Selasa, 06 November 2012

Tugas 1 (Pengertian Metodologi Penelitian Pendidikan dan Jenis-Jenis Penelitian

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik. Shalawat serta salam senantiasa tercurahkan kepada Nabi kita Nabi Muhammad SAW.
Makalah yang saya susun ini, berisi tentang pengertian metodologi penelitian pendidikan dan jenis-jenis penelitian, semoga makalah ini sangat bermanfaat bagi para pendidik untuk menambah wawasan khususnya dalam bidang penelitian.
Penulisan makalah ini tidak luput dari hambatan dan kesulitan bila tanpa bimbingan, dorongan, saran, kritik dan bantuan dari berbagai pihak yang berkaitan dengan penulisan makalah ini. Untuk itu pada kesempatan kali ini saya mengucapkan rasa terima kasih bagi semua pihak yang telah membantu, atas bantuan baik materil dan moril sehingga makalah ini dapat terselesaikan.
Semoga Allah senantiasa membalas kebaikan mereka dan senantiasa melimpahakan pahala yang sebesar – besarnya. Harapan penulis semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi semua pihak, baik masa kini maupun masa akan datang. Kritik dan saran yang bersifat membangun dari para pembaca sangat diharapkan.
                                                                                   
                                                                                       Makassar, 18 Oktober 2012


                                                                                                       Penulis







 
DAFTAR ISI

Halaman Sampul…………...……………………………………………
Kata Pengantar…………………………………………………………
Daftar Isi ………………………………………………………………….
i
ii
iii
Bab I
Pendahuluan………………...……………………………….
A.    Latar Belakang…………………………………………………..
B.     Rumusan Masalah……………………………………………….
1
1
1
Bab II
Pembahasan……………………………………………………...
A.    Pengertian Metodologi Penelitian Pendidikan…………………..
B.     Jenis-Jenis Penelitian…………………………………………….
2
2
3
Bab III
Penutup…………………………………………………………….
6

A.
Kesimpulan…………………………………………
6

B.
Saran………………………. …………….................................
7
DAFTAR PUSTAKA…………………………………………………………….  8


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Penelitian merupakan salah satu hal terpenting dalam dunia pendidikan. Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa seorang mahasiswa dapat menyelesaikan studi akhirnya jika ia telah melakukan penelitian. Tidak hanya mahasiswa yang melakukan penelitian,dosen pun juga melakukan penelitian, baik yang sifatnya mandiri ataupun yang bersifat kolaboratif.
Saat ini banyak kita lihat mahasiswa ataupun dosen yang melakukan penelitian di kelas, di perpustakan,dan di laboratorium. Sebagai seorang mahasiswa, jika kita ingin melakukan penelitian dalam bidang pendidikan, kita harus mengetahui terlebih dahulu metodologi penelitian yang akan kita gunakan dan jenis-jenis penelitian apa yang ingin kita lakukan. Misalnya,kita ingin melakukan penelitian tindakan kelas, maka kita harus mengetahui bahwa penelitian tindakan kelas itu termasuk dalam jenis penelitian berdasarkan sifat-sifat masalahnya.
Untuk lebih memahami apa itu metodologi penelitian dan jenis-jenis penelitian pendidikan akan dijelaskan pada pembahasan.
B.     Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah dalam makalah ini adalah:
1.      Apakah sebenarnya pengertian metodologi penelitian pendidikan?
2.      Bagaimanakah jenis-jenis penelitian berdasarkan sifat-sifat masalahnya?
                                                           





BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Metodologi Penelitian Pendidikan
Metodologi berasal dari dua kata,yaitu “Methodos” dan “Logos”.Secara etimologis “Methodos” berarti cara atau teknik dan “Logos” artinya ilmu.Jadi, metodologi merupakan ilmu tentang cara atau teknik untuk melakukan sesuatu. ( Rianto:2010 )
Sedangkan penelitian berasal dari bahasa Inggris, yaitu “Research”. Kata “Re” artinya kembali dan kata “Search” artinya mencari. Jadi, penelitian atau riset artinya mencari kembali.( Hadi,dkk.1998:9 )
Menurut David H.Penny dalam Narbuko,dkk ( 2012:1 ), penelitian adalah kegiatan menyelidiki berbagai jenis masalah yang dilakukan secara sistematis dan logis dengan mengumpulkan dan menafsirkan fakta-fakta untuk memperoleh pemecahannya. Sistematis,artinya dilaksanakan secara runtut sesuai dengan prosedur ilmiah sedangkan logis, artinya sesuai dengan logika berpikir ilmiah dan didukung teori.
J.Suprapto dalam Hadi,dkk  ( 1998:10 ), penelitian adalah percobaan yang dilakukan secara ilmiah dalam suatu bidang ilmu tertentu untuk mendapatkan prinsip-prinsip baru.
Selain itu,penelitian dapat diartikan sebagai suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang untuk menemukan,mengembangkan,dan membuktikan kebenaran suatu pengetahuan.
“Penelitian pendidikan adalah suatu proses atau kegiatan yang dilakukan secara sistematis, logis, dan berencana untuk mengumpulkan, mengolah, menganalisis dan menyimpulkan data dengan menggunakan metode tertentu untuk mencari jawaban atas permasalahan yang timbul dalam bidang pendidikan”.                       ( Hadi,1998:12 )
·         Dilakukan secara sistematis, artinya sesuai dengan prosedur ilmiah.
·         Logis, artinya logika berpikir ilmiah dan didukung teori.
·         Berencana, artinya dirancang dengan sengaja.
Berdasarkan pengertian di atas,maka dapat dikemukakan bahwa metode penelitian pendidikan dapat diartikan sebagai “cara ilmiah untuk mendapatkan data yang valid dengan tujuan dapat ditemukan,dikembangkan, dan dapat dibuktikan suatu pengetahuan tertentu sehingga pada gilirannya dapat digunakan untuk memahami,memecahkan, dan mengantisipasi masalah dalam bidang pendidikan”. ( Sugiono dalam Rianto:2010 )
B.     Jenis-Jenis Penelitian Pendidikan
Jenis-jenis penelitian menurut sifat-sifat masalahnya,antara lain:
1.      Penelitian Historis ( Historical Research )
Penelitian historis berhubungan dengan aspek yang berlangsung di masa lampau. Penelitian historis dapat dilakukan dengan mengumpulkan data dari seorang individu yang hidup pada masa itu dengan cara menginterview individu tersebut. Selain itu, data juga dapat diperoleh melalui penelitian dokumen. ( Sofa:2011 )
Penelitian historis bertujuan untuk membuat rekonstruksi yang terjadi pada masa lampau yang dilakukan secara sistematis dan objektif. ( Hadi,dkk.1998:50 )
2.      Penelitian Deskriptif ( Descriptive Research )
Penelitian deskriptif merupakan penelitian yang memberikan gambaran terhadap suatu gejala, peristiwa, dan kejadian actual yang terjadi saat sekarang yang dilakukan secara sistematis dan cermat. Tujuan penelitian deskriptif adalah untuk memperoleh pemecahan mengenai masalah-masalah yang tengah dihadapi saat ini. ( Hadi dkk,1998:50 )
3.      Penelitian Perkembangan ( Development Research )
Penelitian perkembangan adalah penelitian yang bertujuan untuk mencari tahu bentuk dan urutan pertumbuhan dan perubahan sebagai fungsi waktu. ( Dompet:2012 )
4.      Penelitian Kasus dan Penelitian Lapangan ( Case Study and Field Research )
Penelitian kasus dan penelitian lapangan merupakan penelitian yang bertujuan untuk mempelajari secara intensif dan terperinci tentang latar belakang keadaan sekarang yang dipermasalahkan dengan memusatkan perhatian penuh. ( Narbuko,dkk.2012:46 )
Alat yang dipergunakan dalam penelitian ini berisi tentang pedoman interview yang dapat berkembangsesuai dengan situasi yang ada di lapangan. ( Prasetyo,dkk.2008:49-50 )
5.      Penelitian Korelasional ( Correlational Research )
Tujuan penelitian korelasional adalah untuk menganalisis tingkat keterkaitan anatara variasi suatu factor dengan variasi lain sesuai dengan koefisien korelasi. ( Sofa:2011 )
6.      Penelitian Kausal Komparatif ( Causal Comparative Research )
Penelitian kausal komparatif merupakan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis kemungkinan hubungan sebab-akibat yang dilakukan dengan observasi terhadap suatu data dari factor yang diduga menjadi penyebab gejala yang diselidiki setelah peristiwa yang dipermasalahkan telah terjadi.Penelitian kausal komparatif memiliki persamaan dengan penelitian eksperimen. ( Hadi,dkk.1998:52 )
7.      Penelitian Eksperimental Sungguhan ( True Experimental Research )
Penelitian eksperimental sungguhan bertujuan untuk mencari kemungkinan hubungan sebab akibat dengan melakukan kontrol secara ketat. Kontrol yang dimaksud adalah tindakan yang dilakukan untuk mengatasi gejala yang akan muncul. ( Wibowo:2012 )
8.      Penelitian Eksperimental Semu ( Quasi Experimental Research )
Penelitian eksperimental semu merupakan penelitian yang hanya dapat mengontrol beberapa variable saja. Di dalam penelitian ini si peneliti tidak dapat menggunakan kontrol secara ketat. ( Dompet:2012 )
9.      Penelitian Tindakan ( Action Research )
Penelitian tindakan adalah penelitian yang bertujuan untuk mengadakan suatu perbaikan terhadap suatu kinerja yang dilaksanakan. salah satu contoh penelitian adalah penelitian tindakan kelas. ( Sanjaya,2009:25 )


BAB III
PENUTUP
A.    Simpulan
1.      Penelitian pendidikan adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara ilmiah dengan menggunakan suatu metode tertentu untuk mencari jawaban tertentu untuk mencari jawaban atas masalah yang timbul dalam bidang pendidikan.
2.      Jenis-Jenis Penelitian Pendidikan
Jenis-jenis penelitian menurut sifat-sifat masalahnya,antara lain:
a)      Penelitian Historis ( Historical research )
b)      Penelitian Deskriptif ( Descriptive research )
c)      Penelitian Perkembangan ( Development research )
d)     Penelitian Kasus dan Penelitian Lapangan ( Case Study and Field Research )
e)      Penelitian Korelasional ( Correlational Research )
f)       Penelitian Kausal Komparatif ( Causal Comparative Research )
g)      Penelitian Eksperimental Sungguhan ( True Experimental Research )
h)      Penelitian Experimental Semu ( Quasi Experimental Research )
i)        Penelitian Tindakan ( Action Research )




B.     Saran
Sebagai seorang mahasiswa kita harus mengetahui metodologi penelitian pendidikan dan jenis jenis penelitian pendidikan, sehingga kelak kita mampu merancang suatu penelitian yang sesuai dengan prosedur ilmiah.
Dalam hal penyusunan,makalah ini tentunya masih jauh dari kesempurnaan.Hal ini disebabkan karena segala keterbatasan yang dimiliki oleh penyusun. Oleh karena itu,penyusun mengharapkan segala kritik dan saran dari berbagai pihak untuk perbaikan dan kelengkapan makalah ini.




















DAFTAR PUSTAKA

Dompet. 2012. Macam-Macam Metode Penelitian. http://omdompet.blogspot.com /2012/07/macam-macam-metode-penelitian.html. Di akses 15 Oktober 2012

Hadi, Amirul dan Haryono. 1998. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Narbuko, Cholid dan Abu Achmadi. 2012. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Prasetyo, Bambang dan Lina Miftahul Jannah. 2008.Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Rianto, Slamet. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. http://mbegedut.blogspot.com /2010/11/metode-penelitian-pendidikan.html.11 Oktober 2012

Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sofa, Pakde. 2011. Jenis-Jenis Penelitian Pendidikan. http://belajarpsikologi.com /pendekatan-jenis-dan-metode-penelitian pendidikan/.15 Oktober 2012

Wibowo,Teguh.2012 .Jenis-Jenis Metode Penelitian Pendidikan.               http://sinau-ok.blogspot.com/2012/01/jenis-jenis-penelitianpendidikan.html.15 Oktober 2012


























                                                                                                                                                                             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar