BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Kemajuan
jaman dewasa ini, sudah semakin pesat hal ini mendorong manusia untuk terus
dapat menambah pengetahuannya agar dapat menyesuaiakan diri terhadap
lingkungan. Metode penelitian pendidikan dapat membantu kita untuk mengahadapi
kemajuan jaman karena metodologi penelitian pendidikan bisa memberikan banyak
manfaat untuk kita.
Metode
penelitian pendidikan adalah cara yang secara ilmiah digunakan untuk menguji
data untuk menarik suatu kesimpulan, seperti seorang guru yang melakukan
analisi kepada murid-muridnya untuk mengetahui kemampuan murid-muridnya.
B.
Rumusan Masalah
1. Apa
pengertian metodologi penelitian pembelajaran?
2. Jenis-jenis
metodologi pendidikan?
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian Metodologi Penelitian
Pendidikan.
“Kata
metodologi (metodologi penelitian), dalam Bahasa Inggris
berasal dari dua kata yakni method dan logical. Method
(metode) dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti (1) cara teratur yang
digunakan untuk melaksanakan suatu pekerjaan agar tercapai sesuai dengan yang
dikehendaki; cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu
kegiatan guna mencapai tujuan yang ditentukan; (2) sikap sekelompok sarjana
terhadap bahasa atau linguistik, misalnya metode preskriptif, dan komparatif. Logical
berarti sesuai dengan logika, benar menurut penalaran dan masuk akal. Sedangkan
penelitian dalam Bahasa Inggris yaitu research. Re berarti
kembali dan search berarti pencarian. Jika digabungkan maka research
berarti pencarian kembali”. (blogspot:2008,11/15:30)
Sehingga
dapat kita tarik kesimpulan bahwa metodologi penelitian
adalah cara-cara yang masuk akal untuk melakukan pencarian kembali. Dapat juga
dikatakan bahwa metodologi penelitian adalah prosedur yang dipakai dalam
melakukan suatu penelitian, dapat mengenai langkah-langkah kerja atau urutan.
Ada
pula pengertian METODOLOGI PENELITIAN yaitu Ilmu tentang metode
teknik yang digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data guna memperoleh
pengetahuan dengan prosedur yang terpercaya.
Penelitian yang dilakukan untuk mendapatkan informasi
yang berguna dan dapat dipertanggungjawabkan mengenai proses pendidikan
B.
Jenis-jenis Metodologi penelitian
pendidikan
a.
“Berdasarkan
tujuan penelitian
1.
Penelitian
Dasar( fundamental research ) atau Basic Reseach
Penelitian dasar menurut Dane (2006)
adalah penelitian yang meliputi pengembangan ilmu pengetahuan atau technologi dasar.
Menurut D.R Cooper dan C.W.Emory (2007) penelitian dasar adalah pencarian
terhadap sesuatu karena ada perhatian dan keingintahuan terhadap hasil suatu
activitas. Julia, Brannen (2008) menyatakan bahwa penelitian dasar atau sering
disebut penelitian murni atau basic research
merupakan yang meliputi pengembangan ilmu pengetahuan.
Penelitian
dasar selanjutnya dapat diklasifikasikan berdasarkan pendekatan yang digunakan
dalam pengembangan teori, yaitu:
1.
Penelitian
Deduktif
Adalah tipe
penelitian yang bertujuan menguji (testing) hipotesis melalui validasi teori
atau pengujian aplikasi teori pada keadaan tertentu.
2.
Penelitian
Induktif
Merupakan tipe
penelitian yang mempunyai tujuan mengembangkan teori atau hipotesis melalui
pengungkapan fakta. Tipe ini menekankan pada pengungkapan fakta.
Kemudian menurut
F.C. Dane. (2000), berdasarkan tujuan penelitian dibedakan menjadi 3 yaitu:
1.
Penelitian
Eksploratif
Penelitian
eksploratif adalah penelitian yang berusaha menemukan sebab akibat dari suatu
peristiwa atau kejadian. Penelitian eksploratuf dapat pula diartikan sebagai
penelitian yang bertujuan menemukan problematika baru.
2.
Penelitian
Pengembangan (Developmental)
Penelitian
pengembangan adalh penelitian yang berusaha mengadakn percobaan dan
penyempurnaan terhadap sesuatu yang telah ada.
3.
Penelitian
Verifikatif
Penelitian
verifikatif adalah yang mengecek kebenaran hasil penelitian lain pada tempat
sama tetapi waktu berbeda (F.C. Dane. 2000). Pengertian lain verifikatif adalah
penelitian yang bertujuan menguji kebenaran suatu pengetahuan atau
teori.”(dkk,sangadji,2010:18 )
b.
Berdasarkan Sifat dan Jenis Data
“Berdasarkan
sifat dan tujuannya, ada 3 jenis penelitian ditinjau dari jenis data, yaitu:
1.
Penelitian
Opini (Opinion Research)
a.
Pengertian
Peneliyian opini adalah penelitian
terhadap fakta berupa opini atau pendapat orang (responden) data yang diteliti
dapat berupa pendapat responden secara individu atau kelompok.
b.
Tujuan
Tujuan penelitian adalah
menyelidiki pandangan, resepsi, atau
penelitian responden terhadap masalah
tertentu yang berupa tangapan responden terhadap diri responden atau
kondisi lingkungan dan perubahannya.
2.
Penelitian
Empiris
Penelitian empiris adalah penelitian
terhadap fakta empiris yang diperoleh berdasarkan observasi atau pengalaman.
Penelitian empiris pada umumnya lebih menekankan pada penyelidikan aspek
perilaku terhadap opini. Objek yang diteliti lebih ditekankan pada kejadian
sebenarnya daripada persepsi orang mengenai kejadian. Studi kasus dan lapangan
serta penelitian eksperimen merupakan contoh tipe penelitian ini.
3.
Penelitian
Arsip (Arcival research)
Penelitian arsip adalah penelitian
terhadap fakta tertulis (dokumen) atau
berupa arsip data. Dokumen arsip yang diteliti berdasarkan sumbernya dapat
berasal dari internal (arsip dan catatan orisinal yang diperoleh suatu
organisasi) atau berasal dari data eksternal, yaitu publikasi data yang
diperoleh melalui orang lain.”(dkk,sopiah,2010:20 )
BAB III
PENUTUP
A. Simpulan
Metodologi
pendidikan adalah cara-cara yang masuk akal untuk melakukan pencarian kembali.
Dapat juga dikatakan bahwa metodologi penelitian adalah prosedur yang dipakai
dalam melakukan suatu penelitian, dapat mengenai langkah-langkah kerja atau
urutan.
Metodologi pendidikan
terbagi beberapa jenis diantaranya, berdasarkan tujuan penelitian yang terbagi
menjadi: a. penelitian deduktif, b. penelitian induktif, c. penelitian terapan
yang menurut F.C Dane (2000) berdasarkan tujuannya terbagi menjadi: a.
penelitian eksploratif, penelitian pengembangan dan c. penelitian verifikatif.
Serta penelitian berdasarkan sifat dan jenis data terbagi menjadi: a.
penelitian opini, b.penelitian empiris, c. penelitian arsip.
B. Saran
Penyusun
sadar makalah ini masih terdapat banyak kekurangan oleh karena itu penyusun
mengharapkan masukan dari pembaca agar penyusun dapat memperbaiki makalah ini
sehingga menjadi lebih baik.
DAFTAR
PUSTAKA
Sangadji,
E.M., dan M. M., Sopiah, 2010, Metodologi Penelitian pendekatan praktis dalam
penelitian. Yogyakarta: penerbit Andi
Penelitian
dasar menurut Dane (2006)
technologi
dasar. Menurut D.R Cooper dan C.W.Emory (2007)
penelitian
dasar menurut Julia, Brannen (2008)
penelitian
berdasarkan tujuan F.C. Dane. (2000)
mantap euy... makasii utk yg buat ini hahaha
BalasHapus