OLEH
NURUL
HIKMAH
105400417110
JURUSAN
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH MAKASSAR
2012
KATA PENGANTAR
Puji
syukur Alhamdulillah adalah ungkapan yang sepatutnya kita haturkan kepada Allah
Subhanahu Wataala Tuhan Yang Maha Esa, yang telah menganugerahkan nikmat
kesehatan, kekuatan, kesempatan dan kebesaran jiwa kepada kita semua. Penulis
sebagai penyusun makalah ini menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang
telah memberikan sumbangsi sehingga tugas makalah ini dapat diselesaikan.
Dalam
penyusunan makalah ini, penulis menyadari sepenuhnya masih banyak kekurangan,
karena keterbatasan kemampuan dan pengetahuan. Namun demikian penulis sangat
merasakan bahwa hal tersebut merupakan pendorong untuk dapat memperbaiki dan
melangkah lebih baik lagi.
Semoga
tugas makalah ini dapat memenuhi harapan semua pihak yang dapat bermanfaat bagi
pembacanya, Wassalam.
Makassar,november 2012
Penulis
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR..........................................................................................................
i
DAFTAR
ISI.......................................................................................................................
ii
BAB
I Pendahuluan
A. Latar
Belakang..................................................................................................... 1
B. Rumusan
Masalah................................................................................................ 1
BAB II
Pembahasan
A. Metodologi Penelitian Kuantitatif...................................................................... 2
a. Pengertian
masalah penelitian...................................................................... 2
b. Sumber
masalah............................................................................................
3
c. Pemilihan
masalah........................................................................................
4
d. Latar
belakang masalah................................................................................ 5
BAB III
Penutup
A. Kesimpulan.......................................................................................................... 6
B. Saran.................................................................................................................... 6
DAFTAR
PUSTAKA........................................................................................................... 7
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Setelah mengikuti pembahasan tentang
pendahuluan metodologi penelitian maka tiba saatnya mempelajari lebih jauh
tentang metodologi penelitian kuantitatif dalam kaitannya dengan pengertian
masalah penelitian, sumber masalah, pemilihan masalah, serta latar belakang
masalah di dalam melakukan suatu penelitian. Makalah ini diharapkan dapat
membantu dalam melakukan suatu penelitian untuk pemilihan suatu maasalah
penelitian.
B.
Rumusan
Masalah
1.
Jelaskan pengertian masalah penelitian!
2.
Apa saja sumber masalah dalam suatu penelitian?
3.
Bagaimana cara melakukan pemilihan masalah dalam suatu
penelitian?
4.
Jelaskan latar belakang suatu masalah penelitian!
BAB II
PEMBAHASAN
(METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF)
A. Pengertian Masalah
Penelitian
Masalah adalah sesuatu yang harus di selesaikan
sedangkan penelitian adalah penggunaan metode ilmiah untuk mengamati suatu
masalah dan mencari jawaban dari permasalahan atau proses penemuan.
Menurut
Sudjana dalam Tahir (2011:17) pengertian masalah adalah pertanyaan-pertanyaan
yang sengaja di tanyakan untuk mencari jawabannya dengan melakukan suatu penelitian.
Permasalahan dapat juga diartikan
sebagai sesuatu yang telah dijadikan sebagai target yang telah di tetapkan oleh
peneliti tapi karna suatu hal target tersebut tidak dapat
tercapai(Sukardi,2003:21)
Penelitian
adalah penggunaan metode ilmiah yang bersifat formal dan sistematis untuk
mempelajari suatu masalah. Menurut Whitney dalam Tolla(2006:5) penelitian
adalah pencarian atas sesuatu (inquiri)secara sistematis dengan penekanan bahwa
pencarian dilakukan terhadap masalah-masalah yang dapat dipecahkan
Menurut Soegeng dalam
Tahir(2011:17) pengertian masalah (penelitian kuantitatif) : merupakan
kesenjangan yang ada dengan yang seharusnya, antara yang nyata ( das sein) dengan yang ideal (das sholen).karena terdapat perbedaan
antara kenyataan dengan yang dicita-citakan.
Pengertian masalah (penelitian kualitatif) : hubungan antara dua hal
atau lebih yang tidak atau belum jelas, dan membingungkan. Untuk itu perlu
dilakukan penelitian untuk menemukan kejelasan dari hal yang membingungkan
tersebut.
B. Sumber
Masalah
Beberapa macam sumber masalah
penelitian yang dapat membantu para peneliti dalam malukukan penelitian
diantaranya adalah pengalaman seseorang atau kelompok, lapangan tempat bekerja,
laporan hasil penelitian, sumber-sumber yang berasal dari bidang pengetahguan
lain,diskusi tentang teori.
1.
Pengalaman seseorang atau kelompok
Pengalaman adalah guru yang terbaik, melalui
pengalaman seseorang dapat dikatakan ahli, misalnya seorang penjahit yang
berpengalaman selama bertahun-tahun selalu
menyelesaikan pesanan baju dari pelanggannya tepat waktu dan rapi.
2. Lapangan
tempat bekerja
Tempat seorang peneliti bekerja merupakan permasalahan
yang baik. Misalnya seorang guru dapat menjadikan sekolah sebagai sumber
penelitian yang berkaitan dengan tercapainya tujuan sekolah dia dapat mengalami
dan melihat sendiri atau dapat bertanya pada satu, dua, atau banyak orang dalam
pekerjaannya.
3.
Laporan hasil penelitian
Untuk memperoleh permasalahan yang signifikan adalah
perpustakaan dimana hasil-hasil penelitian para peneliti berada. Dalam perpustakaan
tertdapat perkembangan ilmu yang mutakhir untuk kepentingan belajar.
4.
Sumber-sumber yang berasal dari bidang pengetahuan
lain
Gerakan reformasi yang muncul setelah orde baru telah
mempengaruhi sifat dan tuntutan para guru untuk memperoleh gaji dan status
profesi yang lebih baik. Era global telah mempengaruhi system pendidikan dan
system penilaian lulusan sekolah menengah kejuruan. Pendidikan system ganda
telah memunculkan pembelajaran magang dalam usia kerja para training memperoleh
pendidikan dib alai latihan kerja dan industry.
5.
Diskusi tantang teori
Untuk memperoleh suatu permasalahan biasanya di
dapatkan dari suatu pendapat yang di dasarkan pada suatu penelitian yang di
dukung oleh data dan argumentasi.
C.
Pemilihan masalah
Permasalahan suatu penelitian itu
berasal dari idea atau kreasi calon peneliti bisa juga datang dari pihak lain
misalnya sponsor atau dari fakultas, tetapi dari manapun diperolehnya pada
akhirnya pihak peneliti sendiri yang harus mempertimbangkan dan menentukannya(Darmadi,2011:39)
hal- hal yang harus di pertimbangkan dalam menentukan suatu permasalahan adalah
sebagai berikut:
1.
Masalah atau
topik penelitian harus benar-benar menarik untuk diteliti(actual, hal baru,
orisinil, belum pernah di teliti; jika pernah masalah tersebut masih perlu
dilakukan penelitian ulang)
2.
Harus sesuai
dengan bidang keilmuan penelitian
3.
Sesuai dengan
kemampuan peneliti (maka dibedakan S1-skripsi, S2-tesis, S3-disertasi.
4.
Layak diteliti
(masalah atau topic penelitiian memiliki ketersediaan data yang cukup yang di
perlukan untuk dianalisis serta bermanfaat)
5.
Dapat di
selesaikan dalam waktu yang tersedia( hendaknya seorang peneliti itu tidak
mengulur-ulur waktu dalam penelitiannya karena suatu penelitian itu memiliki
jangka waktu tertentu sehingga apa yang diteliti benar-benar menarik karena
masih aktual)
6.
Masalah yang di
teliti harus jelas dan tidak ada keragu-raguan di dalamnya.
D. Latar belakang
masalah
Masalah adalah bagian terpenting yang harus dipecahkan dalam suatu
penelitian yang menarik untuk
diteliti. Secara fungsional masalah penelitian dapat digunakan sebagai pedoman
kegiatan di lapangan. Dalam penyajiannya masalah hendaknya dikaitkan dengan
topic penelitian yang lebih relevan yang dapat mendukung pentingnya suatu
permasalahan tersebut.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Pengertian masalah (penelitian
kuantitatif) : merupakan kesenjangan yang ada dengan yang seharusnya, antara
yang nyata ( das sein) dengan yang
ideal (das sholen).
Pengertian masalah (penelitian kualitatif) : hubungan antara dua hal
atau lebih yang tidak atau belum jelas, dan membingungkan.
Sumber masalah penelitian yang dapat
membantu para peneliti dalam malukukan penelitian diantaranya adalah pengalaman
seseorang atau kelompok, lapangan tempat bekerja, laporan hasil penelitian,
sumber-sumber yang berasal dari bidang pengetahguan lain,diskusi tentang teori.
Permasalahan suatu penelitian itu berasal dari idea atau kreasi calon
peneliti bisa juga datang dari pihak lain misalnya sponsor atau dari fakultas,
tetapi dari manapun diperolehnya pada akhirnya pihak peneliti sendiri yang
harus mempertimbangkan dan menentukannya
B. Saran
Akhirnya
penulis menyadari dengan keterbatasan yang dimiliki sebagai manusia biasa penyusun makalah
ini,sepenuhnya masih banyak kekurangan, karena keterbatasan kemampuan dan
pengetahuan olehnya itu sangat
diharapkan saran atau kritik dari pembaca demi untuk kelengkapan dan kesempurnaan makalah ini.
DAFTAR
PUSTAKA
Darmadi Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit
Alfabeta.
Sukardi.
2003. Metodologi Penelitian Pendidikan.
Jakarta : Penerbit Bumi Aksara
Tahir. 2011. Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan. Makassar : Universitas
Muhammadiyah Makassar
Tolla, Ismail.2006. Metodologi Penelitian Pengembangan Administrasi Pendidikan. Makassar:
Universitas negeri makassar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar