Rabu, 07 November 2012

TUGAS I MAKALAH METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN


NAMA : MUSDALIPA

KELAS : V.A PGSD 2010

NIM : 105400419010

NO.URUT : 30


                  PENGERTIAN DAN JENIS - JENIS METODOLOGI PENELITIAN







 



                                                                                                                  







KATA PENGANTAR

Segala puji dan rasa syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan hidayah-Nya, kami dapat menyelesaikan pembuatan makalah ini. Sholawat serta salam tak lupa kami kirimkan kepada junjungan kita, Nabi Muhammad SAW.
Dalam makalah ini kami mengangkat judul “pengertian dan jenis penelitian”, semoga kita dapat mengetahu apa sebenarnya penelitian itu dan apa bentuk jenis dari penelitian tersebut.
Ibarat pepatah “ Tiada gading yang tak retak” manusia tempatnya khilafah dan alfa. Untuk itu kami mengharapkan saran serta kritik guna perbaikan dimasa mendatang. Akhir kata, semoga apa yang kami lakukan ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

                                                                            Makassar,   November 2012
                                                                           
                                                                            Musdalipa








DAFTAR ISI
Sampul........................................................................................................       i
Kata Pengantar...........................................................................................       ii
Daftar Isi.....................................................................................................       iii
Bab   I      Pendahuluan ..............................................................................       1
A.    Latar Belakang.....................................................................       1
B.     Rumusan masalah.................................................................       1
Bab   II     Pembahasan................................................................................      2
A.    Pengertian Penelitian............................................................         2
B.     Jenis-jenis Penelitian.............................................................        2
Bab   III   Penutup......................................................................................        6
A.    Simpulan...............................................................................        6
B.     Saran.....................................................................................      6
Daftar Pustaka............................................................................................       iv





BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
                   Orang melakukan penelitian karena ada yang melatar belakangi. Dalam lingkungan yangbegitu luas banyak hal yang ingin diketahui oleh sang peneliti. Maka dari itu sang peneliti melakukan penelitian. Manusia melakukan dorongan untuk mengetahui bagaimana itu, apa itu, dan mengapa itu. Orang biasanya sudah puas dengan jawaban singkat atau sederhana, tetapi para ilmuan, peneliti menginginkan hal yang lebih rinci dan mendalam. Dalam kehidupan manusia dihadapkan dengan masalah, ancaman, dan tantangan. Untuk mengatasinya dibutuhkan penjelasan, pemecahan dan penyelesaian. Tetapi tidak semua masalah cepat untuk bisa dipecahkan. Masalah yang sulit harus membutuhkan penelitian. (Sukmadinata,2011:2)
B.       Rumusan Masalah
1.      Menjelaskan pengertian penelitian?
2.      Menjelaskan jenis-jenis penelitian?




BAB II
PEMBAHASAN
A.      Pengertian Penelitian
                          Penelitian adalah sesuatu yang dikerjakan secara hati-hati, teliti untuk mengetahui fakta-fakta atau prinsip-prinsip  atau mencari bukti-bukti dengan masalah yang sedang diteliti. (Hadi, Amirul. Haryono,1998:10)
                             Penelitian adalah suatu proses pengumpulan data yang secara sistematis atau terarah, dengan menggunakan metode ilmiah, baik yang bersifat kualitatif maupun kuantitatif, eksperimental maupun non-eksperimental. (Sukmadinata,2011:5)
B.       Jenis-jenis Penelitian
1.      Penelitian Berdasarkan Pendekatan
a.       Penelitian Kuantitatif
                     Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang menggunakan objektifitas angka-angka, pengolahan statistik, struktur dan percobaan terkontrol. (Sukmadinata,2011:53)
b.      Penelitian Kualitatif
                          Penelitian kualitatif adalah penelitian yang meneliti tentang fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan dan sebagainya baik secara individual maupun kelompok. Penelitian ini bersifat induktif yaitu sang peneliti membiarkan data yang diteliti terbuka dan dihimpun secara saksama dan dideskripsikan secara detail. Sang peneliti mancatat hasil wawancara yang mendalam serta hasil analisis dokumen dan catatan-catatan. (Sukmadinata,2011:60)
                   Penelitian kualitatif menggunakan pendekatan induktif dan bersifat deskriptif. Supaya penelitian tersebut sesuai dengan fakta yang ada di lapangan atau sesuai dengan sebenarnya maka sang peneliti harus menggunakan landasan teori. Dan juga landasan teori itu sanga bermanfaat dalam penelitian kualitatif misalnya memberikan gambaran umum tentang latar dari penelitian dan sebagai bahan pembahasan penelitian. (Malik:2011)
2.      Penelitian Bedasarkan Fungsinya
a.       Penelitian Dasar
                  ”Penelitian Dasar, disebut juga penelitian murni atau penelitian pokok, diarahkan pada pengujian teori dengan hanya sedikit atau bahkan tanpa menghubungkan hasilnya dengan kepentingan praktik. Penelitian ini memberikan sumbangan besar terhadap pengembangan dan pengujian teori-teori. Bertolak dari suatu teori, penelitian dasar diarahkan untuk mengetahui, menjelaskan dan memprediksi fenomena-fenomena alam dan social. Tujuan penelitian dasar adalah menambah pengetahuan kita dengan prinsip-prinsip dasar dan hukum-hukum ilmiah, dan meningkatkan pencarian dan metodologi ilmiah. 

b.      Penelitian Terapan
                      Penelitian Terapan, penelitian ini menguji manfaat dari teori-teori ilmiah, mengetahui hubungan empiris dan analitis dalam bidang-bidang tertentu. Implikasi dari penelitian terapan dinyatakan dalam rumusan yang bersifat umum, bukan rekomendasi yang merupakan tindakan langsung. Penelitian ini difokuskan pada pengetahuan teoritis dan praktis dalam bidang tertentu, bukan pengetahuan yang bersifat universal. Penelitian terapan mendorong penelitian lebih lanjut, menyarankan teori dan praktik baru serta mendorong pengembangan metodologi. 
c.       Penelitian Evaluatif
                   Penelitian Evaluatif, penelitian evaluatif difokuskan pada suatu kegiatan dalam suatu unit tertentu. Kegiatan tersebut dapat berbentuk program, proses, ataupun hasil kerja, sedangkan unit dapat berupa tempat, organisasi, ataupun lembaga. Penelitian ini dapat menilai manfaat atau kegunaan, sumbangan dan kelayakan dari suatu kegiatan dalam satu unit. Pelaksanaan penelitian evaluative membutuhkan kemampuan berkomunikasi dengan bahasa praktis sesuai dengan situasi yang diteliti, tetapi juga focus pada segi-segi yang berarti bagi para penentu kebijakan. Hasil penelitian evaluative kurang bersifat generalisasi, sebab evaluasi lebih terkait dengan kegiatan yang berlangsung dalam unit tersebut.”(Samad:2012)

3.      Penelitian Berdasarkan Tujuannya
a.       Penelitian Deskriptif
”                  Penelitian Deskriptif, ditujukan untuk mendeskripsikan suatu keadaan atau fenomena-fenomena apa adanya. Dalam studi ini para peneliti tidak melakukan manipulasi atau memberikan perlakuan-perlakuan tertentu terhadap objek penelitian, semua kegiatan atau peristiwa berjalan seperti apa adanya. Penelitian deskriptif dapat berkenaan dengan kasus-kasus tertentu atau sesuatu populasi yang cukup luas. Dalam penelitian deskriptif dapat digunakan pendekatan kuantitatif, pengumpulan dan pengukuran data yang berbentuk angka-angka, atau pendekatan kualitatif, penggambaran keadaan secara naratif kualitatif. Penelitian deskriptif dapat dilakukan pada saat ini atau dalam kurun waktu yang singkat. 

b.      Penelitian prediktif
      
Penelitian Prediktif, studi ini ditujukan untuk memprediksi atau memperkirakan apa yang akan terjadi atau berlangsung pada saat yang akan dating berdasarkan hasil analisis keadaan saat ini. Penelitian deskriptif dilakukan melalui penelitian yang bersifat korelasional dan kecenderungan. Melalui penelitian korelasional, selain dapat dicari korelasi antara dua atau lebih dari dua variebel juga dapat dihitung regresinya. Melalui perhitungan regresi ini, baik regresi parsial maupun multiple dapat diprediksi dampak atau kontribusi dari satu atau lebih dari satu variable terhadap variabel lainnya. Sebagai contoh; prediksi tentang jumlah penduduk lima atau sepuluh tahun yang akan dating bisa dihitung berdasarkan perkembangan penduduk selama lima sampai sepuluh tahun yang lalu. 
      
c.       Penelitian Improftif

             Penelitian Improftif, penelitian ini ditujukan untuk memperbaiki, meningkatkan atau menyempurnakan suatu keadaan, kegiatan atau pelaksanaan suatu program. Dalam bidang pendidikan seperti pelaksanaan kurikulum, pembelajaran, evaluasi mata pelajaran, program praktik laboratorium, praktik ketrampilan, bimbingan siswa, pengawasan sekolah, layanan perpustakaan dan program pelatihan kepala sekolah, guru maupun staf administrasi. Untuk memperbaiki atau menyempurnakan pelaksanaan program atau kegiatan digunakan penelitian tindakan, sedang untuk memperbaiki, meningkatkan atau menghasilkan program yang standar atau model digunakan penelitian”. (Samad:2012)

d.      Penelitian Eksplanatif
Penelitian eksplanatif, adalah penelitian yang digunakan untuk menghubungkan antara fenomena atau variabel. Adapun variabel dalam penelitian ini misalnya dalam kehidupan adalah kegiatan, peristiwa, konflik, dan sebagainya. Dan apabila pada dunia pendidikan variabelnya yaitu guru mengajar, membimbing dan sebagainya. (Sukmadinata,2012:20)






BAB III
PENUTUP
A.       Simpulan
Penelitian adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengumpulkan masalah, supaya masalah tersebut dapat terselesaikan dan dapat memuaskan sang peneliti atau dengan kata lain puas dengan apa yang ingi diteliti.
Adapun jenis penelitian yaitu berdasarkan pendekatannya (penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif), penelitian berdasarkan fungsinya (penelitian dasar, penelitian terapan, penelitian evaluatif), penelitian berdasarkan tujuannya (penelitian deskriptif, penelitian prediktif, penelitian improftif, penelitian eksplanatif)

B.        Saran
Dalam makalah ini terdapat banyak kesalahan, maka dari itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang dapat membangun, supaya kedepannya akan lebih baik dari sebelumnya.




DAFTAR PUSTAKA

Wikipedia.2012.penelitian kuantitatif.http://id.wikipedia.org/wiki/Penelitian_kuantitatif.6 November 2012
Malik, Halim. 2011. Penelitian kualitatif. http://edukasi.kompasiana.com/2011/02/11/penelitian-kualitatif/. 6 November 2012
Samad, Bambang Sudibyo. 2012. Memahami jenis penelitian berdasarkan fungsinya. http://educationesia.blogspot.com/2012/05/memahami-jenis-jenis-penelitian.html.  6 november 2012
Samad, bambang Sudibyo. 2012. Jenis-jenis penelitian berdasarkan tujuannya. http://educationesia.blogspot.com/2012/05/jenis-jenis-penelitian-berdasarkan.html. 6 November 2012
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2011. Metode Penelitian pendidikan. Bandung. PT Remaja Rosdakarya
Hadi, Amirul dan Haryono. 1998. Metodologi Penelitian pendidikan. Bandung. CV Pustaka Setia










Tidak ada komentar:

Posting Komentar