BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Pada makalah ini anda diperkenalkan
dengan pengertian penelitian dan jenis-jenis penelitian. Jika anda membaca
buku-buku teks tentang metodelogi penelitian, tak terkecuali penelitian
pendidikan, anda akan menjumpai adanya kesamaan struktur isi. Mereka, para
penulis, pada umumnya terlebih dahulu memperkenalkan pengertian metode ilmiah
dan menunjukkan perbedaan metode ilmiah dan nonilmiah. Hal ini tampaknya
merupakan kewajiban bagi siapa pun untuk yang memperkenalkan pengertian
penelitian Karen aseluruh aktivitas penelitian sebenarnya berbasis pada
pendekatan ilmiah. Yang akan dibahas dalam makalah ini adalah pengertian dan
jenis-jenis metodelogi penelitian pendidikan.
Penelitian bukanlah hanya milik
orang-orang yang menekuni bidang ilmu murni saja, akan tetapi setiap bidang ilmu dapat melakukan
penelitian, bahkan setiap orang hendaknya dibiasakan untuk melakukan penelitian. Suatu ilmu akan dapat
berkembang secara ilmiah melalui penelitian. Oleh karena itu barang siapa yang
ingin meningkatkan hasil pekerjaannya, di bidang apapun termasuk pendidikan,
maka penelitian sangat diperlukan. Penelitian sangat diperlukan untuk
memecahkan suatu permasalahan baik yang dihadapi oleh seseorang maupun kelompok
atau lembaga. Dengan demikian
sikap untuk terbiasa meneliti, hendaknya sudah dipupuk pada setiap orang sejak
dini.
B. Rumusan
Masalah
1.
Jelaskan Pengertian Metodologi Penelitian Pendidikan
!
2.
Jelaskan
Jenis-jenis Metodologi Penelitian Pendidikan !
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian
Metodologi Penelitian Pendidikan
“Metodologi berarti ilmu tentang jalan yang ditempuh untuk memperoleh
pemahaman tentang sasaran yang telah disebutkan sebelumnya. Penelitian dapat diartikan sebagai
semua kegiatan pencarian, penyelidikan dan percobaan secara ilmiah dalam suatu
bidang tertentu untuk mendapatkan fakta-fakta atau prinsip-prinsip baru yang
bertujuan untuk mendapatkan pengertian baru dan menaikkan tingkat ilmu dan teknologi”(Hadi,1998).
“Penelitan pendidikan
adalah suatu proses atau kegiatan yang dilakukan secara sistematis, logis, dan
berencana untuk mengumpulkan, mengolah, menganalisis dan menyimpulkan data
dengan menggunakan metode tertentu untuk mencari jawaban atas permasalahan yang
timbul dalam bidang pendidikan”(Amirul Hadi, 1998)
“Berdasarkan
uraian diatas maka dapat dikemukakan bahwa metode penelitian pendidikan
dapat diartikan sebagai cara ilmiah untuk mendapatkan data yang valid dengan
tujuan dapat di temukan, dikembangkan, dan dapat dibuktikan, suatu pengetahuan
tertentu sehingga pada gilirannya dapat digunakan untuk memahami, memecahkan
dan mengantisipasi masalah dalam bidang pendidikan”(Sugiono, 2009)
Pendidikan dapat dilihat sebagai objek kajian yang interdisiplin
yang menurut Schumacher dalam Anggoro, dkk(1984: 15) banyak meminjam konsep dan
teori bidang ilmu lain seperti psikologi, sosiologi, antropologi, polotik,
ekonomi, dan sebagainya. Metode yang digunakan dalam penelitian pendidikan juga
mengacu pada metodologi yang lazim
digunakan di berbagai bidang ilmu tersebut, yakni mengacu pada pendekatan behavioral science. Berbagai konsep
seperti intelegensi, peran, status, norma, konsep diri, kefektifan biaya juga
dikaji dalam penelitian pendidikan dengan menggunakan pendekatan tersebut.
Apakah yang dimaksud dengan penelitian pendidikan? Penelitian
pendidikan adalah upaya ilmiah untuk memahami masalah-masalah pendidikan untuk
memahami fenomena-fenomena yang ada di dunia pendidikan. (Schumacher:1984:15)
B. Jenis-jenis
Metodologi Penelitian Pendidikan
Suryabrata (1983) mengemukakan jenis
metode penelitian yaitu sebagai berikut:
1.
Penelitian Deskriptif
Penelitian deskriptif adalah penelitian yang berusaha
mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi saat sekarang. Melalui
penelitian deskriptif, peneliti berusaha mendeskripsikan peristiwa dan kejadian
yang menjadi pusat perhatian tanpa memberikan perlakukan khusus terhadap
peristiwa tersebut.
2.
Studi
Kasus
Penelitian Studi kasus pada dasarnya mempelajari secara
intensif seseorang individu atau kelompok yang dipandang mengalami kasus
tertentu. Misalnya, mempelajari secara khusus kepala sekolah yang tidak
disiplin dalam bekerja.
3. Penelitian Survei
Penelitian survei cukup banyak digunakan untuk
pemecahan masalah-masalah pendidikan termasuk kepentingan perumusan kebijaksanaan pendidikan.
Tujuan utamanya adalah mengumpulkan informasi tentang variabel dari sekolompok
obyek (populasi).
4.
Studi
Korelasional
Metode deskriptif lain yang sering digunakan dalam pendidikan adalah studi korelasi.
Studi ini mempelajari hubungan dua variabel atau lebih, yakni sejauh mana
variasi dalam satu variable berhubungan dengan variasi dalam variabel lain. Studi korelasi
bertujuan menguji hipotesis, dilakukan dengan cara mengukur sejumlah
variabel dan menghitung koefisien korelasi antara variabel-variabel tersebut,
agar dapat ditentukan variabel-variabel mana yang berkorelasi. Misalnya
peneliti ingin mengetahui variabel-variabel mana yang sekiranya berhubungan
dengan kompetensi profesional kepala sekolah.
5.
Penelitian Eksperimen
Penelitian eksperimen dapat didefinisikan sebagai metode
sistematis guna membangun hubungan yang mengandung fenomena sebab akibat.
Penelitian eksperimen merupakan metode inti dari model penelitian yang
menggunakan pendekatan kuantitatif.
6.
Penelitian Tindakan
Penelitian tindakan
adalah suatu bentuk penelitian refleleksi-diri yang dilakukan oleh para
partisipan dalam situasi-situasi sosial (termasuk pendidikan) untuk memperbaiki
praktek yang dilakukan sendiri.
7.
Metode Penelitian dan Pengembangan
(R&D)
Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D) adalah strategi atau metode
penelitian yang cukup ampuh untuk memperbaiki praktek. Yang dimaksud dengan
Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D)
adalah rangkaian proses atau langkah-langkah dalam rangka mengembangkan suatu
produk baru atau menyempurnakan produk yang telah ada agar dapat dipertanggung
jawabkan. Produk tersebut tidak selalu berbentuk benda atau perangkat keras (hardware),
seperti buku, modul, alat bantu pembelajaran di kelas atau di laboratorium,
tetapi bisa juga perangkat lunak (software), seperti program komputer
untuk pengolahan data.
BAB III
PENUTUP
A.
Simpulan
Metode
penelitian pendidikan
adalah cara ilmiah untuk mendapatkan data yang valid dengan tujuan dapat di
temukan, dapat dibuktikan untuk memecahkan dalam bidang pendidikan
Suryabrata (1983) mengemukakan jenis
metode penelitian yaitu sebagai berikut:
1.
Penelitian dekskriptif
2. Study Kasus
3. Penelitian survey
4. Study kolerasional
5. Penelitian eksprimen
6. Penelitian tindakan
7. Metode penelitian dan pengembangan
B. Saran
·
Saya
sangat mengharapkan kritik dan saran, apabila dalam pembuatan makalah ini
terdapat banyak kesalahan dan kekeliruan.
·
Semoga
makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua, khususnya saya sebagai penyusun.
DAFTAR PUSTAKA
Hadi,
Haryono : 1998 : 39 . Metode Penelitian Pendidikan . http://mbegedut.blogspot.com/2010/11/metode-penelitian-pendidikan.html
Hadi,
Amirul : 1998 : 12 . Metode Penelitian Pendidikan . http://mbegedut.blogspot.com/2010/11/metode-penelitian-pendidikan.html
Sugiono
: 2009 : 6 . Metode Penelitian Pendidikan . http://mbegedut.blogspot.com/2010/11/metode-penelitian-pendidikan.htmls
Schumacher , McMillan . 1984 . Penelitian Pendidikan. Jakarta : Universitas
Terbuka . 2007 .
Suryabrata . 1983 . Pendekatan,
Jenis dan Metode Penelitian Pendidikan .
http://belajarpsikologi.com/pendekatan-jenis-dan-metode-penelitian-pendidikan/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar