KATA
PENGANTAR
Alhamdulillahi Rabbil Alamin, itulah
ucapan yang paling pantas penulis ucapkan sebagai tanda syukur kepada Allah Swt.
Karena atas segala rahmat dan karunia-Nya itulah sehigga penulis dapat menyusun
makalah ini. Makalah Metodologi Penelitian Pendidikan ini Sebagai salah satu syarat perkulihan. Dalam makalah ini di
jelaskan pengertian metode peneliatia pendidikan dan jenis-jenisnya dari
beberapa tokoh.
Penulis menyadari bahwa terdapat
banyak kekurangan dalam makalah ini, untuk itu penulis mengharapkan saran-saran
yang berharga untuk lebih meningkatkan kualitas pembuatan makalah selanjutnya.
Dan mudah-mudahan dengan adanya makalah ini dapat membantu pembaca dan penulis
sendiri dalam memahami meteri di dalamnya.
Semoga Allah Swt senantiasa menambahkan
pengetahuan kita demi kebahagiaan dunia dan akhirat. Amin …
Makassar,
17 Oktober 2012
Penulis
BAB
I
PENDAHULUAN
a. Latar
Belakang
Dalam dunia
pendidikan di Indonesia seringkali muncul masalah-masalah dalam
pendidikan itu sendiri, baik di tingkat pusat maupun di sekolah-sekolah. Maka, diperlukanlah
suatu pemecahan masalah. Salah satunya melalui penelitian atau study kasus
tentang masalah tersebut.
Melalui penelitian orang akan lebih mudah
mendapatkan infomasi tentang masalah yang dihadapinya, dengan begitu akan lebih
mudahlah seseorang mengambil keputusan dan solusi untuk suatu masalah. Untuk
itu,kita perlu memahami tentang penelitian dan Jenis-jenis penelitian Karena dalam melakukan penelitian Pemahaman
tentang apa yang akan kita teliti sangat penting dalam proses penelitian yang
selanjutnya akan mendapatkan jawaban dari masalah/apa yang teleh di teliti.
b. Rumusan masalah
a. menganalisis
pengertian metodologi penelitian pendidikan !
b. menguraikan jenis-jenis metodologi penelitian
pendidikan !
BAB
II
PEMBAHASAN
a. Pengertian
Metodologi penelitian pendidikan.
“Penelitian adalah semua
kegiatan pencarian, penyelidikan, dan percobaan secara ilmiah dalam suatu
bidang tertentu untuk mendapatkan fakta-fakta atau prinsip-prinsip baru yang
bertujuan untuk mendapatkan pengertian baru dan menaikkan tingkat ilmu dan
teknologi.” (Hadi,1998 :39).
Menurut Ali, dalam Hadi (1998:40) Penelitian adalah suatu cara untuk
memahami sesuatu melalui penyelidikan atau melalui usaha mencari bukti-bukti
yang muncul sehubungan dengan masalah itu, yang dilakukan secara hati-hati
sekali sehingga diperoleh pemecahannya. Dapat disimpulkan bahwa penelitian
adalah suatu usaha penyelidikan dalam menentukan fakta-fakta yang berhubungan
dengan masalah yang akam dipecahkan/diteliti.
Metodologi
berarti ilmu
tentang jalan yang ditempuh untuk memperoleh pemahaman tentang sasaran yang
telah disebutkan sebelumnya.
Menurut selamet (dalam Irawanto, 2000) Penelitian digunakan sebagai
padanan research
dalam bahasa Inggris(re berarti kembali,dan search berarti mencari) dengan
demikian research berarti mencari kembali. Kata research berasal dari bahasa latin reserare yang berarti mengungkapkan atau
membuka. Kata ini juga diindonesiakan menjadi riset. Jadi research
diartikan sebagai kegiatan mengungkapkan atau membuka pengetahuan karena
pengetahuan, baik yang telah ada maupun yang masih belum ditemukan, dianggap
sudah ada atau tersembunyi dialam yang hanya memerlukan pengungkapannya.
Metodologi penelitian adalah sekumpulan peraturan, kegiatan, dan prosedur
yang digunakan oleh pelaku suatu disiplin ilmu. Metodologi juga merupakan analisis teoritis
mengenai suatu cara atau metode. . Hakekat penelitian dapat
dipahami dengan mempelajari berbagai aspek yang mendorong penelitian untuk
melakukan penelitian. Setiap orang mempunyai motivasi yang berbeda, di
antaranya dipengaruhi oleh tujuan dan profesi masing-masing. Motivasi dan
tujuan penelitian secara
umum pada dasarnya adalah sama, yaitu bahwa penelitian merupakan refleksi dari
keinginan manusia yang selalu berusaha untuk mengetahui sesuatu. Keinginan
untuk memperoleh dan mengembangkan pengetahuan merupakan kebutuhan dasar
manusia yang umumnya menjadi motivasi untuk melakukan penelitian.
Menurut
hadi, (1999) dalam Penelitan pendidikan
adalah suatu proses atau kegiatan yang dilakukan secara sistematis, logis, dan
berencana untuk mengumpulkan, mengolah, menganalisis dan menyimpulkan data
dengan menggunakan metode tertentu untuk mencari jawaban atas permasalahan yang
timbul dalam bidang pendidikan.
Berdasarkan uraian diatas maka dapat dikemukakan bahwa metode penelitian pendidikan
dapat diartikan sebagai cara ilmiah untuk mendapatkan data yang valid dengan
tujuan dapat di temukan, dikembangkan, dan dapat dibuktikan, suatu pengetahuan
tertentu sehingga pada gilirannya dapat digunakan untuk memahami, memecahkan
dan mengantisipasi masalah dalam bidang pendidikan.
b.
Jenis-jenis
penelitian.
Menurut pakde, (2011). Secara umum terdapat
bebera jenis penelitian pendidikan yaitu:
1. Penelitian
eksperimental
Penelitian
Eksperimental Merupakan penelitian yang paling mendekati metode ilmiah
Peneliti memberikan perlakuan yang berbeda pada dua kelompok, dan kemudian mempelajari efek perlakuan.
Peneliti memberikan perlakuan yang berbeda pada dua kelompok, dan kemudian mempelajari efek perlakuan.
2. Penelitian
korelasional
Penelitian
Korelasional Tujuan penelitian ini adalah menentukan hubungan antara dua
variabel. Misalnya: Seorang guru matematik ingin mengetahui individu yang ü bagaimana yang sering mengalami kesulitan dalam mempelajari aljabar.
3. penelitian kausal
komparatif
Penelitian Kausal Komparatif Penelitian ini
bertujuan untuk menyelidiki akibat dari perbedaan diantara kelompok atau
orang-orang. Misalnya guru ingin membandingkan apakah hasil belajar siswa dari keluarga dengan orang tua tunggal (single
parent) lebih buruk dari pada siswa dari keluarga utuh.
4. Penelitian survey
Penelitian
Survei Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data yang menentukan sifat
spesifik dari suatu kelompok. Misalnya seorang kepala sekolah ingin mengetahui
dampak dari kebijakan administrasi yang dilakukannya.
5. Penelitian
kualitatif
Penelitian
Kualitatif Seorang peneliti dapat berharap untuk memperoleh potret lengkap dari proses
pendidikan melalui penelitian kualitatif.
6. Penelitian
historis
Penelitian Sejarah Penelitian ini berkaitan
dengan aspek yang terjadi di masa lalu. Data diperoleh melalui penelitian
dokumen, atau wawancara dengan individu yang hidup pada masa itu.
7. Penelitian
Tindakan Kelas
Penelitian Tindakan kelas
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersifat situasional, berkaitan dengan mendiagnosis masalah dalam konteks tertentu,
misalnya masalah di kelas atau di sekolah.
BAB
III
PENUTUP
A. Kesimpulan
1. Metodologi
penelitian adalah sekumpulan peraturan, kegiatan, dan prosedur yang digunakan
oleh pelaku suatu disiplin ilmu. Metodologi juga merupakan analisis
teoritis mengenai suatu cara atau metode. Penelitian merupak an suatu
penyelidikan yang sistematis untuk meningkatkan sejumlah pengetahuan, juga
merupakan suatu usaha yang sistematis dan terorganisasi untuk menyelidiki
masalah tertentu yang memerlukan jawaban.
2. Dan jenis –jenis metodologi penelitian pendidikan
ialah :
1. Penelitian
eksperimental
2. Penelitian
korelasional
3. penelitian kausal
komparatif
4. Penelitian survey
5. Penelitian
kualitatif
6. Penelitian
historis
7. Penelitian
Tindakan Kelas
B. Saran
Berdasarkan
kesimpulan diatas, maka penulis dapat mengemukakan saran :
Bagi mahasiswa, dalam melakukan penelitian diharapkan
kepada mahasiswa untuk mendapatkan data yang valid, tidik direkayasa dengan
tujuan dapat di temukan, dikembangkan, dan dapat dibuktikan, suatu pengetahuan
tertentu sehingga pada gilirannya dapat digunakan untuk memahami, memecahkan
dan mengantisipasi masalah dalam bidang pendidikan.
DAFTAR
PUSTAKA
Hadi,
Amirul, Haryono.2005.Metode penelitian
pendidikan.Bandung:Pustaka setia
Irawanto.2000.“apa
yang dimaksud metode dan metodologi penelitian dan perbedannya”.http://contohskripsi-makalah.blogspot.com/2012/06/apa-yang-dimaksud-metode-dan-metodologi-penelitian-dan-perbedaannya.html.
Pakde.2011.“jenis-jenis
penelitian pendidikan” http://massofa.wordpress.com/2011/02/13/jenis- jenis-penelitian-pendidikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar