Rabu, 07 November 2012

TUGAS 2 METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN



TUGAS KE-2
METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN

Oleh
      Nama        : HardiantiTaqwin
Nim           : 105400418610
Kelas         : A-5
Jurusan    : Pendidikan Guru SekolahDasar


FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
2012


1. Yang termasuk pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif:
Ø  Pendekatan kualitatif:
1.      Penelitian Deskriptif
2.      Studi Kasus
3.      Penelitian Tindakan
Ø  Pendekatan Kuantitatif
1.      Penelitian Survei
2.      Studi Korelasional
3.      PenelitianEksperimen
2. Variabel bebas dan variabel terikat
Ø  Variabel Bebas
Menurut Sukar didalam bukunya (MetodologiPenelitian Pendidikan:179) bahwa
Variabel bebes merupakan variabel yang dimanipulasi secara sistematis.
            Dalam (PengantarMetodologiPenelitian Pendidikan:33) menurut Tahir bahwa variabel bebas (independent variables) dapat juga disebut sebagai variabel masukan (input), yang dapat dimanipulasi, diberi perlakuan (treatment) atau dorongan (stimulus). Oleh karena variabel ini bebas dari hasil itu sendiri, bahkan dianggap sebagai penyebab, mengakibatkan, atau dapat mempengaruhi hasil tersebut.
Ø  Variabel Terikat
Variabel terikat merupakan variabel yang diukur sebagai akibat adanya manipulasi pada variabel bebas. Variabel terikat (Dependent Variabel) bergantung pada variabel bebas, menurut Sukardi dalam (Metodologi Penelitian Pendidikan:179).
Dalam (Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan:33) menurut Tahir bahwa yang dimaksud dengan variabel tergantung (Dependent Variables) atau variabel terikat merupakan variabel hasil (output), akibat (outcome), atau tanggapan jawaban (response). Oleh karena variabel ini tergantung pada variabel bebas, hasil atau akibat tersebut dapat dianggap tergantung pada bagaimana variabel bebas tersebut ditangani atau dimanipulasi sehingga dikatakanlah sebagai variabel terikat.
3. Contoh judul penelitian yang termasuk variabel bebas dan variabel terikat.
            PENGARUH  TENAGA PENDIDIK TERHADAP JUMLAH MURID DI SD
Yang termasuk variabel bebas (independent variable) dari judul penelitian diatas adalah “Tenaga Pendidik”, dimana tenaga pendidik disini merupakan induk atau pokok dari judul tersebut yang memiliki pengaruh yang besar terhadap jumlah murid di SD. Sebagaimana dengan pengertian variabel bebas yaitu variabel yang independent yang tidak dapat dipengaruhi oleh variabel lain(variabel bebas), tetapi dapat mempengaruhi variabel lain (variabel terikat).
Jumlah Murid di SD” pada judul penelitian diatas merupakan variabel terikat (dependent variable) karena jumlah murid di SD merupakan pengaruh dari tenaga pendidik yang ada atau dengan kata lain jumlah murid di SD adalah hasil dari kinerja tenaga pendidik dalam melakukan pengajaran.
Dengan simbol variabel bebas (Tenaga Pendidik) sebagai X dan variabel terikat (Jumlah Murid diSD) sebagai Y, tenaga pendidik mempengaruhi jumlah murid di SD:
Tenaga pendidik (X)                     Jumlah murid di SD (Y)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar