Selasa, 06 November 2012

TUGAS 1 (PENGERTIAN DAN JENIS-JENIS METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN)


KATA    PENGANTAR

      Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah Swt karena atas berkat Rahmat dan Hidayah-Nyalah, sehingga saya bisa menyelesaikan penyusunan makalah ini.

       Makalah ini saya susun sebagai tugas dalam mata kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan. Saya menyadari bahwa makalah ini masih sangat  jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.

       Akhir kata saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir.  Semoga makalah ini dapat memberikan manfaat dan ilmu pengetahuan  bagi para pembaca. Semoga Allah Swt senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.

                                                                                                Penyusun,  Oktober 2012

  
                                                                                                          WAHYUNI

DAFTAR ISI

Kata Pengantar  .......................................................................................................................      i
Daftar Isi                                                                                                                                        ii
Bab   I     Pendahuluan ............................................................................................................      1
                  A. Latar Belakang..................................................................................................      1
                   B. Rumusan Masalah.............................................................................................      2
Bab   II  Pembahasan...............................................................................................................      3    
A.  Pengertian Metodologi Penelitian Pendidikan....................................................      3
B.  Jenis – Jenis Metodologi Penelitian Pendidikan.................................................      5
a.       Penelitian Berdasarkan Pendekatan..............................................................      5
b.      Penelitian Berdasarkan Fungsinya................................................................      6
c.       Penelitian Berdasarkan Tujuannya................................................................      7
Bab   III   Penutup....................................................................................................................      9
A.    Simpulan............................................................................................................      9
B.     Saran..................................................................................................................      9

Daftar Pustaka..........................................................................................................................      11
BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Pada hakekatnya penelitian diawali dari hasrat keingintahuan peneliti yang dinyatakan dalam bentuk pertanyaan atau permasalahan. Setiap pertanyaan atau permasalahan  tersebut perlu jawaban atau pemecahan. Dari jawaban dan pemecahan  tersebut peneliti memperoleh pengetahuan yang benar mengenai suatu masalah. Pengetahuan yang benar adalah yang dapat diterima akal dan berdasarkan fakta empirik. Untuk memperolehnya harus mengikuti kaidah-kaidah dan sesuai dengan logika, dan dalam pelaksanaannya diwujudkan melalui penalaran. Pengetahuan yang benar tersebut disebut juga pengetahuan ilmiah atau ilmu. Dengan demikian penelitian  ilmiah adalah suatu metode ilmiah untuk memperoleh pengetahuan menggunakan penalaran. Penalaran tersebut dilaksanakan melalui prosedur logika deduksi dan induksi. Dengan pengetahuan tersebut dapat digunakan untuk berbagai keperluan, antara lain untuk pengembangan pengetahuan dan teknologi, perencanaan pembangunan dan untuk pemecahan masalah-masalah dalam kehidupan manusia.



B.     Rumusan Masalah

1)      Jelaskan pengertian metodologi penelitian pendidikan !
2)      Sebutkan jenis – jenis metodologi penelitian pendidikan !





BAB II
PEMBAHASAN

A.      Pengertian Metodologi Penelitian Pendidikan

Metodologi adalah ilmu atau cara yang digunakan oleh seseorang untuk memperoleh suatu kebenaran menggunakan penelusuran dengan tata cara tertentu  tergantung dari realitas yang sedang dikaji (Mitha :2012).

Penelitian atau research berasal dari bahasa Inggris yang terdiri dari dua suku kata yaitu: kata re yang berarti kembali  dan kata   search yang berarti mencari. Dengan demikian research berarti  mencari kembali yang menunjukkan adanya proses berbentuk siklus bersusun yang selalu berkesinambungan. Penelitian dimulai karena adanya rasa atau hasrat keingintahuan dan permasalahan, dilanjutkan dengan pengkajian landasan teoritis yang terdapat dalam kepustakaan untuk mendapatkan jawaban sementara atau hipotesis. Selanjutnya direncanakan dan dilakukan pengumpulan data untuk menguji hipotesis yang akan diperoleh kesimpulan dan jawaban permasalahan. Dalam proses pemecahan masalah dan dari jawaban permasalahan tersebut akan timbul permasalahan baru,  sehingga akan terjadi siklus secara berkesinambungan ( Wibowo:2012).


 “Penelitian pendidikan adalah  kegiatan yang dilakukan secara sistematis, logis, dan berencana untuk mengumpulkan, mengolah, menganalisis dan menyimpulkan data dengan menggunakan metode tertentu untuk mencari jawaban atas permasalahan yang timbul dalam bidang pendidikan” (Hadi dalam Rianto, 1998:12).

“Metode penelitian pendidikan adalah  cara ilmiah untuk mendapatkan data yang valid dengan tujuan dapat di temukan, dikembangkan, dan dapat dibuktikan, suatu pengetahuan tertentu sehingga pada gilirannya dapat digunakan untuk memahami, memecahkan dan mengantisipasi masalah dalam bidang pendidikan” (Sugiono dalam Rianto, 2009: 6)

Menurut Sukmadinata (2012: 2). Minimal ada empat hal yang menyebabkan seseorang melakukan penelitian yaitu:
1)      Karena tingkat pengetahuan, pemahaman dan kemampuan manusia sangat terbatas, dibandingkan dengan lingkungannya yang begitu luas.
2)      Karena manusia memiliki rasa ingin tahu yang tinggi tentang sesuatu. Bagi kebanyakan orang, jawaban – jawaban sepintas dan sederhana mungkin sudah memberikan kepuasan tetapi bagi orang tertentu, para ilmuwan, peneliti atau para pemimipin membutuhkan jawaban yang lebih mendalam, lebih rinci, dan lebih komprehensif.
3)      Karena manusia di dalam kehidupannya selalu dihadapkan kepada masalah, tantangan dan ancaman, baik di dalam dirinya, keluarganya ataupun di lingungan tempat ia berada.
4)      Karena manusia merasa tidak puas dengan apa yang telah dicapai, dikuasai dan dimilikinya, ia selalu ingin yang lebih baik.
B.   Jenis – Jenis Metodologi Penelitian Pendidikan

Menurut Sukmadinata (2012: 12-13) jenis – jenis metodologi penelitian pendidikan  terdiri atas :
a.    Penelitian berdasarkan pendekatan
Penelitian berdasarkan pendekatan  terdiri atas dua yaitu:
1)      Penelitian Kuantitatif
Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang didasarkan atas konsep positivisme yang bertolak dari asumsi bahwa realita bersifat tunggal, stabil, lepas dari kepercayaan dan perasaan- perasaaan individual. Adapun tujuan dilakukannya penelitian kuantitatif yaitu untuk  mencari hubungan dan menjelaskan penyebab terjadinya suatu  perubahan dalam fakta – fakta sosial yang terukur. Penelitian kuantitatif menggunakan rancangan penelitian eksperimental atau korelasional sebagai kajian khasnya hal ini dilakukan untuk mengurangi kekeliruan.

2)      Penelitian Kualitatif
Penelitian kualitatif adalah penelitian yang didasari oleh konstruktivisme yang memiliki pandangan bahwa realita bersifat jamak dan merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisah- pisahkan. Adapun tujuan dilakukannya penelitian kualitatif yaitu untuk memahami fenomena- fenomena sosial dari perspektif. Penelitian kualitatif menggunakan rancangan penelitian terbukayang disempurnakan selama pengumpulan data.

b.    Penelitian berdasarkan fungsinya
Menurut Sukmadinata (2012: 14-16) penelitian berdasarkan fungsinya terdiri atas tiga yaitu:
1)   Penelitian Dasar
Penelitian dasar  adalah  penelitian murni atau penelitian pokok yang diarahkan pada pengujian teori dengan hanya sedikit atau tanpa menghubungkan hasilnya untuk kepentingan praktik. Pebelitian dasar tidak diarahkan untuk memecahkan masalah – masalah sosial. Hasil dari penelitian dasar ini sangat mempengaruhi kehidupan praktis setelah waktu periode tertentu, sebab pengetahuan baru secara tidak langsung akan mempengaruhi pemikiran dan persepsi orang, akibatnyabisa mempengaruhi atau tidak mempengaruhi perbuatan. Adapun tujuan dari penelitian dasar yaitu untuk menambah pengetahuan kita dengan prinsip – prinsip dasar dan hukum – hukum ilmiah serta dapat meningkatkan pencarian dan metodologi ilmiah.
2)   Penelitian Terapan
Penelitian terapan adalah penelitian yang berhubungan dengan kenyataan – kenyataan praktis, penerapan dan pengembangan pengetahuan yang dihasilkan oleh  penelitian dasar dalam kehidupan nyata. Penelitian terapan berfungsi untuk menguji manfaat dari teori – teori ilmiah dan untuk mengetahui hubungan empiris dan analitis dalam bidang – bidang tertentu. Penelitian ini difokuskan pada pengetahuan teoritis dan praktis dalam bidang tertentu, bukan pengetahuan yang bersifat universal. Penelitian terapan mendorong penelitianlebih lanjut, menyarankan teori dan praktek baru serta mendorong pengembangan metodologi.
3)   Penelitian Evaluatif
Penelitian  evaluatif adalah penelitian yang difokuskan pada suatu kegiatan dalam suatu unit tertentu. Kegiatan ini dapat berbentuk  program, proses ataupun hasil kerja. Sedangkan unit dapat berupa tempat, organisasi, ataupun lembaga. Pelaksanaan penelitian evaluatif membutuhkan kemampuan komunikasi dengan berbahasa praktis sesuai dengan situasi yang diteliti, tetapi juga terfokus pada segi –segi yang berarti bagi para penentu kebijakan. Hasil dari penelitian evaluatif kurang bersifat generalisasi. Hal ini disebabkan karena evalusi lebih terkait dengan kegiatan yang berlangsung dalam unit tertentu.

c.    Penelitian berdasarkan tujuannya
          Menurut Sukmadinata (2012: 18-20) penelitian berdasarkan tujuannya terdiri atas  empat yaitu:
1)   Penelitian Deskriptif
Penelitian deskriptif adalah penelitian yang dilakukan untuk mendeskripsikan atau memberikan gambaran mengenai suatu  keadaan atau fenomena yang sesungguhnya atau fenomena yang sebenarnya. Dalam penelitian ini para peneliti tidak melakukan manipulasi terhadap objek penelitian, semua kegiatan atau peristiwa berjalan seperti apa adanya.
2)   Penelitian Prediktif
Penelitian prediktif adalah penelitian yang bertujuan untuk memprediksi atau memperkirakan apa yang akan terjadi atau berlangsung pada masa yang akan dating berdasarkan hasil analisis keadaan saat ini. Penelitian ni dilakukan melalui penelitian yang bersifat korelasional dan kecenderungan. Penelitian prediktif dapat juga dilakukan melalui studi kecenderungan. Dengan melihat perkembangan selama jangka waktu tertentu., pada saat ini ataupun pada masa lalu dapat dilihat kecenderungannya pada masa yang akan datang.
3)   Penelitian Improftif
Penelitian improftif adalah penelitian yang ditujukan untuk memperbaiki, meningkatkan atau menyempurnakan suatu keadaan, atau pelaksanaan suatu program.
4)      Penelitian Eksplanatif
Penelitian eksplanatif adalah penelitian yang bertujuan untuk memberikan penjelasan tentang hubungan antar fenomena atau variabel. Dalam penelitian variabel adalah suatu hal, fakta, peristiwa, perkembangan dan konflik yang sering kita hadapi dalam kehidupan kita. Sedangkan variabel dalam pendidikan bisa berupa guru mengajar, membimbing dan mengevaluasi, murid belajar, bolos ataupun kelas yang sempit.

BAB III
PENUTUP
A.      Simpulan
Metodologi  penelitian pendidikan adalah  cara ilmiah yang dilakukan oleh seseorang  untuk mendapatkan data yang valid dengan tujuan untuk menemukan, mengembangkan dan membuktikan suatu pengetahuan tertentu, sehingga pada gilirannya dapat digunakan untuk memahami, memecahkan dan mengantisipasi masalah dalam bidang pendidikan.
Jenis – jenis metodologi penelitian pendidikan dapat dibedakan berdasarkan pendekatan, fungsi dan tujuannya. Penelitian berdasarkan pendekatan terdiri dari penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif, penelitian berdasarkan fungsinya terdiri dari penelitian dasar, penelitian terapan dan  penelitian evaluatif. Sedangkan penelitian berdasarkan tujuannya terdiri dari penelitian deskriptif,  penelitian prediktif,  penelitian improftif dan penelitian eksplanatif.

B.       Saran
          Saya  menyadari bahwa dalam pembuatan makalah ini masih banyak terdapat kekurangan dan masih sangat jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, kiranya pembaca dapat memberikan kritik dan saran kepada saya untuk perbaikan pembuatan makalah selanjutnya. Mudah-mudahn makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua.


DAFTAR PUSTAKA

Wibowo, Teguh. 2012.  Jenis – Jenis Penelitian Pendidikan Berdasarkan Metode/.http://sinau-ok.blogspot.com/2012/01/jenis-jenis-penelitian-pendidikan.html.  14 Oktober 2012.
Sukmadinata, Nana Syaodi. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rianto, Selamet. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. http://mbegedut.blogspot.com/2010/11/metode-penelitian-pendidikan.html.  16 Oktober 2012.
Mitha. 2012. Pengertian Metode  dan Meodologi Penelitian dan Perbedaannya. http://contohskripsi-makalah.blogspot.com/2012/06/apa-yang-dimaksud-metode-dan-metodologi-penelitian-dan-perbedaannya.html. 17 Oktober 2012.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar