Selasa, 06 November 2012

TUGAS 1(PENGERTIAN DAN JENIS-JENIS METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN)



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Pada makalah ini anda diperkenalkan dengan pengertian penelitian dan jenis-jenis penelitian. Jika anda membaca buku-buku teks tentang metodelogi penelitian, tak terkecuali penelitian pendidikan, anda akan menjumpai adanya kesamaan struktur isi. Mereka, para penulis, pada umumnya terlebih dahulu memperkenalkan pengertian metode ilmiah dan menunjukkan perbedaan metode ilmiah dan nonilmiah. Hal ini tampaknya merupakan kewajiban bagi siapa pun untuk yang memperkenalkan pengertian penelitian Karen aseluruh aktivitas penelitian sebenarnya berbasis pada pendekatan ilmiah. Yang akan dibahas dalam makalah ini adalah pengertian dan jenis-jenis metodelogi penelitian pendidikan.
Penelitian bukanlah hanya milik orang-orang yang menekuni bidang ilmu murni saja, akan  tetapi setiap bidang ilmu dapat melakukan penelitian, bahkan setiap orang hendaknya dibiasakan  untuk melakukan penelitian. Suatu ilmu akan dapat berkembang secara ilmiah melalui penelitian. Oleh karena itu barang siapa yang ingin meningkatkan hasil pekerjaannya, di bidang apapun termasuk pendidikan, maka penelitian sangat diperlukan. Penelitian sangat diperlukan untuk memecahkan suatu permasalahan baik yang dihadapi oleh seseorang maupun kelompok atau lembaga. Dengan demikian sikap untuk terbiasa meneliti, hendaknya sudah dipupuk pada setiap orang sejak dini.
B.     Rumusan Masalah
1.       Jelaskan Pengertian Metodologi Penelitian Pendidikan !
2.      Jelaskan Jenis-jenis Metodologi Penelitian Pendidikan !

BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian  Metodologi Penelitian Pendidikan
“Metodologi berarti ilmu tentang jalan yang ditempuh untuk memperoleh pemahaman tentang sasaran yang telah disebutkan sebelumnya. Penelitian dapat diartikan sebagai semua kegiatan pencarian, penyelidikan dan percobaan secara ilmiah dalam suatu bidang tertentu untuk mendapatkan fakta-fakta atau prinsip-prinsip baru yang bertujuan untuk mendapatkan pengertian baru dan menaikkan tingkat ilmu dan teknologi(Hadi,1998).
“Penelitan pendidikan adalah suatu proses atau kegiatan yang dilakukan secara sistematis, logis, dan berencana untuk mengumpulkan, mengolah, menganalisis dan menyimpulkan data dengan menggunakan metode tertentu untuk mencari jawaban atas permasalahan yang timbul dalam bidang pendidikan”(Amirul Hadi, 1998)
“Berdasarkan uraian diatas maka dapat dikemukakan bahwa metode penelitian pendidikan dapat diartikan sebagai cara ilmiah untuk mendapatkan data yang valid dengan tujuan dapat di temukan, dikembangkan, dan dapat dibuktikan, suatu pengetahuan tertentu sehingga pada gilirannya dapat digunakan untuk memahami, memecahkan dan mengantisipasi masalah dalam bidang pendidikan”(Sugiono, 2009)
Pendidikan dapat dilihat sebagai objek kajian yang interdisiplin yang menurut Schumacher dalam Anggoro, dkk(1984: 15) banyak meminjam konsep dan teori bidang ilmu lain seperti psikologi, sosiologi, antropologi, polotik, ekonomi, dan sebagainya. Metode yang digunakan dalam penelitian pendidikan juga mengacu pada metodologi  yang lazim digunakan di berbagai bidang ilmu tersebut, yakni mengacu pada pendekatan behavioral science. Berbagai konsep seperti intelegensi, peran, status, norma, konsep diri, kefektifan biaya juga dikaji dalam penelitian pendidikan dengan menggunakan pendekatan tersebut.
Apakah yang dimaksud dengan penelitian pendidikan? Penelitian pendidikan adalah upaya ilmiah untuk memahami masalah-masalah pendidikan untuk memahami fenomena-fenomena yang ada di dunia pendidikan. (Schumacher:1984:15)

B.     Jenis-jenis Metodologi Penelitian Pendidikan
Suryabrata (1983) mengemukakan jenis metode penelitian yaitu sebagai berikut:
1.      Penelitian Deskriptif
Penelitian deskriptif adalah penelitian yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi saat sekarang. Melalui penelitian deskriptif, peneliti berusaha mendeskripsikan peristiwa dan kejadian yang menjadi pusat perhatian tanpa memberikan perlakukan khusus terhadap peristiwa tersebut.
2.      Studi Kasus
Penelitian Studi kasus pada dasarnya mempelajari secara intensif seseorang individu atau kelompok yang dipandang mengalami kasus tertentu. Misalnya, mempelajari secara khusus kepala sekolah yang tidak disiplin dalam bekerja.
3.      Penelitian Survei
Penelitian survei cukup banyak digunakan untuk pemecahan masalah-masalah pendidikan termasuk kepentingan perumusan kebijaksanaan pendidikan. Tujuan utamanya adalah mengumpulkan informasi tentang variabel dari sekolompok obyek (populasi).
4.      Studi Korelasional
Metode deskriptif lain yang sering digunakan dalam pendidikan adalah studi korelasi. Studi ini mempelajari hubungan dua variabel atau lebih, yakni sejauh mana variasi dalam satu variable berhubungan dengan variasi dalam variabel lain. Studi korelasi bertujuan menguji hipotesis, dilakukan dengan cara mengukur sejumlah variabel dan menghitung koefisien korelasi antara variabel-variabel tersebut, agar dapat ditentukan variabel-variabel mana yang berkorelasi. Misalnya peneliti ingin mengetahui variabel-variabel mana yang sekiranya berhubungan dengan kompetensi profesional kepala sekolah.
5.      Penelitian Eksperimen
Penelitian eksperimen dapat didefinisikan sebagai metode sistematis guna membangun hubungan yang mengandung fenomena sebab akibat. Penelitian eksperimen merupakan metode inti dari model penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif.
6.      Penelitian Tindakan
Penelitian tindakan adalah suatu bentuk penelitian refleleksi-diri yang dilakukan oleh para partisipan dalam situasi-situasi sosial (termasuk pendidikan) untuk memperbaiki praktek yang dilakukan sendiri.
7.      Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D)
Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D) adalah strategi atau metode penelitian yang cukup ampuh untuk memperbaiki praktek. Yang dimaksud dengan Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D) adalah rangkaian proses atau langkah-langkah dalam rangka mengembangkan suatu produk baru atau menyempurnakan produk yang telah ada agar dapat dipertanggung jawabkan. Produk tersebut tidak selalu berbentuk benda atau perangkat keras (hardware), seperti buku, modul, alat bantu pembelajaran di kelas atau di laboratorium, tetapi bisa juga perangkat lunak (software), seperti program komputer untuk pengolahan data.
BAB III
PENUTUP

A.    Simpulan
Metode penelitian pendidikan adalah cara ilmiah untuk mendapatkan data yang valid dengan tujuan dapat di temukan, dapat dibuktikan untuk memecahkan dalam bidang pendidikan
Suryabrata (1983) mengemukakan jenis metode penelitian yaitu sebagai berikut:
1.      Penelitian dekskriptif
2.      Study Kasus
3.      Penelitian survey
4.      Study kolerasional
5.      Penelitian eksprimen
6.      Penelitian tindakan
7.      Metode penelitian dan pengembangan

B.     Saran
·         Saya sangat mengharapkan kritik dan saran, apabila dalam pembuatan makalah ini terdapat banyak kesalahan dan kekeliruan.
·         Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua, khususnya saya sebagai penyusun.
DAFTAR PUSTAKA

Hadi, Haryono : 1998 : 39 . Metode Penelitian Pendidikan . http://mbegedut.blogspot.com/2010/11/metode-penelitian-pendidikan.html
Hadi, Amirul : 1998 : 12 . Metode Penelitian Pendidikan . http://mbegedut.blogspot.com/2010/11/metode-penelitian-pendidikan.html
Sugiono : 2009 : 6 . Metode Penelitian Pendidikan . http://mbegedut.blogspot.com/2010/11/metode-penelitian-pendidikan.htmls
Schumacher , McMillan . 1984 . Penelitian Pendidikan. Jakarta : Universitas Terbuka . 2007 .
Suryabrata . 1983 . Pendekatan, Jenis dan Metode Penelitian Pendidikan .  http://belajarpsikologi.com/pendekatan-jenis-dan-metode-penelitian-pendidikan/








Tidak ada komentar:

Poskan Komentar