Rabu, 07 November 2012

TUGAS METODOLOGI PENELITIAN PENDIDKAN


METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN

Oleh:
DEFITA IKRAGVIERASARI
105400416510

JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
2012

KATA PENGANTAR
            Puji sukur kita panjatkan kehadirat Allah Swt. atas  karunia-Nya sehinnga penulis mampu menyelesaikan tugas makalah ini. Makalah ini merupakan tugas yang diberikan oleh dosen kepada penyusun dengan materi yang ditentkan oleh dosen yang meliputi ruang lingkup Metode Penelitian Pendidikan. Dalam  makalah ini akan dikaji lebih rinci tentang pengertian dan jenis-jenis metode penelitian. Penyusun menyadari bahwa makalah ini masih sangat jauh dari kesempurnaan dan itulah menjadi alamat  bagi penyusun bahwa masih kurang pemahaman pembuatan makalah.
            Akhir kata Tak Ada Yang tak Retak begitupula dengan makalah ini. Makalah ini masih sangat jauh dari kesempurnaan. Olehnya itu, krtik dan saran yang membangun tetap dinantikan demi kesempurnaan makalah ini. Tak lupa pula penyusun mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu, baik yang tersirat maupun tersurat.


Makassar,        Oktober 2012

              Penyusun

DAFTAR ISI
HALAMAN SAMPUL.................................................................................................. i
KATA PENGANTAR...................................................................................................  ii
DAFTAR ISI................................................................................................................. iii
BAB  I  Pendahuluan :
                  A.   Latar Belakang.................................................................................................... 1
                  B.   Rumusan Masalah............................................................................................... 1
BAB II Pembahasan :..................................................................................................... 2
                  A.   Pengertian Metodologi Penelitian....................................................................... 2
                  B.   Jenis-jenis Metodologi Penelitian....................................................................... 4
1.      Metode Kuantitatif....................................................................................... 6
2.      Metode Kualitatif......................................................................................... 6
BAB III Penutup :
                  A.   Kesimpulan......................................................................................................... 8
                  B.   Saran................................................................................................................... 8
DAFTAR PUSTAKA ................................................................................................... 10

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Adapun yang melatar belakangi penulis membuat makalah ini karena adanya kesadaran untuk berbagi pengetahuan dengan para pembaca. Penelitian merupakan suatu hal yang sering di lakukan oleh seseorang untuk mengetahui atau mencari kebenaran dalam suatu kejadian. Makalah yang berjudul metodologi penelitian pendidikan diharapkan dapat menjadi bahan acuan agar kedepannya dapat membantu para pembaca untuk mengetahui apa sebenarnya maksud dari metodologi penelitian itu sendiri.
B.       Rumusan Masalah
1)      Jelaskan pengertian Metodologi Penelitian!
2)      Jelaskan jenis-jenis Metodologi penelitian!

BAB II
PEMBAHASAN
A.      Pengertiaan Metodologi Penelitian

Istilah metode penelitian terdiri dari dua kata, yakni kata metode dan penelitian. Metode secara etimologi berasal dari kata Yunani: meta (sesudah) dan hodos (jalan), dalam arti bahwa metode merupakan cara atau langkah-langkah yang telah dirancang secara sistematis (tata urutan tertentu). (Tolla, 2006:1)
Penelitian atau research berasal dari kata “re” dan “to” search, yang berarti mencari kembali. Penelitian juga dapat diartikan sebagai usaha seseorang yang secara sistematis mengikuti aturan-aturan metodologi. Sedangkan metodologi adalah suatu pengkajian dalam mempelajari peraturan-peraturan suatu metode.. Jadi metodologi penelitian adalah kajian yang mempelajari tentang metode-metode dalam usaha mencari kebenaran.
Menurut kamus Webster’s New Internasional dalam Hadi, Dkk (2005:9) penelielitian adalah penyelidikan yang hati-hatidan kritis dalam mencari fakta dalam prinsip-prinsip; suatu penyelidikan  yang amat cerdik untuk menetapkan sesuatu. Menurut Hillway dalam Hadi, Dkk (2005:9) mengemukakan bahwa penelitian adalah suatu metode studi yang dilakukan seseorang melalui penyelidikan yang hati-hati dan sempurna  terhadap suatu masalah sehingga diperoleh pemecahan yang tepat terhadap masalah tersebut.
“Metodologi penelitian adalah ajaran mengenai metode-metode yang digunakan dalam proses penelitian. Penelitian merupakan usaha untuk menemukan, mengembangkan dan melakukan verifikasi terhadap kebenaran suatu peristiwa atau suatu pengetahuan dengan memakai metode-metode ilmiah.”(shvoong : 2011)

          Metode penelitian merupakan suatu prosedur dalam merefleksikan aktivitas pikiran melalui seperangkat tindakan secara sistematik untuk memperoleh pengetahuan baru atau mengembangkan ilmu pengetahuan yang telah ada. (Tolla, 2006:1)
Metode penelitian adalah cara-cara baik-baik untuk mengadakan penelitian, dan untuk mencapai suatu tujuan penelitian, sedangkan metodologi adalah ajaran tentang metode-metode. Metode diartikan sebagai cara teknis yang dilakukan dalam proses penelitian.
Ada beberapa pakar lain yang memberikan definisi penelitian sebagai berikut:
1)      Penelitian adalah pemikiran yang sistematis mengenai berbagai jenis masalah yang pemecahannya memerlukan pengumpulan dan penafsiran fakta-fakta”. (David H Penny dalam Hadi, Dkk, 2005:10)
2)      Sesuai dengan tujuannya, penelitian dapat diartikan sebagai usaha untuk menemukakan, mengembangkan dan menguji kebenaran suatu pengetahuan”. (Sutrisno Hadi dalam Hadi, Dkk, 2005:10)
3)      Penelitian adalah suatu cara untuk memahami sesuatu melalui penyelidikan atau usaha mencari bukti-bukti yang muncul sehubungan dengan masalah itu, yang dilakukan secara hati-hati sekali sehingga diperoleh pemecahannya”. (Mohammad Ali dalam Hadi, Dkk, 2005:10)
4)      Pengertian adalah suatu pencarian fakta menurut metode objektif yang jelas untuk menemukan hubungan antara fakta dengan menghasilkan dalil atau hukum”. (Jhon dalam Tolla, 1960:5 )
5)      Penelitian adalah transformasi yang terkendalikan atau tererah dari situasi yang dikenal dalam kenyataan-kenyataan yang ada padanya dn hubungannya, seperti mengubah unsur dari situasi orisinal menjadi keseluruhan yang terpadu”. (Dewey dalam Tolla, 1933:5 )
B.       Jenis-jenis Metode Penelitian
Jika dilihat dari landasan filsafat, metode penelitian dikelompokkan dengan dua tipe utama yaitu kualitatif dan kuantitaif yang masing-masing terdiri atas beberpa jenis metode sebagaimana ditunjukkan pada tabel berikut.
Jenis-Jenis Metode Penelitian
Kuantitatif
Kualitatif
Eksperimen
Non Eksperimen
Interaktif
Non Interaktif
True eksperimen
Quasi eksperimen
Subjek tunggal
Deskriptif
Komparatif
Kolerasi
Survei
Ex post fscto
Etnogrfi
Fenomenologis
Studi kusus
Teori dasar
Studi kritis
Analisis konsep
Analisis sejarah

Jenis-jenis penelitian lain dapat dibedakan atas dasar beberapa sumber referensi berikut ini.
Jenis-Jenis Metode Penelitian Menurut Ahli
SUGIYONO (2007)
HADI (1984)
Menurut Tujuan
Penelitian Menurut Tujuan
Penelitian Dasar (Basic Research)
Penelitian Eksploratif
Penelitian Penerapan (Applied Research)
Penelitian Developmental
Menurut Metode
Penelitian Verifikatif
Penelitian Survei
Penelitian Menurut Bidang
Penelitian Expost Facto
Penelitian Pendidikan
Penelitian Eksprimen
Penelitian Pertanian
Penelitian Naturalisme
Penelitian Hukum
Penelitian Kebijakan (Policy Research)
Penelitian Ekonomi
Penelitian Tindakan (Action Research)
Penelitian Agama
Penelitian Evaluasi
Penelitian Menurut Tempatnya
Penelitian Sejarah
Penelitian Laboratorium
Menurut Tingkat Eksplanasi
Penelitian Perpustakaan
Penelitian Dekriptif
Penelitian Kancah
Penelitian Komparatif
Penelitian Menurut Tarafnya
Penelitian Asosiatif
Penelitian Deskriptif
Menurut Jenis dan Analisis Data
Penelitan Inferensial
Penelitian Kualitatif
Penelitian Menurut Pendekatannya
Penelitian Kuantitaf
Penelitian Longitudinal

Penelitian Cross Sectional

Banyaknya jenis metode penelitian sebagaimana dikemukakan di atas, dilandasi oleh adanya perbedaan pandangan dalam menetapkan masing-masing metode.
Dalam hal metode kuantitatif dan kualitatif, Borg and Gall dalam Sugiyono (2012:10) menyatakan sebagai berikut.
“Many labels have been used to distinguish between traditional research methods and these new methods : pasitivistic versus postpostivistic research; scientific versus artistic research; confirmatory versus discovery-oriented research; quantitative versus interpretive research; quantitative versus qualitative research. The quantitative-qualitative distinction seem most widely used. Both quantitative researchers and qualitative researcher go about inquiry in different ways.”

Metode kuantitaf dan kualitatif sering dipasangkan dengan nama metode yang tradisional, dan metode baru; metode positivistik dan metode postpositivistik; metode scientific dan metode artistic, metode konfirmasi dan discovery/temuan; serta kuantitatif dan interpretif. Jadi metode kuantitatif sering dinamakan metode tradisional, positifistik, scientifik dan metode konfirmasi. Selanjutnya metode kualitatif sering dinamakan sebagai metode baru, postpositivistik, dan interpretive research. Kedua penelitian kuantitatif dan kualitatif, sama-sama akan mencari temuan dengan cara yang berbeda.
Menurut Sugiyono (2012:10- ) berikut ini pembahasan lebih rinci metode kuantitatif dan metode kualitatif.
1)        Metode Kuantitatif
Secara lebih rinci Metode Kuantitatif dinamakan metode tradisional, karena metode ini sudah cukup lama digunakan sehingga sudah mentradisi sebagai metode untuk menelitian. Metode ini  disebut sebagai metode positivistik karena berlandaskan pad filsafat positivisme. Metode ini sebagai metode ilmiah (scientific) karena telah memenuhi kaidah-kaidah ilmiah yang konkrit/empiris, obyektif, terukur, rasional, dan sistematis. Metode ini disebut metode kuantitatif karena data penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik.
2)        Metode Kualitatif
Secara lebih rinci Metode Kualitaif dinamakan metode baru, karena popularitasnya belum lama, dinamakan metode postpositivistic karena berlandaskan pada filsafat postpositivisme. Metode ini juga sering disebut sebagai metode konstruktif karena, dengan metode kualitatif dapat ditemukan data-data yang berserakan, selanjutnya dikonstruksikan dalam suatu tema yang lebih bermakna dan mudah dipahami.
Metode penelitian kualitatif sering disebut metode penelitian naturalistik karena penelitiannya dilakukan pada kondisi yang alamiah (natural setting); disebut juga sebagai metode etnografi, karena pada awalnya metode ini lebih banyak digunakan untuk penelitian bidang antropologi budaya; disebut sebagai metode kualitatif, karena data yang terkumpul dan analisisnya lebih bersifat kualitatif
Dengan demikian metode penelitian kualitatif dapat diartikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti  pada kondisi obyek yang lamiah, (sebagai lawannya adalah eksperimen) dimana peneliti sebagai instrumen kunci, teknik pengumpulan data dilakukan secara trianggulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi.


BAB III
PENUTUP

A.      Kesimpulan
1)      Penelitian dapat diartikan sebagai usaha seseorang yang secara sistematis mengikuti aturan-aturan metodologi. Sedangkan metodologi adalah suatu pengkajian dalam mempelajari peraturan-peraturan suatu metode. Jadi metodologi penelitian adalah kajian yang mempelajari tentang metode-metode dalam usaha mencari kebenaran.
2)      Jenis-jenis metode penelitian dikelompokkan dengan dua tipe utama yaitu kualitatif dan kuantitaif yang masing-masing terdiri atas beberpa jenis metode. Yang termasuk dalam Metode Kuantitatif adalah Eksperimen dan Non Eksperimen, sedangkan yang termasuk Metode Kualitatif adalah Interaktif dan Non Interaktif.

B.       Saran
Dalam makalah ini  penyusun menjabarkan tentang metodologi penelitian pendidikan secara rinci agar wawasan para pembaca mengenai pengertian metodologi penelitian dan jenis-jenis metodologi penelitian sehingga kita dapat melakukan penelitian dengan baik.
Penyusun menyarankan pula untuk memperbanyak membaca, karena dengan bnyak membaca kita akan mendapatkan ilmu pengetahuan. Orang yang  berpengetahuan belum tentu berilmu sedangkan orang byang berilmu sudah pasti berpengetahuan.
Penyusun menyadari bahwa makalah ini masih sangat jauh dari kesempurnaan. Untuk itu penyusun sangat menerima kritik dan saran demi perbaikan-perbaikan dan kesempurnaan.

DAFTAR PUSTAKA
Hadi Amirul, Haryono. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Hadi
Sugiyono. 2012. Metode Kombinasi Akbar. 2009. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara
Tolla Ismail. 2006. Metodologi Penelitian Pengembangan Administrasi Pendidikan. ­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­_________
Shvoong. 2011. Pengertian Metodologi Penelitian. (http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2236640-pengertian-metode-penelitian/#ixzz29QbmPfM8). diakses 17 Oktobet 2012
Admin. 2012. Pendekatan, Jenis dan Metode Penelitian. (http://belajarpsikologi.com/pendekatan-jenis-dan-metode-penelitian-pendidikan). diakses 17 Oktober 2012




Tidak ada komentar:

Posting Komentar