BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Penggunaan lampu tidak bisa lepas
dari kehidupan kita sebagai manusia, kita menggunakan lampu untuk menerangi
kita disaat gelap agar memudahkan kita dalam melakukan aktifitas sehari-hari.
Lampu tidak serta merta ada begitu saja, lampu bisa ada melalui penelitian yang
sangat panjang oleh penemunya Thomas Alfa Edison. Oleh karena itu penelitian
tentunya tidak dapat lepas dari kehidupan kita sebagai manusia.
Penelitian adalah penyelidikan yang
dilakukan secara berurutan terhadap objek yang akan diteliti dengan
mengumpulkan bukti yang cukup yang berkaitan dengan objek untuk memperoleh
suatu kesimpulan.
Oleh karena itu, kita harus
mengetahui apa yang dimaksud dengan metodologi penelitian yang tentuya akan
membawa manfaat bagi kita.
B. Rumusan
Masalah
Masalah
yang akan dibahas pada makalah ini adalah
1. Pengertian
dari metodologi penelitian ?
2. Jenis
- jenis metodologi penelitian ?
BAB
II
PEMBAHASAN
A. Pengertian
Metodologi Penelitian Pendidikan
Menurut Babbie,E, 2004
dalam Sangadji (2010 : 4) metodologi penelitian adalah kegiatan ilmiah yang
bertujuan untuk memperoleh maksud atau kegunaan tertentu.
“Metodologi
penelitian adalah Ilmu tentang metode teknik
yang digunakan
untuk mengumpulkan dan menganalisis data guna memperoleh pengetahuan dengan
prosedur yang terpercaya”
(
“Pengertian metode, berasal dari bahasa Yunani yakni methodos yang dimaksud adalah cara atau menuju suatu jalan. Metode merupakan kegiatan ilmiah yang berkaitan dengan suatu cara kerja (sistematis) untuk memahami suatu subjek dipertanggung jawabkan secara ilmiah dan termasuk keabsahannya” (Ruslan dalam ST_30, 2003:24).
“Pengertian metode, berasal dari bahasa Yunani yakni methodos yang dimaksud adalah cara atau menuju suatu jalan. Metode merupakan kegiatan ilmiah yang berkaitan dengan suatu cara kerja (sistematis) untuk memahami suatu subjek dipertanggung jawabkan secara ilmiah dan termasuk keabsahannya” (Ruslan dalam ST_30, 2003:24).
“Penelitian adalah suatu kegiatan atau proses sistematis untuk memecahkan masalah yang dilakukan dengan menerapkan metode ilmiah” (Emzir dalam ST_30,2007:3).
“Jadi
Metodologi penelitiaan adalah ilmu membahas tentang suatu kegiatan yang
dilakukan untuk memecahkan masalah ataupun sebagai
pengembangkan
ilmu pengetahuan dengan menggunakan metode-metode ilmiah (ST_30:2009)”
B.
Jenis – jenis Metode Penelitian
“Dalam melakukan
penelitian, kita dapat menggunakan berbagai macam metode. Berbagai macam
metode penelitian yang akan digunakan
tergantung pada tujuan, pendekatan, bidang ilmu, dan tempat. Secara umum dapat
digolongkan sebagai berikut:
1.
Penelitian Ditinjau dari
Tujuan
Penelitian
yang ditinjau dari segi tujuan adalah sebagai berikut:
a. Penelitian Eksploratif
Digunakan
apabila peneliti ingin menggali secara luas tentang sebab akibat atau hal-hal
yang mempengaruhi terjadinya sesuatu.
b. Penelitian Developmental
Dilakukan percobaan dan penyempurnaan.
c. Penelitian Verifikatif
Bertujuan untuk mengecek kebenaran
hasil penelitian lain.
2.
Penelitian Ditinjau dari
Pendekatan
Penelitian
yang dirinjau sadi segi pendekatan adalah sebagai berikut:
a. Pendekatan Longitudinal
Pada metode
ini, sample subjek yang sama dipelajari dalam waktu tertentu. Metode ini
memungkinkan adanya penyelidikan intensif terhadap individu karena peneliti
menyimpulkan data tentang subjek yang sama pada berbagai tingkatan. Kelemahan
metode longitudinal ini, antara lain:
1. Menuntut adanya komitmen dari individu atau
lembaga yang bersedia menyediakan
waktu, uang dan sumber daya lainnya selama beberapa tahun.
2. Jika sampel yang dipilih jelek, tak ada yang
bisa dilakukan untuk memperbaikinya.
3. Sulitnya mempertahankan kerjasama subjek
dalam waktu yang lama.
b. Pendekatan Cross-sctional
Metode ini
meliputi lebih banyak subjek, tetapi mencandra faktor-faktor pertumbuhan yang
lebih sedikit. Kelemahan dari metode ini adalah:
1. Perbedaan yang ada pada sampel-sampel
dapat membuat penyidikan ini sangat
luas.
2.
Kemungkinan adanya variabel luar yang telah menimbulkan perbedaan diantara
populasi-populasi yang ditarik sampelnya.
3.
Penelitian Ditinjau dari Bidang Ilmu
Ragam
penelitian ditinjau dari bidangnya adalah penelitian terhadap pendidikan,
keteknikan, ruang angkasa, pertanian, perbankan, kedokteran, keolahragaan dan
sebagainya.
4.
Penelitian Ditinjau dari Tempatnya
a.
Penelitian Laboratorium
b.
Penelitian Perpustakaan
c.
Penelitian Lapangan” (Muchlisins:2010)
Metodologi penelitian pendidikan
adalah suatu kegiatan mengolah data yang telah dikumpulkan
sehingga dapat ditarik suatu kesimpulan, tentunya hal ini harus dapat
dibuktikan secara ilmiah.
Dalam melakukan penelitian peneliti
menempuh berbagai macam cara. Contoh jenis penelitian yaitu penelitian yang
ditijau dari segi tujuan, penelitian ditinjau dari segi pendekatan, bidang ilmu
dan ditinjau dari segi tempatnya.
Che_32. 2008. Konsep Dasar Metodologi
Penelitian Pendidikan. http://de-kill.blogspot.com/2008/11/konsep-dasar-metodologi-penelitian.html.
15 Oktober 2012.
Ruslan, Rosdy. 2003. Konsep Metodologi
Penelitian Pendidikan. http://spupe07.wordpress.com/2009/12/01/konsep-metodologi-penelitian/.15 Oktober 2012.
Hadi, Sutrisno. 1987. Konsep Metodologi Penelitian
Pendidikan. http://spupe07.wordpress.com/2009/12/01/konsep-metodologi-penelitian/.15 Oktober 2012.
Emzir. 2007. Konsep Metodologi Penelitian Pendidikan. http://spupe07.wordpress.com/2009/12/01/konsep-metodologi-penelitian/.15 Oktober 2012.
ST_30. 2009. Konsep Metodologi Penelitian
Pendidikan. http://spupe07.wordpress.com/2009/12/01/konsep-metodologi-penelitian/.15 Oktober 2012.
Muchlisins. 2010. Macam – macam metode
penelitian pendidikan. http://www.4skripsi.com/metodologi-penelitian/macam-macam-metode-penelitian.html#ixzz29Ms9SUW8. 15 oktober 2012.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar