitian kuatitatif interaktif. Dalam pendekatan ini penelitian tidak berinteraksi secara langsung dengan kanca penelitian, karena yang dihadapi adalah dokumen (Dr.H.M.Musfiqon, M.Pd. dalam bukunya panduan lengkap metodologi penelitian pendidikan hal 80).

           

Jenis-Jenis Metode Penelitian


“Berdasarkan sifat-sifat masalahnya, Suryabrata (1983) mengemukakan sejumlah metode penelitian yaitu sebagai berikut;
  1. Penelitian Historis yang bertujuan untuk membuat rekonstruksi masa lampau secara sistematis dan obyektif.
  2. Penelitian  Deskriptif yang yang bertujuan untuk  membuat deskripsi secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta dan sifat populasi atau daerah tertentu.
  3. Penelitian Perkembangan yang bertujuan untuk menyelidiki pola dan urutan pertumbuhan dan/atau perubahan sebagai fungsi waktu.
  4. Penelitian Kasus/Lapangan yang bertujuan untuk mempelajari secara intensif latar belakang keadaan sekarang dan interaksi lingkungansuatu obyek
  5. Penelitian  Korelasional yang bertujuan untuk  mengkaji tingkat keterkaitan antara variasi suatu faktor dengan variasi faktor lain berdasarkan koefisien korelasi”
  6. Penelitian  Eksperimental suguhan yang bertujuan untuk  menyelidiki kemungkinan hubungan sebab akibat dengan melakukan kontrol/kendali
  7. Penelitian  Eksperimental semu yang bertujuan untuk  mengkaji kemungkinan hubungan sebab akibat dalam keadaan yang tidak memungkinkan ada kontrol/kendali, tapi dapat diperoleh informasi pengganti bagi situasi dengan pengendalian.
  8. Penelitian  Kausal-komparatif yang bertujuan untuk  menyelidiki kemungkinan hubungan sebab-akibat, tapi tidak dengan jalan eksperimen tetapi  dilakukan dengan pengamatan terhadap data dari faktor yang diduga menjadi penyebab, sebagai pembanding.
  9. Penelitian  Tindakan yang bertujuan untuk  mengembangkan keterampilan baru atau pendekatan baru dan diterapkan langsung serta dikaji hasilnya.

BAB 3 : PENUTUP
A.    Simpulan
     Jadi metologi penelitian pendidikan adalah adalah kegiatan untuk mencari kebenaran dengan penyelidikan di suatu sekolah. Dan metologi penelitian pendidikan mempunyai 2 jenis yaitu; penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif.

B.     Saran
      Metodologi penelitian pendidikan merupakan suatu kegiatan meneliti kelas atau sekolah, oleh karena itu kita sebagai calon guru diharuskan mempelajari atau mengetahui metodologi penelitian pendidikan agar kita calon guru tidak kewelahan dalam meneliti kelas.






DAFTAR PUSTAKA



Musfiqon.  Panduan  Lengkap  Metodologi   Penelitian  Pendidikan.  Surabaya:  Prestasi  Pustaka. 2012.
Wikipedia.org,19/03/2012
Arikunto, Suharsimi. 2003. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta. http//; pengertian-penelitian-metode-penelitian.html
Surya Dharma, MPA., Ph.D, (2008) Pendekatan, Jenis, Dan Metode Penelitian Pendidikan : Jakarta. http//;Pendekatan, Jenis dan Metode Penelitian _ belajarpsikologi.com.htm



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar