Selasa, 06 November 2012

TUGAS 1 ( PENGERTIAN DAN JENIS-JENIS METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN )


METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN



 








Oleh:
PGSD V.A

KARTIKA SARI
Nim:1054 0041 8810





PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
                                                                             2012
 
KATA PENGANTAR
            Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah Swt karena atas berkat dan rahmatnya Makalah Metodologi Penelitian Pendidikan ini dapat diselesaikan oleh penulis dengan baik dan lancar.
            Makalah tentang metodolgi penelitian ini,membahas tentang penelitian dan jenis-jenis penelitian yang terdiri dari tiga tinjauan.Agar mahasiswa mampu memahami proses penelitian maupun jenis-jenis penelitian dan untuk memudahkan mahasiswa dalam melakukan penelitian.
            Penulis menghaturkan terima kasih kepada ibu A.Syahtiani Jahrir S.Pd, M.Pd. atas bimbingannya dalam proses pembelajaran dan kepada teman –teman atas partisipasinya memberikan berbagai macam tanggapan dan pendapat tentang makalah ini sehingga makalah ini dapat diselesaikan.
            Penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam makalah ini,karena itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun demi penyempurnaan makalah selanjutnya.
                                                                       
                                                                                       Makassar, Oktober 2012.
                                                                                                        Penulis,


                                                                                                  Kartika Sari
                                         

                                  DAFTAR ISI
Halaman Judul...........................................................      Halaman
Kata Pengantar..........................................................      i
Daftar Isi....................................................................      ii
Bab I  :    Pendahuluan
a.       Latar Belakang ......................      1
b.      Rumusan Masalah..................       1
Bab II :    Pembahasan
a.       Pengertian metode penelitian.        2
b.      Jenis-jenis metode penelitian.        4
Bab III :    Penutup
a.       Kesimpulan............................      6
b.      Saran......................................      6
DAFTAR PUSTAKA...............................................         7


 
                                                               BAB I
                                                       PENDAHULUAN
a.       Latar Belakang
            Proses penelitian sangat penting bagi setiap orang yang akan meneliti ataupun menganalisis suatu masalah.dan merupakan suatu cara yang sangat baik untuk meningkatkan praktik pembelajaran baik di tingkat Tk,Sd,Smp,Sma,maupun Perguruan Tinggi secara sistematis dan berkesinambungan.
            Sebelum melakukan penelitian seseorang harus memahami terlebih dahulu tentang penelitian dan jenis-jenis penelitian,dan bagaimana proses penelitian itu sendiri,karena dengan pemahaman yang baik akan lebih memudahkan seseorang dalam memecahkan suatu masalah  yang akan diteliti dan mampu menggunakan metode yang tepat dalam penelitiannya tersebut.
b.      Rumusan Masalah
            Masalah dalam metodologi penelitian pendidikan adalah pemahaman tentang peneltian itu sendiri .Adapun rumusan masalahnya yaitu:
1.      Apakah pengertian metode penelitian ?
2.      Menjelaskan jenis-jenis penelitian  !

                                                          BAB II
                                                   PEMBAHASAN
a.Pengertian Metode Penelitian
            Menurut Jhon Dewey ,dalam hadi dkk (2005:11) Penelitian pada awal perkembangannya (akhir abad ke-19),sangat erat hubungannya dengan metode ilmiah,khususnya di bidang ilmu-ilmu kealaman ,untuk kepentingan pengembangan konsep-konsep /teori dalam disiplin ilmu yang bersangkutan dengan pola metode ilmiah mengikuti proses sebagai berikut:
1.      Identifikasi dan pembatasan masalah .
2.      Perumusan hipotesis
3.      Pengumpulan,pengorganisasian,dan analisis data.
4.      Perumusan kesimpulan-kesimpulan .
“Istilah metode penelitian terdiri atas dua kata, yakni kata metode dan penelitian. Menurut bahasa, metode sering diartikan cara. Dalam bahasa Arab, metode diartikan thariqah yang berarti langkah-langkah strategis mempersiapkan untuk melakukan suatu pekerjaan”. (Ramayulis,2004:155).
“Adapun pengertian penelitian adalah suatu proses pengumpulan dan analisis data yang dilakukan secara sistematis, untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu. Pengumpulan dan analisis data dilakukan secara ilmiah, baik bersifat kuantitatif maupun kualitatif, eksperimental maupun non eksperimental, interaktif maupun non interaktif ” .( Syaodih, 2005:5).
            Suatu penelitian dapat dilakukan secara kelompok ataupun individu karena penelitian itu merupakan sesuatu yang dapat diukur baik secara kualitatif dan kuantitatif, dimana peneletian secara kuantitaif biasanya dengan ukuran apakah itu dengan meggunakan bilangan,nomor, ataupun atribut lainnya,sebagai contoh dengan melakukan penelitian dalam lingkugan sekolah, seperti mengukur berat dan tinggi badan siswa.Adapun penelitian secara kualitatif menganalisis tentang pemahaman-pemahaman suatu konsep untuk mengetahui kebenarannya,sebagai contoh, ketika kita ingin meneliti anak didik kita  apakah anak tersebut termasuk dalam anak berkebutuhan khusus atau ABK? dan apa yang menyebabkan anak tersebut sehinggga termasuk dalam golongan anak ABK ?.Yaitu dengan cara melakukan wawancara langsung dengan orangtua siswa atau orang terdekat siswa dan lain-lain sebagainya ,yang berhubungan dengan masalah yang akan diatasi.
            Dengan demikian,dalam melakukan penelitian kita sebaiknya mengambil sumber-sumber yang akurat agar penelitian yang kita lakukan dapat memperoleh hasil yang baik dan memuaskan  sebagaimana yang kita harapakan.Namun dalam melakukan penelitian kita juga perlu menggunakan metode agar memudahkan kita dalam proses penelitian serta  apa yang akan kita teliti menjadi lebih akurat dan bisa dipahami orang lain,namun dalam penggambilan metode perlu juga kita berhati –hati karena kadangkala metode yang kita gunakan tidak tepat, untuk itu cermatilah masalah yang akan kamu teliti sebelum menggunakan metode.
            Jadi,penelitian merupakan suatu cara untuk mencari kebenaran secara sistematis tentang suatu masalah  dengan berbagai metode yang dapat digunakan untuk mencari atau mengumpulkan data,mengolah data,menganalisis dan juga menyimpulkannya.


b.Jenis-Jenis Penelitian
            Menurut Aqib, (2006:14) jika kita ingin mendalami dan lebih memahami penelitian perlu mengenal lebih banyak dan rinci tentang jenis-jenis penelitian yang ditinjau dari berbagai aspek dan merujuk pada nama model dan pendekatan penelitiannya.untuk itu dalam pembahasan ini akan dikemukakan jenis-jenis penelitian berdasarkan tiga tinjauan,yaitu yang merupakan jembatan dan sampai pada penelitian tindakan .Tinjauan pembagian tersebut adalah sebagai berikut:
1.Menurut model penelitiannya,antara lain
a)      Penelitian kuantitatif ,yang dilakukan dengan cara menggambarkan data dalam bentuk angka-angka yang sifatnya kuantitatif ,sehingga dapat digunakan untuk meramalkan kondisi yang lebih luas yaitu populasi,dan masa yang akan datang.
b)      Penelitian kualitatif,yang dilakukan dengan cara lebih mendalam,rinci dan cermat sehingga dapat mengumpulkan data yang sangat lengkap dan dapat menghasilkan informasi yang menunjukkan kualitas sesuatu.
2.Menurut tujuannya ,dibedakan menjadi empat jenis yaitu sebagai berikut:
a)      Penelitian eksploratif yang dilakukan oleh peneliti untuk mengetahui sesuatu dengan cara menggali atau mengeksplor .
b)      Penelitian deskriptif dilakukan oleh peneliti untuk mengumpulkan informasi atau data tentang fenomena yang diteliti.
c)      Penelitian eksprimen adalah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui akibat dari adanya perlakuan yang dengan sengaja dikenakan pada subjek.
d)     Penelitian evaluasi yang dilakukan untuk mengetahui keterlaksanaan suatu kebijakan .
3.Menurut keberadaan atau tersedianya data ,antara lain:
a)      Penelitian eksprimen ,yaitu memunculkan perlakuan atau treatment,jadi data dalam penelitian eksprimen belum tersedia sebelum perlakuan dilakukan.
b)      Penelitian non eksprimen,yaitu penelitian yang dilakukan terhadap data yang sudah ada tanpa ditimbulkan oleh adanya treatment.

                                                             BAB III
                                                           PENUTUP
A.    Simpulan
1.      Penelitian merupakan suatu cara untuk mencari kebenaran secara sistematis tentang suatu masalah  dengan berbagai metode yang dapat digunakan untuk mencari atau mengumpulkan data,mengolah data,menganalisis dan juga menyimpulkannya.
2.      Jenis-Jenis Penelitian antara lain:
            Menurut model penelitiannya,antara lain
1). Penelitian kuantitatif ,yang dilakukan dengan cara menggambarkan data dalam bentuk angka-angka yang sifatnya kuantitatif ,sehingga dapat digunakan untuk meramalkan kondisi yang lebih luas yaitu populasi,dan masa yang akan datang.
2). Penelitian kualitatif,yang dilakukan dengan cara lebih mendalam,rinci dan cermat sehingga dapat mengumpulkan data yang sangat lengkap dan dapat menghasilkan informasi yang menunjukkan kualitas sesuatu.
            Menurut tujuannya ,dibedakan menjadi empat jenis yaitu sebagai berikut:
1). Penelitian eksploratif yang dilakukan oleh peneliti untuk mengetahui sesuatu dengan cara menggali atau mengeksplor .
2). Penelitian deskriptif dilakukan oleh peneliti untuk mengumpulkan informasi atau data tentang fenomena yang diteliti.
3). Penelitian eksprimen adalah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui akibat dari adanya perlakuan yang dengan sengaja dikenakan pada subjek.
4). Penelitian evaluasi yang dilakukan untuk mengetahui keterlaksanaan suatu kebijakan .
            Menurut keberadaan atau tersedianya data ,antara lain:
1). Penelitian eksprimen ,yaitu memunculkan perlakuan atau treatment,jadi data dalam penelitian eksprimen belum tersedia sebelum perlakuan dilakukan.
2). Penelitian non eksprimen,yaitu penelitian yang dilakukan terhadap data yang sudah ada tanpa ditimbulkan oleh adanya treatment.
B. Saran
            Dalam melakukan penelitian baik itu secara kuantitatif,kualitatif maupun jenis penelitian yang lainnya,kita harus berhati-hati dalam melakukannya,baik dalam pemilihan metode,pengumpulan data,pengolahan data maupun menganalisis datanya, agar hasil penelitiannya menjadi akurat dan memuaskan serta bisa dipahami oleh orang lain.
 
                                              DAFTAR PUSTAKA
Aqib,Zainal.2006.Penelitian tindakan kelas.Bandung:YramaWidyadi.
Hadi,Amirul,Haryono.2005.Metodologi penelitian pendidikan.Bandung:Pustaka setia.
Ramayulis,2004.“Pengertian metode penelitian dan jenis-jenis metode penelitian”.
http://www.dedeyahya.com/2012/02/pengertian-metode-penelitian-dan.html.12 oktober 2012.
Syaodih,nana.2005.“Pengertian metode penelitian dan jenis-jenis metode penelitian”.http://www.dedeyahya.com/2012/02/pengertian-metode-penelitian-dan.html.12 oktober 2012.
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar