Rabu, 07 November 2012

TUGAS 1 (PENGERTIAN DAN JENIS-JENIS METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN)



KATA PENGANTAR
            Alhamdulillah Rabbilalamin, itulah ucapan yang paling pantas saya ucapkan  sebagai tanda syukur kepada ALLAH Swt. Saya merasa yakin bahwa atas segala rahmat dan karunia-Nya itulah sehingga saya daapat menyusun makalah ini.
            Makalah ini berjudul metodologi penelitian pendidikan. Dan didalam makalah ini terdapat banyak kekurangan. Kekurangan-kekurangan itu yang merupakan pelajaran untuk saya agar dapat meengetahui tentang banyak hal yang belum diketahui tentang metodologi penelitian pendidikan. Namun apa yang saya ungkap dalam makalah ini merupakan awal untuk mempelajari hal - hal yang lebih banyak lagi tentang pelajaran metodologi penelitian pendidikan. Apa yang saya tulis ini merupakan usaha yang sungguh – sungguh.
            Siapapun yang membaca makalah ini, terutama, dosen, saya mengharapkan saran – saran yang berharga untuk lebih meningkatkan kualitas penyajian pada masa yang akan datang. Untuk itu saya selaku penulis makalah ini mengucapkan banyak terimah kasih. Semoga ALLAH Swt, senantiasa menambah pengetahuan kita  demi kebahagian dunia akhirat.

Makassar, 18 Oktober 2012
                          Ainun Fatima Sari    



BAB I
PENDAHULUAN
A.       Latar Belakang
Kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan telah meningkatkan derajat hidup manusia. Dengan kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan, kebutuhan hidup manusia yang dulu sulit dipenuhi kini menjadi relatif mudah. Untuk bisa makan daging, orang zaman dahulu harus berburu dulu ke hutan, sekarang daging itu sudah dikemas sedemikian rupa dan siap disajikan. Asal punya uang, daging siap makan itu sudah tersedia di berbagai tempat yang bernama minimarket atau supermarket. Kemudahan itu pun terjadi dalam hal penyiapan pakaian, minuman, dan perlengkapan hidup lain. Dalam soal interaksi misalnya, untuk bertegur sapa dengan saudara diluar kota, dulu orang harus berjalan atau berkendara untuk melakukannya. Sekarang, dengan sebuah handphone, kita bisa melakukannya tanpa beranjak sedikit pun.
Berkat kehadiran ilmu pengetahuan dan teknologi juga memberikan kemudahan dalam dunia pendidikan. Berkat komputer dan internet, pencarian literatur bisa dilakukan dengan kecepatan dan kuantitas yang nyaris tidak terkira. Bayangkan saja, dahulu untuk memperoleh beberapa artikel tentang suatu teori atau topik, kita harus mengunjungi beberapa perpustakaan. Sekarang, dengan bantuan internet dan komputer, ribuan literatur (jika itu ada) dengan begitu cepat dan mudah sudah tersaji pada monitor di depan kita. Kunci kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi tiada lain adalah adanya penelitian. Proses penelitian inilah yeng menciptakan pembaharuan-pembaharuan dalam hidup kita. Termasuk di dalamnya pembaharuan di bidang pendidikan.

B.       Rumusan Masalah
1.      Apakah yang dimaksud dengan metodologi penelitian ?
2.      Apakah yang dimaksud dengan metodologi penelitian pendidikan ?

BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Metode Penelitian Pendidikan
Metodologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jalan yang ditempuh untuk memperoleh pemahaman tentang sasaran yang telah disebutkan sebelumnya, sedangkan
Penelitian menurut Riyanto dalam Irawan Suhartono (2000:1) yang berasal dari kata research, re berarti kembali dan search berarti mencari, dengan demikian research berarti mencari kembali. Research berasal dari bahasa latin reserare yang artinya mengungkapkan atau membuka. Kata reserare jika diartikan dalam bahasa indonesia berarti riset. Jadi research artinya kegiatan yang mengungkap atau membuka pengetahuan karna pengetahuan yang ada maupun yang belum ditemukan, dianggap sudah ada atau tersembunyi dan masih perlu untuk diungkap.
Penelitian adalah merupakan proses ilmiah yang mencakup sifat formal dan inteensif. Karakter formal yang intensif  karena mereka terikat dengan aturan, urutan, maupun cara penyajiannya agar memperoleh hasil yang diakui dan bermanfaat bagi kehidupan manusia. Intensif dengan menerapkan ketelitian dan ketepatan dalam melakukan proses penelitian untuk memperoleh hasil yang dapat dipertanggungjawabkan, memecahkan promblem  melalui hubungan  sebab dan akibat, dapat diulang kembali dengan cara yang sama dan hasil yang sama.( sukardi, 2003: 4 ).
Metodologi penelitian adalah sebagia kegiatan  yang secara sistematis, direncanakan oleh para penelitan untuk memecahkan permasalahan yang hidup dan berguna bagi masyarakat, maupun bagi peneliti itu sendiri.( Sukardi, 2003:17 )
Penelitian pendidikan adalah proses yang dilakukan secara sistematis, logis, dan direncanakan untuk mengumpul, mengelolah, menganalisis, menyimpulkan data yang telah dikelola dengan menggunakan metode tertentu untuk menemukan jawaban yang  timbul dalam bidang pendidikan. ( Amirul Hadi dalam Riyanto , 1998 ).
Metodologi penelitian pendidikan yaitu rangkaian cara atau kegiatan pelaksanaan penelitian yang diarahkan pada pengembangan pengetahuan ilmiah tentang kejadian-kejadian yang menarik pendidikan yang bertujuan untuk  menemukan data ilmiah telah dikembangkan dan
 dibuktikan oleh pengetahuan tertentu untuk memahami dan memecahkan masalah dalam bidang pendidikan. ( Sugiono dalam Riyanto,   2009 ).  
                                                     
B.     Jenis Penelitian
“Menurut tujuannya, seperti telah dijelaskan sebelumnya, bisa dibagi dua yaitu penelitian murni dan penelitian terapan. Dilihat dari Kesengajaan melakukan penelitian, penelitian bisa dibedakan menjadi penelitian ilmiah dan alamiah. Dilihat dari pendekatannya, penelitian bisa dikelompokkan menjadi delapan, yaitu penelitian survey, ex post facto, eksperimen, naturalistik, policy reseach, action reseach, evaluasi , dan sejarah. Dilihat dari tingkat eksplanasinya, penelitian bisa dikelompokkan menjadi tiga, yaitu deskriptif, komparatif, dan asosiatif. Dilihat dari jenis data yang diteliti, penelitian bisa dikelompokkan menjadi tiga jenis yaitu penelitian kualitatif, kuantitatif, dan kuantilatif (gabungan kuantitatif dengan kualitatif).” ( muliyanto, 2008 ).
                        Secara garis besar, penelitian dapat dibedakan dari beberapa aspek bagaimana suatu bentuk penelitian dilihat dan dibedaka. Beberapa aspek ditinjauan tersebut termasuk: aspek tujuan, aspek metode, dan aspek bidang kajian.
1.      Klasifikasi bentuk penelitian dari aspek tujuan, pertama yang hendak dibahas dalam subtema ini adalah penelitian dari aspek tujuan. Ada dua macam tujuan, yaitu penelitian dasar dan penelitian lanjut.
a.       Penelitian dasar. Suatu bentuk penelitian dikatakan penelitian dasar apabila para peneliti mempunyai  tujuan untuk pemperluas ilmu tanpa memikirkan mamfaat atau hasil penelitian yang telah ditelitinya tersebut untuk manusia atau masyarakat.penelitian tersebut kebanyakan dilakukan dinegara-negara luar dan lebih maju tanpa memikirkan dana pendidikan dan dana penelitian  tersebut. Contoh penelitian dibidang kedokteran agar dapat menemukan spesies baru, mereka para peneliti menggunakan bioteknologi melakukan kloning dari binatang maupun tumbuh-tumbuhan, dan para ahli pendidikan berusaha menggunakan binatang untuk menyelidiki kehidupan, karakteristik dan tingkah laku tertentu, dan masih banyak lagi. Hasil penelitian diatas mungkin belum dimamfaatkan saat ini, tetapi mungkin sangat berguna untuk kehidupan  yang lebih baik dalam abad teknologi dan informasi masa yang akan datang.
b.      Penlitian terapan biasa juga disebut sebagai applied research. Para peneliti ini biasanya mengadakan penelitian atas dasar permasalahan yang signifikan dan hidup dalam masyarakat sekitarnya. Tujuan penelitian utamanya adalah memecahkan masalah dan hasil penelitian dapat dimamfaatkan untuk kepentingan manusia baik secara individual maupun secara kelompok maupun keperluan industri atau pengusaha dan bukan untuk wawasan ilmuan.penelitian pendidikan yang berkaitan dengan bagaimana cara meningkatkan keinginan siswa untuk   belajar, implementasi kurikulum, peningkatan kualitas, dan sebagainya.
2.      Klasifikasi penelitian menurut aspek metode. Pengelompokan bentuk penelitian yang sering pula dilakukan oleh para peneliti adalah klasifikasi bentuk penelitian menurut aspek metode yang digunakan. Beberapa macam bentuk penelitian dilihat dari segi metode dapat dilihat dalam keterangan dibawah ini.
a.       Penelitian sejarah. Penelitian atau historical research ini juga dilihat sepintas sama dengan penelitian deskriptif . keduanya sama-sama menggunakan penggambaran secara komprensif tentang objek atau subjek penelian. Yang membedakan dalam penelitian sejarah, penelitian lebih memfokuskan pencarian data dengan metode wawancara pada pelaku sejarah, misalnya para pemimpinan yang terlibat dalam tokoh-tokoh masyarakat yang mengalami dan menggunakan sumber-sumber lain termasuk objek peninggalan kejadian, prasasti, dan buku-buku yang berkaitan erat dengan peristiwa yang diteliti. Tujuan dari kegiatan tersebut ialah untuk memperoleh gambaran secaraobjektif terhadap peristiwa besar atau objek yang diteliti. Dinegara berkembang termasuk di Indonesia ini, penelitian sejarah belum menjadi perhatian yang serius oleh para ahli dibidangnya.
b.      Penelitian eksperimen. Penelitian eksperimen merupakan metode inti dari model penelitian yang ada. Karena dalam penelitian ekperimen para penelitian melakukan suatu bentuk penelitian.ketiga persyaratan tersebut, yaitu kegiatan mengontrol, peneliti juga harus membagi objek atau subjek yang diteliti menjadi dua grup, yaitu grup treatment yang memperoleh perlakuan dan grup kontrol yang tidak memperoleh perlakuan. Penelitian eksperimen karena peneliti sudah melakukan kegiatan
c.       mengontrol maka hasil penelitian dapat menentukan hubungan kausal atau sebab dan akibat. Penelitian eksperimen juga diharuskan menggunkan hipotesis dan melalui pengamatan, penelitian menguji hipotesis tersebut  dalam kondisi eksperimen, yaitu kondisi yang sudah dimanipulasi sedemikian rupa (laboratorium), sehingga tidak ada kontaminasi di antara variabel yang diteliti.
Bidang kedokteran, pertanian, psokologi, dan bidang teknik adalah di antara bidang-bidang ilmu pengetahuan yang banyak menggunakan penelitian eksperimen.
3.      Klasifikasi penelitian menurut bidang garapan. Variasi bentuk penelitian juga dapat dilihat dari objek yang diteliti, tergantung dari keahlian dan bidang yang hendak  digunakan sebagai aspek pembeda. Bentuk penelitian dapat juga dibedakan menjadi penelitian kependidikan dan nonkependidikan.
a.       Penelitian pendidikan. Bidang garapan yang menjadi pokok penelitian adalah mekankan pada sekitar masalah pendidikan termasuk: komponen guru, siswa, kurikulum sistem pengajaran, manajemen pendidikan, dan hubungan lembaga dengan masyarakat. Disamping itu, penelitian juga menvakup faktor-faktor eksternal seperti: kebijakan pemerintah terhadap lembaga pendidikan, pengaruh gaya hidup elit politik terhadap prospek pendidikan, pengaruh kehidupan sosial dan ekonomi terhadap pendidikan generasi muda, dan sebagainya.
b.      Penelitian nonpendidikan. Penelitian nonpendidikan ini mempunyai cakupan yang luas sekali seluas bidang keahlian dan variasi dari para pembaca, dapat dimasukkan sebagai penelitian nonpendidikan. Untuk memberikan semacam acuan dibawah di berikan kemungkinan contoh-contoh penelitian penelitian nonpendidikan: penelitian sosial, ekonomi, politik, kebijakan pemerintah, sejarah, antropologi, pertanian, teknologi, penelitian agama dan peradaban masyarakat, dan sebagainya. ( sukardi 2003: 16 ).




BAB III
PENUTUP
A.      Kesimpulan
1.      Metodologi penelitian dapat pula kita artikan sebagai kegiatan yang secara sistematis direncanakan oleh para peneliti untuk memecahkan permasalah yang hidup dan berguna bagi masyarakat, maupun bagi peneliti itu sendiri.
2.      Metodologi penelitian pendidikan yaitu rangkaian cara atau kegiatan pelaksanaan penelitian yang diarahkan pada pengembangan pengetahuan ilmiah tentang kejadian-kejadian yang menarik pendidikan yang bertujuan untuk  menemukan data ilmiah telah dikembangkan dan dibuktikan oleh pengetahuan tertentu untuk memahami dan memecahkan masalah dalam bidang pendidikan
B.       Saran
Alhamdulillah dengan selesainya makalah ini saya mengharapkan kritik dan saran dari pembaca, saya mengharapkan saran yang membangun agar pembuatan makalah saya kedepannya dapat saya perbaiki agar lebih baik dan sempurna lagi, terima kasih



DAFTAR PUSTAKA
Riyanto, Selamet. 2010. Pengertian Metodologi Penelitian Pendidikan. http://mbegedut.blogspot.com/2010/11/metode-penelitian-pendidikan.html.
Mulyanto, Agus. 2008. Jenis-Jenis metodologi Pendidikan. http://agusmulyanto.blogspot.com/2008/12/pengertian-jenis-dan-ruang-lingkup.html.
Sukardi, 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: PT. Bumi Aksara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar