BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Kehidupan kita sebagai manusia tidak bisa lepas
dari rasa ingin tahu, contoh sederhananya seorang siswa akan mencari tahu
bagaimana agar mereka mendapat nilai yang baik. Mereka akan mencari tahu dan
meningkatkan cara belajarnya bila mereka telah tahu apa penyebab apabila nilai
mereka kurang. Oleh karena itu manusia tidak dapat lepas dari yang namanya
penelitian baik penelitian yang sederhana maupun penelitian yang lebih
kompleks. Survei mengenai pemilukada, jumlah siswa yang menggemari olahraga
tertentu, menciptakan jenis produk kesehatan atau kecantikan yang baru
merupakan contoh kecil dari sebuah penelitian.
Metode penelitian adalah ilmu mengenai cara-cara
untuk mencari atau memperoleh kesimpulan mengenai masalah yang yang akan
dipecahkan.
Oleh karena itu metode penelitian tidak lepas dari
kehidupan kita sehari hari dalam segala ragam ilmu.
B. Rumusan Masalah
Untuk memahami mengenai metode penelitian
pendidikan kita harus terlebih dahulu tahu mengenai pertanyaan dasar yang akan
timbul, maka akan timbul pertanyaan
1.
Apa
yang dimaksud dengan metodologi pendidakan ?
2.
Apa saja jenis-jenis metodologi pendidikan ?
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
Metodologi Penelitian Pendidikan
Metodologi berarti ilmu mengenai
cara-cara atau prosedur dan penelitian berarti mencari kembali atau dalam hal
ini dapat disebut dengan riset. Dengan kata lain penelitian berarti mengungkapkan
atau mencari kembali pengetahuan baik yang sudah ditemukan ataupun masih belum
ditemukan (Suhartono dalam septian, 2000:1)
“Metode
penelitian pendidikan dapat diartikan sebagai cara ilmiah untuk mendapatkan
data yang valid dengan tujuan dapat di temukan, dikembangkan, dan dapat
dibuktikan, suatu pengetahuan tertentu sehingga pada gilirannya dapat digunakan
untuk memahami, memecahkan dan mengantisipasi masalah dalam bidang pendidikan”
(Sugiono dalam Septian, 2009: 6).
Dari definisi diatas
dapat diartikan bahwa metodologi penelitian pendidikan adalah ilmu yang
menggunakan cara atau prosedur-prosedur tertentu untuk memperoleh suatu
pemahaman dalam bidang pendidikan.
Menyangkut
hal penelitian tentunya akan ada data-data yang akan dikumpulkan, dipelajari/diselidiki,
diolah hingga akhirnya bisa ditarik suatu kesimpulan.
Metode
penelitian erat kaitannya dengan tata cara, teknik serta alat yang akan
digunakan. Semua hal tersebut harus cocok dengan metode penelitian yang
digunakan, sebelum penelitian
dilaksanakan peneliti perlu menjawab tiga pertanyaan terlebih dahulu
yaitu :
1. Urutan kerja apa yang harus dilakukan dalam
melaksanakan suatu penelitian ?
2. Alat (instrument) apa yang digunakan dalam
mengumpulkan data dan dengan metode apa data tersebut akan dianalisis?
3. Bagaimana peneliti melaksanakan penelitian
itu?
Jawaban dari ketiga pertanyaan tersebut tentu saja akan
memudahkan peneliti dalam menentukan langkah-langkah yang harus dikerjakan
terlebih dahulu dalam malaksanakan suatu penelitian.
Penelitian
bukanlah sesuatu yang sederhana untuk dikerjakan dibutuhkan proses yang baik
untuk mendapatkan hasil yang baik. Sebuah penelitian harus bisa
dipertanggungjwabkan oleh penelitinya, penelitian dalam bidang eksakta tentu
harus bisa dibuktikan secara ilmiah dan penelitian pada bisang sosial tentunya
harus berdasarkan pada fakta-fakta sosial yang ada. (Nazir dalam Sudrajat,
1985)
B.
Jenis-jenis
Metodologi Penelitian Pendidikan
Ada beberapa
jenis metodologi penelitian pendidikan.
a. Berdasarkan metodenya, penelitian dibagi
menjadi beberapa jenis antara lain sebagai berikut.
1. Penelitian Historik
Penelitian historik berusaha mengkaji peristiwa kejadian yang telah
terjadi pada masa lampau. Penelitian jenis ini berdasarkan pada gambaran
tertulis maupun yang tidak tertulis dari objek penelitian. Tujuannya adalah
membuat rekonstruksi masa lampau secara sistematis dan objektif. Misalnya
mengenai urutan bangsa-bangsa asing yang menjajah Indonesia dulu.
2. Penelitian Survei
Penelitian ini bertujuan memperoleh informasi yang sama atau yang sejenisnya
dari berbagai kelompok atau orang dengan angket atau wawancara. Misalnya
mengenai figur yang diperkirakan akan memenangi sebuah pemilukada.
3. Penelitian Eksperimen
Merupakan jenis penelitian yang memanipulasi (mengatur, merekayasa) atau
mengontrol situasi alamiah menjadi situasi buatan (artificial) sesuai dengan tujua penelitian. Misalnya, pengkajian
tentang “pengaruh kurikulum terhadap prestasi belajar
4. Penelitian Observasi
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi secara langsung dari
tingkah laku orang yang diamati. Saat melakukan penelitian ini peneliti dapat
mencatat atau merkam langsung data yang diperoleh. Misalnya penelitian mengenai
dampak dampak kenaikan harga BBM bersubsidi.
b. Berdasarkan pendekatan dan data yang
dikumpulkan penelitian dibagi menjadi penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif
1. Penelitian kuatitatif adalah penelitin yang
menekankan pada jumlah data yang dikumpulkan. Penelitian ini hanya melihat data
pada lapisan permukaan, seperti data tingkat pendidika karyawan, jenis
pekerjaan dan besarnya penghasilan. Data yang diperoleh akan dianalisis secara
statistik. Penelitian jenis ini menggunakan teknik survei.
2. Penelitian Kualitatif adalah penelitian yang
menekankan pada kualitas data atau kedalaman data yang dapat diperoleh. Teknik
yang digunakan adalah wawancara. Data untuk jenis penelitian ini tidak
dianalisis dengan statistik. (Maryati, 2007:106-107)
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Sering kita mendengar ada ilmuan yang sedang melakukan penelitian untuk
memeperoleh suatu informasi atau menciptakan produk baru atau lebih
sederhananya siswa atau mahasiswa yang melakukan penelitian di laboratorium sekolah
atau kampus mereka akan mencari tahu mengenai bahan/data yang akan mereka
teliti lalu diuji/diproses/dipecahkan masalahnya sebulum pada akhirnya
memeperoleh suatu kesimpulan atau menemukan produk baru. Ada berbagai definisi
mengenai metodologi penelitian pendidikan tetapi tentu saja semuanya merujuk
pada pemahaman yang sama.
Metodologi
penelitian pendidikan ini biasa digunakan untuk membantu seseorang dalam
menyusun skripsi, tesis ataupun disertasi atau untuk memperoleh suatu
kesimpulan untuk tujuan-tujuan tertentu dalam bidang pendidikan dalam berbagai
ragam ilmu.
Metodologi penelitian pendidikan mempunyai
ragam definisi tetapi tetap mempunyai hakikat yang tidak berbeda. Metodologi
penelitian pendidikan merupakan suatu ilmu yang digunakan untuk mencari,
menemukan, menguji data sehingga bisa memperoleh suatu kesimpulan.
Dalam melaksanakan suatu penelitian peneliti
harus menempuh proses yang didalamnya terdapat cara, metode dan alat apa yang
akan digunakan untuk peneltian tersebut.
Penelitian pun mempunyai banyak jenis dan
ragam, pada tulisan diatas dimuat beberapa contoh penelitian seperti penelitan
berdasarkan metodenya dibagi menjadi penelitian historik, penelitian survei,
penelitian eksperimen dan penelitian observasi. Sedangkan penelitian menurut
pendekatan dan data yang dikumpulkan dibagi menjadi penelitian kuantitatif dan
penelitian kualitatif.
B.
Saran
Semoga pembaca sediki
banyak dapat memperoleh manfaat dari makalah ini, dan untuk segala lebih dan
kurangnya penyusun membuka pintu saran dan kritik demi perbaikannya.
DAFTAR PUSTAKA
Septian,
Adi Cahyo. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. http://diecahyouinyogya.blog.com/metode-penelitian-pendidikan/.
14 Oktober 2012.
Che_3z.2008.Konsep Dasar Metodologi Penelitian
Pendidikan.http://de-kill.blogspot.com/2008/11/konsep-dasar-metodologi-penelitian.html.
14 Oktober 2012
Sudrajat,Akhmad.2010.MetodePenelitianPendidikan. http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2010/11/14/metode-penelitian-pendidikan/
.14 Oktober 2012
Maryati,Kun.Suryawati,Juju.2007.Sosiologi Untuk SMA dan MA Kelas XII.Jakarta:Esis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar