Senin, 05 November 2012

Pengertian dan Jenis Metodologi Penelitian Pendidikan


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Kehidupan kita sebagai manusia tidak bisa lepas dari rasa ingin tahu, contoh sederhananya seorang siswa akan mencari tahu bagaimana agar mereka mendapat nilai yang baik. Mereka akan mencari tahu dan meningkatkan cara belajarnya bila mereka telah tahu apa penyebab apabila nilai mereka kurang. Oleh karena itu manusia tidak dapat lepas dari yang namanya penelitian baik penelitian yang sederhana maupun penelitian yang lebih kompleks. Survei mengenai pemilukada, jumlah siswa yang menggemari olahraga tertentu, menciptakan jenis produk kesehatan atau kecantikan yang baru merupakan contoh kecil dari sebuah penelitian.
Metode penelitian adalah ilmu mengenai cara-cara untuk mencari atau memperoleh kesimpulan mengenai masalah yang yang akan dipecahkan.
Oleh karena itu metode penelitian tidak lepas dari kehidupan kita sehari hari dalam segala ragam ilmu.

B.     Rumusan Masalah
Untuk memahami mengenai metode penelitian pendidikan kita harus terlebih dahulu tahu mengenai pertanyaan dasar yang akan timbul, maka akan timbul pertanyaan
1.      Apa yang dimaksud dengan metodologi pendidakan ?
2.      Apa saja jenis-jenis metodologi pendidikan ?

BAB II
    PEMBAHASAN
A.    Pengertian Metodologi Penelitian Pendidikan
Metodologi  berarti ilmu mengenai cara-cara atau prosedur dan penelitian berarti mencari kembali atau dalam hal ini dapat disebut dengan riset. Dengan kata lain penelitian berarti mengungkapkan atau mencari kembali pengetahuan baik yang sudah ditemukan ataupun masih belum ditemukan (Suhartono dalam septian, 2000:1)
“Metode penelitian pendidikan dapat diartikan sebagai cara ilmiah untuk mendapatkan data yang valid dengan tujuan dapat di temukan, dikembangkan, dan dapat dibuktikan, suatu pengetahuan tertentu sehingga pada gilirannya dapat digunakan untuk memahami, memecahkan dan mengantisipasi masalah dalam bidang pendidikan” (Sugiono dalam Septian, 2009: 6).

Dari definisi diatas dapat diartikan bahwa metodologi penelitian pendidikan adalah ilmu yang menggunakan cara atau prosedur-prosedur tertentu untuk memperoleh suatu pemahaman dalam bidang pendidikan.
Menyangkut hal penelitian tentunya akan ada data-data yang akan dikumpulkan, dipelajari/diselidiki, diolah hingga akhirnya bisa ditarik suatu kesimpulan.
Metode penelitian erat kaitannya dengan tata cara, teknik serta alat yang akan digunakan. Semua hal tersebut harus cocok dengan metode penelitian yang digunakan, sebelum penelitian
dilaksanakan peneliti perlu menjawab tiga pertanyaan terlebih dahulu yaitu :
1.      Urutan kerja apa yang harus dilakukan dalam melaksanakan suatu penelitian ?
2.      Alat (instrument) apa yang digunakan dalam mengumpulkan data dan dengan metode apa data tersebut akan dianalisis?
3.      Bagaimana peneliti melaksanakan penelitian itu?

Jawaban dari ketiga pertanyaan tersebut tentu saja akan memudahkan peneliti dalam menentukan langkah-langkah yang harus dikerjakan terlebih dahulu dalam malaksanakan suatu penelitian.
Penelitian bukanlah sesuatu yang sederhana untuk dikerjakan dibutuhkan proses yang baik untuk mendapatkan hasil yang baik. Sebuah penelitian harus bisa dipertanggungjwabkan oleh penelitinya, penelitian dalam bidang eksakta tentu harus bisa dibuktikan secara ilmiah dan penelitian pada bisang sosial tentunya harus berdasarkan pada fakta-fakta sosial yang ada. (Nazir dalam Sudrajat, 1985)

B.     Jenis-jenis Metodologi Penelitian Pendidikan
Ada beberapa jenis metodologi penelitian pendidikan.
a.       Berdasarkan metodenya, penelitian dibagi menjadi beberapa jenis antara lain sebagai berikut.
1.      Penelitian Historik
Penelitian historik berusaha mengkaji peristiwa kejadian yang telah terjadi pada masa lampau. Penelitian jenis ini berdasarkan pada gambaran tertulis maupun yang tidak tertulis dari objek penelitian. Tujuannya adalah membuat rekonstruksi masa lampau secara sistematis dan objektif. Misalnya mengenai urutan bangsa-bangsa asing yang menjajah Indonesia dulu.
2.      Penelitian Survei
Penelitian ini bertujuan memperoleh informasi yang sama atau yang sejenisnya dari berbagai kelompok atau orang dengan angket atau wawancara. Misalnya mengenai figur yang diperkirakan akan memenangi sebuah pemilukada.
3.      Penelitian Eksperimen
Merupakan jenis penelitian yang memanipulasi (mengatur, merekayasa) atau mengontrol situasi alamiah menjadi situasi buatan (artificial) sesuai dengan tujua penelitian. Misalnya, pengkajian tentang “pengaruh kurikulum terhadap prestasi belajar
4.      Penelitian Observasi
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi secara langsung dari tingkah laku orang yang diamati. Saat melakukan penelitian ini peneliti dapat mencatat atau merkam langsung data yang diperoleh. Misalnya penelitian mengenai dampak dampak kenaikan harga BBM bersubsidi.

b.      Berdasarkan pendekatan dan data yang dikumpulkan penelitian dibagi menjadi penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif
1.      Penelitian kuatitatif adalah penelitin yang menekankan pada jumlah data yang dikumpulkan. Penelitian ini hanya melihat data pada lapisan permukaan, seperti data tingkat pendidika karyawan, jenis pekerjaan dan besarnya penghasilan. Data yang diperoleh akan dianalisis secara statistik. Penelitian jenis ini menggunakan teknik survei.
2.      Penelitian Kualitatif adalah penelitian yang menekankan pada kualitas data atau kedalaman data yang dapat diperoleh. Teknik yang digunakan adalah wawancara. Data untuk jenis penelitian ini tidak dianalisis dengan statistik. (Maryati, 2007:106-107)

BAB III
         PENUTUP
A.    Kesimpulan

Sering kita mendengar ada ilmuan yang sedang melakukan penelitian untuk memeperoleh suatu informasi atau menciptakan produk baru atau lebih sederhananya siswa atau mahasiswa yang melakukan penelitian di laboratorium sekolah atau kampus mereka akan mencari tahu mengenai bahan/data yang akan mereka teliti lalu diuji/diproses/dipecahkan masalahnya sebulum pada akhirnya memeperoleh suatu kesimpulan atau menemukan produk baru. Ada berbagai definisi mengenai metodologi penelitian pendidikan tetapi tentu saja semuanya merujuk pada pemahaman yang sama.
Metodologi penelitian pendidikan ini biasa digunakan untuk membantu seseorang dalam menyusun skripsi, tesis ataupun disertasi atau untuk memperoleh suatu kesimpulan untuk tujuan-tujuan tertentu dalam bidang pendidikan dalam berbagai ragam ilmu.
Metodologi penelitian pendidikan mempunyai ragam definisi tetapi tetap mempunyai hakikat yang tidak berbeda. Metodologi penelitian pendidikan merupakan suatu ilmu yang digunakan untuk mencari, menemukan, menguji data sehingga bisa memperoleh suatu kesimpulan.
Dalam melaksanakan suatu penelitian peneliti harus menempuh proses yang didalamnya terdapat cara, metode dan alat apa yang akan digunakan untuk peneltian tersebut.
Penelitian pun mempunyai banyak jenis dan ragam, pada tulisan diatas dimuat beberapa contoh penelitian seperti penelitan berdasarkan metodenya dibagi menjadi penelitian historik, penelitian survei, penelitian eksperimen dan penelitian observasi. Sedangkan penelitian menurut pendekatan dan data yang dikumpulkan dibagi menjadi penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif.
B.     Saran
               Semoga pembaca sediki banyak dapat memperoleh manfaat dari makalah ini, dan untuk segala lebih dan kurangnya penyusun membuka pintu saran dan kritik demi perbaikannya.

DAFTAR PUSTAKA
Septian, Adi Cahyo. 2011. Metodologi  Penelitian Pendidikan. http://diecahyouinyogya.blog.com/metode-penelitian-pendidikan/. 14 Oktober 2012.
Che_3z.2008.Konsep Dasar Metodologi Penelitian Pendidikan.http://de-kill.blogspot.com/2008/11/konsep-dasar-metodologi-penelitian.html. 14 Oktober 2012
Sudrajat,Akhmad.2010.MetodePenelitianPendidikan. http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2010/11/14/metode-penelitian-pendidikan/ .14 Oktober 2012
Maryati,Kun.Suryawati,Juju.2007.Sosiologi Untuk SMA dan MA Kelas XII.Jakarta:Esis.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar