BAB 1
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pengetahuan tentang metode penelitian semakin
dirasakan manfaatnya dan telah menjadi perangkat yang penting bagi mahasiswa
putra dan putri yang sedang mengikuti kuliah di perguruan tinggi. Dalam makalah
ini memuat tentang pengertian dari penelitian, metode penelitian. Makalah ini
disusun guna menambah wawasan bagi para penbaca mahasiswa khususnya mengenai
pengertian dari penelitian, metode penelitian dan berfikir ilmiah.
Penelitian
tidak lain adalah usaha seseorang yang dilakukan secara sistematis mengikuti
aturan-aturan metodologi misalnya observasi secara sistematis, dikontrol, dan
mendasarkan pada teori yang ada dan diperkuat dengan gejala yang ada. Metode
penelitian pada dasarnya merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan informasi
dengan tujuan dan kegunaan tertentu
Berfikir ilmiah adalah berfikir yang logis dan empiris. Logis: masuk akal, empiris: Dibahas secara mendalam berdasarkan fakta yang dapat dipertanggung jawabkan.
Berfikir ilmiah adalah berfikir yang logis dan empiris. Logis: masuk akal, empiris: Dibahas secara mendalam berdasarkan fakta yang dapat dipertanggung jawabkan.
Metode penelitian menggambarkan rancangan penelitian yang
meliputi prosedur atau langkah-langkah yang harus ditempuh, waktu penelitian,
sumber data, serta dengan cara apa data tersebut diperoleh dan
diolah/dianalisis. Dalam prakteknya terdapat sejumlah metode yang
biasa digunakan untuk kepentingan penelitian.
Kadang-kadang orang menyamakan pengertian
penelitian dengan metode ilmiah. Sesuai dengan tujuannya, penelitian dapat
diartikan sebagai usaha untuk menemukan, mengembangkan, dan menguji kebenaran
suatu pengetahuan dimana usaha-usaha itu dilakukan dengan menggunakan metode
ilmiah. Kegiatan penelitian adalah suatu kegiatan objektif dalam usaha mengembangkan,
serta menguji ilmu pengetahuan berdasarkan atas prinsip-prinsip, teori-teori
yang disusun secara sistematis melalui proses yang intensif dalam pengembangan
generalisasi. Sedangkan metode ilmiah lebih mementingkan aplikasi berpikir
deduktif-induktif di dalam memecahkan suatu masalah.
Penelitian dapat pula diartikan sebagai cara pengamatan atau inkuiri dan mempunyai tujuan untuk mencari jawaban permasalahan atau proses penemuan, baik itu discovery maupun invention.
Penelitian dapat pula diartikan sebagai cara pengamatan atau inkuiri dan mempunyai tujuan untuk mencari jawaban permasalahan atau proses penemuan, baik itu discovery maupun invention.
B. Rumusan Masalah
a.
Apakah metodologi penelitian itu?
b.
Apakah jenis-jenis metodologi penelitian pendidikan itu?
BAB II
PEMBAHASAN
METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN
A.
Pengertian Metode Penelitian Pendidikan
“Metodologi berarti ilmu tentang jalan yang ditempuh untuk memperoleh
pemahaman tentang sasaran yang telah disebutkan sebelumnya. Sedangkan Penelitian
digunakan sebagai padanan research dalam bahasa Inggris(re berarti
kembali, dan search berarti mencari) dengan demikian research berarti
mencari kembali. Kata research berasal dari bahasa latin reserare
yang berarti mengungkapkan atau membuka. Kata ini juga di indonesiakan menjadi
riset. Jadi research diartikan sebagai kegiatan mengungkapkan atau
membuka pengetahuan karena pengetahuan, baik yang telah ada maupun yang masih
belum ditemukan, dianggap sudah ada atau tersembunyi di alam yang hanya
memerlukan pengungkapannya”.(Irawan Suhartono, 2000)
Penelitian dapat diartikan sebagai semua
kegiatan pencarian, penyelidikan dan percobaan secara ilmiah dalam suatu bidang
tertentu untuk mendapatkan fakta-fakta atau prinsip-prinsip baru yang bertujuan
untuk mendapatkan pengertian baru dan menaikkan tingkat ilmu dan teknologi.
Penelitan
pendidikan
adalah suatu proses atau kegiatan yang dilakukan secara sistematis, logis, dan
berencana untuk mengumpulkan, mengolah, menganalisis dan menyimpulkan data
dengan menggunakan metode tertentu untuk mencari jawaban atas permasalahan yang
timbul dalam bidang pendidikan.
Berdasarkan uraian diatas
maka dapat dikemukakan bahwa metode penelitian pendidikan dapat diartikan sebagai cara ilmiah
untuk mendapatkan data yang valid dengan tujuan dapat di temukan, dikembangkan,
dan dapat dibuktikan, suatu pengetahuan tertentu sehingga pada gilirannya dapat
digunakan untuk memahami, memecahkan dan mengantisipasi masalah dalam bidang
pendidikan.
1. Tujuan Penelitian
Secara umum penelitian
bertujuan untuk menemukan, mengembangkan dan membuktikan kebenaran suatu
pengetahuan..
·
Penemuan
·
Pembuktian
·
Pengembangan
Tujuannya aktifitas penelitian secara umum
dikelompokkan pada penelitian : Eksplorasi,
Deskripsi, dan Eksplanasi
a. Penelitian eksplorasi bertujuan untuk :
·
Semata-mata ingin memuaskan rasa atau hasrat ingin tahu agar memperoleh
pemahaman lebih jelas tentang peristiwa social yang terjadi.
·
Memperoleh tingkat kelayakan melakukan penelitian yang lebih teliti.
·
Mengembangkan metode–metode yang hendak digunakan dalam penelitian yang
lebih teliti
b. Penelitian deskripsi
Penelitian ini bertujuan untuk
menyajikan secara teliti tentang karakteristik yang sangat luas dari populasi.
c. Penelitian eksplanasi
Penelitian eksplanasi
dikenal sebagai penelitian yang bertujuan untuk mengungkapkan hubungan antara dua orang atau
lebih konsep variabel dari suatu fenomena social.
2.
Langkah-langkah Penelitian
Adapun langkah-langkah penelitian ini
pada umumnya sebagai berikut
1.
Identifikasi, pemilihan dan perumusan masalah
2.
Penelaah kepustakaan
3.
Penyusunan hipotesis
4.
Identivikasi, klasifikasi, dan pemberian definisi oprasioanl variabel
5.
Pemilihan atau pengembangan alat pengambil data
6.
Penyusun rancangan penelitian
7.
Penentuan sampel
8.
Pengumpulan data
9.
Pengolahan dan analisis data
10. Interpretasi hasil anslisis
11. Penyusun laporan
3.
Ciri-Ciri Kegiatan Penelitian
1.
Kegiatan penelitian dirancang dan diarahkan untuk memecahkan suatu
masalahtertentu, yang dapat berupa jawaban maslah atau dapat menentukan
hubungan antara, variabel-variabel penelitian
2.
Kegiatan penelitian menekankan pada pengembangan generalisasi prinsip-prinsip
dan teori-teori
3.
Kegiatan penelitian berpangkal pada masalah yang dapat diobservasi
4.
Kegiatan penelitian memerlukan observasi dan deskripsi yang mapan
5.
Kegiatan penelitian berkepentingan dengan penemu baru
6.
Prosedur kegiatan penelitian diracang secara teliti dan rasional
7.
Kegiatan ppenelitian menuntut keahlian
8.
Kegiatan openelitian ditandai dengan usaha objekktif dan logis
9.
Kegiatan penelitian harus dilakukan secara cermat. Teliti dan sabar
Penellitian memiliki nilai-nilai
sebagai berikut
1.
Netralis emosional
2.
Keterbukaan
3.
Ketegakan diri
B. Jenis-Jenis Penelitian
Penggolongan jenis-jenis
penelitian itu sangat bergantungpada peristiwa dari mana seseorang hendak
meninjau persoalannya, namun secara umum penelitian dapat digolongksn dalam
beberapa jenis, yaitu sebagai berikut:
a.
Ditinjau
dari segi tujuan esensialnya
b.
Penggolongan
menurut bidangnya
c.
