SOAL
1. Ada
6 jenis penelitian yang telah dipelajari, golongkan yang termasuk penelitian
kualitatif dan kuantitatif !
2. Yang
mana dimaksud variabel terikat dan variabel bebas !
3. Tentukan
atau berikan judul penelitian yang ada variabel bebas dan variabel terikat,
kemukakan alasannya !
JAWABAN
1. a)
Yang temasuk penelitian kualitatif yaitu :
- Penelitian
deskriptif
- Studi
kasus
- Penelitian
survei
- Penelitian
tindakan
b) Yang termasuk
penelituan kuantitatif yaitu :
- Penelitian
eksperimen
- Studi
korelasional
2.
a) Variabel terikat (dependent variable)
disebut juga variabel kriteria, respon, dan output (hasil) merupakan variabel
yang dipengaruhi atau yang menjadi akibat, karena adanya variabel independent
(bebas). Biasanya antara varibel independent dengan variabel dependent tidak
dapat dipisahkan karena masing-masing tidak bisa berdiri sendiri tetapi selalu
berpasangan.
b)
variabel bebas (indevendent variable) disebut juga variabel prediktor, input,
atau variabel yang mempengaruhi. Merupakan variabel yang menjadi sebab
timbulnya atau berubahnya variabel dependent (terikat).
3. Judul
penelitian yang ada varibel bebas dan terikat, contohnya : “Upaya Peningkatan
Kreativitas Siswa dalam Proses Belajar Mata Pelajaran IPA melalui Penerapan
Model Pembelajaran Generatif di Kelas V SDN 164 Pacora”
Dari judul penelitian tersebut maka yang termasuk
variabel terikat yaitu “Peningkatan Kreativitas Siswa” karena hal tersebut
hanya terfokus pada peningkatan kreativitas siswa saja yang akan menjadi output
atau hasil yang ingin dilihat atau dicapai dari akibat penerapan model
pembelajaran generatif yang diterapkan dalam penelitian. Sedangkan yang
termasuk variabel bebas dari judul tersebut yaitu “Penerapan Model Pembelajaran
Generatif” alasannya yaitu dengan melalui penerapan model pembelajaran
generatif maka banyak hal yang bisa dicapai atau menjadi output bukan hanya
peningkatan kreatifitas siswa, mungkin saja peningkatan aktivitas belajar atau
kualitas proses dan produk dan sebagainya. Namun pada judul tersebut penerapan
model pembelajaran generatif menjadi input, sebab, atau pengaruh dari
peningkatan kreativitas siswa yang sebagai output, akibat, atau repon.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar