KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat
Tuhan Yang Maha Esa karena berkat dan rahmat-Nya sehingga penulis bisa
menyelesaikan makalah yang berjudul “METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN”. Dalam
penyusunan makalah ini penulis telah berusaha semaksimal mungkin sesuai dengan
kemampuan penulis. Namun sebagai manusia biasa, penulis tidak luput dari
kesalahan dan kekhilafan baik dari segi tekhnik penulisan maupun tata bahasa.
Tetapi walaupun demikian penulis berusaha sebisa mungkin menyelesaikan makalah
ini meskipun tersusun sangat sederhana.
Kami menyadari tanpa kerja sama antara
dosen pembimbing dan penulis serta beberapa kerabat yang memberi berbagai
masukan yang bermanfaat bagi penulis demi tersusunnya makalah ini. Untuk itu
penulis mengucapakan terima kasih kepada pihak yang tersebut diatas yang telah
bersedia meluangkan waktunya untuk memberikan arahan dan saran demi kelancaran
penyusunan makalah ini .
Demikian semoga makalah ini dapat
bermanfaat bagi penulis dan para pembaca pada umumnya. Kami mengharapkan saran
serta kritik dari berbagai pihak yang bersifat membangun.
Makassar, 17 Oktober 2012
PENULIS
DAFTAR ISI
Halaman
Judul................................................................................................................. i
Kata
Pengantar................................................................................................................ ii
Daftar
isi.......................................................................................................................... iii
Bab
I Pendahuluan
A.
Latar Belakang................................................................................................ 1
B. Rumusan
Masalah........................................................................................... 1
Bab
II Pembahasan
A. Pengertian
Metodologi Penelitian Pendidikan................................................ 2
B. Jenis-Jenis
Metodologi Penelitian Pendidikan.................................................. 3
Bab
III Penutup
A. Kesimpulan....................................................................................................... 6
B. Saran................................................................................................................. 6
DAFTAR
PUSTAKA..................................................................................................... 7
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Dalam
mengumpulkan data yang akurat kita harus melakukan yang namanya penelitian. Penelitian berhubungan erat dengan prosedur, teknik, alat,
serta desain penelitian yang digunakan. Desain
penelitian harus cocok dengan pendekatan penelitian yang dipilih. Prosedur, teknik, serta alat yang digunakan
dalam penelitian harus cocok pula dengan metode penelitian yang ditetapkan.
Dalam melakukan penelitian, orang
dapat menggunakan berbagai macam metode. Keputusan mengenai metode yang akan
dipakai akan tergantung kepada tujuan, pendekatan, bidang ilmu, tempat, sifat
masalah yang digarap dan alternatif yang mungkin digunakan.
Di dalam makalah ini akan dibahas
mengenai pengertian metodologi penelitian pendidikan dan jenis-jenis metodologi
penelitian yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
B.
Rumusan
Masalah
Adapun rumusan
masalahnya yaitu sebagai berikut:
1. Apa
itu metodologi penelitian pendidikan?
2. Jelaskan
jenis-jenis metodologi penelitian pendidikan?
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
PENGERTIAN
METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN
Metode
berasal dari bahasa Yunani yaitu methodos yang berarti cara atau menuju
suatu jalan. Metode merupakan suatu kegiatan yang berkaitan dengan cara kerja
yang sistematis untuk memahami objek
penelitian, sebagai upaya untuk menemukan jawaban yang dapat dipertanggung
jawabkan secara ilmiah dan termasuk keasliannya (Ruslan dalam Semy:2003).
Metodologi
adalah ilmu yang digunakan penelusuran dengan tata cara tertentu dalam
menemukan kebenaran, tergantung dari realitas yang sedang dikaji (Mitha:12).
Penelitian
adalah usaha untuk memecahkan suatu masalah dalam pengetahuan, yang dilakukan
dengan metode-metode ilmiah ( Hadi dalam Semy:2007)
Penelitian dapat diartikan sebagai semua
kegiatan ilmiah dalam suatu bidang tertentu untuk mendapatkan fakta-fakta baru
yang bertujuan untuk mendapatkan pengertian yang baru (Hadi dan Haryono dalam
Riyanto:1998).
Menurut Kerlinger dalam Sukardi (1986:4) penelitian adalah
proses yang dilakukan untuk memenuhi karakteristik sistematis, terkontrol,
empiris, dan mendasarkan pada teori dan hipotesis. Beberapa karakteristik ini
sengaja ditekankan agar kegiatan ini berbeda dengan kegiatan professional
lainnya. Penelitian berbeda dengan kegiatan yang menyangkut tugas-tugas
wartawan karena tidak dilengkapi dengan karakteristik pada teori yang ada dan
tidak relevan secara intensif dan terkontrol dalam pelaksanaannya.
Penelitan pendidikan adalah suatu kegiatan yang
dilakukan untuk mengumpulkan, mengolah, menganalisis dan menyimpulkan data
secara sistematis dengan menggunakan metode tertentu untuk mencari jawaban atas
permasalahan yang timbul dalam bidang pendidikan. (Hadi dalam Riyanto:1998)
Berdasarkan uraian diatas maka dapat dikemukakan bahwa “metode penelitian pendidikan adalah
sebagai cara ilmiah untuk mendapatkan data yang valid dengan tujuan dapat di
temukan, dikembangkan, dan dapat dibuktikan, suatu pengetahuan tertentu
sehingga pada gilirannya dapat digunakan untuk memahami, memecahkan dan
mengantisipasi masalah dalam bidang pendidikan”. (Sugiono dalam Riyanto:2009)
B.
JENIS-JENIS METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN
Banyaknya
jenis metode penelitian
banyak dikemukkakan oleh para ahli, dilandasi oleh adanya perbedaan pandangan
dalam menetapkan masing-masing metode. Tetapi di dalam makalah ini akan
membahas secara singkat beberapa metode penelitian
sederhana yang sering digunakan dalam penelitian pendidikan(Admin:2012) yaitu sebagai berikut:
1.
Penelitian Deskriptif
Penelitian
deskriptif
adalah
metode penelitian yang berusaha menggambarkan suatu gejala, peristiwa, kejadian
yang terjadi saat sekarang. Penelitian deskriptif memusatkan perhatian yang ada
pada masalah-masalah actual pada saat penelitian berlangsung. Melalui
penelitian deskriptif, peneliti berusaha menggambarkan peristiwa dan
kejadian tanpa memberikan perlakukan
khusus terhadap peristiwa tersebut. Variabel yang diteliti bisa tunggal (satu
variabel) bisa juga lebih dan satu variable (Admin:2012).
2.
Studi Kasus
Penelitian
studi kasus adalah sebuah metoda penelitian yang secara khusus menyelidiki peristiwa yang
terdapat dalam kehidupan nyata, yang
dilaksanakan ketika batasan-batasan antara fenomena dan konteksnya belum jelas,
dengan menggunakan berbagai sumber data (Penelitian
Studi Kasus:2003).
3. Penelitian Survei
Penelitian
survei banyak digunakan untuk pemecahan masalah-masalah pendidikan
termasuk kepentingan perumusan kebijaksanaan pendidikan. Tujuan utamanya adalah
mengumpulkan data atau informasi tentang keadaan suatu objek tertentu
(Admin:2012).
4.
Penelitian Eksperimen
“Menurut Solso & MacLin dalam navelmangelep
(2002), penelitian eksperimen adalah suatu penelitian yang di dalamnya
ditemukan minimal satu variabel yang dimanipulasi untuk mempelajari hubungan
sebab-akibat. Oleh karena itu, penelitian eksperimen erat kaitanya dalam
menguji suatu hipotesis dalam rangka mencari pengaruh, hubungan, maupun
perbedaan perubahan terhadap kelompok yang dikenakan perlakuan”.
5. Penelitian Tindakan
Penelitian
Tindakan adalah cara seseorang atau
suatu kelompok dalam mnengorganisasikan pengalaman yang mereka alami sehingga
mereka dapat mempelajari pengalaman itu atau membuat pengalamannya dapat ditiru
atau dipelajari oleh orang lain (Sukardi,2003:210).
BAB
III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dari
pembahasan diatas dapat disimpulkan yaitu sebagai berikut:
1.
Metode penelitian pendidikan adalah sebagai cara ilmiah untuk
mendapatkan data yang valid dengan tujuan dapat di temukan, dikembangkan, dan
dapat dibuktikan, suatu pengetahuan tertentu sehingga pada gilirannya dapat
digunakan untuk memahami, memecahkan dan mengantisipasi masalah dalam bidang
pendidikan. (Sugiono dalam Riyanto, 2009: 6)
2.
Jenis-jenis penelitian yang sering
digunakan dalam kehidupan sehari-hari yaitu penelitian deksriptif, studi kasus,
penelitian survey, penelitian eksperimen, dan penelitian tindakan (Admin:2012)
B.
Saran
Di dalam memulai suatu penelitian kita
terlebih dahulu harus mengetahui jenis-jenis yang cocok digunakan pada
penelitian yang akan kita buat. Kemudian mengumpulkan informasi atau peristiwa
yang ada kaitannya dengan penelitian itu.
DAFTAR PUSTAKA
Semy, Ana. 2011. Macam-macam
Metode Penelitian. http://wacanakeilmuan.blogspot.com/2011/01/macam-macam-metode-penelitian.html.
14 oktober 2012.
Mitha. 2012. Pengertian Metode dan Metodologi Penelitian Pendidikan dan Perbedaannya.
http://contohskripsi-makalah.blogspot.com/2012/06/apa-yang-dimaksud-metode-dan-metodologi-penelitian-dan-perbedaannya.html.
16 oktober 2012.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar