Selasa, 06 November 2012

TUGAS 2 (SOAL METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN)


1)      Dari 6 penelitian yang mana termasuk penelitian kuantitatif dan kualitatif!
Jawab: a.  Yang termasuk  penelitian kualitatif yaitu:
1.   Penelitian Deskriptif
2.   Studi Kasus
3.   Penelitian Tindakan
b. Yang termasuk penelitian kuantitatif yaitu :
1. Penelitian Survei
2.  Penelitian Eksperimen
3. Studi Korelasional

2)      Jelaskan yang dimaksud dengan variabel bebas  dan variabel terikat !
Jawab: a. Variabel bebas  atau variabel penyebab (independent variables) adalah  variabel yang menyebabkan atau mempengaruhi, yaitu faktor-faktor yang diukur, dimanipulasi atau dipilih oleh peneliti untuk menentukan hubungan antara fenomena yang diobservasi atau diamati. Atau disebut juga variabel masukan (input), yang dimanipulasi, diberi perlakuan (treatmen) atau dorongan (stimulus).
b. Variabel terikat atau variabel tergantung (dependent variables) adalah faktor-faktor yang diobservasi dan diukur untuk menentukan adanya pengaruh variabel bebas, yaitu faktor yang muncul, atau tidak muncul, atau berubah sesuai dengan yang diperkenalkan oleh peneliti.




Variabel terikat (dependent variables) disebut juga sebagai variabel hasil (output), akibat (outcome), atau tanggapan, jawaban (response).
3)      Berikan satu contoh judul penelitian yang terdapat variabel bebas dan variabel terikat. Dan berikan alasannya!
Jawab: Contoh judul penelitian yang terdapat variabel bebas dan variabel terikat yaitu:
a.       Judul Penelitian:  Hubungan antara kemampuan membaca  dengan hasil belajar siswa kelas 4 SD  dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia.
b.      Identifikasi variabel:
Variabel Bebas (X)            : Kemampuan membaca
Variabel Terikat (Y)          : Hasil Belajar
Kemampuan membaca merupakan variabel bebas, alasannya karena kemampuan membaca dapat mempengaruhi atau mengakibatkan hasil belajar seseorang meningkat ataupun berkurang. Sedangkan hasil belajar merupakan variabel terikat karena hasil belajar merupakan hasil atau akibat yang diperoleh dari variabel bebas. Atau hasil yang diperoleh dari kemmapuan membaca siswa kelas 4 SD. Semakin tinggi tingkat kemampuan siswa kelas 4 SD membaca maka semakin tinggi pula hasil belajarnya atau nilai yang diperoleh dalam pembelajaran Bahasa Indonesia jauh baik. Atau pengetahuan yang diperoleh siswa kelas 4 SD yang kemampuan membacanya tinggi jauh lebih baik.
Begitu pula sebaliknya semakin rendah tingkat kemampuan membaca siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia maka akan semakin rendah pula nilai yang akan diperoleh dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar