BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Metodologi penelitian merupakan suatu prosedur yang
digunakan untuk mendapatkan suatu kesimpulan dengan menganalisis data atau
sampel yang ada.
Metodologi
penelitian pendidikan dapat digunakan untuk mengetahui atau memecahkan masalah
yang akan diteliti. Tentu saja hal ini bisa diterapkan dalam kehidupan
sehari-hari.
Metodologi penelitian pendidikan akan digunakan bagi
kita sebagai mahasiswa untuk membantu dalam penyusunan skripsi nanti.
B. Rumusan
Masalah
Pertanyaan
yang akan dibahas dalam makalah ini,
1. Pengertian
metodologi pendidikan?
2. Jenis
metodologi pendidikan?
BAB
II
PEMBAHASAN
A. Pengertian
Metodologi Penelitian Pendidikan
“Menurut
bahasa, metodologi penelitian berasal dari kata “metode” yang berarti cara yang
tepat untuk melakukan sesuatu; dan “logos” yang berarti ilmu atau pengetahuan.
Jadi metodologi bisa diartikan sebagai
cara untuk melakukan sesuatu dengan menggunakan pikiran secara seksama untuk
mencapai suatu tujuan tertentu. Secara etimologi, penelitian berasal dari
bahasa Inggris research (re berarti kembali dan search berarti mencari). Dengan
demikian research dapat berarti mencari kembali. Jadi, penelitian adalah suatu kegiatan yang
dilaksanakan dengan suatu urutan yang sistematis” (Juliati : 2011).
Metode penelitian memiliki definisi yang
berbeda-beda menurut para ahli, ada yang menjabarkannya secara sederhana dan
ada yang secara lebih rumit, salah satu definisi metodologi menurut ahli
seperti yang diutarakan oleh Sugiyono
“Metode penelitian adalah merupakan cara
ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu, data yang
diperoleh melalui penelitian adalah data empiris (teramati) dengan kriteria
valid,reliabel dan obyektif.secara umum penelitian ada tiga macam yaitu yang
bersifat penemuan,pembuktian,dan pengembangan.Metode Penelitian dapat
dikelompokkan menjadi tiga : metode penelitian Kuantitatif, metode Penelitian
kualitatif dan metode penelitian Kombinasi.”( Sugiyono 2011:9 dalam Rieajah)
Berdasasrkan
pengertian yang telah dituliskan diatas dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa
metode penelitian adalah kegiatan yang dilakukan secara sistematis untuk
memperoleh suatu kesimpulan yang semuanya dilakukan secara ilmiah.
B. Jenis-Jenis
Metodologi Penelitian Pendidikan
Dalam
melakukan penelitian, orang dapat menggunakan berbagai jenis metode. Metode
yang akan dipakai tergantung dari tujuan, bidang ilmu, pendekatan, sifat
masalah yang mungkin timbul saat penelitian dan alternatif yang mungkin akan
digunakan.
1.
Penelitian Ditinjau dari Tujuan
a.
Penelitian Eksploratif, apabila peneliti ingin menggali secara luas tentang
sebab akibat atau hal-hal yang mempengaruhi terjadinya sesuatu dapat
menggunakan penelitian ini.
b.
Penelitian Developmental dilakukan percobaan dan penyempurnaan.
c.
Penelitian Verifikatif bertujuan untuk mengetahui kebenaran hasil penelitian
yang lain.
2.
Penelitian Ditinjau dari Pendekatan
a.
Pendekatan Longitudinal Pada metode ini, sample subjek yang sama dipelajari
dalam waktu tertentu. Metode ini memungkinkan adanya penyelidikan intensif
terhadap individu karena peneliti menyimpulkan data tentang subjek yang sama
pada berbagai tingkatan
b.
Pendekatan Cross-sctional Metode ini meliputi lebih banyak subjek, tetapi
mencandra faktor-faktor pertumbuhan yang lebih sedikit (Azwar :2011)
3.
Jenis-Jenis metodologi penelitian dapat juga dibagi berdasarrkan sifat dan
jenis data seperti :
a. Penelitian
Opini, adalah penelitian terhadap fakta berdasarkan opini-opini dari data
(responden).
b. Penelitian
Empiris, penelitian terhadap fakta empirisyang diperoleh berdasarkan observasi
atau pengalaman.
c. Penelitian
Arsip, penelitian terhadap fakta tertulis atau berupa arsip data. (Sangadji,
dkk. 2010: 20)
4. Jenis penelitian ditinjau berdasarkan pemakaiannya
Hasil penelitian dapat dipakai untuk mengembangkan dan
memverifikasi terori serta memecahkan masalah. Atas dasar tinjauan ini
penelitian dapat dibedakan menjadi :
a.
Penelitian penelitian murni (pure research atau basic research)
Penelitian
murni atau penelitian dasar merupakan penelitian yang dilakukan dengan maksud
hasil penelitian tersebut dipakai untuk mengembangkan dan memverifikasi
teori-teori ilmiah.
b.
Penelitian terapan (applied research).
Penelitian
terapan adalah ragam penelitian dimana hasilnya diterapkan berkenaan dengan
upaya pemecahan masalah .
5.
Jenis Penelitian Berdasarkan Tujuan
Umumnya
Berdasarkan
tujuan umumnya, penelitian dibedakan menjadi : penelitian eksploratif,
penelitian pengembangan, dan penelitian verifikatif.
a. Penelitian eksploratif, adalah penelitian yang dilakukan dengan tujuan
untuk mengekplorasi fenomena yang menjadi sasaran penelitian.
b. Penelitian
pengembangan (developmental research), adalah penelitian yang dilakukan
untuk mengembangan suatu konsep atau prosedur tertentu.
c. Penelitian verifikatif, merupakan penelitian yang dilakukan dengan
tujuan membuktikan kebenaran suatu teori pada waktu dan tempat tertentu.
(Kuntjojo:2009)
BAB
III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Metodologi pendidikan adalah kegiatan yang dilakukan secara
sistematis untuk memperoleh suatu kesimpulan yang semuanya dilakukan secara
ilmiah
Metodologi penelitian dapat dibedakan
menjadi beberapa jenis seperti berdasarkan tinjauan, pendekatan, jenis data,
pemakaian dan tujuannya.
B. Saran
Penyusun membuka pintu saran terhadap
para pembaca untuk makalah ini agar kedepannya makalah ini bisa menjadi lebih
baik.
DAFTAR
PUSTAKA
Juliati, Sefmimi.2011. pengertian metodologi penelitian,
berfikir, bersikap ilmiah serta urgensinya. http://sefmimijuliati.wordpress.com/2011/09/29/pengertian-metodologi-penelitian-berfikir-bersikap-ilmiah-serta-urgensinya/
15 Oktober 2012
Rieajah.2012.Metode Penelitian (Tugas Rie mata
kuliah Metode Penelitian). http://rieajah.wordpress.com/2012/01/07/metode-penelitian-tugas-rie-mata-kuliah-metode-penelitian/
15 Oktober 2012
Azwar, Sahlan.2011. Macam-macam metode penelitian. http://sahlanazha.blogspot.com/2012/04/macam-macam-metode-penelitian.html.15. 15 Oktober 2012
Sangadji, Etta Mamang,Sopiah.:2010.Metodologi Penelitian : Pendekatan
Praktis Dalam Penelitian.Yogyakarta : Penerbit Andi
Kuntjojo.2009.Metodologi Penelitian. http://luluvikar.files.wordpress.com/2008/04/research-metodologi-penelitian.pdf.
15 Oktober 2012
Tidak ada komentar:
Posting Komentar