BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Hasrat ingin
tahu seseorang akan terpuaskan apabila dia memperoleh pengetahuan atau jawaban
terhadap sesuatu yang ingin diketahuinya. Pengetahuan atau jawaban yang
diketahuinya adalah pengetahuan atau jawaban yang benar. Dalam sejarah
perkembangan pola pikir manusia, ternyata yang dikejar itu esensinya adalah
pengetahuan yang benar atau lebih jelasnya kebenaran.
Penelitian
merupakan kegiatan pencarian, percobaan, dan penyelidikan secara alamiah dalam
suatu bidang tertentu. Penelitian bukanlah hanya milik orang yang menekuni atau
menggeluti bidang ilmu murni saja, akan tetapi setiap bidang ilmu dapat
melakukan penelitian. Suatu ilmu akan dapat berkembang secara ilmiah melalui
penelitian. Oleh karena itu barang siapa yang ingin meningkatkan hasil
pekerjaannya, di bidang apapun termasuk pendidikan, maka penelitian sangat
diperlukan.
B.
Rumusan
Masalah
1.
Jelaskan pengertian Metodologi
Penelitian Pendidikan?
2. Sebutkan
dan jelaskan Pengertian Metodologi Penelitian Pendidikan?
3. Sebutkan
dan jelaskan Jenis-jenis Metodologi PenelitianPendidikan ?
BAB II
PEMBAHASAN
4.
Pengertian
Metodologi Penelitian Pendidikan
Penelitian adalah penerapan pendekatan ilmiah dalam mengkaji
suatu masalah. Ini adalah salah satu cara manusia untuk mendapatkan pengetahuan
yang lebih banyak tentang sesuatu yang telah diteliti atau dikaji. Penelitian
Pendidikan adalah cara yang digunakan dan mampu dipertanggung jawabkan tentang
proses pendidikan. Penelitian pendidikan adalah suatu kegiatan yang mengarah
kepada pengembangan perhatian pendidikan. Tujuannya yaitu mampu menemukan
prinsip – prinsip umum, atau menafsirkan tingkah laku yang dapat dipakai untuk
menerangkan atau mengendalikan peristiwa – peristiwa dalam lingkungan
pendidikan. ( Margono, 2012 : 18 )
Menurut Sukmadinata ( 2009 : 52 ) Metodologi atau metode
penelitian adalah rangkaian cara atau suatu pelaksanaan kegiatan penelitian yang
didasari oleh asumsi dasar, pandangan-pandangan filosofis dan ideologis,
pertanyaan dan opini-opini yang dihadapi.
Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa
Metodologi Penelitian Pendidikan adalah rangkaian cara atau kegiatan pelaksanaan
penelitian yang diarahkan kepada pengembangan pengetahuan dalam pengkajian ilmiah
tentang kejadian-kejadian yang menarik pendidikan.
5.
Jenis-jenis
Metodologi PenelitianPendidikan
Jenis-jenis
metodologi penelitian pendidikan dibedakan menjadi dua yaitu :
1. Penelitian
Kualitatif, dan
2. Penelitian
Kuantitatif.
1.
Penelitian
Kualitatif
Ada beberapa pengertian penelitian
kualitatif dari para ahli dan dari berbagai perspektif, diantaranya yaitu :
1. Menurut
Strauss dan Corbin ( 1997 : 11-13 : 2012 ), yang dimaksud dengan penelitian
kualitatif adalah jenis penelitian yang menghasilkan penemuan-penemuan yang
tidak dapat dicapai ( diperoleh ) dengan menggunakan prosedur-prosedur
statistik atau cara-cara lain kuantifikasi ( pengukuran )
2. Menurut
Bodgan dan taylor ( 1992 : 21-22 : 2012 ), menjelaskan bahwa penelitian
kualitatif adalah salah satu prosedur penelitian yang menghasilkan data
diskriptif berupa ucapan atau tulisan dan perilaku orang-orang yang diamati
3. Judith
Preissle berpendapat bahwa “ Qualitative research is a loosely devined category
of research designs or models, all of which elicit verbal, visual, tactile,
olfactory, and gustatory in the field notes, recordings, or other
transcriptions from audio and videotapes and other written records and pictures
or films.”( Sukmadinata : 2010)
Dari berbagai pengertian diatas dapat
disimpulkan bahwa penelitian kualitatif adalah jenis penelitian yang mengarah
kepada pengembangan sebuah teori atau bahan pencipta teori dan menganalisis sebuah
permasalahan dengan peneliti sebagai alat penelitiannya. Maksud peneliti
sebagai alat penelitian yaitu peneliti harus mampu mengungkap gejala social
dilapangan dengan mengarahkan seluruh fungsi panca inderanya.
Dengan demikian, peneliti harus dapat diterima oleh responden dan
lingkungannyaagar mampu mengungkap data yang tersembunyi melalui bahasa tutur,
bahasa tubuh, perilaku maupun ungkapan yang berkembang dalam dunia dan
lingkungan masyarakat.
Adapun ciri-ciri dari penelitian Kualitatif
yaitu :
1. Lingkungan
yang bersifat alamiah sebagai sumber data langsung yang dapat dikaji
2. Manusia
merupakan alah utama pengumpulan data
3. Analisis
data dilakukan secara induktif atau proses penyelesaian dari hal-hal khusus ke
umum
4. Penelitian
bersifat deskriptif analitik
5. Tekanan
penelitian berada pada proses
6. Pembatasan
penelitian berdasarkan focus
7. Perencanaan
bersifat lentur dan terbuka
8. Hasil
penelitian merupakan kesepakatan bersama
9. Pembentukan
teori berasal dari dasar
10. Pendekatan
penelitian menggunakan metode kualitatif
11. Teknik
sampling cenderung bersifat purposive
12. Penelitian
bersifat menyeluruh ( holistic )
13. Makan
sebagai perhatian utama penelitian ( Margono, 2012 : 38 )
2.
Penelitian
Kuantitatif
Penelitian kuantitatif adalah
penelitian ilmiah yang sistematis atau tersusun secara rapi terhadap
bagian-bagian dan bagian-bagian serta hubungan-hubungannya. Tujuan penelitian
kuantitatif adalah mengembangkan dan menggunakan model-model matematis, menentukan
jawaban sementara.
“ Dalam penelitian kuantitatif digunakan istilah sciensific
paradigm ( paradigm ilmiah). Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang
melibatkan pengukuran tingkatan suatu cirri tertentu. Penelitian kuantitatif
mencakup seiap jenis penelitian yang didasarkan atas perhitungan presentase, rata- rata
kuadrat dan perhitungan statistic lainnya . dengan kata lain ciri penelitian
kuantitatif adalah penelitian yang harus melibatkan diri pada perhitungan atau
angka-angka.”( Yulianto : 2010 )
3.
Perbedaan
Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif
Di dalam penelitian kualitatif dan
kuantitatif memiliki perbedaan yang bersifat mendasar. Meskipun juga memiliki
beberapa persamaan. Berikut ini adalah beberapa perbandingan singkat dan secara
garis besar perbedaan dan persamaan antar keduanya :
1. Penelitian kualitatif, kejelasan unsure
: tujuan pendekatan subjek sumber data sudah mantap dan tersusun secara sistematis
sejak awal, sedangkan Penelitian
Kuantitatif, kejelasan unsure : contoh objek sumber data tidak mantap dan tidak tersusun secara sistematis, dan
perkembangan yang sambil berjalan
2.
Penelitian
kualitatif, langkah penelitian : segala sesuatu yang direncanakan sampai
matang ketika persiapan tersusun secara sistematis. Sedangkan Penelitian kuantiitatif , langkah penelitian : akan
diketahui bila sudah mantap dan jelas setelah penelitian atau pengkajian sudah
terselesaikan
3.
Penelitian
kualititatif, desain : dalam desain jelas langkah-langkah penelitian dan
hasil yang diinginkan. Sedangkan penelitian
kuantitatif, desain : desain penelitiannya adalah fexibel dengan langkah-langkah
dan hasil yang dapat dipastikan sebelumnya.( Yulianto : 2010 )
BAB III
PENUTUP
A.
Simpulan
Penelitian kualitatif adalah jenis
penelitian yang mengarah kepada pengembangan sebuah teori atau bahan pencipta
teori dan menganalisis sebuah permasalahan dengan peneliti sebagai alat
penelitiannya. Maksud peneliti sebagai alat penelitian yaitu peneliti harus
mampu mengungkap gejala social dilapangan dengan mengarahkan seluruh fungsi
panca inderanya.
Penelitian kuantitatif adalah
penelitian ilmiah yang sistematis atau tersusun secara rapi terhadap
bagian-bagian dan bagian-bagian serta hubungan-hubungannya. Tujuan penelitian
kuantitatif adalah mengembangkan dan menggunakan model-model matematis,
menentukan jawaban sementara. Di dalam penelitian kualitatif dan kuantitatif
memiliki perbedaan yang bersifat mendasar. Meskipun juga memiliki beberapa
persamaan.
Jenis-jenis metodologi penelitian pendidikan
dibedakan menjadi dua yaitu :
3. Penelitian
Kualitatif, dan
4. Penelitian
Kuantitatif.
Di dalam penelitian kualitatif dan
kuantitatif memiliki perbedaan yang bersifat mendasar. Meskipun juga memiliki
beberapa persamaan yaitu :
4. Penelitian kualitatif, kejelasan unsure
: tujuan pendekatan subjek sumber data sudah mantap dan tersusun secara sistematis
sejak awal, sedangkan Penelitian
Kuantitatif, kejelasan unsure : contoh objek sumber data tidak mantap dan tidak tersusun secara sistematis, dan
perkembangan yang sambil berjalan
5.
Penelitian
kualitatif, langkah penelitian : segala sesuatu yang direncanakan sampai
matang ketika persiapan tersusun secara sistematis. Sedangkan Penelitian kuantiitatif , langkah penelitian : akan
diketahui bila sudah mantap dan jelas setelah penelitian atau pengkajian sudah
terselesaikan
6.
Penelitian
kualititatif, desain : dalam desain jelas langkah-langkah penelitian dan
hasil yang diinginkan. Sedangkan penelitian
kuantitatif, desain : desain penelitiannya adalah fexibel dengan
langkah-langkah dan hasil yang dapat dipastikan sebelumnya.
B.
Saran
Sebagai manusia biasa yang penuh dengan
kesalahan, tentunya didalam Makalah ini yang saya buat memiliki banyak
kekurangan. Untuk itulah kritik dan saran saya harapkan demi membantu kemajuan
secara menyeluruh. Bila terdapat banyak kekurangan dalam makalah ini, itu semua
karena ketidak sempurnaan kita sebagai manusia yang tak luput dari kesalahan.
DAFTAR PUSTAKA
Margogo.2007
Metodologo Penelitian Pendidikan ( 15 Oktober 2012 )
Sukmadinata, pengertian metodologi www.blog.unnes.ac.id (15 oktober 2012 )
Strauss, Corbin, Bodgan, taylor, Preissle, www.awandragon.blogspot.com (15
oktober 2012 ) penelitian kualitatif
Yulianto.2010 penelitian kuantitatif www.pendidikan.blogspot.com (15
Oktober 2012 )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar