Selasa, 06 November 2012

TUGAS 2 ( SOAL JAWAB 3 NOMOR TENTANG PENGGOLONGAN PENDEKATAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF , VARIABEL BEBAS DAN TERIKAT, 1 JUDUL VARIABEL BEBAS DAN TERIKAT )



1.      Di dalam penelitian terdapat 6 jenis, golongkan yang termasuk pendekatan kualitatif dan yang termasuk pendekatan kuantitatif !
Jawab :
·         Pendekatan Kualitatif :
ü  Penelitian Deskriptif
ü  Penelitian Studi Kasus
ü  Penelitian Tindakan
·         Pendekatan Kuantitatif :
ü  Penelitian Survei
ü  Penelitian Korelasional
ü  Penelitian Eksprimen
2.      Jelaskan pengertian variabel bebas dan variabel terikat !
Jawab :
·         Variabel bebas (Independent Variables / IV) adalah  Suatu variabel yang menyebabkan atau menjadi sebab bagi berubahnya variabel lain (Dependent Variables / DV). Apabila Independent Variables / IV mengalami perubahan maka Dependent Variables / DV juga mengalami perubahan. Variabel bebas memberikan stiumulus dalam perubahan variabel lain. Banyak istilah yang digunakan untuk penyebutan istilah variabel bebas, sinonim dari variabel bebas diantaranya variabel penyebab (independent variables). Variabel bebas biasanya dipilih oleh peneliti untuk menentukan hubungannaya dengan suatu gejala yang diobservasi.
·         Variabel terikat (Dependen Variables / DV) adalah  variabel yang dipengaruhi atau menjadi akibat karena adanya variabel lain (variabel bebas). Juga sering disebut variabel terikat, variabel respons atau endogen. Variabel dependen atau terikat sering juga disebut variabel criteria, respond an output (hasil). Variabel dependen (DV) merupakan variabel yang dipengaruhi atau yang menjadi akibat, karena adanya variabel independent (bebas) . Ada pula yang mengistilahkan Variabel Terikat (Dependent Variables / DV) dengan variabel tergantung. Variabel tergantung memberikan reaksi / respon jika dihubungkan dengan varibel bebas. Variabel tergantung adalah adalah variable yang faktornya diamati dan diukur untuk menentukan pengaruh yang disebabkan oleh varaibel bebas.

3.      Buatlah 1 judul variabel bebas dan variabel terikat beserta dengan alasannya !
Jawab :
Judul               :
Pengaruh Penguasaan Materi Pelajaran oleh Guru terhadap Hasil Belajar Siswa
                  Alasannya       :
Berbicara tentang yang mana variabel bebas dan yang mana variabel terikat pasti sudah jelas, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu variabel bebas dan apa itu variabel terikat, dan diatas soal no. 2 perbedaan antara variabel bebas dan variabel terikat sudah jelas. Variabel bebas adalah suatu variabel yang menyebabkan atau memengaruhi berubahnya variabel lain. Sedangkan variabel terikat adalah suatu variabel yang dipengaruhi atau menjadi akibat karena adanya variabel lain. Jadi judul yang saya angkat adalah “Pengaruh Penguasaan Materi Pelajaran oleh Guru terhadap Hasil Belajar Siswa “. Dan disini pasti sudah jelas bahwa yang menjadi variabel bebas adalah Penguasaan Materi Pelajaran, dan yang menjadi variabel terikat adalah Hasil Belajar Siswa, sebab penguasaan materi seorang Guru pasti memengaruhi hasil belajar siswa. Jika seorang Guru tidak menguasai materi yang akan diajarkan kepada siswanya  otomatis hasil belajar siswa tidak optimal.

     


Tidak ada komentar:

Posting Komentar