Penggolongan
menurut tempat dilaksanakan penelitian
d. Penggolonan menurut tujuan umum
e. Pengelolaan menurut tarafnya
f. Penggolongan menurut proses
berlangsungnya prosedur penelitian
g. Penggolongan menurut jenis
aktivitas
“Jenis-Jenis Penelitian Pendidikan Secara umum penelitian
pendidikan dapat dikategorikan menurut bidang penelitian, tujuan enelitian,
metode penelitian, tingkat eksplanasi dan waktu penelitian. Menurut bidangnya,
penelitian dapat dikategorikan menjadi penelitian akademis,penelitian
profesional dan penelitian institusional.
Penelitian Akademik adalahn penelitian yang dilakukan oleh para
mahasiswa dalam membuat skripsi, tesis, disertas.
Penelitian Profesional adalah penelitian dilakukan oleh orang yang
berprofesi sebagai peneliti (termasuk dosen). Penelitian Institusional adalah
penelitian yang bertujuan untuk mendapatkan informasi yang dapat digunakan
untuk pengembangan lembaga”. Borg dan Gall (1989),. http://massofa.wordpress.com/2012/01/
BAB III
PENUTUP
A.
Simpulan
Penelitian dapat diartikan sebagai semua
kegiatan pencarian, penyelidikan dan percobaan secara ilmiah dalam suatu bidang
tertentu untuk mendapatkan fakta-fakta atau prinsip-prinsip baru yang bertujuan
untuk mendapatkan pengertian baru dan menaikkan tingkat ilmu dan teknologi. Tujuan
Penelitian: Penemuan, Pembuktian, Pengembangan pendapat lain menyatakan dari segi
tujuannya aktifitas penelitian secara umum dikelompokkan pada penelitian : Eksplorasi, Deskripsi, dan Eksplanasi.
Penggolongan jenis-jenis penelitian
itu sangat bergantungpada peristiwa dari mana seseorang hendak meninjau
persoalannya, namun secara umum penelitian dapat digolongksn dalam beberapa
jenis, yaitu sebagai berikut
a.
Ditinjau dari segi tujuan esensialnya, penelitian dibedakan dalam dua
macam, yaitu: Penelitian dasar atau basic research, penelitian ini bertujuan
menemukan suatu generalisasi atau keumuman, dan berusaha menemukan teori-teori
yang berlaku secara umum. Penelitian penerapan atau applied research,
penelitian ini diarahkan pada penggunaan secara praktis dibidang kehidupan
sehari-hari.
b.
Penggolongan menurut bidangnya, antara lain ialah: penelitian-penelitian
pendidikan, sejarah, ekonomi, bahasa tehnik dan lain-lain. Penggolongan menurut tempat dilaksanakan
penelitian, yaitu: Penelitian laboratorium, dilakuakn dalam
suatu tempat khusus untuk mengadakan studi ilmiah dan kerja ilmiah, Penelitian
lapangan, dilakukan dalam kancah kehidupan sebenarnya, Penelitian
kepustakaan, bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi dengan
bantuan macam-macam material yang terdapat di ruang perpustakaan.
c.
Penggolonan menurut tujuan umum dibagi dalam: Penelitian
eksploratif, Penelitian
pengembangan, Penelitian verivikatif.
d.
Pengelolaan menurut tarafnya dibagi menjadi: Penelitian
deskriptif, Penelitian inferensial,
untuk busa menarik kesimpulan umum.
e.
Penggolongan menurut proses berlangsungnya prosedur penelitian, yaitu: Penelitian
histories documenter, Penelitian eksperimental.
f.
Penggolongan menurut jenis aktivitas yang dilakukan yaitu: Penelitian penemuan
fakta, Interpetasi kritis,Penelitian lengkap.
B. Saran
Demi
perbaikan makalah ini ke depannya dan agar dapat memotivasi mahasiswa untuk
belajar maka kritik dan saran dari para pembaca makalah ini kami senantiasa
butuhkan agar dapat membangun makalah jauh lebih baik ke depannya.
DAFTAR
PUSTAKA
Borg dan Gall (1989),. http://massofa.wordpress.com/2012/01/
Irawan Suhartono, 2000
METODE PENELITIAN PENDIDIKANhttp://mbegedut.blogspot.com/2010/11/metode-penelitian-pendidikan.html. selasa, 16 oktober 2012.pukul 20:00
http://massofa.wordpress.com/2012/01/03/2370/ selasa, 16 oktober 2012.pukul 20:00
Tidak ada komentar:
Posting Komentar