Pengertian
dan Jenis-jenis Metodologi Penelitian Pendidikan
Oleh :
Ismi
Widyahsari Tamrin
10540
04166 10
Pendidikan Guru
Sekolah Dasar
Fakultas
keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas
Muhammadiyah Makassar
2012
KATA PENGANTAR
Puji syukur kita panjatkan kehadirat
Tuhan yang Maha Esa, karena atas rahmat dan karuniaNya penulis mampu
menyelesaikan tugas dalam bentuk makalah dengan judul “Metodologi Penelitian
Pendidikan”.
Ucapan terima kasihpun kami
hanturkan untuk dosen pembimbing mata kuliah”Metodologi Penelitian Pendidikan”
beserta semua pihak yang telah membantu terselesaikannya makalah ini.
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa
dalam makalah ini terdapat banyak kekurangan, untuk itu penulis senantiasa
mengharapkan saran dan kritik dari pembaca untuk meningkatkan kualitas
penyajian makalah selanjutnya.
Semoga makalah ini dapat menambah
wawasan demi kebahagiaan dunia dan akhirat.
Makassar,
14 Oktober 2012
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
KATA PENGANTAR ............................................................................................ i
DAFTAR ISI .......................................................................................................... ii
BAB I Pendahuluan.......................................................................................... 1
A. Latar
Belakang ............................................................................... 1
B. Rumusan
Masalah .......................................................................... 2
BAB II Pembahasan .......................................................................................... 3
A. Pengertian
Metodologi Penelitian Pendidikan .............................. 3
1. Pengertian
Metodologi ..................................................... ....... 3
2. Pengertian
Penelitian ................................................................ 3
a. Pengertian
Penelitian Secara Khusus ................................. 3
b. Penegertian
Penelitian Secara Umum ................................ 5
3. Pengertian
Metodologi Penelitian Pendidikan ........................ 6
B. Jenis-
jenis Penelitian .............................................................. ....... 6
1. Penelitian
Berdasarkan Pendekatan ......................................... 6
2. Penelitian
Berdasarkan Fungsinya ........................................... 7
3. Penelitian
Berdasarkan Tujuannya ........................................... 7
BAB III Penutup ................................................................................................ 9
A. Kesimpulan
.................................................................................... 9
B. Saran
.............................................................................................. 9
DAFTAR PUSTAKA...................................................................................... 10
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Dalam
dunia pendidikan, pencapaian ilmu adalah tujuan yang utama demi terciptanya
kecerdasan bagi bangsa Indonesia. Ilmu tidak lain dari pengetahuan yang terorganisir serta
tersusun secara sistematis dan terintegralistik menurut kaidah umum. Ilmu dapat
di temukan atau diketahui baik secara sengaja ataupun tidak sengaja. Bagi orang
yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, tentunya selalu menginginkan cara,
langkah ataupun tindakkan untuk bisa memenuhi hasrat ingin tahunya, salah satu
tindakan untuk mendapatkan, mangembangkan dan menguji kebenaran suatu ilmu
pengetahuan ialah dengan melalui penelitian.
Berbicara
tentang penelitian, kadang setiap orang memberikan tafsiran yang sama dengan
metode ilmiah, atau hal yang berkaitan dengan ilmu-ilmu alam, namun sebenarnya penelitian itu berlaku
umum, baik itu ilmu alam maupun ilmu sosial.
Kami mencoba untuk
mengkaji tentang salah satu unsur dari proses pendidikan, yaitu mengenai makna
atau pegertian dan jenis-jenis metodologi penelitian pendidikan. Uraian yang
akan dibahas dalam makalah ini merupakan dasar dari pembelajaran tentang pengertian dan jenis metodologi penelitian pendidikan. Dengan adanya
dasar tentang pembelajaran ini, maka akan lebih mudah bagi kita untuk
mengetahui alasan pentingnya sebuah metode dalam suatu
penelitian pendidikan agar mencapai suatu tujuan yang sesuai dengan yang telah
direncanakan.
Suatu penelitian pendidikan tentunya selalu di
harapkan agar dapat menemukan atau mendapatkan, mengembangkan dan
menguji kebenaran suatu pengetahuan, konsep, prinsip, dan informasi yang
berguna dan dapat dipertanggungjawabkan mengenai proses pendidikan
Dengan adanya suatu metodologi, maka metode atau cara
yang teratur dan
terpikir baik untuk mencapai maksud, cara kerja sistematis untuk memudahkan
pelaksanaan penelitian guna mencapai tujuan yang ditentukan.
B. Rumusan Masalah
1. Apa
pengertian metodologi penelitian pendidikan?
2. Apa
sajakah jenis-jenis penelitian?
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian Metodologi Penelitian Pendidikan
1.
Pengertian
metodologi
“Secara bahasa metode
berasal dari dua perkataan “meta” dan “hodos.” “meta” berarti ”melalui.” Dan
”hodos” berarti ”jalan atau cara”, bila ditambah “logi” sehingga menjadi
“metodologi” berarti “ilmu pengetahuan tentang jalan atau cara yang harus
dilalui” untuk mencapai tujuan, oleh karena kata “logi” yang berasal dari kata
yunani (Greek) “logos berarti akal” atau “ilmu”.” (D’Five, 2010)
Dengan demikian, metodologi dapat diartikan suatu
jalan atau tindakan yang dilandasi dengan ilmu pengetahuan untuk mencapai
tujuan atau sasaran yang telah direncanakan sebelumnya.
2.
Pengertian
Penelitian
a.
Pengertian
Penelitian Secara Khusus
Ada
beberapa pakar, yang memberikan definisi penelitian sebagai berikut:
1.
David H Penny
Penelitian
adalah pemikiran yang sistematis mengenai berbagai jenis masalahdan
pemecahannyayang disertai dengan fakta..
2. J.
Supranto, M.A
Penelitian
adalah suatu penyelidikan dari suatu bidang ilmu pengetahuan yang diajarkan
untuk memperoleh fakta-fakta atau prinsip-prinsip namun harus disertai dengan
sabar, hati-hati, serta memerlukan tindakan yang sistematis.
3. Sutrisno
Hadi, M.A
Penelitian
merupakan usaha untuk menemukan, mengembangkan dan menguji kebenaran suatu
pengetahuan.
4. .Mohammad
Ali
Penelitian
adalah suatu cara, metode serta tindakan yang dilakukan seseorang untuk
memahami sesuatu melalui penyelidikan atau bukti-bukti yang muncul sehubungan
dengan maasalah iti, yang dilakukan secara hati-hati sekali sehingga deperoleh
pemecahannya.
(Hadi, 2005, 10)
5. Menurut
kamus Webster’s New International
Penelitian
adalah tindakan yang ditempuh dengan disertai kehati-hatian untuk mencari fakta dan prinsip-prinsip; suatu
penyelidikan yang cerdas dan cerdik agar dapat memutuskan sesuatu. Hillway dalam
bukunya Introdution to Research mengemukakan
bahwa penelitian adalah suatu metode studi yang dilakukan dengan hati-hati agar
ditemukan pemecahan masalah yang tepat. (kamus Webster’s New International yang
dirujuk oleh Hillway, 1959 dalam Hadi; 2011:9)
b.
Pengertian
Penelitian Secara Umum
Penelitian adalah terjemahan dari kata research. Ada juga yang menerjemahkan research sebagai riset . Research itu sendiri
berasal dari kata re yang berarti “kembali”
dan to research yang berarti mencari.
Dengan demikian arti sebenarnya dari research
atau riset adalah “mencari kembali”. (Sumantri, 2011,6)
Penelitian merupakan suatu proses mengumpulkan dan
menganalisis data atau informasi secara sistematis sehingga menghasilkan kesimpulan
yang benar dan penelitian tersebut biasa menggunakan metode ilmiah.
Penelitian pendidikan adalah suatu upaya ilmiah
untuk memahami masalah-masalah pendidikan dan fenomena-fenomena yang sedang
terjadi di dalam dunia pendidikan, baik formal, non formal, maupun informal,
seperti tingkat putus sekolah, kecepatan belajar, motivasi belajar, dan
sebagainya.
Secara umum, penelitian adaalah suatu proses
pengumpulan dan analisis data yang dilakukan secara sistematis dan logis untuk
mencapai tujuan-tujuan tertentu. Pengumpulan dan analisi data tersebut, tidak
;lepas dari penggunaan metode-metode
ilmiah baik yang bersifat kuantitatif ataupun kualitatif, eksperimental ataupun
non eksperimental, interaktif atau non interaktif. Metode-metode tersebut telah
dikembangkan secara intensif, melalui berbagai uji coba sehingga telah memiliki
prosedur yang baku. Dalam metodologi penelitian atau rancangan penelitian ini
berisi rumusan tentang objek atau subyek yang akan diteliti, teknik-teknik
pengumpulan data, prosedur pengumpulan dan analisis data berkenaan dengan focus
masalah-masalah tertentu. (Sukmadinata,2011,5)
3.
Pengertian
Metodologi Penelitian Pendidikan
“Metodologi Penelitian ialah Ilmu tentang metode
teknik yang digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data guna memperoleh
pengetahuan dengan prosedur yang terpercaya” (Che-3z, 2008)
Jadi, dari penjelasan diatas, kita dapat menarik
sebuah kesimpulan bahwa metodologi
penelitian pendidikan ialah suatu jalan atau cara melakukan suatu proses pengumpulan
dan analisis data yang berhubungan dan berkaitan dengan dunia kependidikan.
B.
Jenis-jenis
Penelitian
1.
Jenis
Penelitian Berdasarkan Pendekatan
Jenis penelitian berdasarkan pendekatan terbagi atas
2, yaitu penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif.
a. Penelitian
Kualitatif
Penelitian
kualitatif merupakan sejenis penelitian formatif dengan menggunakan
metode-metode dalam usaha untuk mendapatkan jawaban atau informasi mendalam
tentang pendapat dan perasaan seseorang. Penelitian ini memeungkinkan untuk
mendapatkan hal-hal yang tersirat (insight) mengenai sikap, kepercayaan,
motivasi, dan perilaku target populasi. Penelitian ini berusaha menjawab
pertanyaan “mengapa”. (Sumantri, 166)
b. Penelitian
kuantitatif
Penelitian
kuantitatif ialah penelitian yang
sifatnya dapat diukur. Penelitian ini
berupaya menjawab pertanyaan “seberapa
banyak atau seberapa sering”. Proses pada penelitian kuantitatif ini
mengejar bukti. (Sumantri, 166)
2.
Jenis
Penelitian Berdasarkan Fungsinya
Penelitian berdasarkan
fungsinya terbagi atas tiga, yaitu:
a.
Penelitian Dasar (Basic Research)
Penelitian
dasar ini bertujuan untuk mencari pengetahuan baru agar bisa menjadi solusi
dalam pemecahan masalah. (Sukmadinata, 2011, 14)
b.
Penelitian Terapan (applied research)
Penelitian
terapan ialah penelitian yang setelah dilakukannya suatu tindakan untuk
pemecahan masalah, maka tentu ada pengetahuan atau ilmu yang dapat diketahui,
nah ilmu tersebut biasanya diterapkan di dalam bidang pengetahuan.
(Sukmadinata, 2011, 15)
c.
Penelitian Evaluatif (evaluation
research)
Penelitian
ini bertujuan untuk melihat sejauh mana peranan, manfaat, dan kelayakan program
atau kegiatan tertentu. (Sukmadinata, 2011, 17)
3.
Jenis-jenis
Penelitian Berdasarkan Tujuannya
Jenis penelitian
berdasarkan tujuannya di bagi atas :
a. Penelitian
Diskriftif (Discrictive research)
Penelitian diskriftif
bertujuan untuk mendeskripsikan suatu keadaan atau fenomena yang sebenarnya.( Sukmadinata,
2011, 18)
b. Penelitian
Prediktif (predictive research)
Penelitian
ini bertujuan untuk mengemukakan
prediksi atau gambaran di masa yang akan datang berdasarkan hasil analisis saat
ini. (Sukmadinata, 2011, 19)
c. Penelitian
Improftif (Improvtif research)
Penelitian
ini bertujuan untuk memperbaiki, meningkatkan atau menyempurnakan suatu
keadaan, kegiatan atau pelaksanaan suatu program. (Sukmadinata, 2011, 19)
d. Penelitian
Eksplanatif (explanative research)
Penelitian
ini dtujukan untuk memberikan penjelasan tentang hubungan antar fenomena atau
variable. (Sukmadinata, 2011, 20)
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Metodologi
penelitian pendidikan ialah suatu jalan
atau cara melakukan suatu proses pengumpulan dan analisis data yang berhubungan
dan berkaitan dengan dunia kependidikan.
Jenis-jenis
penelitian berdasarkan pendekatan yaitu pendekatan kuantitatif dan kualitatif,
jenis penelitian berdasarkan fungsi, yaitu penelitian dasar, penelitian trepan
dan penelitian evaluative, serta jenis-jenis penelitian berdasarkan tujuannya,
yaitu penelitian deskriptif, prediktif, improftif, dan eksplanatif.
B.
Saran
Semoga
makalah ini bermanfaat untuk memperkaya dan memperluas wawasan keilmuan kita sebagai pembaca yang haus akan ilmu pendidikan. Marilah kita menjadikan
diri yang kaya akan pendidikan agar menjadi insan-insan yang terdidik,berbudi
pekerti yang baik serta dan bermoral yang berpegang teguh pada agama masing-masing.
DAFTAR
PUSTAKA
D’Five,
Dominggos Keayse . 2010.
Metodologi Penelitian Pendidikan. http://www.slideshare.net/DominggosKeayseDfive/tugas-kelompok-1-metodologi-pendidikan;
14 Oktober 2012
Che-3z. 2008. http://de-kill.blogspot.com/2008/11/konsep-dasar-metodologi-penelitian.html. 14 Oktober 2012
Sumantri,
Arif. Metodologi Penelitian Kesehatan.
Kencana, 2011
Sukmadinata,
N.S. Metode Penelitian Pendidikan.
PT. Remaja Rosdakarya. 2012
Hadi,
Amirul, Haryono. Metodologi Penelitian
Pendidikan. Pustaka setia. 2005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar