METODOLOGI
PENELITIAN PENDIDIKAN
DISUSUN OLEH;
NAMA : RAMDAN
NIM : 1054 0041 83 10
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN
GURU SEKOLAH DASAR
UNISMUH
MAKASSAR
2012
KATA PENGANTAR
Bismillahirrahmanirrahim
Skukur Alhamdulillah penulisan
makalah metodologi penelitian
pendidikan ini dapat teselesaikan.
Dengan harapan bias
menambah wawasan dan
menjadi bahan kajian
bagi mahasiswa dalam
melakukan penelitian pendidikan.
Makalah ini
cenderum menekan pada
penjelasan pengertian metodologi penelitian pendidikan
dan jenis-jenisnya. Makalah
ini terdiri dari
tiga bab.
Sasaran pembaca
makalah ini adalah
para mahasiswa jurusan
pendidikan. Sebab makalah ini
memberikan pengetahuan tentang
pengertian dan jenis-jenis
metodologi penelitian pendidikan.
Dalam membaca
makalah ini, para
pembaca perlu membaca
mulai dari bagian
awal hingga akhir
secara berurutan. Sebab
makalah ini disusun mulai dari
pendahuluan, rumusan masalah,
pembahasan, penutup, simpulan,
dan saran.
Makalah ini
dapat terselesikan dengan
melihat wacana di
buku panduan metodologi
penelitian pendidikan yang
disusun oleh Dr.H.M. Mussfiqkon,
M.Pd. dan Muh. Tahir, S.Pd.,
M.Pd.,M.ED., EREA.
Semoga makalah
ini bermamfaat bagi
pengembangan bidang ilmu
pendidikan melalui penelitian.
Selain itu memberi
juga mamfaat bagi
mahasiswa dalam memahami
metodologi penelitian pendidikan.
DAFTAR
ISI
Sampul .......................................................................................................... i
Kata Pengantar ............................................................................................ ii
Daftar Isi ...................................................................................................... iii
BAB 1: PENDAHULUAN
...................................................................... 1
A.
Latar Belakang .......................................................................... 1
B.
Rumusan Masalah ..................................................................... 1
BAB 2: PEMBAHASAN .......................................................................... 2
A.
Pelitian Survei ........................................................................... 2
B.
Studi
Korelasional ..................................................................... 4
BAB 3: PENUTUP .................................................................................... 5
A.
Simpulan .................................................................................. 5
B.
Saran ........................................................................................ 5
DAFTAR FUSTAKA .................................................................................. 6
BAB 1: PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Metodogi penelitian pendidikan adalah kegiatan untuk mencari kebenaran dengan penyelidikan di suatu sekolah. Dan yang melatar belakangi saya membuat makalah ini adalah perintah atau tugas yang diberikan oleh dosen untuk saya karena itu juga sudah menjadi salahsatu kewajiban saya sebagai mahasiswa yaitu mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen.
B. Rumusan
Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang masalah
diatas, maka adapun rumusan masalah dalam makalah ini adalah mengetahui pengetian dan
jenis-jenis metodologi penelitian pendidikan.
BAB 2:
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
Metodologi Penelitian Pendidikan
Sebelum
kita mengetahui pengertian metodologi penelitian pendidikan telebih dahulu kita
mengetahui apa itu metodologi dan penelitian.
Metologi
berasal dari kata yunani yang telah di kembangkan dalam keilmuan serta telah
masuk dalam setiap disiplin ilmu. Metologi adalah ilmu atau cara yang digunakan
untuk memperoleh kebenaran,sesuai realitas yang di kaji
(Wikipedia.org,19/03/2012). Kata kunci metodologi adalah “ilmu dan tata cara”
yang dipadukan dalam proses pencarian kebenaran, termasuk melalui kegiatan
penelitian(Dr.H.M.Musfiqon, M.Pd. dalam bukunya panduan lengkap metodologi
penelitian pendidikan hal 2).
Sedangkan
penelitian adalah penyelidikan; kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis, dan
penyajian data yang dilakukan secara sistematis dan objektif untuk memecahkan
suatu persoalan atau menguji suatu hipotesis untuk mengembangkan
prinsip-prinsip umum.
“Secara etimologi, penelitian berasal dari bahasa Inggris research (re
berarti kembali dan search berarti mencari). Dengan demikian research berarti
mencari kembali.
Penelitian adalah merupakan proses ilmiah yang mencakup sifat formal dan
intensif. Karakter formal dan intensif karena merekaterkait dengan aturan,
urutan, maupun cara pnyajiannya agar memperileh hasil yang diakui dan
bermanfaat bagi kehidupan manusia. Intensif dengan menerapkan ketelitian dan
ketepatan dalam melakukan proses penelitian agar memperoleh hasil yang dapat
diper-tanggungjawabkan, memecahkan problem melalui hubungan sebab dan akibat,
dapat diulang kembali dengan cara yang sama dan hasil yang sama. Penelitian
adalah suatu penyelidikan atau suatu usaha pegujian yang dilakukan secara
teliti dan kritis dalam mencari fakta-fakta atau prinsip-prinsip dengan
menggunakan langkah-langkah tertentu. Dalam mencari fakta-fakta ini diperlukan
usaha yang sistematis untuk menemukan jawaban ilmiah terhadap sustu masalah(Subliyanto Rabu, 09 Juni 2010 di website http//: pengertian-penelitian-metode-penelitian.html)”.
Jadi kesimpulan penelitian tidak lain adalah usaha seseorang yang dilakukan secara sistematis mengikuti aturan-aturan metodologi misalnya observasi secara sistematis, dikontrol, dan mendasarkan pada teori yang ada dan diperkuat dengan gejala yang ada.
Jadi metodologi penelitian pendidikan adalah kegiatan untuk mencari kebenaran dengan penyelidikan di suatu sekolah.
B.
Jenis-Jenis
Pemilihan
jenis penelitian juga mempertimbangkan pendekatan dan metode penelitian yang
digunakan menyelesaikan masalah penelitian. Berdasrkan pendekatan dan metode
penelitian akan melahirkan beberapa jenis penelitian yang dapat di pilih.
1. Penelitian
Kuantitatif
Penelitian
kuatitatif adalah penelitian yang difokuskan pada kajian fenomena objektif
untuk dikaji secara kuatitatif.
a. Penilitian
eksperimental.
Pendekatan
ppenilitian eksperimental merupakan penelitian yang murni kuantitatif.
b. Penelitian
noneksperimental.
Pendekatan
penelitian noneksperimental juga masih termasuk penelitian
kuatitatif.
Pendekatan ini banyak di terapkan dalam penelitian pendidikan, karena lingkup
kegunaan penelitian sering digunakan penelitian terapan dan tindakan
(Dr.H.M.Musfiqon, M.Pd. dalam bukunya panduan lengkap metodologi penelitian
pendidikan hal 59-60).
.
2. Penelitian Kualitatif
Paradigma penelitian kualitatif adalah
berpikir secara induktif. Setiap masalah penelitian dipandang sebagai kasus
yang bersifat mikro, baru kemudian ditarik dalam konteks yang lebih umum.
a. Intraktif
Pendekatan
interaktif dalam penelitian kualitatif dimaksudkan, penelitian berinteraksi
secara langsung dengan subjek penelitian.
b. Noninteraktif
Penelitian kualitatif noninteraktif berbeda dengan penelitian kuatitatif
interaktif. Dalam pendekatan ini penelitian tidak berinteraksi secara langsung
dengan kanca penelitian, karena yang dihadapi adalah dokumen (Dr.H.M.Musfiqon,
M.Pd. dalam bukunya panduan lengkap metodologi penelitian pendidikan hal 80).
Jenis-Jenis Metode Penelitian
“Berdasarkan
sifat-sifat masalahnya, Suryabrata (1983) mengemukakan sejumlah metode penelitian yaitu
sebagai berikut;
- Penelitian Historis yang bertujuan untuk membuat rekonstruksi masa lampau secara sistematis dan obyektif.
- Penelitian Deskriptif yang yang bertujuan untuk membuat deskripsi secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta dan sifat populasi atau daerah tertentu.
- Penelitian Perkembangan yang bertujuan untuk menyelidiki pola dan urutan pertumbuhan dan/atau perubahan sebagai fungsi waktu.
- Penelitian Kasus/Lapangan yang bertujuan untuk mempelajari secara intensif latar belakang keadaan sekarang dan interaksi lingkungansuatu obyek
- Penelitian Korelasional yang bertujuan untuk mengkaji tingkat keterkaitan antara variasi suatu faktor dengan variasi faktor lain berdasarkan koefisien korelasi”
- Penelitian Eksperimental suguhan yang bertujuan untuk menyelidiki kemungkinan hubungan sebab akibat dengan melakukan kontrol/kendali
- Penelitian Eksperimental semu yang bertujuan untuk mengkaji kemungkinan hubungan sebab akibat dalam keadaan yang tidak memungkinkan ada kontrol/kendali, tapi dapat diperoleh informasi pengganti bagi situasi dengan pengendalian.
- Penelitian Kausal-komparatif yang bertujuan untuk menyelidiki kemungkinan hubungan sebab-akibat, tapi tidak dengan jalan eksperimen tetapi dilakukan dengan pengamatan terhadap data dari faktor yang diduga menjadi penyebab, sebagai pembanding.
- Penelitian Tindakan yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan baru atau pendekatan baru dan diterapkan langsung serta dikaji hasilnya.
BAB
3 : PENUTUP
A. Simpulan
Jadi metologi penelitian pendidikan adalah adalah kegiatan
untuk mencari kebenaran dengan penyelidikan di suatu sekolah. Dan metologi
penelitian pendidikan mempunyai 2 jenis yaitu; penelitian
kuantitatif dan penelitian kualitatif.
B. Saran
Metodologi penelitian pendidikan merupakan
suatu kegiatan meneliti kelas atau sekolah, oleh karena itu kita sebagai calon
guru diharuskan mempelajari atau mengetahui metodologi penelitian pendidikan
agar kita calon guru tidak kewelahan dalam meneliti kelas.
DAFTAR PUSTAKA
Musfiqon.
Panduan
Lengkap Metodologi Penelitian
Pendidikan. Surabaya: Prestasi
Pustaka. 2012.
Wikipedia.org,19/03/2012
Arikunto, Suharsimi. 2003. Manajemen
Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta. http//; pengertian-penelitian-metode-penelitian.html
Surya Dharma,
MPA., Ph.D, (2008) Pendekatan, Jenis, Dan Metode Penelitian Pendidikan : Jakarta. http//;Pendekatan, Jenis
dan Metode Penelitian _ belajarpsikologi.com.htm
Tidak ada komentar:
Posting Komentar