Rabu, 07 November 2012

TUGAS 1


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Penggunaan lampu tidak bisa lepas dari kehidupan kita sebagai manusia, kita menggunakan lampu untuk menerangi kita disaat gelap agar memudahkan kita dalam melakukan aktifitas sehari-hari. Lampu tidak serta merta ada begitu saja, lampu bisa ada melalui penelitian yang sangat panjang oleh penemunya Thomas Alfa Edison. Oleh karena itu penelitian tentunya tidak dapat lepas dari kehidupan kita sebagai manusia.
Penelitian adalah penyelidikan yang dilakukan secara berurutan terhadap objek yang akan diteliti dengan mengumpulkan bukti yang cukup yang berkaitan dengan objek untuk memperoleh suatu kesimpulan.
Oleh karena itu, kita harus mengetahui apa yang dimaksud dengan metodologi penelitian yang tentuya akan membawa manfaat bagi kita.

B.     Rumusan Masalah
Masalah yang akan dibahas pada makalah ini adalah
1.      Pengertian dari metodologi penelitian ?
2.      Jenis - jenis metodologi penelitian ?
           



BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Metodologi Penelitian Pendidikan
Menurut Babbie,E, 2004 dalam Sangadji (2010 : 4) metodologi penelitian adalah kegiatan ilmiah yang bertujuan untuk memperoleh maksud atau kegunaan tertentu.

“Metodologi penelitian adalah  Ilmu tentang metode teknik yang  digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data guna memperoleh pengetahuan dengan prosedur yang terpercaya”
(

“Pengertian metode, berasal dari bahasa Yunani yakni methodos yang dimaksud adalah cara atau menuju suatu jalan. Metode merupakan kegiatan ilmiah yang berkaitan dengan suatu cara kerja (sistematis) untuk memahami suatu subjek dipertanggung jawabkan secara ilmiah dan termasuk keabsahannya” (Ruslan dalam ST_30, 2003:24).

“Penelitian adalah suatu kegiatan atau proses sistematis untuk memecahkan masalah yang dilakukan dengan menerapkan metode ilmiah” (Emzir dalam ST_30,2007:3).

“Jadi Metodologi penelitiaan adalah ilmu membahas tentang suatu kegiatan yang dilakukan untuk memecahkan masalah ataupun sebagai
pengembangkan ilmu pengetahuan dengan menggunakan metode-metode ilmiah (ST_30:2009)”

B.     Jenis – jenis  Metode Penelitian
Dalam melakukan penelitian, kita dapat menggunakan berbagai macam metode. Berbagai macam metode  penelitian yang akan digunakan tergantung pada tujuan, pendekatan, bidang ilmu, dan tempat. Secara umum dapat digolongkan sebagai berikut:
1.      Penelitian Ditinjau dari Tujuan
Penelitian yang ditinjau dari segi tujuan adalah sebagai berikut:
     a. Penelitian Eksploratif
Digunakan apabila peneliti ingin menggali secara luas tentang sebab akibat atau hal-hal yang mempengaruhi terjadinya sesuatu.
b.  Penelitian Developmental
 Dilakukan percobaan dan penyempurnaan.
c. Penelitian Verifikatif
Bertujuan untuk mengecek kebenaran hasil penelitian lain.
2.      Penelitian Ditinjau dari Pendekatan
Penelitian yang dirinjau sadi segi pendekatan adalah sebagai berikut:
a.  Pendekatan Longitudinal
Pada metode ini, sample subjek yang sama dipelajari dalam waktu tertentu. Metode ini memungkinkan adanya penyelidikan intensif terhadap individu karena peneliti menyimpulkan data tentang subjek yang sama pada berbagai tingkatan. Kelemahan metode longitudinal  ini, antara lain:
1.  Menuntut adanya komitmen dari individu atau lembaga yang      bersedia menyediakan waktu, uang dan sumber daya lainnya selama beberapa tahun.
2.  Jika sampel yang dipilih jelek, tak ada yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya.
3.  Sulitnya mempertahankan kerjasama subjek dalam waktu yang lama.
b.   Pendekatan Cross-sctional
Metode ini meliputi lebih banyak subjek, tetapi mencandra faktor-faktor pertumbuhan yang lebih sedikit. Kelemahan dari metode ini adalah:
1.  Perbedaan yang ada pada sampel-sampel  dapat membuat  penyidikan ini sangat luas.
2. Kemungkinan adanya variabel luar yang telah menimbulkan perbedaan diantara populasi-populasi yang ditarik sampelnya.
3. Penelitian Ditinjau dari Bidang Ilmu
Ragam penelitian ditinjau dari bidangnya adalah penelitian terhadap pendidikan, keteknikan, ruang angkasa, pertanian, perbankan, kedokteran, keolahragaan dan sebagainya.
4.  Penelitian Ditinjau dari Tempatnya
a.  Penelitian Laboratorium
b.  Penelitian Perpustakaan
c. Penelitian Lapangan (Muchlisins:2010)






Metodologi penelitian pendidikan adalah suatu kegiatan mengolah data yang telah dikumpulkan sehingga dapat ditarik suatu kesimpulan, tentunya hal ini harus dapat dibuktikan secara ilmiah.
Dalam melakukan penelitian peneliti menempuh berbagai macam cara. Contoh jenis penelitian yaitu penelitian yang ditijau dari segi tujuan, penelitian ditinjau dari segi pendekatan, bidang ilmu dan ditinjau dari segi tempatnya.








Che_32. 2008. Konsep Dasar Metodologi Penelitian Pendidikan. http://de-kill.blogspot.com/2008/11/konsep-dasar-metodologi-penelitian.html. 15 Oktober 2012.

Ruslan, Rosdy. 2003. Konsep Metodologi Penelitian Pendidikan. http://spupe07.wordpress.com/2009/12/01/konsep-metodologi-penelitian/.15 Oktober 2012.

Hadi, Sutrisno. 1987. Konsep Metodologi Penelitian Pendidikan. http://spupe07.wordpress.com/2009/12/01/konsep-metodologi-penelitian/.15 Oktober 2012.

Emzir. 2007. Konsep Metodologi Penelitian Pendidikan. http://spupe07.wordpress.com/2009/12/01/konsep-metodologi-penelitian/.15 Oktober 2012.

ST_30. 2009. Konsep Metodologi Penelitian Pendidikan. http://spupe07.wordpress.com/2009/12/01/konsep-metodologi-penelitian/.15 Oktober 2012.
Muchlisins. 2010. Macam – macam metode penelitian pendidikan. http://www.4skripsi.com/metodologi-penelitian/macam-macam-metode-penelitian.html#ixzz29Ms9SUW8. 15 oktober 2012.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar