BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Metodologi
penelitian merupakan suatu kegiatan yang biasa digunakan untuk menarik suatu
kesimpulan dengan cara mengolah data yang telah dikumpulkan sebelumnya
Metodologi
penelitian pendidikan dapat digunakan untuk mencari tahu bagaimana
menyelesaikan persolan atau memecahkan masalah yang akan diteliti.
Metodologi
penelitian pendidikan sangat penting bagi mahasiswa karena merupakan hal yang
akan sangat dibutuhkan dalam pengemnbangan kemampuannya terutama untuk memenuhi
tuntutannya untuk menyelesaikan tugas di akhir masa perkuliahan
B.
Rumusan Masalah
Pertanyaan
yang timbul dan akan dibahas dalam makalah ini,
1. Pengertian
metodologi pendidikan?
2. Jenis
metodologi pendidikan?
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian Metodologi Pendidikan
Penelitian
merupakan cara untuk memperoleh pengetahuan
yang
benar tentang suatu masalah melalui kegiatan ilmiah. Pengetahuan yang
diperoleh adalah yang dapat memungkinkan
manusia dapat memahami fenomena dan dapat menyhelesaikan masalah yang dihadapi,
yang dapat berupa fakta-fakta, konsep, atau teori.
Masalah
atau pertanyaan yang akan dipecahkan atau dijawab disebut dengan masalah
penelitian (dkk, Sangadji, 2010 : 1)
“Research
is a systematic attempt to provide answer to question. Such answer may be
abstract and general as is often the case in the basic research or they may be
highly concrete an specific as is often the case in applied research”
“Berdasarkan definisi diatas secara
sederhana dapat dikatakan bahwa penelitian merupakan cara-cara yang sistematis
untuk menjawab mnasalah yang sedang diteliti. Kata sistematis merupakan kata
kunci yang berkaitan dengan metode ilmiah yang berarti adanya prosedur yang
ditandai dengan keteraturan dan ketuntasan.” (Tuckman dalam Sarwono, 2006 : 15)
“Metode
penelitian dilakukan untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu
berdasarkan cara ilmiah.” (E, dalam dkk, Sangadji, 2010 : 4 )
Cara
ilmiah mempunyai ciri seperti rasional atau masuk akal, empiris atau
berdasarkan fakta-fakta yang ada atau dengan kata lain dapat dibuktikan
kebenarannya dan sistematis atau berurutan. Peenelitian dimulai dengan cara
memunculkan pertanyaan atau permasalahan,mencari jawaban permasalahan, lalu
membuat hipotesa atau dugaan atau jawaban sementara mengenai masalah tersebut, mencari
data yang kira-kira dapat memecahkan masalah yang muncul, menguji data tersebut
dengan menggunakan teknik atau cara yang relevan lalu menarik kesimpulan atau
pemecahan masalah dari kasus tersebut (dkk, Sangadji, 2010 : 4)
B.
Jenis-Jenis Metodologi Penelitian
Berdasarkan
jenis data penelitian dibagi 2 yaitu penelitian primer dan penelitian sekunder.
a. Penelitian
primer terbagi atas penelitian
a). Studi Kasus adalah penelitian yang
menggunakan individu atau kelompok sebagai bahan belajarnya.
b). Penelitian Survei adalah penelitian
yang digunakan untuk meneliti suatu perilaku individu atau gejala kelompok.
Penelitian ini biasa menggubnakan kuesioner sebagai alatnya. Penelitian ini
bersifat kuantitatif.
c). Riset Eksperimental adlah penelitian
yang menggunakan kelompok atau individu sebagai bahan studinya, biasanya akan
menggunakan dua sampel sehingga aka nada menjadi sampel yang diteliti dan
sampel pembanding.
b. Penelitian
Sekunder terbagi atas penelitian yang menggunakan bahan bukan dari sumber
pertama atau tidak didapatkan secara langsung tetapi dari bahan kepustakaan
seperti buku, majalah, Koran dsb. (Sarwono, 2006 : 16-17)
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Metodologi
penelitian adalah suatu kegiatan yang diguanakan untuk memecahkan masalah
tertentu melalui sebuah cara ilmiah dan dapat dipertanggungjawabkan
kebenarannya.
Metodologi
penelitian terbagi atas penelitian primer yang terdiri dari penelitian studi
kasus, survey dan riset eksperimental serta penelitian sekunder
B. Saran
Penyusun
sadar makalah ini masih terdapt banyak kekurangan oleh karena itu pentusun
membuka pintu saran dari pembaca agar makalah ini dapat menjadi lebih baik.
DAFTAR
PUSTAKA
Sarwono,
Jonathan. 2006, Metode Penelitian
Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta : Graha Ilmu
Sangadji.
Etta Mamang, M.M, Sopiah. Metodologi Penelitian
Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta : Penerbit Andi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar