Rabu, 07 November 2012

TUGAS I METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN


METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN


OLEH
NURUL HIKMAH
105400417110

JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
                                                        2012



KATA PENGANTAR

         Puji syukur Alhamdulillah adalah ungkapan yang sepatutnya kita haturkan kepada Allah Subhanahu Wataala Tuhan Yang Maha Esa, yang telah menganugerahkan nikmat kesehatan, kekuatan, kesempatan dan kebesaran jiwa kepada kita semua. Penulis sebagai penyusun makalah ini menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan sumbangsi sehingga tugas makalah yang berjudul Pengertian dan Jenis-Jenis Metodologi Penelitian dapat diselesaikan.
         Dalam penyusunan makalah ini, penulis menyadari sepenuhnya masih banyak kekurangan, karena keterbatasan kemampuan dan pengetahuan. Namun demikian penulis sangat merasakan bahwa hal tersebut merupakan pendorong untuk dapat memperbaiki dan melangkah lebih baik lagi.
        Semoga tugas makalah ini dapat memenuhi harapan semua pihak yang dapat bermanfaat bagi pembacanya, Wassalam.
                                                                                           
Makassar, Oktober 2012                              
                                                                                                                                                                                                                                                                                                             Penulis
                                                                                                                                                                                                    








DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR.......................................................................................................... i
DAFTAR ISI.......................................................................................................................  ii
BAB I Pendahuluan
A.    Latar Belakang.....................................................................................................  1
B.     Rumusan Masalah................................................................................................ 1
BAB II Pembahasan
A.    Pengertian Metodologi Penelitian ....................................................................... 2
a.       Pengertian Metode.......................................................................................   2
b.      Pengertian Penelitian....................................................................................   2
c.       Metodologi Penelitian..................................................................................   3
B.     Jenis-Jenis Penelitian Pendidikan....................................................................... 3
a.       Penelitian Kuantitatif...................................................................................   3
b.      Penelitian kualitatif......................................................................................   6
BAB III Penutup
A.    Kesimpulan..........................................................................................................  7
B.     Saran....................................................................................................................  7
DAFTAR PUSTAKA...........................................................................................................    8









BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Banyak sekali masalah penelitian tetapi ketidak tahuan peneliti untuk mengenali dan memilih masalah yang layak untuk sebuah penelitian  banyak instrumen untuk mengambil dan mengumpulkan data tetapi kurang mengetahui apa instrumen yang baik. Mereka bingung dan bahkan sebagian ada yang frustrasi untuk melakukan penelitian.
Mereka memerlukan alat untuk dapat memecahkan problem keterasingan tersebut. Oleh karena itu penulis menyusun makalah yang berjudul pengertian dan jenis-jenis penelitian untuk dapat sedikit membantu memecahkan problem keterasingan tersebut.
B.     Rumusan Masalah
1.      Jelaskan pengertian metodologi penelitian!
2.      Jelaskan jenis-jenis metodologi penelitian!


BAB II
Pengertian dan Jenis-Jenis Metodologi Penelitian Pendidikan
A.    Pengertian Metodologi Penelitian
Saat ini sudah banyak kita lihat penelitian yang dilakukan oleh siswa, mahasiswa , maupun para dosen. Biasanya penelitian tersebut dilakukan secara mandiri maupun bersifat proyek. Penelitian tersebut biasanya dilaksanakan di laboratorium, kelas, bahkan terjun langsung di lapangan. Pertanyaannya sekarang apakah yang dimaksud dengan  metodologi penelitian pendidikan?

a.      Pengertian metode
Metode secara bahasa berasal dari “meta” dan “hodos”.” Meta “berarti “melalui” dan “hodosí” berarti “jalan atau cara”.”metodologi” berarti ilmu pengetahuan tentang jalan atau cara yang harus dilalui.

b.      Pengertian penelitian
Menurut  Kamus Besar Bahasa Indonesia(KBBI) dalam Musfiqon(2012:19) ditulis, penelitian adalah penyelidikan;kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajianm data yang dilakukan secara sistematis dan objektif untuk memecahkan suatu persoalan atau menguji suatu hipotesis untuk mengembangkan prinsip-prinsip umum.
Penelitian berasal dari bahasa inggris “research” (re berarti kembali dan search berarti mencari). Dengan demikian, research berarti mencari kembali.
Menurut Whitney dalam Tolla(2006:5) penelitian adalah pencarian atas sesuatu (inquiri)secara sistematis dengan penekanan bahwa pencarian dilakukan terhadap masalah-masalah yang dapat dipecahkan.
Menurut kamus Webster’s New Internasional dalam Hadi (2005:9) penelitian adalah penyelidikan yang hati-hati dan kritis dalam mencari fakta dan prinsip-prinsip;suatu penyelidikan yang amat cerdik untuk menetapkan sesuatu. Menurut Hillway dalam Hadi (2005:9)  mengemukakan bahwa penelitian adalah suatu metode studi yang dilakukan seseorang melalui penyelidikan yang hati-hati dan sempurna  terhadap suatu masalah sehingga diperoleh pemecahan yang tepat terhadap masalah tersebut.

c.       Metodologi Penelitian
“Metode penelitian pada dasarnya merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Berdasarkan hal tersebut terdapat empat kata kunci yang perlu diperhatikan yaitu, cara ilmiah, data, tujuan, kegunaan tertentu. Cara ilmiah berarti kegiatan penelitian itu didasarkan pada ciri-ciri keilmuan, yaitu rasional, empiris, dan sistematis. Rasional berarti kegiatan penelitian itu dilakukan dengan cara-cara yang masuk akal, sehingga terjangkau oleh penalaran manusia”(Bukhari:2012)




B. Jenis-Jenis Penelitian Pendidikan


a.      Penelitian Kuantitatif

Menurut McMilan dan Schumacher dalam Syukri(2008:22) memulai dengan membedakan antara pendekatan kuantitatif dengan kualitatif. Dalam pendekatan kuantitatif dibedakan pula antara metode-metode penelitian eksperimental dan non eksperimental. Dalam penelitian kualitatif dibedakan antara kualitatif interaktif dan non interaktif.
                        “Penelitian kuantitatif didasari oleh filsafat positivisme yang bertolak dari asumsi bahwa riealita bersifat tunggal, fixed, stabil, lepas dri kepercayaan dan perasaan-perasaan individual . realita terdiri atas bagian dan unsur yang terpisah satu sama lain dan dapat diukur debgan menggunakan instrumen”(Syukri,2008:23)

Metode-Metode Penelitian
KUANTITATIF
KUALITATIF
Eksperimental
Non eksperimental
interaktif
Non interaktif
Eksperimental murni
Deskriptif
Etnografis
Analisis konsep
Eksperimental kuasi
Komparatif
Historis
Analisi kebijakan
Eksperimental lemah
Korelasional
Fenomenologis
Analisis hisoris
Subjek tunggal
Survai
Studi kasus


Ekspos fakto
Teori dasar


Tindakan
Studi kritis


Sumber: McMilan dan Schumacher dalam Syukri(2008:22)
1.      Penelitian Non Eksperimental
a.      Penelitian Deskriptif
“Penelitian deskriptif adalah suatu metode penelitian yang ditujukan unruk menggambarkan fenomena-fenomena yang ada yang berlangsung pada saat ini atau pada saat yang lampau. Penelitian deskriptif bisa mendeskripsikan satu keadaan saja, tetapi juga bisa mendeskripsikan keadaan dalam tahapan-tahapan perkembangannya.” Syukri,2008:24)
b.      Penelitian Survai
“Survai digunakan untuk mengumpulkan informasi berbentuk opini atau pendapat dari sejumlah orang terhadap isu atau topik tertentu. Ada tiga karakteristik survai:(1) informasi dikumpulkan dari sekelompok orang, (2) informasi dikumpulkan melalui pengajuan pertanyaan, (3) informasi diperoleh dari sampel” (Syukri,2008:24)

c.       Penelitian Ekspos Fakto
“Penelitian ekspo fakto meneliti hubungan sebab akibat yang tidak di manipulasi atau diberi perlakuan (dirancang adan di laksanakan) oleh peneliti. Penelitian sebab-akibat dilakukan terhadap program kegiatan atau kejadian yang telah berlangsung atau yang telah terjadi.” (Syukri,2008:24)

d.      Penelitian Komparatif
“Penelitian diarahkan untuk mengetahui apakah antara dua atau lebih dari dua kelompok ada perbedaan dalam aspek atau variabel yang diteliti. Dalam penelitian inipun tidak ada pengontrolan variabel, maupun manipulasi/perlakuan dari peneliti” (Syukri,2008:25)

e.       Penelitian Korelasional
“Penelitian ditujukan untuk mengetahui hubungan suatu variabel dengan variabel-variabel lain. Hubungan antara satu dengan variabel lain dinyatakan dengan besarnya koefisien korelasi dan keberartian(signifikansi) secara statistik.”(Syukri,2008:25)

Korelasi positif berarti nilai yang tinggi dalam suatu variabel dengan nilai yang tinggi pada variabel lainnya. Korelasi negatif berarti nilai yang tinggi dalam suatu variabel dengan nilai yang rendah pada variabel lainnya.
f.       Penelitian Tindakan
Penelitian tindakan merupakan penelitian yang diarahkan pada pengadaaan pemecahan masalah atau perbaikan. Misalnya guru harus dapat memecahkan setiap masalah yang terjadi dalam kelas.
g.      Penelitian dan Pengembangan
Dalam bidang pendidikan penelitian dan pengembangan merupakan suatu proses untuk menemukan dan mengembangkan pengetahuan untuk meningkatkan potensi dalam memecahkan permasalahan pendidikan.

2.      Penelitian Eksperimental
Penelitian eksperimental merupakan penelitian yang peling murni karena biasanya penelitian ini identik dengan penelitian laboratorium karena dalam pelaksanaanya menerapkan prinsip-prinsip penelitian laboratorium terutama dalam mengontrol jalannya suatu eksperimen.
b.      Penelitian Kulitatif
Penelitian kualitatif adalah suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individual maupun kelompok, berguna untuk menemukan prinsip-prinsip dan penjelasan yang mengarah pada penyimpulan (Syukri, 2008:29)
1.      kualitatif Interaktif
Kualitatif interaktif difokuskan pada pengalamn hidup suatu  individu seperti dalam fenomenologi, studi kasus, teori dasar, dan studi kritikal, bisa juga berfokus pada masyarakat dan budaya seperti dalam etnografi dan beberapa studi kritikal.
2.      Penelitian Non Interaktif
Penelitian non interaktif disebut juga penelitan analitis, mengadakan pengkajian berdasarkan analisis dokumen. Jadi sumber datanya berasal dari dokumen bukan dari data manusia.








BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Secara umum metode penelitian diartikan sebagai cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Terdapat empat kata kunci yang perlu diperhatikan yaitu, cara ilmiah, data, tujuan, kegunaan tertentu. Cara ilmiah berarti kegiatan penelitian itu didasarkan pada ciri-ciri keilmuan, yaitu rasional, empiris, dan sistematis. Rasional berarti kegiatan penelitian itu dilakukan dengan cara-cara yang masuk akal, sehingga terjangkau oleh penalaran manusia.
Penelitian kuantitatif  terdiri dari (1) penelitian non eksperimental (2)penelitian eksperimental sedangkan penelitian kualitatif terdiri dari (1) kualitatif interaktif  (2)penelitian non interaktif.
B.     Saran
            Akhirnya penulis menyadari dengan keterbatasan yang dimiliki sebagai manusia biasa  penyusun makalah ini,i sepenuhnya masih banyak kekurangan, karena keterbatasan kemampuan dan pengetahuan olehnya itu sangat diharapkan saran atau kritik dari pembaca demi untuk kelengkapan dan  kesempurnaan makalah ini.


DAFTAR PUSTAKA

            Bukhari, Almahfudh. 2012. Metode Penelitian. http://lib.uin-malang.ac.id/thesis/chapter_iii/07210006-almahfudh-bukhari. 16 oktober 2012

Darmadi Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Hadi Amirul, Haryono. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Musfiqon, 2012. Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Syukri,M. 2008. Penelitian Pendidikan SD. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

              Tolla, Ismail.2006. Metodologi Penelitian Pengembangan Administrasi Pendidikan. Makassar: Universitas negeri makassar



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar