BAB I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar
Belakang
Penelitian merupakan bagian dari kehidupan kita
sehari-hari, dengan berbagai penelitian yang dilakukan maka seseorang akan
menemukan sesuatu yang baru yang menjadi alamat untuk mencapai tujuan
penelitian. Berbagai kalangan sering kali melakukan penelitian mulai dari ilmuwan,
dosen, guru hingga mahasiswa berbagai kalangan tersebut sering melakukan
penelitian untuk mendapatkan informasi ataupun kerangka berfikir dan bertindak
lebih lanjut terhadap suatu obyek tertentu. Namun, untuk melakukan suatu
penelitian terhadap objek tertentu seseorang harus mempunyai metode atau alat
untuk mencapai tujuan tersebut.
Pendidikan merupakan salah satu obyek yang sering kali
diteliti, gejala ataupun keadaan yang ada didalamnya dengan tujuan untuk
mengarahkan pendidikan kearah yang lebih bak oleh karena itu seorang guru perlu
mengetahui metode penelitian agar tahu bagaimana cara menyelesaikan
masalah-masalah yang kelak akan menjadi rintangan bagi perkembangan di dunia
pendidikan kita.
1.2.
Rumusan
Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas maka dalam makalah
ini akan dibahas mengenai :
1.
Defenisi atau pengertian metodologi penelitian
2.
Jenis-jenis metodologi penelitian
BAB II
PEMBAHASAN
2.1.
Pengertian
Metode Penelitian
Metode berasal dari Bahasa Yunani “Methodos” yang
berarti cara atau jalan berarti metode menyangkut cara kerja untuk memahami
obyek. Dengan kata lain metode merupakan alat untuk mencapai tujuan. Sedangkan
penelitian berasal dari bahasa Inggris “Research” yang artinya adalah proses
pengumpulan informasi dengan tujuan meningkatkan, memodifikasi, atau
mengembangkan suatu penyelidikan. Pada dasarnya riset atau penelitian adalah
sebuah proses yang akan menghasilkan ilmu pengetahuan. (Setiawan:2012)
Beberapa pandangan metode penelitian secara umum
menurut para ahli:
1.
Nasir
(1988:51) →
Metode penelitian merupakan cara utama yang digunakan peneliti untuk mencapai
tujuan dan menentukan jawaban atas masalah yang diajukan.
2.
Sugiyono
(2004:1) →
Metode penelitian merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan
dan kegunaan tertentu.
3.
Winarno
(1994) → Metode
penelitian adalah suatu kegiatan ilmiah yang dilakukan dengan teknik yang
diteliti dan sistematik.
4.
Muhiddin
Sirat (2006) →
Metode penelitian adalah suatu cara memilih masalah dan penentuan judul
penelitian”. (Setiawan:2012)
Maka dengan demikian metode penelitian dapat dipahami
sebagai tata cara bagaimana suatu penelitian dilaksanakan. Sementara itu,
Sugiyono (2009:3) dalam Dede Yahya, 2012 mendefinisikan metode penelitian
adalah cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu.
Selanjutnya dalam pengertian yang luas, Sugiyono (2009:6) dalam Dede Yahya 2012
menjelaskan bahwa metode penelitian adalah cara-cara ilmiah untuk mendapatkan
data yang valid, dengan tujuan dapat ditemukan, dikembangkan dan dibuktikan,
suatu pengetahuan tertentu sehingga pada gilirannya dapat digunakan untuk
memahami, memecahkan dan mengantisipasi masalah
(Sugiyono dalam Yahya:2012).
“Metode
penelitian pada dasarnya merupakan cara ilmiah alamiah untuk mendapatkan data
dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Setiap penelitian mempunyai tujuan dan
kegunaan tertentu. Secara umum tujuan penelitian ada tiga macam yaitu yang
bersifat penemuan, pembutiran, dan pengembangan. Penemuan berarti data yang
diperoleh dari penelitian itu adalah data yang betul-betul baru yang sebelumnya
belum pernah diketahui. Pembuktian berarti data yang diperoleh itu digunakan
untuk membuktikan adanya keragu-raguan terhadap informasi atau pengetahuan
tertentu”. (WilfritsFFSasauw:2011)
2.2.
Jenis-Jenis
Metodologi Penelitian Pendidikan
Banyak metode penelitian yang biasa digunakan dalam
kehidupan sehari-hari baik dari segi penelitian sosial ataupun pendidikan.
Berikut beberapa metode yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari
yang ditinjau dari beberapa pendekatan :
1. Pendekatan Kualitatif
Kualitatif adalah pengumpulan data namun tidak dalam
bentuk angka, pendekatan ini dilakukan dengan cara observasi contoh metode yang
termasuk dalam pendekatan ini adalah :
a. Metode Etnografis
Metode etnografis ialah metode yang digunakan untuk
menginterpretasi budaya, kelompok sosial dan suatu sistem masyarakat.
