Selasa, 06 November 2012

Tugas 2 (Soal Metodologi Penelitian Pendidikan)


Tugas Metodologi Penelitian Pendidikan
Soal
  1. Ada 6 penelitian yaitu penelitian deskriptif, studi kasus, penelitian survei, studi korelasional, penelitian eksperimen, dan penelitian tindakan. Golongkan yang mana pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif?
  2. Jelaskan yang dimaksud dengan variabel bebas dan variabel terikat?
  3. Berikan satu contoh yang mana variabel terikat dan mana variabel bebas?

Jawaban:
  1. Yang termasuk kedalam pendekatan kualitatif dan kuantitatif yaitu sebagai berikut:


Pendekatan Kualitatif
Pendekatan Kuantitatif
Studi Kasus
Penelitian Tindakan

Penelitian Deskriptif
Penelitian Survei
Studi Korelasional
Penelitian Eksperimen

  1. Pengertian variabel bebas dan variabel terikat
  1. Variabel bebas adalah variabel yang menyebabkan atau mempengaruhi, yaitu faktor-faktor yang diukur, dimanipulasi, atau dipilih oleh peneliti untuk menentukan hubungan antara fenomena yang di observasi atau diamati.
  2. Variabel terikat adalah faktor-faktor yang di observasi dan diukur untuk menentukan adanya pengaruh variabel bebas, yaitu faktor yang muncul dan tidak muncul, atau berubah sesuai dengan yang diperkenalkan oleh peneliti.

  1. contoh variabel terikat dan variabel bebas
Seorang guru ilmu pengetahuan sosial (IPS) di suatu sekolah dasar X ingin melakukan suatu penelitian yang melihat dampak variasi pembelajaran IPS terhadap hasil belajar siswa. Secara khusus, pengaruh strategi pembelajaran terhadap hasil belajar konsep. Peneliti ingin menguji pengaruh apakah strategi pembelajaran pemerolehan konsep melalui contoh noncontoh memiliki hasil belajar yang berbeda dalam pembelajaran IPS tersebut.
Judul           : Hasil belajar konsep antara subjek yang dibelajarkan dengan strategi pengajaran melalui contoh dan noncontoh lebih tinggi jika dibandingkan dengan subjek yang dibelajarkan melalui konsep saja.
Variabel bebas : Strategi pembelajaran konsep melalui contoh noncontoh dan contoh.
Variabel terikat : Hasil belajar konsep
Alasannya yaitu strategi pembelajaran konsep melalui contoh noncontoh dan contoh adalah variable bebas karena hal ini dianggap sebagai penyebab atau yang dapat mempengaruhi variable terikat yaitu hasil belajar konsep.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar