Rabu, 07 November 2012

TUGAS 1


BAB 1
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Pengetahuan tentang metode penelitian semakin dirasakan manfaatnya dan telah menjadi perangkat yang penting bagi mahasiswa putra dan putri yang sedang mengikuti kuliah di perguruan tinggi. Dalam makalah ini memuat tentang pengertian dari penelitian, metode penelitian. Makalah ini disusun guna menambah wawasan bagi para penbaca mahasiswa khususnya mengenai pengertian dari penelitian, metode penelitian dan berfikir ilmiah.
Penelitian tidak lain adalah usaha seseorang yang dilakukan secara sistematis mengikuti aturan-aturan metodologi misalnya observasi secara sistematis, dikontrol, dan mendasarkan pada teori yang ada dan diperkuat dengan gejala yang ada. Metode penelitian pada dasarnya merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan informasi dengan tujuan dan kegunaan tertentu
Berfikir ilmiah adalah berfikir yang logis dan empiris. Logis: masuk akal, empiris: Dibahas secara mendalam berdasarkan fakta yang dapat dipertanggung jawabkan.
Metode penelitian menggambarkan rancangan penelitian yang meliputi prosedur atau langkah-langkah yang harus ditempuh, waktu penelitian, sumber data, serta dengan cara apa data tersebut diperoleh dan diolah/dianalisis.  Dalam  prakteknya terdapat sejumlah metode yang biasa digunakan untuk kepentingan penelitian.
Kadang-kadang orang menyamakan pengertian penelitian dengan metode ilmiah. Sesuai dengan tujuannya, penelitian dapat diartikan sebagai usaha untuk menemukan, mengembangkan, dan menguji kebenaran suatu pengetahuan dimana usaha-usaha itu dilakukan dengan menggunakan metode ilmiah. Kegiatan penelitian adalah suatu kegiatan objektif dalam usaha mengembangkan, serta menguji ilmu pengetahuan berdasarkan atas prinsip-prinsip, teori-teori yang disusun secara sistematis melalui proses yang intensif dalam pengembangan generalisasi. Sedangkan metode ilmiah lebih mementingkan aplikasi berpikir deduktif-induktif di dalam memecahkan suatu masalah.
Penelitian dapat pula diartikan sebagai cara pengamatan atau inkuiri dan mempunyai tujuan untuk mencari jawaban permasalahan atau proses penemuan, baik itu discovery maupun invention.

B.     Rumusan Masalah
a.       Apakah metodologi penelitian itu?
b.      Apakah jenis-jenis metodologi penelitian pendidikan itu?






BAB II
PEMBAHASAN
METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN
A.    Pengertian Metode Penelitian Pendidikan
Metodologi berarti ilmu tentang jalan yang ditempuh untuk memperoleh pemahaman tentang sasaran yang telah disebutkan sebelumnya. Sedangkan Penelitian digunakan sebagai padanan research dalam bahasa Inggris(re berarti kembali, dan search berarti mencari) dengan demikian research berarti mencari kembali. Kata research berasal dari bahasa latin reserare yang berarti mengungkapkan atau membuka. Kata ini juga di indonesiakan menjadi riset. Jadi research diartikan sebagai kegiatan mengungkapkan atau membuka pengetahuan karena pengetahuan, baik yang telah ada maupun yang masih belum ditemukan, dianggap sudah ada atau tersembunyi di alam yang hanya memerlukan pengungkapannya.(Irawan Suhartono, 2000)

Penelitian dapat diartikan sebagai semua kegiatan pencarian, penyelidikan dan percobaan secara ilmiah dalam suatu bidang tertentu untuk mendapatkan fakta-fakta atau prinsip-prinsip baru yang bertujuan untuk mendapatkan pengertian baru dan menaikkan tingkat ilmu dan teknologi.
Penelitan pendidikan adalah suatu proses atau kegiatan yang dilakukan secara sistematis, logis, dan berencana untuk mengumpulkan, mengolah, menganalisis dan menyimpulkan data dengan menggunakan metode tertentu untuk mencari jawaban atas permasalahan yang timbul dalam bidang pendidikan.
Berdasarkan uraian diatas maka dapat dikemukakan bahwa metode penelitian pendidikan dapat diartikan sebagai cara ilmiah untuk mendapatkan data yang valid dengan tujuan dapat di temukan, dikembangkan, dan dapat dibuktikan, suatu pengetahuan tertentu sehingga pada gilirannya dapat digunakan untuk memahami, memecahkan dan mengantisipasi masalah dalam bidang pendidikan.
1.      Tujuan Penelitian
Secara umum penelitian bertujuan untuk menemukan, mengembangkan dan membuktikan kebenaran suatu pengetahuan..
·         Penemuan
·         Pembuktian
·         Pengembangan
       Tujuannya aktifitas penelitian secara umum dikelompokkan pada penelitian : Eksplorasi, Deskripsi, dan Eksplanasi
a.   Penelitian eksplorasi bertujuan untuk :
·         Semata-mata ingin memuaskan rasa atau hasrat ingin tahu agar memperoleh pemahaman lebih jelas tentang peristiwa social yang terjadi.
·         Memperoleh tingkat kelayakan melakukan penelitian yang lebih teliti.
·         Mengembangkan metode–metode yang hendak digunakan dalam penelitian yang lebih teliti
b.  Penelitian deskripsi
Penelitian ini bertujuan untuk menyajikan secara teliti tentang karakteristik yang sangat luas dari populasi.
c.   Penelitian eksplanasi
Penelitian eksplanasi dikenal sebagai penelitian yang bertujuan untuk  mengungkapkan hubungan antara dua orang atau lebih konsep variabel dari suatu fenomena social.
2.      Langkah-langkah Penelitian
Adapun langkah-langkah penelitian ini pada umumnya sebagai berikut
1.      Identifikasi, pemilihan dan perumusan masalah
2.      Penelaah kepustakaan
3.      Penyusunan hipotesis
4.      Identivikasi, klasifikasi, dan pemberian definisi oprasioanl variabel
5.      Pemilihan atau pengembangan alat pengambil data
6.      Penyusun rancangan penelitian
7.      Penentuan sampel
8.      Pengumpulan data
9.      Pengolahan dan analisis data
10.  Interpretasi hasil anslisis
11.  Penyusun laporan
3.       Ciri-Ciri Kegiatan Penelitian
1.      Kegiatan penelitian dirancang dan diarahkan untuk memecahkan suatu masalahtertentu, yang dapat berupa jawaban maslah atau dapat menentukan hubungan antara, variabel-variabel penelitian
2.      Kegiatan penelitian menekankan pada pengembangan generalisasi prinsip-prinsip dan teori-teori
3.      Kegiatan penelitian berpangkal pada masalah yang dapat diobservasi
4.      Kegiatan penelitian memerlukan observasi dan deskripsi yang mapan
5.      Kegiatan penelitian berkepentingan dengan penemu baru
6.      Prosedur kegiatan penelitian diracang secara teliti dan rasional
7.      Kegiatan ppenelitian menuntut keahlian
8.      Kegiatan openelitian ditandai dengan usaha objekktif dan logis
9.      Kegiatan penelitian harus dilakukan secara cermat. Teliti dan sabar
Penellitian memiliki nilai-nilai sebagai berikut
1.      Netralis emosional
2.      Keterbukaan
3.      Ketegakan diri
B.     Jenis-Jenis Penelitian
Penggolongan jenis-jenis penelitian itu sangat bergantungpada peristiwa dari mana seseorang hendak meninjau persoalannya, namun secara umum penelitian dapat digolongksn dalam beberapa jenis, yaitu sebagai berikut:
a.       Ditinjau dari segi tujuan esensialnya
b.      Penggolongan menurut bidangnya
c.       Penggolongan menurut tempat dilaksanakan penelitian
d. Penggolonan menurut tujuan umum
e. Pengelolaan menurut tarafnya
f. Penggolongan menurut proses berlangsungnya prosedur penelitian
g. Penggolongan menurut jenis aktivitas

“Jenis-Jenis Penelitian Pendidikan Secara umum penelitian pendidikan dapat dikategorikan menurut bidang penelitian, tujuan enelitian, metode penelitian, tingkat eksplanasi dan waktu penelitian. Menurut bidangnya, penelitian dapat dikategorikan menjadi penelitian akademis,penelitian profesional dan penelitian institusional.

Penelitian Akademik adalahn penelitian yang dilakukan oleh para mahasiswa dalam membuat skripsi, tesis, disertas.

Penelitian Profesional adalah penelitian dilakukan oleh orang yang berprofesi sebagai peneliti (termasuk dosen). Penelitian Institusional adalah penelitian yang bertujuan untuk mendapatkan informasi yang dapat digunakan untuk pengembangan lembaga”. Borg dan Gall (1989),. http://massofa.wordpress.com/2012/01/












BAB III
PENUTUP
A.    Simpulan
Penelitian dapat diartikan sebagai semua kegiatan pencarian, penyelidikan dan percobaan secara ilmiah dalam suatu bidang tertentu untuk mendapatkan fakta-fakta atau prinsip-prinsip baru yang bertujuan untuk mendapatkan pengertian baru dan menaikkan tingkat ilmu dan teknologi. Tujuan Penelitian: Penemuan, Pembuktian, Pengembangan pendapat lain menyatakan dari segi tujuannya aktifitas penelitian secara umum dikelompokkan pada penelitian : Eksplorasi, Deskripsi, dan Eksplanasi.
Penggolongan jenis-jenis penelitian itu sangat bergantungpada peristiwa dari mana seseorang hendak meninjau persoalannya, namun secara umum penelitian dapat digolongksn dalam beberapa jenis, yaitu sebagai berikut
a.       Ditinjau dari segi tujuan esensialnya, penelitian dibedakan dalam dua macam, yaitu: Penelitian dasar atau basic research, penelitian ini bertujuan menemukan suatu generalisasi atau keumuman, dan berusaha menemukan teori-teori yang berlaku secara umum. Penelitian penerapan atau applied research, penelitian ini diarahkan pada penggunaan secara praktis dibidang kehidupan sehari-hari.
b.      Penggolongan menurut bidangnya, antara lain ialah: penelitian-penelitian pendidikan, sejarah, ekonomi, bahasa tehnik dan lain-lain. Penggolongan menurut tempat dilaksanakan penelitian, yaitu: Penelitian laboratorium, dilakuakn dalam suatu tempat khusus untuk mengadakan studi ilmiah dan kerja ilmiah, Penelitian lapangan, dilakukan dalam kancah kehidupan sebenarnya, Penelitian kepustakaan, bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan macam-macam material yang terdapat di ruang perpustakaan.
c.       Penggolonan menurut tujuan umum dibagi dalam: Penelitian eksploratif, Penelitian pengembangan, Penelitian verivikatif.
d.      Pengelolaan menurut tarafnya dibagi menjadi: Penelitian deskriptif, Penelitian inferensial, untuk busa menarik kesimpulan umum.
e.       Penggolongan menurut proses berlangsungnya prosedur penelitian, yaitu: Penelitian histories documenter, Penelitian eksperimental.
f.       Penggolongan menurut jenis aktivitas yang dilakukan yaitu: Penelitian penemuan fakta, Interpetasi kritis,Penelitian lengkap.

B.     Saran
Demi perbaikan makalah ini ke depannya dan agar dapat memotivasi mahasiswa untuk belajar maka kritik dan saran dari para pembaca makalah ini kami senantiasa butuhkan agar dapat membangun makalah jauh lebih baik ke depannya.





DAFTAR PUSTAKA
Borg dan Gall (1989),. http://massofa.wordpress.com/2012/01/
Irawan Suhartono, 2000
METODE PENELITIAN PENDIDIKANhttp://mbegedut.blogspot.com/2010/11/metode-penelitian-pendidikan.html. selasa, 16 oktober 2012.pukul 20:00

http://massofa.wordpress.com/2012/01/03/2370/ selasa, 16 oktober 2012.pukul 20:00


Tidak ada komentar:

Posting Komentar