Penelitian etnografis bertujuan untuk mendeskripsikan cara berfikir, adat,
bahasa, kepercayaan dan perilaku hidup suatu masyarakat. Proses penelitian ini
biasanya dilaksanakan di lapangan dalam waktu yang cukup lama, dengan bentuk
observasi dan wawancara alamiah dengan partisipan serta mengumpulkan dokumen
atau benda-benda (artifak). Hasil akhir penelitian ini biasanya sangat
komprehensif dan menggambarkan kompleksitas suatu kehidupan. Contoh penelitian
dalam pendidikan : “Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi”.
b. Metode Historis
Historis / sejarah ialah studi tentang masa lalu
dengan menggunakan paparan dan penjelasan. Metode Historis ialah metode yang
bertujuan untuk merekonstruksi masa lalu secara sistematis dan obyektif dengan
mengumpulkan, menilai, memverifikasi, dan mensintesis bukti untuk menetapkan
fakta dan mencapai konklusi yang dapat dipertahankan dan dalam hubungan
hipotesis tertentu. Ciri khas penelitian historis ialah periode waktu : kegiatan,
peristiwa, karakteristik, dan nilai-nilai dikaji dalam konteks waktu. Contoh
penelitian ini misalnya : “Manajemen Pembuatan Kurikulum Berbasis Kompetensi”.
2. Pendekatan Kuantitatif
Kuantitatif adalah pengumpulan data dalam bentuk
angka, pengumpulan data kuantitatif biasanya menggunakan lembar evaluasi,
berikut metode yang termasuk dalam pendekatan kuantitatif :
a. Metode Deskriptif
Metode deskriptif ialah suatu metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian deskriptif untuk menggambarkan fenomena yang ada.
Penelitian deskriptif merupakan penelitian yang memberi uraian mengenai gejala
sosial yang diteliti dengan mendeskripsikan tentang nilai variable berdasarkan
indikator yang diteliti tanpa membuat hubungan dan perbandingan dengan sejumlah
variable yang lain. Tujuan metode deskriptif ini ialah :
1.
Mengumpulkan informasi aktual secara rinci yang
melukiskan gejala.
2.
Mengidentifikasi masalah dan memeriksa praktik
yang berlaku
3.
Menetapkan keputusan apabila orang lain
menghadapi situasi yang sama.
Syarat penelitian deskriptif :
1.
Penelitian harus memiliki sifat represif. Ia
harus mencari, bukan menguji.
2.
Peneliti harus memiliki kekuatan integrative
3.
Peneliti tidak mengadakan manipulasi atau
pengubahan variable
b. Metode Komparatif
Metode Komparatif ialah metode yang digunakan dalam
penelitian yang diarahkan untuk mengetahui apakah antara dua variable ada
perbedaan dalam suatu aspek yang diteliti. Dalam penelitian ini tidak ada
manipulasi dari peneliti. Penelitian dilakukan secara alami, dengan mengumpulkan
data perbedaan variable yang diteliti. (Semy:2012)
BAB III
PENUTUP
3.1. Simpulan
Metode penelitian adalah cara atau proses yang
dilakukan untuk mencari informasi atau data-data yang ada terhadap suatu obyek
tertentu agar mampu menghasilkan informasi baru demi tercapainya tujuan yang
diinginkan. Metode penelitian sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari
baik dari segi sosial ataupun pendidikan.
Ada dua pendekatan yang dikenal dalam metode
penelitian pendidikan yaitu pendekatan Kualitatif dan Pendekatan Kuantitatif.
Dalam metode kualitatif dikenal beberapa metode
diantaranya, metode etnografis dan metode historis sedangkan metode yang
termasuk dalam pendekatan kuantitatif adalah metode deskriptif dan metode
komparatif.
3.2. Saran
Berdasarkan simpulan diatas penulis menyarankan agar
terus menggali dan mengembangkan pengetahuan mengenai metode penelitian
pendidikan, penulis juga mengharapkan kritik dan saran dari pembaca yang
bersifat membangun demi kesempurnaan makalah berikutnya.
DAFTAR PUSTAKA
Setiawan. 2012. Pengertian dan
Definisi Metode, Penelitian dan Metode Penelitian.
http://setiawantopan.wordpress.com/2012/02/22/metode-metode-penelitian-dan-metode-penelitian/.16
Oktober 2012.
Yahya,dede. 2012. Pengertian
Metode Penelitian dan Jenis-Jenis Metode Penelitian.
WilfritsFFSasauw. 2011.
Definisi Metodologi Penelitian.
http://id.shvoong.com/exact-sciences/engineering/2145879-defenisi-metode-penelitian/#ixzz29SBU4qAJ.
16 Oktober 2012.
Semi, Ana. 2011. Macam-macam
metode penelitian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar