TUGAS KE-2
METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN
Oleh
Nama : HardiantiTaqwin
Nim : 105400418610
Kelas : A-5
Jurusan : Pendidikan Guru SekolahDasar
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
2012
1.
Yang termasuk pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif:
Ø Pendekatan
kualitatif:
1. Penelitian
Deskriptif
2. Studi
Kasus
3. Penelitian
Tindakan
Ø Pendekatan
Kuantitatif
1. Penelitian
Survei
2. Studi
Korelasional
3. PenelitianEksperimen
2.
Variabel bebas dan variabel terikat
Ø Variabel
Bebas
Menurut Sukar didalam bukunya
(MetodologiPenelitian Pendidikan:179) bahwa
Variabel
bebes merupakan variabel yang dimanipulasi secara sistematis.
Dalam (PengantarMetodologiPenelitian
Pendidikan:33) menurut Tahir bahwa variabel bebas (independent variables) dapat
juga disebut sebagai variabel masukan (input), yang dapat dimanipulasi, diberi perlakuan
(treatment) atau dorongan (stimulus). Oleh karena variabel ini bebas dari hasil
itu sendiri, bahkan dianggap sebagai penyebab, mengakibatkan, atau dapat mempengaruhi
hasil tersebut.
Ø Variabel
Terikat
Variabel terikat merupakan variabel yang diukur sebagai
akibat adanya manipulasi pada variabel bebas. Variabel terikat (Dependent
Variabel) bergantung pada variabel bebas, menurut Sukardi dalam (Metodologi Penelitian
Pendidikan:179).
Dalam (Pengantar Metodologi Penelitian
Pendidikan:33) menurut Tahir bahwa yang dimaksud dengan variabel tergantung
(Dependent Variables) atau variabel terikat merupakan variabel hasil (output),
akibat (outcome), atau tanggapan jawaban (response). Oleh karena variabel ini tergantung
pada variabel bebas, hasil atau akibat tersebut dapat dianggap tergantung pada bagaimana
variabel bebas tersebut ditangani atau dimanipulasi sehingga dikatakanlah sebagai
variabel terikat.
3.
Contoh judul penelitian yang termasuk variabel bebas dan variabel terikat.
PENGARUH TENAGA PENDIDIK TERHADAP JUMLAH MURID
DI
SD
Yang termasuk variabel bebas (independent variable) dari
judul penelitian diatas adalah “Tenaga
Pendidik”, dimana tenaga pendidik disini merupakan induk atau pokok dari
judul tersebut yang memiliki pengaruh yang besar terhadap jumlah murid di SD.
Sebagaimana dengan pengertian variabel bebas yaitu variabel yang independent
yang tidak dapat dipengaruhi oleh variabel lain(variabel bebas), tetapi dapat
mempengaruhi variabel lain (variabel terikat).
“Jumlah Murid di
SD” pada judul penelitian diatas merupakan variabel terikat (dependent
variable) karena jumlah murid di SD merupakan pengaruh dari tenaga pendidik
yang ada atau dengan kata lain jumlah murid di SD adalah hasil dari kinerja
tenaga pendidik dalam melakukan pengajaran.
Dengan simbol variabel bebas (Tenaga Pendidik) sebagai X
dan variabel terikat (Jumlah Murid diSD) sebagai Y, tenaga pendidik
mempengaruhi jumlah murid di SD:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar