Rabu, 07 November 2012

tugas II metodologi penelitian pendidikan



 Nama : Musdalipa
 Nim : 105400419010
 Kelas : Va 



1.      Golongkan kedalam pendekatan kuantitatif dan kualitatif dari penelitian deskriptif, studi kasus, penelitian survei, studi korelasional, penelitian eksperimen, dan penelitian tindakan?
Jawaban:
a.       Yang termasuk kedalam pendekatan kuantitatif adalah penelitian deskriptif, penelitian survei, studi kolerasional, dan penelitian eksperimen.
b.      Yang termasuk pendekatan kualitatif adalah studi kasus, dan penelitian tindakan.

2.      Jelaskan yang dimaksud variabel bebas dan variabel terikat?
Jawaban:
a.       Variabel bebas atau variabel penyebab (independent variables)
Variabel bebas adalah variabel yang menyebabkan atau memengaruhi, yaitu faktor-faktor yang diukur, dimanipulasi atau dipilih oleh peneliti untuk menentukan hubungan antara fenomena yang diobservasi atau diamati.
b.      Variabel terikat atau variabel tergantung (dependent variables).
Variabel terikat adalah faktor-faktor yang diobservasi dan diukur untuk menentukan adanya pengaruh variabel bebas, yaitu faktor yang muncul, atau tidak muncul, atau berubah sesuai dengan yang diperkenalkan oleh peneliti.

3.      Berikan 1 contoh judul penelitian yang di dalamnya ada variabel bebas dan variabel terikat? Jelaskan!
Jawaban:
Judul penelitian : BAGAIMANAKAH PRESTASI BELAJAR YANG DICAPAI APABILA WAKTU YANG DIPAKAI UNTUK BELAJAR LEBIH BANYAK ATAU LEBIH SEDIKIT.
Banyak sedikitnya waktu belajar yang dipakai oleh pembelajar diidentifikasikan sebagai variable bebas. Sedangkan prestasi belajar sebagai variable terikat. Variable ini (waktu belajar) dimanifulasi atau diubah untuk menyebabkan terjadinya perubahan pada variable terikat (prestasi belajar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar