Rabu, 07 November 2012

TUGAS 2 (SOAL-JAWAB)


SOAL
1.    Ada 6 jenis penelitian yang telah dipelajari, golongkan yang termasuk penelitian kualitatif dan kuantitatif !
2.    Yang mana dimaksud variabel terikat dan variabel bebas !
3.    Tentukan atau berikan judul penelitian yang ada variabel bebas dan variabel terikat, kemukakan alasannya !
JAWABAN
1.    a) Yang temasuk penelitian kualitatif yaitu :
-       Penelitian deskriptif
-       Studi kasus
-       Penelitian survei
-       Penelitian tindakan
b) Yang termasuk penelituan kuantitatif yaitu :
-       Penelitian eksperimen
-       Studi korelasional
2.    a) Variabel terikat (dependent variable) disebut juga variabel kriteria, respon, dan output (hasil) merupakan variabel yang dipengaruhi atau yang menjadi akibat, karena adanya variabel independent (bebas). Biasanya antara varibel independent dengan variabel dependent tidak dapat dipisahkan karena masing-masing tidak bisa berdiri sendiri tetapi selalu berpasangan.
b) variabel bebas (indevendent variable) disebut juga variabel prediktor, input, atau variabel yang mempengaruhi. Merupakan variabel yang menjadi sebab timbulnya atau berubahnya variabel dependent (terikat).
3.    Judul penelitian yang ada varibel bebas dan terikat, contohnya : “Upaya Peningkatan Kreativitas Siswa dalam Proses Belajar Mata Pelajaran IPA melalui Penerapan Model Pembelajaran Generatif di Kelas V SDN 164 Pacora”
Dari judul penelitian tersebut maka yang termasuk variabel terikat yaitu “Peningkatan Kreativitas Siswa” karena hal tersebut hanya terfokus pada peningkatan kreativitas siswa saja yang akan menjadi output atau hasil yang ingin dilihat atau dicapai dari akibat penerapan model pembelajaran generatif yang diterapkan dalam penelitian. Sedangkan yang termasuk variabel bebas dari judul tersebut yaitu “Penerapan Model Pembelajaran Generatif” alasannya yaitu dengan melalui penerapan model pembelajaran generatif maka banyak hal yang bisa dicapai atau menjadi output bukan hanya peningkatan kreatifitas siswa, mungkin saja peningkatan aktivitas belajar atau kualitas proses dan produk dan sebagainya. Namun pada judul tersebut penerapan model pembelajaran generatif menjadi input, sebab, atau pengaruh dari peningkatan kreativitas siswa yang sebagai output, akibat, atau repon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar