Rabu, 07 November 2012

tugas 1


BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang
Metodologi penelitian merupakan suatu kegiatan yang biasa digunakan untuk menarik suatu kesimpulan dengan cara mengolah data yang telah dikumpulkan sebelumnya
Metodologi penelitian pendidikan dapat digunakan untuk mencari tahu bagaimana menyelesaikan persolan atau memecahkan masalah yang akan diteliti. 
Metodologi penelitian pendidikan sangat penting bagi mahasiswa karena merupakan hal yang akan sangat dibutuhkan dalam pengemnbangan kemampuannya terutama untuk memenuhi tuntutannya untuk menyelesaikan tugas di akhir masa perkuliahan

B.     Rumusan Masalah
Pertanyaan yang timbul dan akan dibahas dalam makalah ini,
1.      Pengertian metodologi pendidikan?
2.      Jenis metodologi pendidikan?

 


BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Metodologi Pendidikan

Penelitian merupakan cara untuk memperoleh pengetahuan
yang benar tentang suatu masalah melalui kegiatan ilmiah. Pengetahuan yang diperoleh  adalah yang dapat memungkinkan manusia dapat memahami fenomena dan dapat menyhelesaikan masalah yang dihadapi, yang dapat berupa fakta-fakta, konsep, atau teori.
Masalah atau pertanyaan yang akan dipecahkan atau dijawab disebut dengan masalah penelitian (dkk, Sangadji, 2010 : 1)
“Research is a systematic attempt to provide answer to question. Such answer may be abstract and general as is often the case in the basic research or they may be highly concrete an specific as is often the case in applied research”
“Berdasarkan definisi diatas secara sederhana dapat dikatakan bahwa penelitian merupakan cara-cara yang sistematis untuk menjawab mnasalah yang sedang diteliti. Kata sistematis merupakan kata kunci yang berkaitan dengan metode ilmiah yang berarti adanya prosedur yang ditandai dengan keteraturan dan ketuntasan.” (Tuckman dalam Sarwono, 2006 : 15)
                       
            “Metode penelitian dilakukan untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu berdasarkan cara ilmiah.” (E, dalam dkk, Sangadji, 2010 : 4 )



Cara ilmiah mempunyai ciri seperti rasional atau masuk akal, empiris atau berdasarkan fakta-fakta yang ada atau dengan kata lain dapat dibuktikan kebenarannya dan sistematis atau berurutan. Peenelitian dimulai dengan cara memunculkan pertanyaan atau permasalahan,mencari jawaban permasalahan, lalu membuat hipotesa atau dugaan atau jawaban sementara mengenai masalah tersebut, mencari data yang kira-kira dapat memecahkan masalah yang muncul, menguji data tersebut dengan menggunakan teknik atau cara yang relevan lalu menarik kesimpulan atau pemecahan masalah dari kasus tersebut (dkk, Sangadji, 2010 : 4)

B.     Jenis-Jenis Metodologi Penelitian
Berdasarkan jenis data penelitian dibagi 2 yaitu penelitian primer dan penelitian sekunder.
a.       Penelitian primer terbagi atas penelitian
a). Studi Kasus adalah penelitian yang menggunakan individu atau kelompok sebagai bahan belajarnya.
b). Penelitian Survei adalah penelitian yang digunakan untuk meneliti suatu perilaku individu atau gejala kelompok. Penelitian ini biasa menggubnakan kuesioner sebagai alatnya. Penelitian ini bersifat kuantitatif.
c). Riset Eksperimental adlah penelitian yang menggunakan kelompok atau individu sebagai bahan studinya, biasanya akan menggunakan dua sampel sehingga aka nada menjadi sampel yang diteliti dan sampel pembanding.

b.      Penelitian Sekunder terbagi atas penelitian yang menggunakan bahan bukan dari sumber pertama atau tidak didapatkan secara langsung tetapi dari bahan kepustakaan seperti buku, majalah, Koran dsb. (Sarwono, 2006 : 16-17)

        BAB III
        PENUTUP
A.      Kesimpulan
       Metodologi penelitian adalah suatu kegiatan yang diguanakan untuk memecahkan masalah tertentu melalui sebuah cara ilmiah dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
       Metodologi penelitian terbagi atas penelitian primer yang terdiri dari penelitian studi kasus, survey dan riset eksperimental serta penelitian sekunder

B.       Saran
       Penyusun sadar makalah ini masih terdapt banyak kekurangan oleh karena itu pentusun membuka pintu saran dari pembaca agar makalah ini dapat menjadi lebih baik.

DAFTAR PUSTAKA

Sarwono, Jonathan. 2006, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta : Graha Ilmu

Sangadji. Etta Mamang, M.M, Sopiah. Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta : Penerbit Andi















Tidak ada komentar:

Posting Komentar