Rabu, 07 November 2012

TUGAS III METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN

                          METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN

OLEH
NURUL HIKMAH
105400417110

JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
                                                        2012



KATA PENGANTAR

         Puji syukur Alhamdulillah adalah ungkapan yang sepatutnya kita haturkan kepada Allah Subhanahu Wataala Tuhan Yang Maha Esa, yang telah menganugerahkan nikmat kesehatan, kekuatan, kesempatan dan kebesaran jiwa kepada kita semua. Penulis sebagai penyusun makalah ini menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan sumbangsi sehingga tugas makalah ini dapat diselesaikan.

         Dalam penyusunan makalah ini, penulis menyadari sepenuhnya masih banyak kekurangan, karena keterbatasan kemampuan dan pengetahuan. Namun demikian penulis sangat merasakan bahwa hal tersebut merupakan pendorong untuk dapat memperbaiki dan melangkah lebih baik lagi.
        Semoga tugas makalah ini dapat memenuhi harapan semua pihak yang dapat bermanfaat bagi pembacanya, Wassalam.
                                                                                                                    Makassar,november 2012                  
                                                                                                                                                                                                                                    Penulis




DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR.......................................................................................................... i
DAFTAR ISI.......................................................................................................................   ii
BAB I Pendahuluan
A.    Latar Belakang..................................................................................................... 1
B.     Rumusan Masalah................................................................................................ 1
BAB II Pembahasan
A.     Metodologi Penelitian Kuantitatif......................................................................   2
a.       Pengertian masalah penelitian......................................................................   2
b.      Sumber masalah............................................................................................ 3
c.       Pemilihan masalah........................................................................................   4
d.      Latar belakang masalah................................................................................   5
BAB III Penutup
A.    Kesimpulan..........................................................................................................  6
B.     Saran.................................................................................................................... 6
DAFTAR PUSTAKA...........................................................................................................   7







BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Setelah mengikuti pembahasan tentang pendahuluan metodologi penelitian maka tiba saatnya mempelajari lebih jauh tentang metodologi penelitian kuantitatif dalam kaitannya dengan pengertian masalah penelitian, sumber masalah, pemilihan masalah, serta latar belakang masalah di dalam melakukan suatu penelitian. Makalah ini diharapkan dapat membantu dalam melakukan suatu penelitian untuk pemilihan suatu maasalah penelitian.
B.     Rumusan Masalah
1.      Jelaskan pengertian masalah penelitian!
2.      Apa saja sumber masalah dalam suatu penelitian?
3.      Bagaimana cara melakukan pemilihan masalah dalam suatu penelitian?
4.      Jelaskan latar belakang suatu masalah penelitian!


 

BAB II
PEMBAHASAN
(METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF)
A.      Pengertian Masalah Penelitian
            Masalah adalah sesuatu yang harus di selesaikan sedangkan penelitian adalah penggunaan metode ilmiah untuk mengamati suatu masalah dan mencari jawaban dari permasalahan atau proses penemuan.
Menurut Sudjana dalam Tahir (2011:17) pengertian masalah adalah pertanyaan-pertanyaan yang sengaja di tanyakan untuk mencari jawabannya dengan melakukan suatu penelitian.
            Permasalahan dapat juga diartikan sebagai sesuatu yang telah dijadikan sebagai target yang telah di tetapkan oleh peneliti tapi karna suatu hal target tersebut tidak dapat tercapai(Sukardi,2003:21)
Penelitian adalah penggunaan metode ilmiah yang bersifat formal dan sistematis untuk mempelajari suatu masalah. Menurut Whitney dalam Tolla(2006:5) penelitian adalah pencarian atas sesuatu (inquiri)secara sistematis dengan penekanan bahwa pencarian dilakukan terhadap masalah-masalah yang dapat dipecahkan
            Menurut Soegeng dalam Tahir(2011:17) pengertian masalah (penelitian kuantitatif) : merupakan kesenjangan yang ada dengan yang seharusnya, antara yang nyata ( das sein) dengan yang ideal (das sholen).karena terdapat perbedaan antara kenyataan dengan yang dicita-citakan.
Pengertian masalah (penelitian kualitatif) : hubungan antara dua hal atau lebih yang tidak atau belum jelas, dan membingungkan. Untuk itu perlu dilakukan penelitian untuk menemukan kejelasan dari hal yang membingungkan tersebut.

B.       Sumber Masalah
            Beberapa macam sumber masalah penelitian yang dapat membantu para peneliti dalam malukukan penelitian diantaranya adalah pengalaman seseorang atau kelompok, lapangan tempat bekerja, laporan hasil penelitian, sumber-sumber yang berasal dari bidang pengetahguan lain,diskusi tentang teori.
1.      Pengalaman seseorang atau kelompok
Pengalaman adalah guru yang terbaik, melalui pengalaman seseorang dapat dikatakan ahli, misalnya seorang penjahit yang berpengalaman selama bertahun-tahun selalu  menyelesaikan pesanan baju dari pelanggannya tepat waktu dan rapi.
2.      Lapangan tempat bekerja
Tempat seorang peneliti bekerja merupakan permasalahan yang baik. Misalnya seorang guru dapat menjadikan sekolah sebagai sumber penelitian yang berkaitan dengan tercapainya tujuan sekolah dia dapat mengalami dan melihat sendiri atau dapat bertanya pada satu, dua, atau banyak orang dalam pekerjaannya.
3.      Laporan hasil penelitian
Untuk memperoleh permasalahan yang signifikan adalah perpustakaan dimana hasil-hasil penelitian para peneliti berada. Dalam perpustakaan tertdapat perkembangan ilmu yang mutakhir untuk kepentingan belajar.

4.      Sumber-sumber yang berasal dari bidang pengetahuan lain
Gerakan reformasi yang muncul setelah orde baru telah mempengaruhi sifat dan tuntutan para guru untuk memperoleh gaji dan status profesi yang lebih baik. Era global telah mempengaruhi system pendidikan dan system penilaian lulusan sekolah menengah kejuruan. Pendidikan system ganda telah memunculkan pembelajaran magang dalam usia kerja para training memperoleh pendidikan dib alai latihan kerja dan industry.
5.      Diskusi tantang teori
Untuk memperoleh suatu permasalahan biasanya di dapatkan dari suatu pendapat yang di dasarkan pada suatu penelitian yang di dukung oleh data dan argumentasi.
C.      Pemilihan masalah
            Permasalahan suatu penelitian itu berasal dari idea atau kreasi calon peneliti bisa juga datang dari pihak lain misalnya sponsor atau dari fakultas, tetapi dari manapun diperolehnya pada akhirnya pihak peneliti sendiri yang harus mempertimbangkan dan menentukannya(Darmadi,2011:39) hal- hal yang harus di pertimbangkan dalam menentukan suatu permasalahan adalah sebagai berikut:
1.      Masalah atau topik penelitian harus benar-benar menarik untuk diteliti(actual, hal baru, orisinil, belum pernah di teliti; jika pernah masalah tersebut masih perlu dilakukan penelitian ulang)
2.      Harus sesuai dengan bidang keilmuan penelitian
3.      Sesuai dengan kemampuan peneliti (maka dibedakan S1-skripsi, S2-tesis, S3-disertasi.
4.      Layak diteliti (masalah atau topic penelitiian memiliki ketersediaan data yang cukup yang di perlukan untuk dianalisis serta bermanfaat)
5.      Dapat di selesaikan dalam waktu yang tersedia( hendaknya seorang peneliti itu tidak mengulur-ulur waktu dalam penelitiannya karena suatu penelitian itu memiliki jangka waktu tertentu sehingga apa yang diteliti benar-benar menarik karena masih aktual)
6.      Masalah yang di teliti harus jelas dan tidak ada keragu-raguan di dalamnya.
D.      Latar belakang masalah
Masalah adalah bagian terpenting yang harus dipecahkan dalam suatu penelitian yang menarik untuk diteliti. Secara fungsional masalah penelitian dapat digunakan sebagai pedoman kegiatan di lapangan. Dalam penyajiannya masalah hendaknya dikaitkan dengan topic penelitian yang lebih relevan yang dapat mendukung pentingnya suatu permasalahan tersebut.

BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
            Pengertian masalah (penelitian kuantitatif) : merupakan kesenjangan yang ada dengan yang seharusnya, antara yang nyata ( das sein) dengan yang ideal (das sholen).
Pengertian masalah (penelitian kualitatif) : hubungan antara dua hal atau lebih yang tidak atau belum jelas, dan membingungkan.
            Sumber masalah penelitian yang dapat membantu para peneliti dalam malukukan penelitian diantaranya adalah pengalaman seseorang atau kelompok, lapangan tempat bekerja, laporan hasil penelitian, sumber-sumber yang berasal dari bidang pengetahguan lain,diskusi tentang teori.
Permasalahan suatu penelitian itu berasal dari idea atau kreasi calon peneliti bisa juga datang dari pihak lain misalnya sponsor atau dari fakultas, tetapi dari manapun diperolehnya pada akhirnya pihak peneliti sendiri yang harus mempertimbangkan dan menentukannya
B.     Saran
            Akhirnya penulis menyadari dengan keterbatasan yang dimiliki sebagai manusia biasa  penyusun makalah ini,sepenuhnya masih banyak kekurangan, karena keterbatasan kemampuan dan pengetahuan olehnya itu sangat diharapkan saran atau kritik dari pembaca demi untuk kelengkapan dan  kesempurnaan makalah ini.

DAFTAR PUSTAKA

Darmadi Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Penerbit Bumi Aksara
Tahir. 2011. Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan. Makassar : Universitas Muhammadiyah Makassar
Tolla, Ismail.2006. Metodologi Penelitian Pengembangan Administrasi Pendidikan. Makassar: Universitas negeri makassar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar