NAMA : MUSDALIPA KELAS : V.A PGSD 2010 NIM : 105400419010 NO.URUT : 30
PENGERTIAN DAN JENIS - JENIS METODOLOGI PENELITIAN
|
KATA PENGANTAR
Segala puji dan rasa syukur kami
panjatkan ke hadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan hidayah-Nya, kami dapat
menyelesaikan pembuatan makalah ini. Sholawat serta salam tak lupa kami
kirimkan kepada junjungan kita, Nabi Muhammad SAW.
Dalam makalah ini kami mengangkat judul
“pengertian dan jenis penelitian”, semoga kita dapat
mengetahu apa sebenarnya penelitian itu dan apa bentuk jenis dari penelitian
tersebut.
Ibarat pepatah “ Tiada gading yang tak
retak” manusia tempatnya khilafah dan alfa. Untuk itu kami mengharapkan saran
serta kritik guna perbaikan dimasa mendatang. Akhir kata, semoga apa yang kami
lakukan ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
Makassar, November 2012
Musdalipa
DAFTAR ISI
Sampul........................................................................................................ i
Kata Pengantar........................................................................................... ii
Daftar Isi..................................................................................................... iii
Bab I Pendahuluan .............................................................................. 1
A.
Latar Belakang..................................................................... 1
B.
Rumusan masalah................................................................. 1
Bab II Pembahasan................................................................................ 2
A.
Pengertian
Penelitian............................................................ 2
B.
Jenis-jenis
Penelitian............................................................. 2
Bab III Penutup...................................................................................... 6
A.
Simpulan............................................................................... 6
B.
Saran..................................................................................... 6
Daftar Pustaka............................................................................................ iv
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Orang
melakukan penelitian karena ada yang melatar belakangi. Dalam lingkungan yangbegitu luas banyak hal yang ingin diketahui oleh sang peneliti. Maka dari itu
sang peneliti melakukan penelitian. Manusia melakukan dorongan untuk mengetahui
bagaimana itu, apa itu, dan mengapa itu. Orang biasanya sudah puas dengan
jawaban singkat atau sederhana, tetapi para ilmuan, peneliti menginginkan hal
yang lebih rinci dan mendalam. Dalam kehidupan manusia dihadapkan dengan
masalah, ancaman, dan tantangan. Untuk mengatasinya dibutuhkan penjelasan,
pemecahan dan penyelesaian. Tetapi tidak semua masalah cepat untuk bisa
dipecahkan. Masalah yang sulit harus membutuhkan penelitian.
(Sukmadinata,2011:2)
B. Rumusan
Masalah
1. Menjelaskan
pengertian penelitian?
2. Menjelaskan
jenis-jenis penelitian?
BAB
II
PEMBAHASAN
A. Pengertian
Penelitian
Penelitian adalah
sesuatu yang dikerjakan secara hati-hati, teliti untuk mengetahui fakta-fakta
atau prinsip-prinsip atau mencari
bukti-bukti dengan masalah yang sedang diteliti. (Hadi, Amirul. Haryono,1998:10)
Penelitian adalah suatu proses
pengumpulan data yang secara sistematis atau terarah, dengan menggunakan metode
ilmiah, baik yang bersifat kualitatif maupun kuantitatif, eksperimental maupun
non-eksperimental. (Sukmadinata,2011:5)
B. Jenis-jenis
Penelitian
1. Penelitian
Berdasarkan Pendekatan
a. Penelitian
Kuantitatif
Penelitian kuantitatif
adalah penelitian yang menggunakan objektifitas angka-angka, pengolahan
statistik, struktur dan percobaan terkontrol. (Sukmadinata,2011:53)
b. Penelitian
Kualitatif
Penelitian
kualitatif adalah penelitian yang meneliti tentang fenomena, peristiwa,
aktivitas sosial, sikap, kepercayaan dan sebagainya baik secara individual
maupun kelompok. Penelitian ini bersifat induktif yaitu sang peneliti
membiarkan data yang diteliti terbuka dan dihimpun secara saksama dan
dideskripsikan secara detail. Sang peneliti mancatat hasil wawancara yang
mendalam serta hasil analisis dokumen dan catatan-catatan.
(Sukmadinata,2011:60)
Penelitian
kualitatif menggunakan pendekatan induktif dan bersifat deskriptif. Supaya
penelitian tersebut sesuai dengan fakta yang ada di lapangan atau sesuai dengan
sebenarnya maka sang peneliti harus menggunakan landasan teori. Dan juga
landasan teori itu sanga bermanfaat dalam penelitian kualitatif misalnya memberikan
gambaran umum tentang latar dari penelitian dan sebagai bahan pembahasan
penelitian. (Malik:2011)
2. Penelitian
Bedasarkan Fungsinya
a. Penelitian
Dasar
”Penelitian
Dasar, disebut
juga penelitian murni atau penelitian pokok, diarahkan pada pengujian teori
dengan hanya sedikit atau bahkan tanpa menghubungkan hasilnya dengan
kepentingan praktik. Penelitian ini memberikan sumbangan besar terhadap
pengembangan dan pengujian teori-teori. Bertolak dari suatu teori, penelitian
dasar diarahkan untuk mengetahui, menjelaskan dan memprediksi fenomena-fenomena
alam dan social. Tujuan penelitian dasar adalah menambah pengetahuan kita
dengan prinsip-prinsip dasar dan hukum-hukum ilmiah, dan meningkatkan pencarian
dan metodologi ilmiah.
b. Penelitian
Terapan
Penelitian Terapan, penelitian ini menguji manfaat dari teori-teori ilmiah, mengetahui
hubungan empiris dan analitis dalam bidang-bidang tertentu. Implikasi dari
penelitian terapan dinyatakan dalam rumusan yang bersifat umum, bukan
rekomendasi yang merupakan tindakan langsung. Penelitian ini difokuskan pada
pengetahuan teoritis dan praktis dalam bidang tertentu, bukan pengetahuan yang
bersifat universal. Penelitian terapan mendorong penelitian lebih lanjut,
menyarankan teori dan praktik baru serta mendorong pengembangan metodologi.
c. Penelitian
Evaluatif
Penelitian
Evaluatif, penelitian
evaluatif difokuskan pada suatu kegiatan dalam suatu unit tertentu. Kegiatan
tersebut dapat berbentuk program, proses, ataupun hasil kerja, sedangkan unit
dapat berupa tempat, organisasi, ataupun lembaga. Penelitian ini dapat menilai
manfaat atau kegunaan, sumbangan dan kelayakan dari suatu kegiatan dalam satu
unit. Pelaksanaan penelitian evaluative membutuhkan kemampuan berkomunikasi
dengan bahasa praktis sesuai dengan situasi yang diteliti, tetapi juga focus
pada segi-segi yang berarti bagi para penentu kebijakan. Hasil penelitian
evaluative kurang bersifat generalisasi, sebab evaluasi lebih terkait dengan
kegiatan yang berlangsung dalam unit tersebut.”(Samad:2012)
3. Penelitian
Berdasarkan Tujuannya
a. Penelitian
Deskriptif
” Penelitian Deskriptif, ditujukan untuk mendeskripsikan
suatu keadaan atau fenomena-fenomena apa adanya. Dalam studi ini para peneliti
tidak melakukan manipulasi atau memberikan perlakuan-perlakuan tertentu
terhadap objek penelitian, semua kegiatan atau peristiwa berjalan seperti apa
adanya. Penelitian deskriptif dapat berkenaan dengan kasus-kasus tertentu atau
sesuatu populasi yang cukup luas. Dalam penelitian deskriptif dapat digunakan
pendekatan kuantitatif, pengumpulan dan pengukuran data yang berbentuk
angka-angka, atau pendekatan kualitatif, penggambaran keadaan secara naratif
kualitatif. Penelitian deskriptif dapat dilakukan pada saat ini atau dalam
kurun waktu yang singkat.
b. Penelitian
prediktif
Penelitian Prediktif, studi ini ditujukan untuk
memprediksi atau memperkirakan apa yang akan terjadi atau berlangsung pada saat
yang akan dating berdasarkan hasil analisis keadaan saat ini. Penelitian
deskriptif dilakukan melalui penelitian yang bersifat korelasional dan
kecenderungan. Melalui penelitian korelasional, selain dapat dicari korelasi
antara dua atau lebih dari dua variebel juga dapat dihitung regresinya. Melalui
perhitungan regresi ini, baik regresi parsial maupun multiple dapat diprediksi
dampak atau kontribusi dari satu atau lebih dari satu variable terhadap
variabel lainnya. Sebagai contoh; prediksi tentang jumlah penduduk lima atau
sepuluh tahun yang akan dating bisa dihitung berdasarkan perkembangan penduduk
selama lima sampai sepuluh tahun yang lalu.
c. Penelitian
Improftif
Penelitian Improftif, penelitian ini ditujukan untuk
memperbaiki, meningkatkan atau menyempurnakan suatu keadaan, kegiatan atau
pelaksanaan suatu program. Dalam bidang pendidikan seperti pelaksanaan
kurikulum, pembelajaran, evaluasi mata pelajaran, program praktik laboratorium,
praktik ketrampilan, bimbingan siswa, pengawasan sekolah, layanan perpustakaan
dan program pelatihan kepala sekolah, guru maupun staf administrasi. Untuk
memperbaiki atau menyempurnakan pelaksanaan program atau kegiatan digunakan
penelitian tindakan, sedang untuk memperbaiki, meningkatkan atau menghasilkan
program yang standar atau model digunakan penelitian”. (Samad:2012)
d.
Penelitian
Eksplanatif
Penelitian
eksplanatif, adalah penelitian yang digunakan untuk menghubungkan antara
fenomena atau variabel. Adapun variabel dalam penelitian ini misalnya dalam
kehidupan adalah kegiatan, peristiwa, konflik, dan sebagainya. Dan apabila pada
dunia pendidikan variabelnya yaitu guru mengajar, membimbing dan sebagainya.
(Sukmadinata,2012:20)
BAB III
PENUTUP
A.
Simpulan
Penelitian adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk
mengumpulkan masalah, supaya masalah tersebut dapat terselesaikan dan dapat
memuaskan sang peneliti atau dengan kata lain puas dengan apa yang ingi
diteliti.
Adapun jenis penelitian yaitu berdasarkan
pendekatannya (penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif), penelitian
berdasarkan fungsinya (penelitian dasar, penelitian terapan, penelitian
evaluatif), penelitian berdasarkan tujuannya (penelitian deskriptif, penelitian
prediktif, penelitian improftif, penelitian eksplanatif)
B.
Saran
Dalam
makalah ini terdapat banyak kesalahan, maka dari itu penulis mengharapkan
kritik dan saran yang dapat membangun, supaya kedepannya akan lebih baik dari
sebelumnya.
DAFTAR PUSTAKA
Wikipedia.2012.penelitian kuantitatif.http://id.wikipedia.org/wiki/Penelitian_kuantitatif.6
November 2012
Malik, Halim. 2011. Penelitian kualitatif. http://edukasi.kompasiana.com/2011/02/11/penelitian-kualitatif/.
6 November 2012
Samad, Bambang Sudibyo. 2012. Memahami jenis penelitian berdasarkan
fungsinya. http://educationesia.blogspot.com/2012/05/memahami-jenis-jenis-penelitian.html. 6 november 2012
Samad, bambang Sudibyo. 2012. Jenis-jenis penelitian berdasarkan tujuannya.
http://educationesia.blogspot.com/2012/05/jenis-jenis-penelitian-berdasarkan.html.
6 November 2012
Sukmadinata, Nana Syaodih.
2011. Metode Penelitian pendidikan. Bandung. PT Remaja Rosdakarya
Hadi, Amirul dan Haryono.
1998. Metodologi Penelitian pendidikan. Bandung. CV Pustaka Setia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar