METODOLOGI
PENELITIAN PENDIDIKAN
DISUSUN OLEH;
NAMA
: RAMDAN
NIM : 1054 0041 83 10
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
UNISMUH MAKASSAR
2012
KATA PENGANTAR
Bismillahirrahmanirrahim
Skukur Alhamdulillah penulisan
makalah metodologi penelitian
pendidikan ini dapat teselesaikan.
Dengan harapan bias
menambah wawasan dan
menjadi bahan kajian
bagi mahasiswa dalam
melakukan penelitian pendidikan.
Makalah ini
cenderum menekan pada
penjelasan pengertian metodologi penelitian pendidikan
dan jenis-jenisnya. Makalah
ini terdiri dari
tiga bab.
Sasaran pembaca
makalah ini adalah
para mahasiswa jurusan
pendidikan. Sebab makalah ini
memberikan pengetahuan tentang
pengertian dan jenis-jenis
metodologi penelitian pendidikan.
Dalam membaca
makalah ini, para
pembaca perlu membaca
mulai dari bagian
awal hingga akhir
secara berurutan. Sebab
makalah ini disusun mulai dari
pendahuluan, rumusan masalah,
pembahasan, penutup, simpulan,
dan saran.
Makalah ini
dapat terselesikan dengan
melihat wacana di
buku panduan metodologi
penelitian pendidikan yang
disusun oleh Dr.H.M. Mussfiqkon,
M.Pd. dan Muh. Tahir, S.Pd., M.Pd.,M.ED.,
EREA.
Semoga makalah
ini bermamfaat bagi
pengembangan bidang ilmu
pendidikan melalui penelitian.
Selain itu memberi
juga mamfaat bagi
mahasiswa dalam memahami
metodologi penelitian pendidikan.
DAFTAR
ISI
Sampul
.......................................................................................................... i
Kata
Pengantar ............................................................................................ ii
Daftar
Isi ...................................................................................................... iii
BAB 1:
PENDAHULUAN ...................................................................... 1
A. Latar
Belakang .......................................................................... 1
B. Rumusan
Masalah ..................................................................... 1
BAB 2:
PEMBAHASAN .......................................................................... 2
A. Pelitian
Survei ........................................................................... 2
B. Studi
Korelasional .................................................................... 4
BAB 3:
PENUTUP .................................................................................... 5
A. Simpulan
.................................................................................. 5
B. Saran
........................................................................................ 5
DAFTAR
FUSTAKA .................................................................................. 6
BAB 1: PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Metodogi penelitian pendidikan
adalah kegiatan untuk mencari kebenaran
dengan penyelidikan di suatu sekolah. Dan yang melatar belakangi saya membuat
makalah ini adalah perintah atau tugas yang diberikan oleh dosen untuk saya
karena itu juga sudah menjadi salahsatu kewajiban saya sebagai mahasiswa yaitu
mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen.
B.
Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang masalah diatas,
maka adapun rumusan masalah dalam makalah
ini adalah mengetahui pengetian dan jenis-jenis metodologi penelitian
pendidikan.
BAB 2: PEMBAHASAN
A. Pengertian
Metodologi Penelitian Pendidikan
Sebelum kita mengetahui pengertian
metodologi penelitian pendidikan telebih dahulu kita mengetahui apa itu
metodologi dan penelitian.
Metologi berasal dari kata yunani
yang telah di kembangkan dalam keilmuan serta telah masuk dalam setiap disiplin
ilmu. Metologi adalah ilmu atau cara yang digunakan untuk memperoleh
kebenaran,sesuai realitas yang di kaji (Wikipedia.org,19/03/2012). Kata kunci
metodologi adalah “ilmu dan tata cara” yang dipadukan dalam proses pencarian
kebenaran, termasuk melalui kegiatan penelitian(Dr.H.M.Musfiqon, M.Pd. dalam
bukunya panduan lengkap metodologi penelitian pendidikan hal 2).
Sedangkan penelitian adalah
penyelidikan; kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian data
yang dilakukan secara sistematis dan objektif untuk memecahkan suatu persoalan
atau menguji suatu hipotesis untuk mengembangkan prinsip-prinsip umum.
“Secara etimologi, penelitian
berasal dari bahasa Inggris research (re berarti kembali dan search berarti
mencari). Dengan demikian research berarti mencari kembali.
Penelitian adalah merupakan proses ilmiah yang mencakup sifat formal dan intensif. Karakter formal dan intensif karena merekaterkait dengan aturan, urutan, maupun cara pnyajiannya agar memperileh hasil yang diakui dan bermanfaat bagi kehidupan manusia. Intensif dengan menerapkan ketelitian dan ketepatan dalam melakukan proses penelitian agar memperoleh hasil yang dapat diper-tanggungjawabkan, memecahkan problem melalui hubungan sebab dan akibat, dapat diulang kembali dengan cara yang sama dan hasil yang sama. Penelitian adalah suatu penyelidikan atau suatu usaha pegujian yang dilakukan secara teliti dan kritis dalam mencari fakta-fakta atau prinsip-prinsip dengan menggunakan langkah-langkah tertentu. Dalam mencari fakta-fakta ini diperlukan usaha yang sistematis untuk menemukan jawaban ilmiah terhadap sustu masalah(Subliyanto Rabu, 09 Juni 2010 di website http//: pengertian-penelitian-metode-penelitian.html)”.
Penelitian adalah merupakan proses ilmiah yang mencakup sifat formal dan intensif. Karakter formal dan intensif karena merekaterkait dengan aturan, urutan, maupun cara pnyajiannya agar memperileh hasil yang diakui dan bermanfaat bagi kehidupan manusia. Intensif dengan menerapkan ketelitian dan ketepatan dalam melakukan proses penelitian agar memperoleh hasil yang dapat diper-tanggungjawabkan, memecahkan problem melalui hubungan sebab dan akibat, dapat diulang kembali dengan cara yang sama dan hasil yang sama. Penelitian adalah suatu penyelidikan atau suatu usaha pegujian yang dilakukan secara teliti dan kritis dalam mencari fakta-fakta atau prinsip-prinsip dengan menggunakan langkah-langkah tertentu. Dalam mencari fakta-fakta ini diperlukan usaha yang sistematis untuk menemukan jawaban ilmiah terhadap sustu masalah(Subliyanto Rabu, 09 Juni 2010 di website http//: pengertian-penelitian-metode-penelitian.html)”.
Jadi kesimpulan penelitian tidak lain adalah usaha seseorang yang dilakukan secara
sistematis mengikuti aturan-aturan metodologi misalnya observasi secara
sistematis, dikontrol, dan mendasarkan pada teori yang ada dan diperkuat dengan
gejala yang ada.
Jadi
metodologi penelitian pendidikan adalah kegiatan untuk mencari kebenaran dengan
penyelidikan di suatu sekolah.
B. Jenis-Jenis
Pemilihan jenis penelitian juga
mempertimbangkan pendekatan dan metode penelitian yang digunakan menyelesaikan
masalah penelitian. Berdasrkan pendekatan dan metode penelitian akan melahirkan
beberapa jenis penelitian yang dapat di pilih.
1. Penelitian Kuantitatif
Penelitian
kuatitatif adalah penelitian yang difokuskan pada kajian fenomena objektif
untuk dikaji secara kuatitatif.
a.
Penilitian eksperimental.
Pendekatan
ppenilitian eksperimental merupakan penelitian yang murni kuantitatif.
b. Penelitian noneksperimental.
Pendekatan
penelitian noneksperimental juga masih termasuk penelitian
kuatitatif.
Pendekatan ini banyak di terapkan dalam penelitian pendidikan, karena lingkup
kegunaan penelitian sering digunakan penelitian terapan dan tindakan
(Dr.H.M.Musfiqon, M.Pd. dalam bukunya panduan lengkap metodologi penelitian
pendidikan hal 59-60).
.
2. Penelitian Kualitatif
Paradigma penelitian kualitatif adalah
berpikir secara induktif. Setiap masalah penelitian dipandang sebagai kasus
yang bersifat mikro, baru kemudian ditarik dalam konteks yang lebih umum.
a. Intraktif
Pendekatan
interaktif dalam penelitian kualitatif dimaksudkan, penelitian berinteraksi secara
langsung dengan subjek penelitian.
b. Noninteraktif
Penelitian
kualitatif noninteraktif berbeda dengan
penelitian kuatitatif interaktif. Dalam pendekatan ini penelitian tidak
berinteraksi secara langsung dengan kanca penelitian, karena yang dihadapi
adalah dokumen (Dr.H.M.Musfiqon, M.Pd. dalam bukunya panduan lengkap metodologi
penelitian pendidikan hal 80).
Jenis-Jenis Metode Penelitian
“Berdasarkan
sifat-sifat masalahnya, Suryabrata (1983) mengemukakan sejumlah metode penelitian yaitu
sebagai berikut;
- Penelitian Historis yang bertujuan untuk membuat rekonstruksi masa lampau secara sistematis dan obyektif.
- Penelitian Deskriptif yang yang bertujuan untuk membuat deskripsi secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta dan sifat populasi atau daerah tertentu.
- Penelitian Perkembangan yang bertujuan untuk menyelidiki pola dan urutan pertumbuhan dan/atau perubahan sebagai fungsi waktu.
- Penelitian Kasus/Lapangan yang bertujuan untuk mempelajari secara intensif latar belakang keadaan sekarang dan interaksi lingkungansuatu obyek
- Penelitian Korelasional yang bertujuan untuk mengkaji tingkat keterkaitan antara variasi suatu faktor dengan variasi faktor lain berdasarkan koefisien korelasi”
- Penelitian Eksperimental suguhan yang bertujuan untuk menyelidiki kemungkinan hubungan sebab akibat dengan melakukan kontrol/kendali
- Penelitian Eksperimental semu yang bertujuan untuk mengkaji kemungkinan hubungan sebab akibat dalam keadaan yang tidak memungkinkan ada kontrol/kendali, tapi dapat diperoleh informasi pengganti bagi situasi dengan pengendalian.
- Penelitian Kausal-komparatif yang bertujuan untuk menyelidiki kemungkinan hubungan sebab-akibat, tapi tidak dengan jalan eksperimen tetapi dilakukan dengan pengamatan terhadap data dari faktor yang diduga menjadi penyebab, sebagai pembanding.
- Penelitian Tindakan yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan baru atau pendekatan baru dan diterapkan langsung serta dikaji hasilnya.
BAB 3 : PENUTUP
A.
Simpulan
Jadi
metologi penelitian pendidikan adalah adalah kegiatan untuk mencari kebenaran
dengan penyelidikan di suatu sekolah. Dan metologi penelitian pendidikan
mempunyai 2 jenis yaitu; penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif.
B.
Saran
Metodologi penelitian pendidikan merupakan
suatu kegiatan meneliti kelas atau sekolah, oleh karena itu kita sebagai calon
guru diharuskan mempelajari atau mengetahui metodologi penelitian pendidikan agar
kita calon guru tidak kewelahan dalam meneliti kelas.
DAFTAR PUSTAKA
Musfiqon.
Panduan Lengkap Metodologi
Penelitian Pendidikan. Surabaya:
Prestasi Pustaka. 2012.
Wikipedia.org,19/03/2012
Arikunto, Suharsimi. 2003. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT
Rineka Cipta. http//; pengertian-penelitian-metode-penelitian.html
Surya Dharma, MPA., Ph.D, (2008) Pendekatan, Jenis, Dan
Metode Penelitian Pendidikan : Jakarta. http//;Pendekatan, Jenis dan Metode
Penelitian _ belajarpsikologi.com.htm
Tidak ada komentar:
Posting Komentar