KATA
PENGANTAR
Assalamu Alaikum
Warahmatullahi Wabarakatuh
Dengan mengucap syukur kepada Allah
Swt, saya dapat menyelesaikan makalah ini sebagai bentuk tugas dari Metodologi
Penilitian Pendidikan.
Dalam makalah ini dapat disajikan
materi-materi yang saya rangkum dari referensi yang baik, materi yang termuat
dari makalah ini diharapkan dapat bermanfaat bagi yang membacanya. saya sadar
makalah ini masih banyak kekurangan, untuk itu saya sangat terbuka bagi kritik
dan saran demi perbaikan dimasa depan.
Akhirnya, saya ucapkan banyak terima
kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini. Saya
mohon maaf atas segala kekurangannya.
Wassalamu
Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Makassar,
Oktober 2012
Penyusun
DARWIYANI.B
DAFTAR
ISI
Kata
Pengantar .................................................................................... i
Daftar
Isi .............................................................................................. ii
Bab
I Pendahuluan .............................................................................. 1
A. Latar
Belakang ......................................................................... 1
B. Rumusan
Masalah .................................................................... 1
Bab
II Pembahasan .............................................................................. 2
A. Pengertian
Metodologi Penilitian Pendidikan ......................... 2
B. Jenis-jenis
Metodologi Penilitian Pendidikan .......................... 3
1.
Jenis penilitian berdasarkan pendekatan ............................ 3
2.
Jenis penilitian berdasarkan fungsinya ............................... 3
3.
Jenis penilitian berdasarkan tujuannya ............................... 5
Bab
III Penutup ................................................................................... 7
A. Simpulan
.................................................................................. 7
B. Saran
........................................................................................ 7
Daftar
Pustaka ..................................................................................... 8
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Pengetahuan tentang metode penelitian semakin bermanfaat dan
menjadi salah satu pendidikan yang penting bagi mahasiswa putra dan putri yang
sedang mengikuti kuliah di perguruan tinggi. Dengan adanya metode penilitian
ini dapat memberikan deskripsi, eksplanasi, prediksi, inovasi dan juga
dasar-dasar teoritis bagi pengembangan pendidikan. Dalam pendidikan yang baik
mampu meningkatkan kualitas bangsa, mengembangkan karakter, memberikan
keunggulan, dan kemampuan berkreasi. Didalam penilitian mampu menemukan,
mengembangkan, dan membuktikan kebenaran suatu pengetahuan. Dalam kegiatan
penilitian dirancang dan diarahkan untuk memecahkan suatu masalah tertentu,
yang dapat berupa jawaban masalah atau
dapat menentukan hubungan antara variabel-variabel penilitian. Dalam makalah
ini memuat tentang pengertian dari penelitian, metode penelitian dan
jenis-jenis metode penilitian. Makalah ini disusun guna menambah wawasan bagi
para pembaca mahasiswa khususnya mengenai pengertian dari penelitian, metode
penelitian dan jenis-jenis metode penilitian.
B. Rumusan
Masalah
1. Apa
pengertian metodologi penilitian pendidikan?
2. Sebutkan
jenis-jenis metodologi penilitian pendidikan?
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian
Metodologi Penilitian Pendidikan
“Kata metodologi (metodologi penelitian)
berasal dari bahasa Yunani yaitu methodos yang berarti cara atau menuju
suatu jalan sedangkan dalam Bahasa Inggrisnya berasal dari dua kata yakni method
dan logical. Method (metode) dalam Kamus Besar Bahasa
Indonesia berarti (1) cara teratur yang digunakan untuk melaksanakan suatu
pekerjaan agar tercapai sesuai dengan yang dikehendaki; cara kerja yang
bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yang
ditentukan; (2) sikap sekelompok sarjana terhadap bahasa atau linguistik,
misalnya metode preskriptif, dan komparatif. Logical berarti sesuai
dengan logika, benar menurut penalaran dan masuk akal. Sedangkan penelitian
dalam Bahasa Inggris yaitu research. Re berarti kembali dan search
berarti pencarian. Jika digabungkan maka research berarti pencarian
kembali. Sehingga dapat kita tarik kesimpulan bahwa metodologi penelitian adalah cara-cara yang
masuk akal untuk melakukan pencarian kembali. Dapat juga dikatakan bahwa
metodologi penelitian adalah prosedur yang dipakai dalam melakukan suatu
penelitian, dapat mengenai langkah-langkah kerja atau urutan”.(Idtesis, 2007)
Berdasarkan uraian diatas maka dapat dikemukakan bahwa
metode penelitian pendidikan dapat diartikan sebagai cara ilmiah untuk
mendapatkan suatu data yang valid atau data yang sebenarnya dengan tujuan dapat
di temukan, dikembangkan, dan dapat dibuktikan, suatu pengetahuan tertentu
sehingga pada gilirannya dapat digunakan untuk memahami, memecahkan dan
mengantisipasi suatu permasalahan dalam bidang pendidikan. (Sugiono dalam
Septian, 2009: 6)
Menurut Admin (2012) Penelitian yang dilakukan
untuk mendapatkan suatu informasi yang berguna dan dapat dipertanggungjawabkan
dalam proses pendidikan. Metode penelitian menggambarkan suatu rancangan
penelitian yang meliputi beberapa prosedur atau langkah-langkah yang harus
ditempuh, waktu penelitian, sumber data, serta dengan cara apa data tersebut
dapat diperoleh dan diolah/dianalisis. Dalam mempraktekkan suatu
penilitian terdapat beberapa metode yang biasa digunakan untuk kepentingan penelitian.
Menurut Sukmadinata (2012:164) Penilitian dalam bidang
pendidikan, pada umumnya tidak diarahkan pada pengembangan suatu produk, tetapi
ditunjukan untuk menemukan suatu pengetahuan baru yang terdapat dalam
fonomena-fenomena yang bersifat fundamental dan praktik-praktik pendidikan.
Dalam pemilihan dan penentuan suatu metode penilitian tidak dapat dipisahkan
dari tujuan dan perumusan masalah, apabila permasalahannya hanya difokuskan
pada satu variabel atau aspek yang tujuannya ingin mendapatkan suatu deskripsi
dari variabel atau aspek tersebut, maka metode yang harus digunakan adalah
metode deskriptif atau survai. Pemilihan pendekatan dan metode penilitian yang
digunakan, harus disusaikan dengan sifat masalah yang diteliti dan tujuan
penilitian.
B. Jenis-jenis Metodologi Penilitian
Pendidikan
Menurut
Sukmadinata (2012:12) jenis-jenis metodologi terbagi beberapa bagian, yaitu :
1. jenis penilitian berdasarkan
pendekatan
Penilitian
berdasarkan pendekatan dibedakan menjadi dua macam penilitian, yaitu
kuantitatif dan kualitatif. Didalam penilitian kuantitaf dan kualitatif
terdapat beberapa hal-hal yang harus diketahui yaitu :
a.
asumsi
tentang realita
b.
tujuan
penilitian
c.
metode
dan proses penilitian
d.
kajian
khas
e.
peranan
peniliti
f.
pentingnya
konteks dalam penilitian
2. jenis penilitian berdasarkan
fungsinya
penilitian
berdasarkan fungsinya memiliki fungsi utama yaitu mengembangkan ilmu
pengetahuan dan memperbaiki praktek. Dalam penilitian berdasarkan fungsinya
memiliki tiga macam penilitian, yaitu :
a.
penilitian
dasar
penilitian dasar (basic research)
disebut juga dengan penilitian murni (pure research) atau biasa juga disebut
penilitian pokok (fundamental research) yang diarahkan pada pengujian teori
yang hasilnya tidak menghubungkan untuk kepentingan praktik. Penilitian dasar
ini memberikan sumbangan yang besar terhadap pengembangan dan pengujian
teori-teori. Penilitian ini tidak diarahkan untuk memecahkan suatu masalah
sosial.
b.
Penilitian
tarapan
Dalam Penilitian tarapan (applied
research) yang harus diperhatikan kenyataan-kenyataan yang praktis, penerapan
dan pengembangan pegetahuan yang dihasilkan oleh penilitian dasar dalam
kehidupan yang nyata. Penilitian tarapan berfungsi untuk mencari solusi tentang
masalah-masalah dalam bidang tertentu. Penilitian ini menguji manfaat dari
teori-teori ilmiah, mengetahui hubungan empiris dan analitis dalam
bidang-bidang tertentu. Penilitian tarapan sama dengan penilitian dasar yang
bersifat abstrak dan umum dalam bidang
tertentu, dengan menggunakan bahasa yang lazim dalam bidang tersebut.
c.
Penilitian
evaluatif
Penilitian evaluatif (evaluation
research) difokuskan pada suatu kegiatan dalam suatu unit (site) tertentu.
Pelaksanaan penilitian evaluatif membutuhkan kemamouan untuk berkomunikasi
dengan bahasa yang praktis sesuai dengan sesuatu yang akan diteliti, tetapi jug
aterfokus pada segi-segi yang berarti pada penentu kebijakan dan mmnabtu para
pampinan untuk menentukan kebijakan. Penilitian evaluatif bersifat
generalisasi, sebab evaluasi lebih
terkait dengan kegiatan yang berlangsung dalam unit tertentu. Ada dua macam
dalam penilitian evaluatif yaitu penilitian tindakan (action research) dan
penilitian kebijakan (policy study).
3. Jenis penilitian berdasarkan
tujuannya
Penilitian berdasarkan tujuannya
dapat dibedakan beberapa, yaitu :
a.
Penilitian
deskriftif
Dalam Penilitian deskriftif
(descriftive research) ditujukan untuk mendeskripsikan suatu keadaan atau
fonomena-fonomena apa adanya. Para peniliti tidak melakukan manipulasi terhadap
objek penilitian. Dalam kegiatan penilitian deskriftif dapat digunakan dengan
pendekatan kuantitatif, pengumpulan dan pengukuran data yang berbentuk
angka-angka, atau bisa juga dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan
penggambaran suatu keadaan secara naratif
kualitatif dan dalam waktu yang singkat maupun dalam waktu yang panjang.
b.
Penilitian
prediktif
Belajar penilitian prediktif
ditunjukkan untuk memprediksi atau memperkirakan apa yang akan terjadi pada
saat akan datang berdasarkan hasil analisis keadaan saat ini. penilitian
prediktif bersifat korelasional (correlational studies) dan kecenderungan
(trend studies).
c.
Penilitian
improftif
Penilitian improtif (inprovetive
research) ditujukan untuk memperbaiki, meningkatkan atau menyempurnakan suatu
keadaan dalam pelaksanaan suatu program.
d.
Penilitian
eksplanatif
Penilitian eksplanatif (explanative
research) ditujukan untuk memberikan penjelasan tentang hubungan antar fonemena
atau variabel. Hubungan tersebut dikaji dalam penilitian korelasional dan
penilitian eksperimental.
BAB III
PENUTUP
A. Simpulan
Metodologi penelitian
adalah cara-cara yang masuk akal untuk melakukan pencarian kembali. Dapat juga
dikatakan bahwa metodologi penelitian adalah prosedur yang dipakai dalam
melakukan suatu penelitian, dapat mengenai langkah-langkah kerja atau urutan.
Metodologi penilitian terbagi menjadi beberapa jenis
yaitu jenis penilitian berdasarkan pendekatan, jenis penilitian berdasarkan
fungsinya, dan jenis penilitian berdasarkan tujuannya.
B. Saran
Saya selaku penyusun makalah ini menyadari bahwa
makalah ini masih memiliki banyak kekurangan. Untuk itu saya mohon kepada para
pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang membangun agar kemudian hari,
saya bisa lebih baik.
DAFTAR
PUSTAKA
Idtesis. 2007. Defenisi dan jenis-jenis Metodologi
Penilitian. http://idtesis.com/5355/tips-praktis/metodologi-penelitian-definisi.html/.
Tanggal 14-Oktober-2012
Admin. 2012. Metode Penilitian. http://belajarpsikologi.com/pendekatan-jenis-dan-metode-penelitian-pendidikan/.
Tanggal 14-Oktober-2012
Septian,
Adi Cahyo.2009. Metode Penilitian Pendidikan. http://diecahyouinyogya.blog.com/metode-penelitian-pendidikan/. Tanggal
14-Oktober-2012
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2012. Metode Penilitian Pendidikan. Bandung:
PT Remaja Rosdakarya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar