METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN
Oleh:
PGSD V.A
KARTIKA
SARI
Nim:1054 0041 8810
PENDIDIKAN
GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
2012
KATA PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji syukur
kehadirat Allah Swt karena atas berkat dan rahmatnya Makalah Metodologi
Penelitian Pendidikan ini dapat diselesaikan oleh penulis dengan baik dan
lancar.
Makalah tentang metodolgi penelitian
ini,membahas tentang penelitian dan jenis-jenis penelitian yang terdiri dari
tiga tinjauan.Agar mahasiswa mampu memahami proses penelitian maupun
jenis-jenis penelitian dan untuk memudahkan mahasiswa dalam melakukan penelitian.
Penulis menghaturkan terima kasih
kepada ibu A.Syahtiani Jahrir S.Pd, M.Pd. atas bimbingannya dalam proses
pembelajaran dan kepada teman –teman atas partisipasinya memberikan berbagai
macam tanggapan dan pendapat tentang makalah ini sehingga makalah ini dapat
diselesaikan.
Penulis menyadari bahwa masih banyak
kekurangan dalam makalah ini,karena itu penulis sangat mengharapkan kritik dan
saran yang membangun demi penyempurnaan makalah selanjutnya.
Makassar, Oktober 2012.
Kartika Sari
DAFTAR
ISI
Halaman
Judul....................................................................... Halaman
Kata
Pengantar...................................................................... i
Daftar Isi................................................................................ ii
Bab I : Pendahuluan
a.
Latar Belakang .................................. 1
b.
Rumusan Masalah.............................. 1
Bab II : Pembahasan
a.
Pengertian metode penelitian............. 2
b.
Jenis-jenis metode penelitian............. 4
Bab III : Penutup
a.
Kesimpulan........................................ 6
b.
Saran.................................................. 6
DAFTAR PUSTAKA........................................................... 7
BAB I
PENDAHULUAN
a.
Latar Belakang
Proses penelitian sangat penting
bagi setiap orang yang akan meneliti ataupun menganalisis suatu masalah.dan
merupakan suatu cara yang sangat baik untuk meningkatkan praktik pembelajaran
baik di tingkat Tk,Sd,Smp,Sma,maupun Perguruan Tinggi secara sistematis dan
berkesinambungan.
Sebelum
melakukan penelitian seseorang harus memahami terlebih dahulu tentang
penelitian dan jenis-jenis penelitian,dan bagaimana proses penelitian itu
sendiri,karena dengan pemahaman yang baik akan lebih memudahkan seseorang dalam
memecahkan suatu masalah yang akan
diteliti dan mampu menggunakan metode yang tepat dalam penelitiannya tersebut.
b.
Rumusan Masalah
Masalah dalam metodologi penelitian
pendidikan adalah pemahaman tentang peneltian itu sendiri .Adapun rumusan
masalahnya yaitu:
1.
Apakah pengertian metode penelitian ?
2.
Menjelaskan jenis-jenis penelitian !
BAB II
PEMBAHASAN
a.Pengertian Metode Penelitian
Menurut Jhon
Dewey ,dalam hadi dkk (2005:11) Penelitian pada awal perkembangannya (akhir
abad ke-19),sangat erat hubungannya dengan metode ilmiah,khususnya di bidang
ilmu-ilmu kealaman ,untuk kepentingan pengembangan konsep-konsep /teori dalam
disiplin ilmu yang bersangkutan dengan pola metode ilmiah mengikuti proses
sebagai berikut:
1.
Identifikasi dan pembatasan masalah .
2.
Perumusan hipotesis
3.
Pengumpulan,pengorganisasian,dan analisis data.
4.
Perumusan kesimpulan-kesimpulan .
“Istilah metode penelitian
terdiri atas dua kata, yakni kata metode dan penelitian. Menurut bahasa, metode
sering diartikan cara. Dalam bahasa Arab, metode diartikan thariqah yang
berarti langkah-langkah strategis mempersiapkan untuk melakukan suatu
pekerjaan”. (Ramayulis,2004:155).
“Adapun pengertian penelitian adalah suatu
proses pengumpulan dan analisis data yang dilakukan secara sistematis, untuk
mencapai tujuan-tujuan tertentu. Pengumpulan dan analisis data dilakukan secara
ilmiah, baik bersifat kuantitatif maupun kualitatif, eksperimental maupun non
eksperimental, interaktif maupun non interaktif ” .( Syaodih, 2005:5).
Suatu penelitian dapat dilakukan secara kelompok ataupun
individu karena penelitian itu merupakan sesuatu yang dapat diukur baik secara
kualitatif dan kuantitatif, dimana peneletian secara kuantitaif biasanya dengan
ukuran apakah itu dengan meggunakan bilangan,nomor, ataupun atribut
lainnya,sebagai contoh dengan melakukan penelitian dalam lingkugan sekolah, seperti
mengukur berat dan tinggi badan siswa.Adapun penelitian secara kualitatif menganalisis
tentang pemahaman-pemahaman suatu konsep untuk mengetahui kebenarannya,sebagai
contoh, ketika kita ingin meneliti anak didik kita apakah anak tersebut termasuk dalam anak
berkebutuhan khusus atau ABK? dan apa yang menyebabkan anak tersebut sehinggga
termasuk dalam golongan anak ABK ?.Yaitu dengan cara melakukan wawancara
langsung dengan orangtua siswa atau orang terdekat siswa dan lain-lain
sebagainya ,yang berhubungan dengan masalah yang akan diatasi.
Dengan demikian,dalam melakukan penelitian kita sebaiknya
mengambil sumber-sumber yang akurat agar penelitian yang kita lakukan dapat
memperoleh hasil yang baik dan memuaskan sebagaimana yang kita harapakan.Namun dalam
melakukan penelitian kita juga perlu menggunakan metode agar memudahkan kita
dalam proses penelitian serta apa yang akan
kita teliti menjadi lebih akurat dan bisa dipahami orang lain,namun dalam
penggambilan metode perlu juga kita berhati –hati karena kadangkala metode yang
kita gunakan tidak tepat, untuk itu cermatilah masalah yang akan kamu teliti sebelum
menggunakan metode.
Jadi,penelitian merupakan suatu cara untuk mencari
kebenaran secara sistematis tentang suatu masalah dengan berbagai metode yang dapat digunakan
untuk mencari atau mengumpulkan data,mengolah data,menganalisis dan juga menyimpulkannya.
b.Jenis-Jenis Penelitian
Menurut Aqib, (2006:14) jika kita ingin mendalami dan
lebih memahami penelitian perlu mengenal lebih banyak dan rinci tentang
jenis-jenis penelitian yang ditinjau dari berbagai aspek dan merujuk pada nama
model dan pendekatan penelitiannya.untuk itu dalam pembahasan ini akan
dikemukakan jenis-jenis penelitian berdasarkan tiga tinjauan,yaitu yang
merupakan jembatan dan sampai pada penelitian tindakan .Tinjauan pembagian
tersebut adalah sebagai berikut:
1.Menurut model
penelitiannya,antara lain
a) Penelitian kuantitatif ,yang dilakukan dengan
cara menggambarkan data dalam bentuk angka-angka yang sifatnya kuantitatif
,sehingga dapat digunakan untuk meramalkan kondisi yang lebih luas yaitu populasi,dan
masa yang akan datang.
b) Penelitian kualitatif,yang dilakukan dengan
cara lebih mendalam,rinci dan cermat sehingga dapat mengumpulkan data yang
sangat lengkap dan dapat menghasilkan informasi yang menunjukkan kualitas
sesuatu.
2.Menurut tujuannya
,dibedakan menjadi empat jenis yaitu sebagai berikut:
a) Penelitian eksploratif yang dilakukan oleh
peneliti untuk mengetahui sesuatu dengan cara menggali atau mengeksplor .
b) Penelitian deskriptif dilakukan oleh peneliti
untuk mengumpulkan informasi atau data tentang fenomena yang diteliti.
c) Penelitian eksprimen adalah penelitian yang
dilakukan untuk mengetahui akibat dari adanya perlakuan yang dengan sengaja
dikenakan pada subjek.
d) Penelitian evaluasi yang dilakukan untuk
mengetahui keterlaksanaan suatu kebijakan .
3.Menurut keberadaan atau
tersedianya data ,antara lain:
a) Penelitian eksprimen ,yaitu memunculkan
perlakuan atau treatment,jadi data dalam penelitian eksprimen belum tersedia
sebelum perlakuan dilakukan.
b) Penelitian non eksprimen,yaitu penelitian yang
dilakukan terhadap data yang sudah ada tanpa ditimbulkan oleh adanya treatment.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
1. Penelitian merupakan suatu cara untuk mencari
kebenaran secara sistematis tentang suatu masalah dengan berbagai metode yang dapat digunakan
untuk mencari atau mengumpulkan data,mengolah data,menganalisis dan juga
menyimpulkannya.
2.
Jenis-Jenis
Penelitian antara lain:
Menurut model penelitiannya,antara
lain
1). Penelitian kuantitatif
,yang dilakukan dengan cara menggambarkan data dalam bentuk angka-angka yang
sifatnya kuantitatif ,sehingga dapat digunakan untuk meramalkan kondisi yang
lebih luas yaitu populasi,dan masa yang akan datang.
2). Penelitian
kualitatif,yang dilakukan dengan cara lebih mendalam,rinci dan cermat sehingga
dapat mengumpulkan data yang sangat lengkap dan dapat menghasilkan informasi
yang menunjukkan kualitas sesuatu.
Menurut tujuannya ,dibedakan menjadi
empat jenis yaitu sebagai berikut:
1). Penelitian eksploratif
yang dilakukan oleh peneliti untuk mengetahui sesuatu dengan cara menggali atau
mengeksplor .
2). Penelitian deskriptif
dilakukan oleh peneliti untuk mengumpulkan informasi atau data tentang fenomena
yang diteliti.
3). Penelitian eksprimen
adalah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui akibat dari adanya perlakuan
yang dengan sengaja dikenakan pada subjek.
4). Penelitian evaluasi yang
dilakukan untuk mengetahui keterlaksanaan suatu kebijakan .
Menurut keberadaan atau tersedianya
data ,antara lain:
1). Penelitian eksprimen
,yaitu memunculkan perlakuan atau treatment,jadi data dalam penelitian
eksprimen belum tersedia sebelum perlakuan dilakukan.
2). Penelitian non
eksprimen,yaitu penelitian yang dilakukan terhadap data yang sudah ada tanpa
ditimbulkan oleh adanya treatment.
B. Saran
Dalam melakukan penelitian baik itu
secara kuantitatif,kualitatif maupun jenis penelitian yang lainnya,kita harus
berhati-hati dalam melakukannya,baik dalam pemilihan metode,pengumpulan
data,pengolahan data maupun menganalisis datanya, agar hasil penelitiannya
menjadi akurat dan memuaskan serta bisa dipahami oleh orang lain.
DAFTAR PUSTAKA
Aqib,Zainal.2006.Penelitian tindakan kelas.Bandung:YramaWidyadi.
Hadi,Amirul,Haryono.2005.Metodologi penelitian pendidikan.Bandung:Pustaka
setia.
Ramayulis,2004.“Pengertian metode penelitian dan jenis-jenis metode penelitian”.http://www.dedeyahya.com/2012/02/pengertian-metode-penelitian-dan.html.12 oktober 2012.
Ramayulis,2004.“Pengertian metode penelitian dan jenis-jenis metode penelitian”.http://www.dedeyahya.com/2012/02/pengertian-metode-penelitian-dan.html.12 oktober 2012.
Syaodih,nana.2005.“Pengertian metode penelitian dan jenis-jenis metode penelitian”.http://www.dedeyahya.com/2012/02/pengertian-metode-penelitian-dan.html.12 oktober 2012.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar