METODOLOGI
PENELITIAN PENDIDIKAN
Oleh:
DEFITA IKRAGVIERASARI
105400416510
JURUSAN PENDIDIKAN GURU
SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN
ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH
MAKASSAR
2012
KATA PENGANTAR
Puji sukur kita panjatkan kehadirat
Allah Swt. atas karunia-Nya sehinnga
penulis mampu menyelesaikan tugas makalah ini. Makalah ini merupakan tugas yang
diberikan oleh dosen kepada penyusun dengan materi yang ditentkan oleh dosen
yang meliputi ruang lingkup Metode Penelitian Pendidikan. Dalam makalah ini akan dikaji lebih rinci tentang
pengertian dan jenis-jenis metode penelitian. Penyusun menyadari bahwa makalah
ini masih sangat jauh dari kesempurnaan dan itulah menjadi alamat bagi penyusun bahwa masih kurang pemahaman
pembuatan makalah.
Akhir kata Tak Ada Yang tak Retak
begitupula dengan makalah ini. Makalah ini masih sangat jauh dari kesempurnaan.
Olehnya itu, krtik dan saran yang membangun tetap dinantikan demi kesempurnaan
makalah ini. Tak lupa pula penyusun mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak
yang telah membantu, baik yang tersirat maupun tersurat.
Makassar,
Oktober 2012
Penyusun
DAFTAR ISI
HALAMAN
SAMPUL.................................................................................................. i
KATA
PENGANTAR................................................................................................... ii
DAFTAR
ISI................................................................................................................. iii
BAB I Pendahuluan
:
A. Latar
Belakang.................................................................................................... 1
B. Rumusan
Masalah............................................................................................... 1
BAB
II Pembahasan :..................................................................................................... 2
A. Pengertian
Metodologi Penelitian....................................................................... 2
B. Jenis-jenis
Metodologi Penelitian....................................................................... 4
1.
Metode Kuantitatif....................................................................................... 6
2. Metode
Kualitatif......................................................................................... 6
BAB
III Penutup :
A. Kesimpulan......................................................................................................... 8
B. Saran................................................................................................................... 8
DAFTAR
PUSTAKA ................................................................................................... 10
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Adapun
yang melatar belakangi penulis membuat makalah ini karena adanya kesadaran
untuk berbagi pengetahuan dengan para pembaca. Penelitian merupakan suatu hal
yang sering di lakukan oleh seseorang untuk mengetahui atau mencari kebenaran
dalam suatu kejadian. Makalah yang berjudul metodologi penelitian pendidikan
diharapkan dapat menjadi bahan acuan agar kedepannya dapat membantu para
pembaca untuk mengetahui apa sebenarnya maksud dari metodologi penelitian itu
sendiri.
B. Rumusan
Masalah
1) Jelaskan
pengertian Metodologi Penelitian!
2) Jelaskan
jenis-jenis Metodologi penelitian!
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Pengertiaan
Metodologi Penelitian
Istilah
metode penelitian terdiri dari dua kata, yakni kata metode dan penelitian.
Metode secara etimologi berasal dari kata Yunani: meta (sesudah) dan hodos
(jalan), dalam arti bahwa metode merupakan cara atau langkah-langkah yang telah
dirancang secara sistematis (tata urutan tertentu). (Tolla,
2006:1)
Penelitian
atau research berasal dari kata “re” dan “to” search, yang berarti mencari kembali. Penelitian juga dapat
diartikan sebagai usaha seseorang yang secara sistematis mengikuti
aturan-aturan metodologi. Sedangkan metodologi adalah suatu pengkajian dalam
mempelajari peraturan-peraturan suatu metode.. Jadi metodologi penelitian adalah
kajian yang mempelajari tentang metode-metode dalam usaha mencari kebenaran.
Menurut kamus Webster’s New Internasional dalam Hadi, Dkk (2005:9) penelielitian
adalah “penyelidikan
yang hati-hatidan kritis dalam mencari fakta dalam prinsip-prinsip; suatu
penyelidikan yang amat cerdik untuk
menetapkan sesuatu”.
Menurut Hillway dalam Hadi, Dkk (2005:9) mengemukakan bahwa penelitian adalah “suatu metode studi yang dilakukan
seseorang melalui penyelidikan yang hati-hati dan sempurna terhadap suatu masalah sehingga diperoleh
pemecahan yang tepat terhadap masalah tersebut”.
“Metodologi penelitian adalah ajaran
mengenai metode-metode yang digunakan dalam proses penelitian. Penelitian
merupakan usaha untuk menemukan, mengembangkan dan melakukan verifikasi
terhadap kebenaran suatu peristiwa atau suatu pengetahuan dengan memakai
metode-metode ilmiah.”(shvoong : 2011)
Metode penelitian merupakan suatu
prosedur dalam merefleksikan aktivitas pikiran melalui seperangkat tindakan
secara sistematik untuk memperoleh pengetahuan baru atau mengembangkan ilmu
pengetahuan yang telah ada. (Tolla, 2006:1)
Metode
penelitian adalah cara-cara baik-baik untuk mengadakan penelitian, dan untuk
mencapai suatu tujuan penelitian, sedangkan metodologi adalah ajaran tentang
metode-metode. Metode diartikan sebagai cara teknis yang dilakukan dalam proses
penelitian.
Ada
beberapa pakar lain yang memberikan definisi penelitian sebagai berikut:
1) Penelitian adalah “pemikiran yang sistematis mengenai
berbagai jenis masalah yang pemecahannya memerlukan pengumpulan dan penafsiran
fakta-fakta”.
(David H Penny dalam Hadi, Dkk, 2005:10)
2) Sesuai dengan tujuannya, penelitian
dapat diartikan “sebagai
usaha untuk menemukakan, mengembangkan dan menguji kebenaran suatu pengetahuan”. (Sutrisno Hadi dalam Hadi, Dkk, 2005:10)
3) Penelitian adalah “suatu cara untuk memahami sesuatu
melalui penyelidikan atau usaha mencari bukti-bukti yang muncul sehubungan
dengan masalah itu, yang dilakukan secara hati-hati sekali sehingga diperoleh
pemecahannya”. (Mohammad
Ali dalam Hadi, Dkk, 2005:10)
4) Pengertian adalah “suatu pencarian fakta menurut metode
objektif yang jelas untuk menemukan hubungan antara fakta dengan menghasilkan
dalil atau hukum”.
(Jhon dalam Tolla, 1960:5 )
5) Penelitian adalah “transformasi yang terkendalikan atau
tererah dari situasi yang dikenal dalam kenyataan-kenyataan yang ada padanya dn
hubungannya, seperti mengubah unsur dari situasi orisinal menjadi keseluruhan
yang terpadu”.
(Dewey dalam Tolla, 1933:5 )
B. Jenis-jenis Metode Penelitian
Jika
dilihat dari landasan filsafat, metode penelitian dikelompokkan dengan dua tipe
utama yaitu kualitatif dan kuantitaif yang masing-masing terdiri atas beberpa
jenis metode sebagaimana ditunjukkan pada tabel berikut.
Jenis-Jenis Metode Penelitian
Kuantitatif
|
Kualitatif
|
||
Eksperimen
|
Non
Eksperimen
|
Interaktif
|
Non
Interaktif
|
True
eksperimen
Quasi
eksperimen
Subjek
tunggal
|
Deskriptif
Komparatif
Kolerasi
Survei
Ex
post fscto
|
Etnogrfi
Fenomenologis
Studi
kusus
Teori
dasar
Studi
kritis
|
Analisis
konsep
Analisis
sejarah
|
Jenis-jenis penelitian lain dapat dibedakan atas dasar beberapa sumber referensi berikut ini.
Jenis-Jenis Metode Penelitian
Menurut Ahli
SUGIYONO (2007)
|
HADI (1984)
|
Menurut Tujuan
|
Penelitian Menurut Tujuan
|
Penelitian Dasar (Basic
Research)
|
Penelitian Eksploratif
|
Penelitian Penerapan
(Applied Research)
|
Penelitian Developmental
|
Menurut Metode
|
Penelitian Verifikatif
|
Penelitian Survei
|
Penelitian Menurut Bidang
|
Penelitian Expost Facto
|
Penelitian Pendidikan
|
Penelitian Eksprimen
|
Penelitian Pertanian
|
Penelitian Naturalisme
|
Penelitian Hukum
|
Penelitian Kebijakan
(Policy Research)
|
Penelitian Ekonomi
|
Penelitian Tindakan
(Action Research)
|
Penelitian Agama
|
Penelitian Evaluasi
|
Penelitian Menurut Tempatnya
|
Penelitian Sejarah
|
Penelitian Laboratorium
|
Menurut Tingkat Eksplanasi
|
Penelitian Perpustakaan
|
Penelitian Dekriptif
|
Penelitian Kancah
|
Penelitian Komparatif
|
Penelitian Menurut Tarafnya
|
Penelitian Asosiatif
|
Penelitian Deskriptif
|
Menurut Jenis dan Analisis Data
|
Penelitan Inferensial
|
Penelitian Kualitatif
|
Penelitian Menurut Pendekatannya
|
Penelitian Kuantitaf
|
Penelitian Longitudinal
|
|
Penelitian Cross Sectional
|
Banyaknya jenis metode
penelitian sebagaimana dikemukakan di atas, dilandasi oleh adanya
perbedaan pandangan dalam menetapkan masing-masing metode.
Dalam hal metode kuantitatif dan kualitatif, Borg and Gall dalam Sugiyono
(2012:10) menyatakan sebagai berikut.
“Many
labels have been used to distinguish between traditional research methods and
these new methods : pasitivistic versus postpostivistic research; scientific
versus artistic research; confirmatory versus discovery-oriented research;
quantitative versus interpretive research; quantitative versus qualitative
research. The quantitative-qualitative distinction seem most widely used. Both
quantitative researchers and qualitative researcher go about inquiry in
different ways.”
Metode kuantitaf dan
kualitatif sering dipasangkan dengan nama metode yang tradisional, dan metode
baru; metode positivistik dan metode postpositivistik; metode scientific dan
metode artistic, metode konfirmasi dan discovery/temuan; serta kuantitatif dan
interpretif. Jadi metode kuantitatif sering dinamakan metode tradisional,
positifistik, scientifik dan metode konfirmasi. Selanjutnya metode kualitatif
sering dinamakan sebagai metode baru, postpositivistik, dan interpretive
research. Kedua penelitian kuantitatif dan kualitatif, sama-sama akan mencari
temuan dengan cara yang berbeda.
Menurut Sugiyono (2012:10- ) berikut ini
pembahasan lebih rinci metode kuantitatif dan metode kualitatif.
1)
Metode Kuantitatif
Secara lebih rinci Metode Kuantitatif dinamakan metode tradisional,
karena metode ini sudah cukup lama digunakan sehingga sudah mentradisi sebagai
metode untuk menelitian. Metode ini
disebut sebagai metode positivistik karena berlandaskan pad filsafat
positivisme. Metode ini sebagai metode ilmiah (scientific) karena
telah memenuhi kaidah-kaidah ilmiah yang konkrit/empiris, obyektif, terukur,
rasional, dan sistematis. Metode ini disebut metode kuantitatif karena data
penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik.
2)
Metode Kualitatif
Secara lebih rinci Metode
Kualitaif dinamakan metode baru, karena popularitasnya belum lama, dinamakan
metode postpositivistic karena berlandaskan pada filsafat postpositivisme.
Metode ini juga sering disebut sebagai metode konstruktif karena, dengan metode
kualitatif dapat ditemukan data-data yang berserakan, selanjutnya
dikonstruksikan dalam suatu tema yang lebih bermakna dan mudah dipahami.
Metode penelitian kualitatif
sering disebut metode penelitian naturalistik karena penelitiannya dilakukan
pada kondisi yang alamiah (natural
setting); disebut juga sebagai metode etnografi, karena pada awalnya metode
ini lebih banyak digunakan untuk penelitian bidang antropologi budaya; disebut
sebagai metode kualitatif, karena data yang terkumpul dan analisisnya lebih
bersifat kualitatif
Dengan demikian metode
penelitian kualitatif dapat diartikan sebagai metode penelitian yang
berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang lamiah, (sebagai
lawannya adalah eksperimen) dimana peneliti sebagai instrumen kunci, teknik
pengumpulan data dilakukan secara trianggulasi (gabungan), analisis data
bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
1)
Penelitian
dapat diartikan sebagai usaha seseorang yang secara sistematis mengikuti
aturan-aturan metodologi. Sedangkan metodologi adalah suatu pengkajian dalam
mempelajari peraturan-peraturan suatu metode. Jadi metodologi penelitian adalah
kajian yang mempelajari tentang metode-metode dalam usaha mencari kebenaran.
2) Jenis-jenis metode penelitian
dikelompokkan dengan dua tipe utama yaitu kualitatif dan kuantitaif yang
masing-masing terdiri atas beberpa jenis metode. Yang termasuk dalam Metode
Kuantitatif adalah Eksperimen dan Non Eksperimen, sedangkan yang termasuk
Metode Kualitatif adalah Interaktif dan Non Interaktif.
B. Saran
Dalam makalah ini
penyusun menjabarkan tentang metodologi penelitian pendidikan secara
rinci agar wawasan para pembaca mengenai pengertian metodologi penelitian dan
jenis-jenis metodologi penelitian sehingga kita dapat melakukan penelitian
dengan baik.
Penyusun menyarankan pula untuk memperbanyak membaca, karena
dengan bnyak membaca kita akan mendapatkan ilmu pengetahuan. Orang yang berpengetahuan belum tentu berilmu sedangkan
orang byang berilmu sudah pasti berpengetahuan.
Penyusun menyadari bahwa makalah ini masih sangat jauh dari
kesempurnaan. Untuk itu penyusun sangat menerima kritik dan saran demi
perbaikan-perbaikan dan kesempurnaan.
DAFTAR PUSTAKA
Hadi Amirul, Haryono. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan.
Bandung: Pustaka Hadi
Sugiyono. 2012. Metode Kombinasi Akbar. 2009. Metodologi Penelitian Sosial.
Jakarta: Bumi Aksara
Tolla Ismail. 2006. Metodologi
Penelitian Pengembangan Administrasi Pendidikan. _________
Shvoong. 2011.
Pengertian Metodologi Penelitian. (http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2236640-pengertian-metode-penelitian/#ixzz29QbmPfM8).
diakses 17 Oktobet 2012
Admin. 2012. Pendekatan, Jenis dan Metode Penelitian. (http://belajarpsikologi.com/pendekatan-jenis-dan-metode-penelitian-pendidikan). diakses 17 Oktober 2012
Tidak ada komentar:
Posting Komentar