Selasa, 06 November 2012

TUGAS 2 (PENELITIAN EKSPRIMEN DAN TINDAKAN )


METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN



 



                       




Oleh:
PGSD V.A

KARTIKA SARI
Nim:1054 0041 8810





PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
2012

 
KATA PENGANTAR
            Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah Swt karena atas berkat dan rahmatnya Makalah Metodologi Penelitian Pendidikan ini dapat diselesaikan oleh penulis dengan baik dan lancar.
            Makalah tentang metodolgi penelitian ini,membahas tentang penelitian dan jenis-jenis penelitian yang terdiri dari tiga tinjauan.Agar mahasiswa mampu memahami proses penelitian maupun jenis-jenis penelitian dan untuk memudahkan mahasiswa dalam melakukan penelitian.
            Penulis menghaturkan terima kasih kepada ibu A.Syahtiani Jahrir S.Pd, M.Pd. atas bimbingannya dalam proses pembelajaran dan kepada teman –teman atas partisipasinya memberikan berbagai macam tanggapan dan pendapat tentang makalah ini sehingga makalah ini dapat diselesaikan.
            Penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam makalah ini,karena itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun demi penyempurnaan makalah selanjutnya.
                                                                       
                                                                                       Makassar, November 2012.
                                                                                                        Penulis,

                                                                                                  Kartika Sari


                                  DAFTAR ISI
Halaman Judul.................................................................................Halaman
Kata Pengantar................................................................................i
Daftar isi..........................................................................................ii
Bab I : Pendahuluan
A.    Latar Belakang............................................1
B.     Rumusan Masalah........................................1
Bab II .: Pembahasan
A.    Pengertian Penelitian Eksperimen.....................2
B.     Karakteristik,Bentuk dan Hal yang
 Merusakkan hasil Ekperimen..........................3
C.     Pengertian Penelitian Tindakan........................6
D.    Karakteristik,Tujuan dan Langkah penting
dalam Penelitian Tindakan................................6
E.     Jenis-Jenis Penelitian Tindakan.........................8
Bab III : Penutup
A.    Kesimpulan......................................................9
B.     Saran..............................................................12
                        DAFTAR PUSTAKA........................................................................13


 
                                                          BAB I
                                               PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
       Dalam penelitian eksperimen dan penelitian tindakan memerlukan pengetahuan yang luas karena dalam penelitian tersebut menyangkut tentang variabel dengan hubungan sebab akibat serta menyangkut dalam kehidupan profesi kehidupan sehari-hari untuk itu sebelum melakukan penelitian ekperimen dan penelitian tindakan pemahaman yang luas tentang apa itu penelitian eksperimen,penelitian tindakan,karakteristiknya,tujuannya dan prosesya sangat perlu untuk kita ketahui untuk memperlancar proses penelitian .
B.Rumusan Masalah
1.      Menjelaskan pengertian metode penelitian Eksperimen !
2.      Memahami karakteristik,bentuk dan hal yang merusak eksperimen !
3.      Menjelaskan Pengertian penelitan tindakan !
4.      Memahami karakteristik,tujuan dan langkah penting dalam penelitian tindakan!
5.      Menjelaskan jenis-jenis penelitian !
 
                                                                 BAB I
                                                        PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
       Dalam penelitian eksperimen dan penelitian tindakan memerlukan pengetahuan yang luas karena dalam penelitian tersebut menyangkut tentang variabel dengan hubungan sebab akibat serta menyangkut dalam kehidupan profesi kehidupan sehari-hari untuk itu sebelum melakukan penelitian ekperimen dan penelitian tindakan pemahaman yang luas tentang apa itu penelitian eksperimen,penelitian tindakan,karakteristiknya,tujuannya dan prosesya sangat perlu untuk kita ketahui untuk memperlancar proses penelitian .
B.Rumusan Masalah
1.      Menjelaskan pengertian metode penelitian Eksperimen !
2.      Memahami karakteristik,bentuk dan hal yang merusak eksperimen !
3.      Menjelaskan Pengertian penelitan tindakan !
4.      Memahami karakteristik,tujuan dan langkah penting dalam penelitian tindakan!
5.      Menjelaskan jenis-jenis penelitian !


                                                                   BAB II
                                                           PEMBAHASAN
A.Pengertian Metode Penelitian Eksprimen
            Menurut sukardi ,(2003:179) jika dibandingkan dengan Penelitian lain penelitian eksprimen adalah salah satu bentuk penelitian yang paling produktif  yang berkaitan dengan hubungan sebab-akibat apabila penelitian tersebut dilakukan dengan baik dan sangat memerlukan syarat yang relatif lebih ketat daripada penelitian lainnya ,hal ini berkaiatan dengan maksud peneliti yang ingin mengetahui dan menginginkan adanya kepastian untuk mendapatkan informasi tentang apa yang diteliti dan variabel mana yang menyebabkan sesuatu terjadi dan variabel mana yang memperoleh akibat dari terjadinya perubahan dalam suatu kondisi eksprimen. Sehinggga peneliti lebih bisa mengetahui dengan jelas sebab dan akibat dari penelitan yang dilakukannya dan mempermudah proses penelitiannya.Dengan demikian,hasil dari penelitian yang dilakukan secara eksprimen dapat memperoleh hasil yang akurat dan lebih mudah dipahami oleh orang lain serta sesuai dengan tujuan dan maksud dari peneliti.
            Menurut Sukmadinata, (2011:194) penelitian eksprimen sangat cocok untuk menguji hubungan sebab akibat terlebih jika kita ingin melakukan penelitian dalam ilmu kealaman karena memang pada dasarnya,awal munculnya penelitian eksprimen banyak digunakan dalam bidang tersebut dengan tujuan untuk mengetahui dan menguji pengaruh hubungan sebab- akibatnya.
            Sebelum melakukan penelitian eksperimen menurut Tahir,(2011:13) seorang peneliti terlebih dahulu harus menentukan variabel bebas dan variabel terikat untuk menyatakan hubungan sebab akibat diantara variabel-variabel tersebut.
            “Penelitian eksprimen dapat didefinisikan sebagai  metode sistematis          guna membangun hubungan yang mengandung fenomena sebab akibat.           Penelitian eksprimen merupakan metode inti dari model penelitian yang             menggunakan pendekatan kuantitatif.Dalam metode eksprimen ,peneliti             harus menggunakan tiga persyaratan yaitu kegiatan mengontrol,kegiatan     memanipulasi dan observasi.Dalam penelitian eksprimen,peneliti           membagi objek            atau subjek yang diteliti menjadi dua kelompok             yaitu    kelompok treatment yang mendapatkan perlakuan dan kelompok     control             yang tidak mendapatkan perlakuan"(Tahir,2011:13).
B.Karakteristik,bentuk dan hal yang  merusakkan hasil eksprimen
            Menurut (Ary,1985) dalam sukardi (2003:180) penelitian eksprimen memiliki ciri khas atau karakteristik dibandingkan dengan penelitian lainnya,karakteristik tersebut antara laian adalah:
1)      Variabel yang dimanipulasi artinya terdapat perlakuan yang dilakukan oleh peneliti terhadap suatu variabel dengan menentukan variabel mana yang mendapatkan perlakuan dan varibel mana yang  akan menjadi apa serta variabel mana yang tidak mendapatkan perlakuan.
2)      Mengontrol variabel artinya peneliti melakukan pengendalian terhadap suatu variabel lain agar tidak mempengaruhi penampilan dari variabel tersebut sehingga hasinya tidak memunculkan perbedaan yang signifikan artinya perbedaannya tidak terlalu jauh agar tetap konstan.
3)      Pengamatan secara langsung oleh peneliti artinya peneliti melakukan observasi atau pengamatan terhadap kedua kelompok untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang memungkinkan terjadinya perbedaan diantara kedua kelompok .
            Adapun hal yang dapat merusakkan hasil eksprimen menurut Sukardi(2003:188) yaitu jika peneliti dalam melakukan penelitian eksprimen tidak bisa memisahkan artinya tidak bisa mengontrol antara variabel yang diperlukan dari variabel luar disekitar hasil eksprimen.Untuk itu peneliti harus mengetahui validitas internal dan eksternal dalam proses penelitiannya yang merupakan syarat agar hasil suatu penelitian  eksprimen dapat mencapai hasil yang baik dan tidak bervariasi,dimana validitas internal adalah hasil langsung dari adanya manipulasi variabel bebas.sedangkan validitas eksternal adalah hasil penelitian yang secara tidak langsung.

            Dibawah ini adalah beberapa bentuk design penelitian Eksperimental















                                                                                      (Sugiono,2011:111)     
C.Pengertian Penelitian Tindakan
       Menurut Sukardi,(2003:210) Penelitian tindakan merupakan penelitian yang dapat dilakukan baik secara individual ataupun secara kelompok dan penelitian tindakan ini merupakan salah satu bentuk penelitian yang model penelitiannya muncul di tempat kerja ,yaitu tempat dimana seseorang peneliti melakukan pekerjaannya atau kegiatannya sehari-hari misalnya ,rumah sakit merupakan tempat penelitian bagi para dokter,kelas menjadi tempat penelitian bagi para Guru,dan penelitian ini bisa dilakukan di desa ataupun di kota  tempat masyarakat beraktifitas menjadi tempat penelitian bagi para penyuluh masyarakat. Melalui penelitian tindakan para peneliti tidak perlu meninggalkan tempat kerjanya ke tempat lain sehingga lebih mempermudah peneliti untuk memperbaiki kualitas kerjanya yaitu  mempelajari kondisi atau keadaan dalam lingkungan kerjanya melalui pengalaman kerja mereka dan pengalaman kerja tersebut dapat di akses oleh orang lain untuk memperbaiki kualitas kinerja mereka sendiri.
D.Karakteristik,Tujuan dan Langkah penting dalam Penelitian Tindakan
       Seperti halnya dengan penelitian yang lain penelitian tindakan memiliki karakteristik sendiri yaitu masalah dalam penelitian tindakan itu sendiri merupakan permasalahan yang dihadapi oleh peneliti yang berhubungan dengan profesinya sehari-hari,Permasalahan tersebut diberikan solusi dengan memberikan perlakuan yang dapat meningkatkan kualitas kerja dari subjek yang diteliti,adanya perencanaan yang terarah ,tersusun yang dapat menyebabkan adanya penelitian baik secara individual ataupun kelompok,dan selalu ada langkah berpikir secara reflektif.
       Adapaun tujuan penelitian tindakan  adalah untuk meningkatkan kualitas kerja seseorang dengan timbulnya kesadaran dari peneliti dan subjek yang diteliti,adanya manfaat langsung yang diperoleh dari tindakan nyata yang dilakukan untuk memperoleh informasi yang berkaitan dengan permasalahan yang dihadapi,terdapat pembelajaran melalui pengalaman nyata sehingga mereka berusaha meningkatkan secara professional maupun akademik dan menimbulkan keinginan untuk selalu melakukan penelitian jika terdapat permasalahan dalam kehidupannya sehari-hari karena penelitian tindakan ini dilakukan sambil bekerja di bidang yang ditekuninya.
       Dalam penelitian tindakan peneliti harus mengetahui langkah penting dalam penelitian tindakan yaitu  rencana,tindakan ,observasi,dan reflektif agar lebih memudahkan peneliti dalam melakukan penelitian.
a.Langkah perencanaan yang biasanya berorientasi kedepan,bertujuan untuk meningkatkan apa yang telah  terjadi pada saat itu.
b.Langkah tindakan yang terkontrol secara secara saksama yang didasarkan pada rencana rasional dan terukur.
c.Langkah observasi yang intensif untuk dapat mendokumentasi implikasi tindakan yang dilakukan kepada subjek.
d.Langkah reflektif,yang merupakan sarana untuk melakukan pengkajian kembali tindakan yang telah dilakukan terhadap subjek penelitian dan telah dicatat dalam observasi.
                                                                                 (Sukardi ,2003:211)
E.Jenis Penelitian Tindakan
       O’Brien dengan merujuk pada tulisan Emzir (2007:246)  dalam bukunya “Metodologi penelitian pendidikan kuantitataif dan kualitatif” membedakan jenis penelitian tindakan menjadi empat yaitu:
1.      Penelitian tindakan tradisional yang mementingkan adanya pertumbuhan hubungan yang menjaga suatu kondisi atau keadaan agar tetap terutama pada kekuatan suatu struktur organisasi.
2.      Penelitian tindakan kontekstual mementingkan hubungan antarorganisasi dimana semua pihak yang yang ada kaitannya dalam hubungan antarorganisasi masing-masing dilibatkan dengan memahami pekerjaan mereka secara keseluruhan agar terjadi perubahan yang lebih baik.
3.      Penelitian tindakan radikal ini mementingkan adanya keseimbangan dalam setiap pekerjaan dalam masyarakat dan menginginkan adanya perubahan pada masyarakat yang terpinggirkan sehingga terjadi keseimbangan dalam masyarakat.
4.      Penelitian tindakan bidang pendidikan memusatkan setiap permasalahan  yang terjadi harus melibatkan pendidik yang professional untuk memecahkan suatu masalah dalam masyarakat.
                                                                         BAB III
                                                                        PENUTUP
A.    Kesimpulan
1)      Penelitian eksprimen adalah suatu  penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang menyatakan adanya hubungan sebab- akibat  untuk memperoleh informasi dari permasalahan yang diteliti dengan mengetahui sebab dari permasalahan dan bagaimana akibat dari suatu permasalahan itu sendiri.
2)       Karakteristik penelitian eksperimen adalah variabel yang dimanipulasi,mengontrol variabel dan pengamatan secara langsung oleh peneliti.
Hal yang dapat merusak hasil eksperimen  yaitu jika peneliti dalam melakukan penelitian eksprimen tidak bisa memisahkan artinya tidak bisa mengontrol antara variabel yang diperlukan dari variabel luar disekitar hasil eksprimen dan hasil yang dicapai dalam penelitian dan hasil akhirnya  tidak dapat digeneralisasikan pada kondisi eksprimen yang berbeda sehingga tidak dimanipulasikan secara sistematis.
Beberapa bentuk design eksperimen antara lain adalah Pre-Experimental,Tru-Experimental,Factorial Experimental dan Quasi Experimental.
3)      Penelitian tindakan merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif  yang dapat dilakukan dalam kehidupan profesi sehari-hari dengan belajar dari pengalaman dengan berusaha memperbaiki kinerjanya menjadi lebih baik sehingga dapat mempengaruhi kualitas kerja orang lain menjadi lebih baik pula.
4)             Karakteristik penelitian tindakan diantaranya adalah  adanya perlakuan yang diberikan untuk memberikan solusi demi peningkatan kualitas kerja seseorang,adanya perencanaan yang terarah dan tersususun serta langkah berpikir yang reflektif,permasalahan yang dihadapi merupakan permasalahan dalam kehidupan profesi sehari-hari.
       Tujuan penelitian tindakan adalah untuk meningkatkan kualiatas kerja seseorang,meningkatkan kesadaran dan keinginan untuk melakukan penelitian jika terdapat permasalahan dalam profesinya karena penelitian ini dilakukan dibidang yang ditekuninya dan terdapat pengalaman yang berharaga yang dapat dijadikan pembelajaran untuk meningkatkan kinerjanya menjadi lebih baik.
           Langkah penting dalam penelitian tindakan antara lain:
               a.Langkah perencanaan yang biasanya berorientasi    kedepan,bertujuan untuk             meningkatkan apa yang telah  terjadi pada saat itu.
           b.Langkah tindakan yang terkontrol secara secara saksama yang      didasarkan pada rencana rasional dan terukur.
            c.Langkah observasi yang intensif untuk dapat mendokumentasi     implikasi tindakan yang dilakukan kepada subjek.
 5) Jenis-jenis penelitian tindakan yaitu:
      1.Penelitian tindakan tradisional yang mementingkan adanya  pertumbuhan hubungan yang menjaga suatu kondisi atau keadaan  agar tetap terutama pada kekuatan suatu struktur organisasi.
      2.Penelitian tindakan kontekstual mementingkan hubungan antarorganisasi dimana semua pihak yang yang ada kaitannya dalam hubungan antarorganisasi masing-masing dilibatkan dengan memahami pekerjaan mereka secara keseluruhan agar terjadi perubahan yang lebih baik.
      3.Penelitian tindakan radikal ini mementingkan adanya keseimbangan dalam setiap pekerjaan dalam masyarakat dan menginginkan adanya perubahan pada masyarakat yang       terpinggirkan sehingga terjadi keseimbangan dalam masyarakat.
      4.Penelitian tindakan bidang pendidikan memusatkan setiap permasalahan  yang terjadi harus melibatkan pendidik yang  professional untuk memecahkan suatu masalah dalam masyarakat.
B.     Saran
       Dalam melakukan penelitian eksprimen dan penelitian  tindakan sebelumnya kita harus mengetahui dan memahami  penelitian tersebut termasuk karakteristik,desain,model dan lain-lainnya sehingga kita bisa melakukan proses penelitian sesuai dengan langkah-langkah penelitian eksprimen dan tindakan agar hasil penelitian kita bisa akurat dan tentunya dipahami oleh orang lain.


                                             DAFTAR PUSTAKA
Emzir.2011.Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan        Kualitatif.Jakarta:Rajawali Pers.
Sugiyono.2011.Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods).Yogyakarta:Alafabeta.
Sukmadinata,Syaodih,Nana.2011.Metode Penelitian Pendidikan.Bandung:Rosda.
Sukardi.2003.Metodologi Penelitian Tindakan.Yogyakarta:Bumi Aksara.
Tahir,2012.“Pengantar metodologi Penelitian Pendidikan”.Makassar:Jurusan Pendidikan       Sosiologi FKIP Unismuh Makassar.




     


                                                      



           

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar