METODOLOGI PENELITIAN
PENDIDIKAN
OLEH
NURUL
HIKMAH
105400417110
JURUSAN
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH MAKASSAR
2012
KATA PENGANTAR
Puji
syukur Alhamdulillah adalah ungkapan yang sepatutnya kita haturkan kepada Allah
Subhanahu Wataala Tuhan Yang Maha Esa, yang telah menganugerahkan nikmat
kesehatan, kekuatan, kesempatan dan kebesaran jiwa kepada kita semua. Penulis
sebagai penyusun makalah ini menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang
telah memberikan sumbangsi sehingga tugas makalah yang berjudul Pengertian
dan Jenis-Jenis Metodologi Penelitian dapat diselesaikan.
Dalam
penyusunan makalah ini, penulis menyadari sepenuhnya masih banyak kekurangan,
karena keterbatasan kemampuan dan pengetahuan. Namun demikian penulis sangat
merasakan bahwa hal tersebut merupakan pendorong untuk dapat memperbaiki dan
melangkah lebih baik lagi.
Semoga
tugas makalah ini dapat memenuhi harapan semua pihak yang dapat bermanfaat bagi
pembacanya, Wassalam.
Makassar, Oktober 2012
Penulis
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR..........................................................................................................
i
DAFTAR
ISI....................................................................................................................... ii
BAB
I Pendahuluan
A. Latar
Belakang..................................................................................................... 1
B. Rumusan
Masalah................................................................................................ 1
BAB II Pembahasan
A. Pengertian
Metodologi Penelitian ....................................................................... 2
a. Pengertian
Metode....................................................................................... 2
b. Pengertian
Penelitian....................................................................................
2
c. Metodologi
Penelitian..................................................................................
3
B. Jenis-Jenis
Penelitian Pendidikan.......................................................................
3
a. Penelitian
Kuantitatif................................................................................... 3
b. Penelitian
kualitatif...................................................................................... 6
BAB III Penutup
A. Kesimpulan.......................................................................................................... 7
B. Saran.................................................................................................................... 7
DAFTAR
PUSTAKA........................................................................................................... 8
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Banyak sekali masalah penelitian
tetapi ketidak tahuan peneliti untuk mengenali dan memilih masalah yang layak
untuk sebuah penelitian banyak instrumen
untuk mengambil dan mengumpulkan data tetapi kurang mengetahui apa instrumen
yang baik. Mereka bingung dan bahkan sebagian ada yang frustrasi untuk
melakukan penelitian.
Mereka memerlukan alat untuk dapat
memecahkan problem keterasingan tersebut. Oleh karena itu penulis menyusun
makalah yang berjudul pengertian dan jenis-jenis penelitian untuk dapat sedikit
membantu memecahkan problem keterasingan tersebut.
B.
Rumusan
Masalah
1.
Jelaskan pengertian metodologi penelitian!
2.
Jelaskan jenis-jenis metodologi penelitian!
BAB II
Pengertian dan Jenis-Jenis Metodologi Penelitian Pendidikan
A.
Pengertian Metodologi Penelitian
Saat ini sudah banyak kita lihat penelitian yang dilakukan oleh siswa,
mahasiswa , maupun para dosen. Biasanya penelitian tersebut dilakukan secara
mandiri maupun bersifat proyek. Penelitian tersebut biasanya dilaksanakan di
laboratorium, kelas, bahkan terjun langsung di lapangan. Pertanyaannya sekarang
apakah yang dimaksud dengan metodologi penelitian
pendidikan?
a.
Pengertian metode
Metode secara bahasa berasal dari “meta”
dan “hodos”.” Meta “berarti “melalui” dan “hodosÔ
berarti “jalan atau cara”.”metodologi” berarti ilmu
pengetahuan tentang jalan atau cara yang harus dilalui.
b.
Pengertian penelitian
Menurut Kamus Besar Bahasa
Indonesia(KBBI) dalam Musfiqon(2012:19) ditulis, penelitian adalah
penyelidikan;kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajianm
data yang dilakukan secara sistematis dan objektif untuk memecahkan suatu
persoalan atau menguji suatu hipotesis untuk mengembangkan prinsip-prinsip
umum.Penelitian berasal dari bahasa inggris “research” (re berarti kembali dan search berarti mencari). Dengan demikian, research berarti mencari kembali.
Menurut Whitney dalam Tolla(2006:5) penelitian adalah pencarian atas sesuatu (inquiri)secara sistematis dengan penekanan bahwa pencarian dilakukan terhadap masalah-masalah yang dapat dipecahkan.
Menurut kamus Webster’s New Internasional dalam Hadi (2005:9) penelitian adalah penyelidikan yang hati-hati dan kritis dalam mencari fakta dan prinsip-prinsip;suatu penyelidikan yang amat cerdik untuk menetapkan sesuatu. Menurut Hillway dalam Hadi (2005:9) mengemukakan bahwa penelitian adalah suatu metode studi yang dilakukan seseorang melalui penyelidikan yang hati-hati dan sempurna terhadap suatu masalah sehingga diperoleh pemecahan yang tepat terhadap masalah tersebut.
c.
Metodologi Penelitian
“Metode penelitian pada dasarnya merupakan
cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu.
Berdasarkan hal tersebut terdapat empat kata kunci yang perlu diperhatikan
yaitu, cara ilmiah, data, tujuan, kegunaan tertentu. Cara ilmiah berarti kegiatan
penelitian itu didasarkan pada ciri-ciri keilmuan, yaitu rasional, empiris, dan
sistematis. Rasional berarti kegiatan penelitian itu dilakukan dengan cara-cara
yang masuk akal, sehingga terjangkau oleh penalaran manusia”(Bukhari:2012)
B. Jenis-Jenis Penelitian
Pendidikan
a.
Penelitian Kuantitatif
Menurut McMilan dan Schumacher dalam Syukri(2008:22) memulai dengan
membedakan antara pendekatan kuantitatif dengan kualitatif. Dalam pendekatan
kuantitatif dibedakan pula antara metode-metode penelitian eksperimental dan
non eksperimental. Dalam penelitian kualitatif dibedakan antara kualitatif
interaktif dan non interaktif.
“Penelitian kuantitatif
didasari oleh filsafat positivisme yang bertolak dari asumsi bahwa riealita
bersifat tunggal, fixed, stabil, lepas dri kepercayaan dan perasaan-perasaan
individual . realita terdiri atas bagian dan unsur yang terpisah satu sama lain
dan dapat diukur debgan menggunakan instrumen”(Syukri,2008:23)
Metode-Metode Penelitian
KUANTITATIF
|
KUALITATIF
|
||
Eksperimental
|
Non eksperimental
|
interaktif
|
Non interaktif
|
Eksperimental murni
|
Deskriptif
|
Etnografis
|
Analisis konsep
|
Eksperimental kuasi
|
Komparatif
|
Historis
|
Analisi kebijakan
|
Eksperimental lemah
|
Korelasional
|
Fenomenologis
|
Analisis hisoris
|
Subjek tunggal
|
Survai
|
Studi kasus
|
|
|
Ekspos fakto
|
Teori dasar
|
|
|
Tindakan
|
Studi kritis
|
|
Sumber: McMilan dan Schumacher dalam Syukri(2008:22)
1.
Penelitian Non Eksperimental
a.
Penelitian Deskriptif
“Penelitian
deskriptif adalah suatu metode penelitian yang ditujukan unruk menggambarkan
fenomena-fenomena yang ada yang berlangsung pada saat ini atau pada saat yang
lampau. Penelitian deskriptif bisa mendeskripsikan satu keadaan saja, tetapi
juga bisa mendeskripsikan keadaan dalam tahapan-tahapan perkembangannya.” Syukri,2008:24)
b.
Penelitian Survai
“Survai
digunakan untuk mengumpulkan informasi berbentuk opini atau pendapat dari
sejumlah orang terhadap isu atau topik tertentu. Ada tiga karakteristik
survai:(1) informasi dikumpulkan dari sekelompok orang, (2) informasi
dikumpulkan melalui pengajuan pertanyaan, (3) informasi diperoleh dari sampel” (Syukri,2008:24)
c.
Penelitian Ekspos Fakto
“Penelitian
ekspo fakto meneliti hubungan sebab akibat yang tidak di manipulasi atau diberi
perlakuan (dirancang adan di laksanakan) oleh peneliti. Penelitian sebab-akibat
dilakukan terhadap program kegiatan atau kejadian yang telah berlangsung atau
yang telah terjadi.” (Syukri,2008:24)
d.
Penelitian Komparatif
“Penelitian
diarahkan untuk mengetahui apakah antara dua atau lebih dari dua kelompok ada perbedaan
dalam aspek atau variabel yang diteliti. Dalam penelitian inipun tidak ada
pengontrolan variabel, maupun manipulasi/perlakuan dari peneliti” (Syukri,2008:25)
e.
Penelitian Korelasional
“Penelitian
ditujukan untuk mengetahui hubungan suatu variabel dengan variabel-variabel
lain. Hubungan antara satu dengan variabel lain dinyatakan dengan besarnya
koefisien korelasi dan keberartian(signifikansi) secara
statistik.”(Syukri,2008:25)
Korelasi positif berarti nilai yang tinggi dalam
suatu variabel dengan nilai yang tinggi pada variabel lainnya. Korelasi negatif
berarti nilai yang tinggi dalam suatu variabel dengan nilai yang rendah pada
variabel lainnya.
f.
Penelitian Tindakan
Penelitian tindakan merupakan
penelitian yang diarahkan pada pengadaaan pemecahan masalah atau perbaikan.
Misalnya guru harus dapat memecahkan setiap masalah yang terjadi dalam kelas.
g.
Penelitian dan Pengembangan
Dalam bidang pendidikan
penelitian dan pengembangan merupakan suatu proses untuk menemukan dan
mengembangkan pengetahuan untuk meningkatkan potensi dalam memecahkan
permasalahan pendidikan.
2.
Penelitian Eksperimental
Penelitian eksperimental merupakan penelitian yang
peling murni karena biasanya penelitian ini identik dengan penelitian
laboratorium karena dalam pelaksanaanya menerapkan prinsip-prinsip penelitian
laboratorium terutama dalam mengontrol jalannya suatu eksperimen.
b.
Penelitian Kulitatif
Penelitian kualitatif adalah suatu penelitian
yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa,
aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara
individual maupun kelompok, berguna untuk menemukan prinsip-prinsip dan
penjelasan yang mengarah pada penyimpulan (Syukri, 2008:29)
1.
kualitatif Interaktif
Kualitatif interaktif difokuskan pada pengalamn
hidup suatu individu seperti dalam
fenomenologi, studi kasus, teori dasar, dan studi kritikal, bisa juga berfokus
pada masyarakat dan budaya seperti dalam etnografi dan beberapa studi kritikal.
2.
Penelitian Non Interaktif
Penelitian non interaktif disebut juga
penelitan analitis, mengadakan pengkajian berdasarkan analisis dokumen. Jadi
sumber datanya berasal dari dokumen bukan dari data manusia.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Secara umum metode penelitian diartikan
sebagai cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu.
Terdapat empat kata kunci yang perlu diperhatikan yaitu, cara ilmiah, data,
tujuan, kegunaan tertentu. Cara ilmiah berarti kegiatan penelitian itu
didasarkan pada ciri-ciri keilmuan, yaitu rasional, empiris, dan sistematis.
Rasional berarti kegiatan penelitian itu dilakukan dengan cara-cara yang masuk
akal, sehingga terjangkau oleh penalaran manusia.
Penelitian
kuantitatif terdiri dari (1) penelitian
non eksperimental (2)penelitian eksperimental sedangkan penelitian kualitatif
terdiri dari (1) kualitatif interaktif
(2)penelitian non interaktif.
B. Saran
Akhirnya penulis
menyadari dengan keterbatasan yang dimiliki sebagai manusia biasa penyusun makalah
ini,i sepenuhnya masih banyak kekurangan, karena keterbatasan kemampuan dan
pengetahuan olehnya itu sangat diharapkan
saran atau kritik dari pembaca demi untuk kelengkapan dan kesempurnaan makalah ini.
DAFTAR
PUSTAKA
Bukhari,
Almahfudh. 2012. Metode Penelitian. http://lib.uin-malang.ac.id/thesis/chapter_iii/07210006-almahfudh-bukhari.
16 oktober 2012
Darmadi Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:
Alfabeta.
Hadi
Amirul, Haryono. 2005. Metodologi
Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Musfiqon,
2012. Panduan Lengkap Metodologi
Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustakarya.
Syukri,M.
2008. Penelitian Pendidikan SD.
Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.
Tolla, Ismail.2006. Metodologi
Penelitian Pengembangan Administrasi Pendidikan. Makassar: Universitas
negeri makassar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar