Tugas Individu
Pengertian dan
Jenis-jenis
“Metodologi
Penelitian Pendidikan”
Nama : Fatmayanti PL
Nim :
10540 0419510
Kelas : V A
PENDIDIKAN
GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH MAKASSAR
TAHUN
PELAJARAN 2012 – 2013
KATA PENGANTAR
Puji
syukur atas kehadirat Allah Swt atas segala rahmat dan karunia-Nya yang di
berikan pada kita semua, sehingga saya dapat menyelesaikan karya ilmiah yang
berbentuk makalah dengan judul Pengertian dan Jenis-jenis Metodologi Penelitian Pendidikan .
Penyusunan
makalah ini, dibuat dengan proses yang cukup singkat, dari memahami konsep
metodologi penelitian pendidikan yang saya dapatkan dari beberapa sumber yang
ada. Pembahasan dalam makalah ini difokuskan pada pengertian dan jenis-jenis
metodologi penelitian pendidikan .
Semoga
makalah yang saya buat ini bermanfaat bagi kita semua yang ingin mendalami
secara bertahap tentang pengertian dan jenis-jenis metodologi penelitian
pendidikan. ucapan terima kasih disampaikan kepada yang telah memberikan
dukungan kepada saya sehingga dapat menyelesaikan karya ilmiah yang berbentuk
makalah ini. Mohon maaf atas segala kekurangannya.
Makassar,
15 Oktober 2012
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
Sampul ..........................................................................................................
Kata
Pengantar.............................................................................................. i
Daftar
Isi ....................................................................................................... ii
BAB I Pendahuluan
.................................................................................. 1
A. Latar
Belakang................................................................................ 1
B. Rumusan
Masalah .......................................................................... 2
BAB II Pembahasan.................................................................................... 3
A. Pengertian
Meteodologi Penelitian Pendidikan ............................. 3
B. Tujuan
Penelitian............................................................................ 4
C. Jenis-jenis
Meteodologi Penelitian Pendidikan ............................. 6
BAB III Penutup........................................................................................... 8
A. Kesimpulan............................................................................... 8
B. Saran......................................................................................... 8
DAFTAR
PUSTAKA................................................................................... 9
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Penelitian adalah suatu proses mencari tahu sesuatu secara sistematis dalam
waktu yang relatif lama dengan menggunakan metode ilmiah serta aturan-aturan
yang berlaku. Berdasarkan metodenya, penelitian dibagi menjadi tiga jenis yaitu
penelitian sejarah, penelitian deskriptif dan penelitian eksperimen
Penelitian
dapat dimulai dari hasrat atau keingintahuan dan permasalahan, yang dapat dilanjutkan
dengan pengkajian landasan teoritis yang terdapat dalam kepustakaan untuk mendapatkan
jawaban sementara atau hipotesis. Selanjutnya direncanakan dan dilakukan
pengumpulan data untuk menguji hipotesis yang akan diperoleh kesimpulan dan
jawaban permasalahan. Dalam proses pemecahan masalah dan dari jawaban
permasalahan tersebut akan timbul permasalahan baru, sehingga akan
terjadi siklus secara berkesinambungan.
Oleh
karena itu, dalam penelitian pendidikan kita harus mampu mengumpulkan,
mengolah, menganalisis, menyimpulkan dan menghasilkan suatu data dengan
menggunakan metode-metode tertentu untuk mencari jawaban atas permasalahan yang
timbul dalam bidang pendidikan.
B.
Rumusan
Masalah
1. Apakah
metodologi penelitian pendidikan itu?
2. Apakah
tujuan penelitian?
3. Apa
saja jenis-jenis meteodologi penelitian?
BAB
II
PEMBAHASAN
1.
Pengertian Metodologi Penelitian Pendidikan
“Metodologi
berarti ilmu tentang jalan yang ditempuh untuk memperoleh pemahaman tentang
sasaran yang telah disebutkan sebelumnya. Sedangkan Penelitian digunakan
sebagai padanan research dalam bahasa Inggris(re berarti kembali,dan search
berarti mencari) dengan demikian research berarti mencari kembali. Kata
research berasal dari bahasa latin reserare yang berarti mengungkapkan atau
membuka. Kata ini juga diindonesiakan menjadi riset. Jadi research diartikan sebagai
kegiatan mengungkapkan atau membuka pengetahuan karena pengetahuan, baik yang
telah ada maupun yang masih belum ditemukan, dianggap sudah ada atau
tersembunyi dialam yang hanya memerlukan pengungkapannya”.(Suhartono, 2000)
Metodologi penelitian dapat diartikan sebagai suatu
proses atau kegiatan yang di lakukan secara sistematis, dan direncanakan oleh
para peneliti untuk memecahkan suatu permasalahan yang hidup dan berguna bagi
masyarakat, maupun bagi peneliti itu sendiri. Metodologi penelitian juga suatu
alat yang berguna untuk mengembangkan dan menerangkan ilmu pengetahuan manusia.
(Sukardi:2003:17)
Penelitian merupakan
suatu kegiatan mencermati dan menganalisis suatu objek, dengan menggunakan
aturan-aturan meteodologi untuk memperolah suatu data atau informasi tertentu
yang sangat bermanfaat. Penelitian juga berfungsi untuk menemukan,
mengembangkan, menghasilkan, atau menguji kebenaran suatu pengetahuan yang
memiliki kemampuan deskripsi dan prediksi. (Arikunto, dkk,2002:53)
Penelitan pendidikan adalah suatu proses atau
kegiatan yang dilakukan secara sistematis, logis, dan berencana untuk
mengumpulkan, mengolah, menganalisis, menyimpulkan dan menghasilkan suatu data
dengan menggunakan metode-metode tertentu untuk mencari jawaban atas
permasalahan yang timbul dalam bidang pendidikan.( Hadi:1998)
“Metode
penelitian pendidikan dapat diartikan sebagai cara ilmiah
untuk mendapatkan data yang valid dengan tujuan dapat di temukan, dikembangkan,
dan dapat dibuktikan, suatu pengetahuan tertentu sehingga pada gilirannya dapat
digunakan untuk memahami, memecahkan dan mengantisipasi masalah dalam bidang
pendidikan”. (Sugiono:2009)
2. Tujuan Penelitian
Secara umum penelitian bertujuan untuk menemukan,
menganalisis mengembangkan dan membuktikan kebenaran suatu pengetahuan.
- Penemuan
Penemuan
disini berarti mendapatkan sesuatu yang baru untuk mengisi kekurangan atau
kekosongan atau menciptakan sesuatu yang sebelumnya belum ada dan mampu
mengembangkan sesuatu yang baru itu, sehingga menjadi seuatu penemuan yang
berguna.
- Pembuktian
Pembuktian
berarti data yang diperoleh itu digunakan untuk membuktikan adanya keraguan
terhadap informasi atau pengetahuan tertentu.
- Pengembangan
Pengembangan
berarti memperluas, dan menggali lebih dalam realitas atau problem –problem yang
sudah ada.( Kartono:1996)
“Sedangkan
pendapat lain menyatakan dari segi tujuannya aktifitas penelitian secara umum
dikelompokkan pada penelitian : Eksplorasi, Deskripsi, dan Eksplanasi
a.
Penelitian
eksplorasi bertujuan untuk :
- Semata-mata ingin memuaskan rasa atau hasrat ingin tahu agar memperoleh pemahaman lebih jelas tentang peristiwa social yang terjadi.
- Memperoleh tingkat kelayakan melakukan penelitian yang lebih teliti,careful study
- Mengembangkan metode –metode yang hendak digunakan dalam penelitian yang lebih teliti
b.
Penelitian
deskripsi
Penelitian
ini bertujuan untuk menyajikan secara teliti (accurately and precisely) tentang
karakteristik yang sangat luas dari populasi.
c.
Penelitian
eksplanasi
Penelitian
eksplanasi dikenal sebagai penelitian yang bertujuan untuk memberikan eksplanasi
yakni mengungkapkan hubungan antara dua orang atau lebih konsep variabel dari
suatu fenomena social”. (Hamidi:2007)
3. Jenis-jenis Metodologi Penelitian
Pendidikan
“Penggolongan
jenis-jenis penelitian itu sangat bergantung pada peristiwa dari mana seseorang
hendak meninjau persoalannya, namun secara umum penelitian dapat digolongksn
dalam beberapa jenis, yaitu sebagai berikut:
a.
Ditinjau dari segi tujuan
esensialnya, penelitian dibedakan dalam dua macam, yaitu:
- Penelitian dasar atau basic research, penelitian ini bertujuan menemukan suatu generalisasi atau keumuman, dan berusaha menemukan teori-teori yang berlaku secara umum.
- Penelitian penerapan atau applied research, penelitian ini diarahkan pada penggunaan secara praktis dibidang kehidupan sehari-hari.
b.
Penggolongan menurut bidangnya, antara lain ialah: penelitian-penelitian
pendidikan, sejarah, ekonomi, bahasa tehnik dan lain-lain.
c.
Penggolongan menurut tempat
dilaksanakan penelitian, yaitu:
- Penelitian laboratorium, dilakuakn dalam suatu tempat khusus untuk mengadakan studi ilmiah dan kerja ilmiah.
- Penelitian lapangan, dilakukan dalam kancah kehidupan sebenarnya.
- Penelitian kepustakaan, bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan macam-macam material yang terdapat di ruang perpustakaan.
d.
Penggolonan menurut tujuan umum
dibagi dalam:
- Penelitian eksploratif.
- Penelitian pengembangan.
- Penelitian verivikatif.
e.
Pengelolaan menurut tarafnya dibagi
menjadi:
- Penelitian deskriptif.
- Penelitian inferensial, untuk busa menarik kesimpulan umum.
f.
Penggolongan menurut proses
berlangsungnya prosedur penelitian, yaitu:
- Penelitian histories documenter.
- Penelitian eksperimental.
g.
Penggolongan menurut jenis aktivitas
yang dilakukan yaitu:
- Penelitian penemuan fakta.
- Interpetasi kritis.
- Penelitian lengkap”. (Kartono:1996)
BAB
III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Banyak jalan yang dapat
ditempuh oleh para pendidik atau seorang guru dan tenaga kependidikan dalam
mengembangkan profesinya, sedikitnya ada lima cara dan salah satunya adalah
kegiatan penulisan karya tulis ilmiah (KTI). Sedangkan penelitian merupakan
salah satu dari kegiatan penulisan KTI yang banyak di minati oleh para guru
dalam meningkatkan profesinya.
Salah satu cara yang
dapat dilakukan seorang guru untuk meningkatkan profesinya ialah dengan
melakukan Penelitian Tindakan kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas merupakan
salah satu jenis penelitian dari berbagai jenis penelitian yang ada seperti,
penelitian eksperimen dan penelitian kulitatif. Namun PTK merupakan jenis
penelitian yang paling tepat dan strategis untuknperbaikan proses pembelajaran
yang permasalahannya banyak di alami oleh para tenaga pendidik dan
kependidikan.
B.
Saran
Dengan membiasakan diri
merespons permasalahan yang sering muncul di lingkungan sekitar atau di
lingkungan kerjanya dan adanya upaya untuk mengatasinya, niscaya akan mampu
meningkatkan kualitas pendidik, dan profesionalisme pendidik dan tenaga
kependidikan akan lebih mudah tercapai.
DAFTAR
PUSTAKA
Soehartono, Irawan. 2000. Metode
Penelitian Social. http://mbegedut.blogspot.com/2010/11/metode-penelitian-pendidikan.html . 15 Oktober 2012
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: PT Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono,
Supardi. 2002. Penelitian Tindakan Kelas.
Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hadi,
Amirul. 1998. Metodologi Penelitian Pendidikan. http://diecahyouinyogya.blog.com/metode-penelitian-pendidikan/.
15 Oktober 2012
Hamidi.
2007. Metode Penelitian dan Teori Komunikasi. http://mbegedut.blogspot.com/2010/11/metode-penelitian-pendidikan.html.
15 Oktober 2012
Sugiono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan.
http://mbegedut.blogspot.com/2010/11/metode-penelitian-pendidikan.html.
15 Oktober 2012
Kartono,
kartini. 1996. Pengantar Metodologi Riset Social. http://mbegedut.blogspot.com/2010/11/metode-penelitian-pendidikan.html.
15 Oktober 2012
Tidak ada komentar:
Posting Komentar