Rabu, 07 November 2012

TUGAS 1 (PENGERTIAN DAN JENIS-JENIS METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN )



KATA PENGANTAR
            Alhamdulillahi Rabbil Alamin, itulah ucapan yang paling pantas penulis ucapkan sebagai tanda syukur kepada Allah Swt. Karena atas segala rahmat dan karunia-Nya itulah sehigga penulis dapat menyusun makalah ini. Makalah Metodologi Penelitian Pendidikan ini Sebagai salah  satu syarat perkulihan. Dalam makalah ini di jelaskan pengertian metode peneliatia pendidikan dan jenis-jenisnya dari beberapa tokoh.
            Penulis menyadari bahwa terdapat banyak kekurangan dalam makalah ini, untuk itu penulis mengharapkan saran-saran yang berharga untuk lebih meningkatkan kualitas pembuatan makalah selanjutnya. Dan mudah-mudahan dengan adanya makalah ini dapat membantu pembaca dan penulis sendiri  dalam memahami meteri di dalamnya.
Semoga Allah Swt senantiasa menambahkan pengetahuan kita demi kebahagiaan dunia dan akhirat. Amin …
                                                                       Makassar, 17 Oktober 2012

                                                                                    Penulis


BAB I
PENDAHULUAN
a.       Latar Belakang
Dalam dunia  pendidikan di Indonesia seringkali muncul masalah-masalah dalam pendidikan itu sendiri, baik di tingkat pusat maupun di sekolah-sekolah. Maka, diperlukanlah suatu pemecahan masalah. Salah satunya melalui penelitian atau study kasus tentang masalah tersebut.
Melalui penelitian orang akan lebih mudah mendapatkan infomasi tentang masalah yang dihadapinya, dengan begitu akan lebih mudahlah seseorang mengambil keputusan dan solusi untuk suatu masalah. Untuk itu,kita perlu memahami tentang penelitian dan Jenis-jenis penelitian  Karena dalam melakukan penelitian Pemahaman tentang apa yang akan kita teliti sangat penting dalam proses penelitian yang selanjutnya akan mendapatkan jawaban dari masalah/apa yang teleh di teliti.
b.       Rumusan masalah
a.       menganalisis pengertian metodologi penelitian pendidikan !
                           b. menguraikan jenis-jenis metodologi penelitian pendidikan !


BAB II
PEMBAHASAN
a.       Pengertian Metodologi penelitian pendidikan.
“Penelitian adalah semua kegiatan pencarian, penyelidikan, dan percobaan secara ilmiah dalam suatu bidang tertentu untuk mendapatkan fakta-fakta atau prinsip-prinsip baru yang bertujuan untuk mendapatkan pengertian baru dan menaikkan tingkat ilmu dan teknologi.” (Hadi,1998 :39).
Menurut Ali, dalam Hadi (1998:40) Penelitian adalah suatu cara untuk memahami sesuatu melalui penyelidikan atau melalui usaha mencari bukti-bukti yang muncul sehubungan dengan masalah itu, yang dilakukan secara hati-hati sekali sehingga diperoleh pemecahannya. Dapat disimpulkan bahwa penelitian adalah suatu usaha penyelidikan dalam menentukan fakta-fakta yang berhubungan dengan masalah yang akam dipecahkan/diteliti.
Metodologi berarti ilmu tentang jalan yang ditempuh untuk memperoleh pemahaman tentang sasaran yang telah disebutkan sebelumnya.
Menurut selamet (dalam Irawanto, 2000) Penelitian digunakan sebagai padanan research dalam bahasa Inggris(re berarti kembali,dan search berarti mencari) dengan demikian research berarti mencari kembali. Kata research berasal dari bahasa latin reserare yang berarti mengungkapkan atau membuka. Kata ini juga diindonesiakan menjadi riset. Jadi research diartikan sebagai kegiatan mengungkapkan atau membuka pengetahuan karena pengetahuan, baik yang telah ada maupun yang masih belum ditemukan, dianggap sudah ada atau tersembunyi dialam yang hanya memerlukan pengungkapannya.
Metodologi penelitian adalah sekumpulan peraturan, kegiatan, dan prosedur yang digunakan oleh pelaku suatu disiplin ilmu. Metodologi juga merupakan analisis teoritis mengenai suatu cara atau metode. .  Hakekat penelitian dapat dipahami dengan mempelajari berbagai aspek yang mendorong penelitian untuk melakukan penelitian. Setiap orang mempunyai motivasi yang berbeda, di antaranya dipengaruhi oleh tujuan dan profesi masing-masing. Motivasi dan tujuan penelitian secara umum pada dasarnya adalah sama, yaitu bahwa penelitian merupakan refleksi dari keinginan manusia yang selalu berusaha untuk mengetahui sesuatu. Keinginan untuk memperoleh dan mengembangkan pengetahuan merupakan kebutuhan dasar manusia  yang umumnya menjadi motivasi untuk melakukan penelitian.
Menurut hadi, (1999) dalam Penelitan pendidikan adalah suatu proses atau kegiatan yang dilakukan secara sistematis, logis, dan berencana untuk mengumpulkan, mengolah, menganalisis dan menyimpulkan data dengan menggunakan metode tertentu untuk mencari jawaban atas permasalahan yang timbul dalam bidang pendidikan.
Berdasarkan uraian diatas maka dapat dikemukakan bahwa metode penelitian pendidikan dapat diartikan sebagai cara ilmiah untuk mendapatkan data yang valid dengan tujuan dapat di temukan, dikembangkan, dan dapat dibuktikan, suatu pengetahuan tertentu sehingga pada gilirannya dapat digunakan untuk memahami, memecahkan dan mengantisipasi masalah dalam bidang pendidikan.  
b.      Jenis-jenis penelitian.
Menurut pakde, (2011). Secara umum terdapat bebera jenis penelitian pendidikan yaitu:
1.      Penelitian eksperimental
Penelitian Eksperimental Merupakan penelitian yang paling mendekati metode ilmiah
Peneliti memberikan perlakuan yang berbeda pada dua kelompok, dan
 kemudian mempelajari efek perlakuan.
2.      Penelitian korelasional
Penelitian Korelasional Tujuan penelitian ini adalah menentukan hubungan antara dua variabel. Misalnya: Seorang guru matematik ingin mengetahui individu yang ü bagaimana yang sering mengalami kesulitan dalam mempelajari aljabar.
3.      penelitian kausal komparatif
 Penelitian Kausal Komparatif Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki akibat dari perbedaan diantara kelompok atau orang-orang. Misalnya guru ingin membandingkan apakah hasil belajar siswa dari  keluarga dengan orang tua tunggal (single parent) lebih buruk dari pada siswa dari keluarga utuh.
4.      Penelitian survey
Penelitian Survei Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data yang menentukan sifat spesifik dari suatu kelompok. Misalnya seorang kepala sekolah ingin mengetahui dampak dari kebijakan administrasi yang dilakukannya.
5.      Penelitian kualitatif
Penelitian Kualitatif Seorang peneliti dapat berharap untuk memperoleh potret lengkap dari  proses pendidikan melalui penelitian kualitatif.
6.      Penelitian historis
 Penelitian Sejarah Penelitian ini berkaitan dengan aspek yang terjadi di masa lalu. Data  diperoleh melalui penelitian dokumen, atau wawancara dengan individu yang hidup pada masa itu.
7.      Penelitian Tindakan Kelas
Penelitian Tindakan kelas Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersifat situasional, berkaitan dengan mendiagnosis masalah dalam konteks tertentu, misalnya masalah di kelas atau di sekolah.




BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
1. Metodologi penelitian adalah sekumpulan peraturan, kegiatan, dan prosedur yang digunakan oleh pelaku suatu disiplin ilmu. Metodologi juga merupakan analisis teoritis mengenai suatu cara atau metode. Penelitian merupak an suatu penyelidikan yang sistematis untuk meningkatkan sejumlah pengetahuan, juga merupakan suatu usaha yang sistematis dan terorganisasi untuk menyelidiki masalah tertentu yang memerlukan jawaban. 
2. Dan jenis –jenis metodologi penelitian pendidikan ialah :
1.      Penelitian eksperimental
2.      Penelitian korelasional
3.      penelitian kausal komparatif
4.      Penelitian survey
5.      Penelitian kualitatif
6.      Penelitian historis
7.      Penelitian Tindakan Kelas
B.     Saran
            Berdasarkan kesimpulan diatas, maka penulis dapat mengemukakan saran :
Bagi mahasiswa, dalam melakukan penelitian diharapkan kepada mahasiswa untuk mendapatkan data yang valid, tidik direkayasa dengan tujuan dapat di temukan, dikembangkan, dan dapat dibuktikan, suatu pengetahuan tertentu sehingga pada gilirannya dapat digunakan untuk memahami, memecahkan dan mengantisipasi masalah dalam bidang pendidikan.  


DAFTAR PUSTAKA
Hadi, Amirul, Haryono.2005.Metode penelitian pendidikan.Bandung:Pustaka setia
Irawanto.2000.“apa yang dimaksud metode dan metodologi penelitian dan perbedannya”.http://contohskripsi-makalah.blogspot.com/2012/06/apa-yang-dimaksud-metode-dan-metodologi-penelitian-dan-perbedaannya.html.
        Pakde.2011.“jenis-jenis penelitian pendidikan” http://massofa.wordpress.com/2011/02/13/jenis-  jenis-penelitian-pendidikan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar