Rabu, 07 November 2012

tugas I


BAB I
PENDAHULUAN

1.1.     Latar Belakang
Penelitian merupakan bagian dari kehidupan kita sehari-hari, dengan berbagai penelitian yang dilakukan maka seseorang akan menemukan sesuatu yang baru yang menjadi alamat untuk mencapai tujuan penelitian. Berbagai kalangan sering kali melakukan penelitian mulai dari ilmuwan, dosen, guru hingga mahasiswa berbagai kalangan tersebut sering melakukan penelitian untuk mendapatkan informasi ataupun kerangka berfikir dan bertindak lebih lanjut terhadap suatu obyek tertentu. Namun, untuk melakukan suatu penelitian terhadap objek tertentu seseorang harus mempunyai metode atau alat untuk mencapai tujuan tersebut.
Pendidikan merupakan salah satu obyek yang sering kali diteliti, gejala ataupun keadaan yang ada didalamnya dengan tujuan untuk mengarahkan pendidikan kearah yang lebih bak oleh karena itu seorang guru perlu mengetahui metode penelitian agar tahu bagaimana cara menyelesaikan masalah-masalah yang kelak akan menjadi rintangan bagi perkembangan di dunia pendidikan kita.
1.2.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas maka dalam makalah ini akan dibahas mengenai :
1.      Defenisi atau pengertian metodologi penelitian
2.      Jenis-jenis metodologi penelitian
BAB II
PEMBAHASAN

2.1.     Pengertian Metode Penelitian
Metode berasal dari Bahasa Yunani “Methodos” yang berarti cara atau jalan berarti metode menyangkut cara kerja untuk memahami obyek. Dengan kata lain metode merupakan alat untuk mencapai tujuan. Sedangkan penelitian berasal dari bahasa Inggris “Research” yang artinya adalah proses pengumpulan informasi dengan tujuan meningkatkan, memodifikasi, atau mengembangkan suatu penyelidikan. Pada dasarnya riset atau penelitian adalah sebuah proses yang akan menghasilkan ilmu pengetahuan. (Setiawan:2012)
Beberapa pandangan metode penelitian secara umum menurut para ahli:
1.      Nasir (1988:51) Metode penelitian merupakan cara utama yang digunakan peneliti untuk mencapai tujuan dan menentukan jawaban atas masalah yang diajukan.
2.      Sugiyono (2004:1) Metode penelitian merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu.
3.      Winarno (1994) Metode penelitian adalah suatu kegiatan ilmiah yang dilakukan dengan teknik yang diteliti dan sistematik.
4.      Muhiddin Sirat (2006) Metode penelitian adalah suatu cara memilih masalah dan penentuan judul penelitian”. (Setiawan:2012)

Maka dengan demikian metode penelitian dapat dipahami sebagai tata cara bagaimana suatu penelitian dilaksanakan. Sementara itu, Sugiyono (2009:3) dalam Dede Yahya, 2012 mendefinisikan metode penelitian adalah cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Selanjutnya dalam pengertian yang luas, Sugiyono (2009:6) dalam Dede Yahya 2012 menjelaskan bahwa metode penelitian adalah cara-cara ilmiah untuk mendapatkan data yang valid, dengan tujuan dapat ditemukan, dikembangkan dan dibuktikan, suatu pengetahuan tertentu sehingga pada gilirannya dapat digunakan untuk memahami, memecahkan dan  mengantisipasi masalah (Sugiyono dalam Yahya:2012).
“Metode penelitian pada dasarnya merupakan cara ilmiah alamiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Setiap penelitian mempunyai tujuan dan kegunaan tertentu. Secara umum tujuan penelitian ada tiga macam yaitu yang bersifat penemuan, pembutiran, dan pengembangan. Penemuan berarti data yang diperoleh dari penelitian itu adalah data yang betul-betul baru yang sebelumnya belum pernah diketahui. Pembuktian berarti data yang diperoleh itu digunakan untuk membuktikan adanya keragu-raguan terhadap informasi atau pengetahuan tertentu”. (WilfritsFFSasauw:2011)

2.2.     Jenis-Jenis Metodologi Penelitian Pendidikan
Banyak metode penelitian yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari baik dari segi penelitian sosial ataupun pendidikan. Berikut beberapa metode yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari yang ditinjau dari beberapa pendekatan :
1.      Pendekatan Kualitatif
Kualitatif adalah pengumpulan data namun tidak dalam bentuk angka, pendekatan ini dilakukan dengan cara observasi contoh metode yang termasuk dalam pendekatan ini adalah :
a.      Metode Etnografis
Metode etnografis ialah metode yang digunakan untuk menginterpretasi budaya, kelompok sosial dan suatu sistem masyarakat. Penelitian etnografis bertujuan untuk mendeskripsikan cara berfikir, adat, bahasa, kepercayaan dan perilaku hidup suatu masyarakat. Proses penelitian ini biasanya dilaksanakan di lapangan dalam waktu yang cukup lama, dengan bentuk observasi dan wawancara alamiah dengan partisipan serta mengumpulkan dokumen atau benda-benda (artifak). Hasil akhir penelitian ini biasanya sangat komprehensif dan menggambarkan kompleksitas suatu kehidupan. Contoh penelitian dalam pendidikan : “Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi”.  
b.      Metode Historis
Historis / sejarah ialah studi tentang masa lalu dengan menggunakan paparan dan penjelasan. Metode Historis ialah metode yang bertujuan untuk merekonstruksi masa lalu secara sistematis dan obyektif dengan mengumpulkan, menilai, memverifikasi, dan mensintesis bukti untuk menetapkan fakta dan mencapai konklusi yang dapat dipertahankan dan dalam hubungan hipotesis tertentu. Ciri khas penelitian historis ialah periode waktu : kegiatan, peristiwa, karakteristik, dan nilai-nilai dikaji dalam konteks waktu. Contoh penelitian ini misalnya : “Manajemen Pembuatan Kurikulum Berbasis Kompetensi”.
2.      Pendekatan Kuantitatif
Kuantitatif adalah pengumpulan data dalam bentuk angka, pengumpulan data kuantitatif biasanya menggunakan lembar evaluasi, berikut metode yang termasuk dalam pendekatan kuantitatif :
a.      Metode Deskriptif
Metode deskriptif ialah suatu metode penelitian yang digunakan dalam penelitian deskriptif untuk menggambarkan fenomena yang ada. Penelitian deskriptif merupakan penelitian yang memberi uraian mengenai gejala sosial yang diteliti dengan mendeskripsikan tentang nilai variable berdasarkan indikator yang diteliti tanpa membuat hubungan dan perbandingan dengan sejumlah variable yang lain. Tujuan metode deskriptif ini ialah :
1.      Mengumpulkan informasi aktual secara rinci yang melukiskan gejala.
2.      Mengidentifikasi masalah dan memeriksa praktik yang berlaku
3.      Menetapkan keputusan apabila orang lain menghadapi situasi yang sama.
Syarat penelitian deskriptif :
1.      Penelitian harus memiliki sifat represif. Ia harus mencari, bukan menguji.
2.      Peneliti harus memiliki kekuatan integrative
3.      Peneliti tidak mengadakan manipulasi atau pengubahan variable    
b.      Metode Komparatif
Metode Komparatif ialah metode yang digunakan dalam penelitian yang diarahkan untuk mengetahui apakah antara dua variable ada perbedaan dalam suatu aspek yang diteliti. Dalam penelitian ini tidak ada manipulasi dari peneliti. Penelitian dilakukan secara alami, dengan mengumpulkan data perbedaan variable yang diteliti. (Semy:2012)



BAB III
PENUTUP

3.1.      Simpulan
Metode penelitian adalah cara atau proses yang dilakukan untuk mencari informasi atau data-data yang ada terhadap suatu obyek tertentu agar mampu menghasilkan informasi baru demi tercapainya tujuan yang diinginkan. Metode penelitian sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari baik dari segi sosial ataupun pendidikan.
Ada dua pendekatan yang dikenal dalam metode penelitian pendidikan yaitu pendekatan Kualitatif dan Pendekatan Kuantitatif.
Dalam metode kualitatif dikenal beberapa metode diantaranya, metode etnografis dan metode historis sedangkan metode yang termasuk dalam pendekatan kuantitatif adalah metode deskriptif dan metode komparatif.

3.2.      Saran
Berdasarkan simpulan diatas penulis menyarankan agar terus menggali dan mengembangkan pengetahuan mengenai metode penelitian pendidikan, penulis juga mengharapkan kritik dan saran dari pembaca yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah berikutnya.



DAFTAR PUSTAKA


Setiawan. 2012. Pengertian dan Definisi Metode, Penelitian dan Metode Penelitian.

Yahya,dede. 2012. Pengertian Metode Penelitian dan Jenis-Jenis Metode Penelitian.

WilfritsFFSasauw. 2011. Definisi Metodologi Penelitian.

Semi, Ana. 2011. Macam-macam metode penelitian.




                                                          



Tidak ada komentar:

Posting Komentar