Rabu, 07 November 2012

TUGAS KE II METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN

NAMA   :  HIKMANUDDIN
KELAS  :  V.A
NIM       :  10540 4200 10
NO.URUT :  40


TUGAS KE II
1.    Ada enam penelitian. Golongkan yang mana pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif
Jawab:
·      Penelitian kualitatif (data yang tidak dinumerikkan, yang dinilai adalah Lembar Observasi) adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, (sebagai lawannya adalah eksperimen) dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowbaal, teknik pengumpulan dengan trianggulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi.
Metode penelitian kualitatif dilakukan secara intensif, peneliti ikut berpartisipasi lama di lapangan, mencatat secara hati-hati apa yang terjadi, melakukan analisis reflektif terhadap berbagai dokumen yang ditemukan di lapangan, dan membuat laporan penelitian secara mendetail.
Yang termasuk penelitian kualitatif adalah:
a.    Penelitian deskriptif
b.    Penelitian historis
c.    Penelitian naturalistik
·      Penelitian kuantitatif (data yang dinumerikkan, seperti Tes Hasil Belajar) adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sampel pada umunya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan.
Penelitian kuantitatif adalah penelitian ilmiah yang sistematis terhadap bagian-bagian dan fenomena serta hubungan-hubungannya. Tujuan penelitian kuantitatif adalah mengembangkan dan menggunakan model-model matematis, teori-teori dan/atau hipotesis yang berkaitan dengan fenomena alam. Proses pengukuran adalah bagian yang sentral dalam penelitian kuantitatif karena hal ini memberikan hubungan yang fundamental antara pengamatan empiris dan ekspresi matematis dari hubungan-hubungan kuantitatif.
Yang termasuk penelitian kuantitatif adalah:
a.    Penelitian eksperimen
b.    Penelitian survei
c.    Penelitian dan pengembangan (R&D)

2.    Jelaskan yang dimaksud dengan variabel terikat dan variabel bebas!
Jawab:
Variabel penelitian adalah suatu atribut atau sifat atau nilai dari orang, obyek atau kegiatan yang mempunyai variasi tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya.
·      Variabel terikat adalah variabel yang dipengaruhi atau yang menjadi akibat, karena adanya variabel bebas. Variabel terikat disebut sebagai variabel hasil, akibat, atau tanggapan, jawaban. Variabel terikat tergantung pada pada variabel bebas, hasil atau akibat tersebut dapat dianggap tergantung pada bagaimana variabel bebas tersebut ditangani atau dimanipulasi.
·      Variabel bebas adalah variabel yang mempengaruhi atau yang menjadi sebab perubahannya atau timbulnya variabel terikat. Variabel bebas disebut variabel masukan yang dimanipulasi, diberi perlakuan atau dorongan.  Disebut demikian karena variabel ini “bebas” dari hasil itu sendiri, bahkan dianggap sebagai menyebab, mengakibatkan atau mempengaruhi hasil tersebut.

3.    Berikan satu contoh judul yang mana varibel terikat dan variabel bebas!
Jawab:
 “Pengaruh kualitas guru terhadap prestasi belajar murid”
·      Variabel bebas : kualitas guru
Sub Variabel:
Ø Pendidikan guru (dokumen)
Ø Pengalaman mengajar (dokumen)
Ø Banyaknya penataran (dokumen)
Ø Usia (dokumen)
Ø Minat menjadi guru (dokumen)
Ø Penguasaan terhadap materi pelajaran (kuesioner murid)
·      Variabel terikat            : prestasi belajar murid
Sub Variabel:
Ø Nilai harian (dokumen)
Ø Nilai ulangan umum (dokumen)
Ø Nilai tugas (dokumen)
Ø Cara menjawab pertanyaan di kelas (dokumen)
Ø Cara menyusun laporan (dokumen)
Ø Nilai ketelitian catatan (dokumen)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar