Selasa, 06 November 2012

Tugas 1 (Pengertian Metodologi Penelitian Pendidikan dan Jenis- Jenis Penelitian)


KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat dan rahmat-Nya sehingga penulis bisa menyelesaikan makalah yang berjudul “METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN”. Dalam penyusunan makalah ini penulis telah berusaha semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuan penulis. Namun sebagai manusia biasa, penulis tidak luput dari kesalahan dan kekhilafan baik dari segi tekhnik penulisan maupun tata bahasa. Tetapi walaupun demikian penulis berusaha sebisa mungkin menyelesaikan makalah ini meskipun tersusun sangat sederhana.
Kami menyadari tanpa kerja sama antara dosen pembimbing dan penulis serta beberapa kerabat yang memberi berbagai masukan yang bermanfaat bagi penulis demi tersusunnya makalah ini. Untuk itu penulis mengucapakan terima kasih kepada pihak yang tersebut diatas yang telah bersedia meluangkan waktunya untuk memberikan arahan dan saran demi kelancaran penyusunan makalah ini .
Demikian semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis dan para pembaca pada umumnya. Kami mengharapkan saran serta kritik dari berbagai pihak yang bersifat membangun.

Makassar, 17  Oktober 2012

                                                                                                            PENULIS





DAFTAR ISI
Halaman Judul.................................................................................................................          i
Kata Pengantar................................................................................................................          ii
Daftar isi..........................................................................................................................          iii
Bab I Pendahuluan
A.    Latar Belakang................................................................................................          1
B.     Rumusan Masalah...........................................................................................          1
Bab II Pembahasan
A.    Pengertian Metodologi  Penelitian Pendidikan................................................          2
B.     Jenis-Jenis Metodologi Penelitian Pendidikan..................................................          3
Bab III Penutup
A.    Kesimpulan.......................................................................................................          6
B.     Saran.................................................................................................................          6
DAFTAR PUSTAKA.....................................................................................................          7




BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Dalam mengumpulkan data yang akurat kita harus melakukan yang namanya penelitian. Penelitian berhubungan erat dengan prosedur, teknik, alat, serta desain penelitian yang digunakan. Desain penelitian harus cocok dengan pendekatan penelitian yang dipilih. Prosedur, teknik, serta alat yang digunakan dalam penelitian harus cocok pula dengan metode penelitian yang ditetapkan.
Dalam melakukan penelitian, orang dapat menggunakan berbagai macam metode. Keputusan mengenai metode yang akan dipakai akan tergantung kepada tujuan, pendekatan, bidang ilmu, tempat, sifat masalah yang digarap dan alternatif yang mungkin digunakan.
Di dalam makalah ini akan dibahas mengenai pengertian metodologi penelitian pendidikan dan jenis-jenis metodologi penelitian yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
B.     Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalahnya yaitu sebagai berikut:
1.      Apa itu metodologi penelitian pendidikan?
2.      Jelaskan jenis-jenis metodologi penelitian pendidikan?


BAB II
PEMBAHASAN

A.    PENGERTIAN METODOLOGI  PENELITIAN PENDIDIKAN

Metode berasal dari bahasa Yunani yaitu methodos yang berarti cara atau menuju suatu jalan. Metode merupakan suatu kegiatan yang berkaitan dengan cara kerja yang sistematis untuk memahami  objek penelitian, sebagai upaya untuk menemukan jawaban yang dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah dan termasuk keasliannya (Ruslan dalam Semy:2003).
Metodologi adalah ilmu yang digunakan penelusuran dengan tata cara tertentu dalam menemukan kebenaran, tergantung dari realitas yang sedang dikaji (Mitha:12).
Penelitian adalah usaha untuk memecahkan suatu masalah dalam pengetahuan, yang dilakukan dengan metode-metode ilmiah ( Hadi dalam Semy:2007)
Penelitian dapat diartikan sebagai semua kegiatan ilmiah dalam suatu bidang tertentu untuk mendapatkan fakta-fakta baru yang bertujuan untuk mendapatkan pengertian yang baru (Hadi dan Haryono dalam Riyanto:1998).
Menurut Kerlinger dalam Sukardi (1986:4) penelitian adalah proses yang dilakukan untuk memenuhi karakteristik sistematis, terkontrol, empiris, dan mendasarkan pada teori dan hipotesis. Beberapa karakteristik ini sengaja ditekankan agar kegiatan ini berbeda dengan kegiatan professional lainnya. Penelitian berbeda dengan kegiatan yang menyangkut tugas-tugas wartawan karena tidak dilengkapi dengan karakteristik pada teori yang ada dan tidak relevan secara intensif dan terkontrol dalam pelaksanaannya.
Penelitan pendidikan adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengumpulkan, mengolah, menganalisis dan menyimpulkan data secara sistematis dengan menggunakan metode tertentu untuk mencari jawaban atas permasalahan yang timbul dalam bidang pendidikan. (Hadi dalam Riyanto:1998)
Berdasarkan uraian diatas maka dapat dikemukakan bahwa “metode penelitian pendidikan adalah sebagai cara ilmiah untuk mendapatkan data yang valid dengan tujuan dapat di temukan, dikembangkan, dan dapat dibuktikan, suatu pengetahuan tertentu sehingga pada gilirannya dapat digunakan untuk memahami, memecahkan dan mengantisipasi masalah dalam bidang pendidikan”. (Sugiono dalam Riyanto:2009)

B.     JENIS-JENIS METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN

Banyaknya jenis metode penelitian banyak dikemukkakan oleh para ahli, dilandasi oleh adanya perbedaan pandangan dalam menetapkan masing-masing metode. Tetapi di dalam makalah ini akan membahas secara singkat beberapa metode penelitian sederhana yang sering digunakan dalam penelitian pendidikan(Admin:2012) yaitu sebagai berikut:

1.      Penelitian Deskriptif

Penelitian deskriptif adalah metode penelitian yang berusaha menggambarkan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi saat sekarang. Penelitian deskriptif memusatkan perhatian yang ada pada masalah-masalah actual pada saat penelitian berlangsung. Melalui penelitian deskriptif, peneliti berusaha menggambarkan peristiwa dan kejadian  tanpa memberikan perlakukan khusus terhadap peristiwa tersebut. Variabel yang diteliti bisa tunggal (satu variabel) bisa juga lebih dan satu variable (Admin:2012).

2.      Studi Kasus

Penelitian studi kasus adalah sebuah metoda penelitian yang secara khusus menyelidiki peristiwa yang terdapat dalam  kehidupan nyata, yang dilaksanakan ketika batasan-batasan antara fenomena dan konteksnya belum jelas, dengan menggunakan berbagai sumber data (Penelitian Studi Kasus:2003).

3.      Penelitian Survei

Penelitian survei banyak digunakan untuk pemecahan masalah-masalah pendidikan termasuk kepentingan perumusan kebijaksanaan pendidikan. Tujuan utamanya adalah mengumpulkan data atau informasi tentang keadaan suatu objek tertentu (Admin:2012).

4.      Penelitian Eksperimen

“Menurut Solso & MacLin dalam navelmangelep (2002), penelitian eksperimen adalah suatu penelitian yang di dalamnya ditemukan minimal satu variabel yang dimanipulasi untuk mempelajari hubungan sebab-akibat. Oleh karena itu, penelitian eksperimen erat kaitanya dalam menguji suatu hipotesis dalam rangka mencari pengaruh, hubungan, maupun perbedaan perubahan terhadap kelompok yang dikenakan perlakuan”.

5.      Penelitian Tindakan

Penelitian Tindakan adalah cara seseorang  atau suatu kelompok dalam mnengorganisasikan pengalaman yang mereka alami sehingga mereka dapat mempelajari pengalaman itu atau membuat pengalamannya dapat ditiru atau dipelajari oleh orang lain (Sukardi,2003:210).





BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan

Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan yaitu sebagai berikut:

1.      Metode penelitian pendidikan adalah sebagai cara ilmiah untuk mendapatkan data yang valid dengan tujuan dapat di temukan, dikembangkan, dan dapat dibuktikan, suatu pengetahuan tertentu sehingga pada gilirannya dapat digunakan untuk memahami, memecahkan dan mengantisipasi masalah dalam bidang pendidikan. (Sugiono dalam Riyanto, 2009: 6)
2.      Jenis-jenis penelitian yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari yaitu penelitian deksriptif, studi kasus, penelitian survey, penelitian eksperimen, dan penelitian tindakan (Admin:2012)

B.     Saran
Di dalam memulai suatu penelitian kita terlebih dahulu harus mengetahui jenis-jenis yang cocok digunakan pada penelitian yang akan kita buat. Kemudian mengumpulkan informasi atau peristiwa yang ada kaitannya dengan penelitian itu.



DAFTAR PUSTAKA

Riyanto, Selamet. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. http://mbegedut.blogspot.com/2010/11/metode-penelitian-pendidikan.html. 14 oktober 2011.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta. PT Bumi Aksara.

Admin. 2012. Pendekatan, Jenis dan Metode Penelitian Pendidikan. http://belajarpsikologi.com/pendekatan-jenis-dan-metode-penelitian-pendidikan/. 16 oktober 2012.

Penelitian Studi Kasus. http://penelitianstudikasus.blogspot.com/2009/03/pengertian-penelitian-studi-kasus.html.  17 oktober 2012.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar