Rabu, 07 November 2012

Pengertian dan Jenis-jenis Metodologi Penelitian Pendidikan


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Kemajuan jaman dewasa ini, sudah semakin pesat hal ini mendorong manusia untuk terus dapat menambah pengetahuannya agar dapat menyesuaiakan diri terhadap lingkungan. Metode penelitian pendidikan dapat membantu kita untuk mengahadapi kemajuan jaman karena metodologi penelitian pendidikan bisa memberikan banyak manfaat untuk kita.
            Metode penelitian pendidikan adalah cara yang secara ilmiah digunakan untuk menguji data untuk menarik suatu kesimpulan, seperti seorang guru yang melakukan analisi kepada murid-muridnya untuk mengetahui kemampuan murid-muridnya.
                                                                          
B.  Rumusan Masalah

1.      Apa pengertian metodologi penelitian pembelajaran?
2.      Jenis-jenis metodologi pendidikan?



BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Metodologi Penelitian Pendidikan.
“Kata metodologi (metodologi penelitian), dalam Bahasa Inggris berasal dari dua kata yakni method dan logical. Method (metode) dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti (1) cara teratur yang digunakan untuk melaksanakan suatu pekerjaan agar tercapai sesuai dengan yang dikehendaki; cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yang ditentukan; (2) sikap sekelompok sarjana terhadap bahasa atau linguistik, misalnya metode preskriptif, dan komparatif. Logical berarti sesuai dengan logika, benar menurut penalaran dan masuk akal. Sedangkan penelitian dalam Bahasa Inggris yaitu research. Re berarti kembali dan search berarti  pencarian. Jika digabungkan maka research berarti pencarian kembali”. (blogspot:2008,11/15:30)

Sehingga dapat kita tarik kesimpulan bahwa metodologi penelitian adalah cara-cara yang masuk akal untuk melakukan pencarian kembali. Dapat juga dikatakan bahwa metodologi penelitian adalah prosedur yang dipakai dalam melakukan suatu penelitian, dapat mengenai langkah-langkah kerja atau urutan.

Ada pula pengertian METODOLOGI PENELITIAN yaitu Ilmu tentang metode teknik yang digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data guna memperoleh pengetahuan dengan prosedur yang terpercaya.
            Penelitian yang dilakukan untuk mendapatkan informasi yang berguna dan dapat dipertanggungjawabkan mengenai proses pendidikan

B.     Jenis-jenis Metodologi penelitian pendidikan

a.       “Berdasarkan tujuan penelitian
1.      Penelitian Dasar( fundamental research ) atau Basic Reseach
Penelitian dasar menurut Dane (2006) adalah penelitian yang meliputi pengembangan ilmu pengetahuan atau technologi dasar. Menurut D.R Cooper dan C.W.Emory (2007) penelitian dasar adalah pencarian terhadap sesuatu karena ada perhatian dan keingintahuan terhadap hasil suatu activitas. Julia, Brannen (2008) menyatakan bahwa penelitian dasar atau sering disebut penelitian murni atau basic research  merupakan yang meliputi pengembangan ilmu pengetahuan.
Penelitian dasar selanjutnya dapat diklasifikasikan berdasarkan pendekatan yang digunakan dalam pengembangan teori, yaitu:

1.      Penelitian Deduktif
Adalah tipe penelitian yang bertujuan menguji (testing) hipotesis melalui validasi teori atau pengujian aplikasi teori pada keadaan tertentu.
2.      Penelitian Induktif
Merupakan tipe penelitian yang mempunyai tujuan mengembangkan teori atau hipotesis melalui pengungkapan fakta. Tipe ini menekankan pada pengungkapan fakta.
Kemudian menurut F.C. Dane. (2000), berdasarkan tujuan penelitian dibedakan menjadi 3 yaitu:
1.      Penelitian Eksploratif
Penelitian eksploratif adalah penelitian yang berusaha menemukan sebab akibat dari suatu peristiwa atau kejadian. Penelitian eksploratuf dapat pula diartikan sebagai penelitian yang bertujuan menemukan problematika baru.

2.      Penelitian Pengembangan (Developmental)
Penelitian pengembangan adalh penelitian yang berusaha mengadakn percobaan dan penyempurnaan terhadap sesuatu yang telah ada.
3.      Penelitian Verifikatif
Penelitian verifikatif adalah yang mengecek kebenaran hasil penelitian lain pada tempat sama tetapi waktu berbeda (F.C. Dane. 2000). Pengertian lain verifikatif adalah penelitian yang bertujuan menguji kebenaran suatu pengetahuan atau teori.”(dkk,sangadji,2010:18 )

b.      Berdasarkan Sifat dan Jenis Data
“Berdasarkan sifat dan tujuannya, ada 3 jenis penelitian ditinjau dari jenis data, yaitu:
1.      Penelitian Opini (Opinion Research)
a.       Pengertian
Peneliyian opini adalah penelitian terhadap fakta berupa opini atau pendapat orang (responden) data yang diteliti dapat berupa pendapat responden secara individu atau kelompok.
b.      Tujuan
Tujuan penelitian adalah menyelidiki  pandangan, resepsi, atau penelitian responden terhadap masalah  tertentu yang berupa tangapan responden terhadap diri responden atau kondisi lingkungan dan perubahannya.

2.      Penelitian Empiris
Penelitian empiris adalah penelitian terhadap fakta empiris yang diperoleh berdasarkan observasi atau pengalaman. Penelitian empiris pada umumnya lebih menekankan pada penyelidikan aspek perilaku terhadap opini. Objek yang diteliti lebih ditekankan pada kejadian sebenarnya daripada persepsi orang mengenai kejadian. Studi kasus dan lapangan serta penelitian eksperimen merupakan contoh tipe penelitian ini.

3.      Penelitian Arsip (Arcival research)
Penelitian arsip adalah penelitian terhadap fakta  tertulis (dokumen) atau berupa arsip data. Dokumen arsip yang diteliti berdasarkan sumbernya dapat berasal dari internal (arsip dan catatan orisinal yang diperoleh suatu organisasi) atau berasal dari data eksternal, yaitu publikasi data yang diperoleh melalui orang lain.”(dkk,sopiah,2010:20 )



 





       BAB III
       PENUTUP

A.    Simpulan
Metodologi pendidikan adalah cara-cara yang masuk akal untuk melakukan pencarian kembali. Dapat juga dikatakan bahwa metodologi penelitian adalah prosedur yang dipakai dalam melakukan suatu penelitian, dapat mengenai langkah-langkah kerja atau urutan.
Metodologi pendidikan terbagi beberapa jenis diantaranya, berdasarkan tujuan penelitian yang terbagi menjadi: a. penelitian deduktif, b. penelitian induktif, c. penelitian terapan yang menurut F.C Dane (2000) berdasarkan tujuannya terbagi menjadi: a. penelitian eksploratif, penelitian pengembangan dan c. penelitian verifikatif. Serta penelitian berdasarkan sifat dan jenis data terbagi menjadi: a. penelitian opini, b.penelitian empiris, c. penelitian arsip.

B.     Saran
Penyusun sadar makalah ini masih terdapat banyak kekurangan oleh karena itu penyusun mengharapkan masukan dari pembaca agar penyusun dapat memperbaiki makalah ini sehingga menjadi lebih baik.


DAFTAR PUSTAKA

Sangadji, E.M., dan M. M., Sopiah, 2010, Metodologi Penelitian pendekatan praktis dalam penelitian. Yogyakarta: penerbit Andi
Penelitian dasar menurut Dane (2006)
technologi dasar. Menurut D.R Cooper dan C.W.Emory (2007)
penelitian dasar menurut Julia, Brannen (2008)
penelitian berdasarkan tujuan F.C. Dane. (2000)




2 komentar:

  1. mantap euy... makasii utk yg buat ini hahaha

    BalasHapus
  2. Teman - teman kesulitan untuk Belajar Komputer karena kesibukan? kini kami memfasilitasi kursus komputer jarak jauh via online, silahkan kunjungi website kami di asianbrilliant.com, Master Komputer, Kursus Online, Kursus Jarak Jauh, Kursus Programming, Kursus Desain Grafis, Ilmu Komputer

    Ayah, Bunda..butuh guru untuk mengajar anak-anak dirumah ? kami memfasilitasi 1000 guru untuk anak-anak ayah dan bunda datang kerumah, silahkan kunjungi website kami di smartsukses.com, Bimbingan Belajar, Les Private, Les Privat, Les Private Mata Pelajaran, Guru Datang Ke Rumah, Guru Private

    BalasHapus