1) Dari
6 penelitian yang mana termasuk penelitian kuantitatif dan kualitatif!
Jawab:
a. Yang termasuk penelitian kualitatif yaitu:
1.
Penelitian Deskriptif
2.
Studi Kasus
3.
Penelitian Tindakan
b. Yang termasuk
penelitian kuantitatif yaitu :
1. Penelitian Survei
2. Penelitian Eksperimen
3.
Studi Korelasional
2) Jelaskan
yang dimaksud dengan variabel bebas dan
variabel terikat !
Jawab:
a. Variabel bebas atau variabel penyebab (independent variables)
adalah variabel yang menyebabkan atau
mempengaruhi, yaitu faktor-faktor yang diukur, dimanipulasi atau dipilih oleh
peneliti untuk menentukan hubungan antara fenomena yang diobservasi atau
diamati. Atau disebut juga variabel masukan (input), yang dimanipulasi, diberi
perlakuan (treatmen) atau dorongan (stimulus).
b.
Variabel terikat atau variabel tergantung (dependent variables) adalah
faktor-faktor yang diobservasi dan diukur untuk menentukan adanya pengaruh
variabel bebas, yaitu faktor yang muncul, atau tidak muncul, atau berubah
sesuai dengan yang diperkenalkan oleh peneliti.
Variabel
terikat (dependent variables) disebut juga sebagai variabel hasil (output),
akibat (outcome), atau tanggapan, jawaban (response).
3) Berikan
satu contoh judul penelitian yang terdapat variabel bebas dan variabel terikat.
Dan berikan alasannya!
Jawab: Contoh judul penelitian yang
terdapat variabel bebas dan variabel terikat yaitu:
a. Judul
Penelitian: Hubungan antara kemampuan
membaca dengan hasil belajar siswa kelas
4 SD dalam mata pelajaran Bahasa
Indonesia.
b. Identifikasi
variabel:
Variabel Bebas (X) : Kemampuan membaca
Variabel Terikat (Y) : Hasil Belajar
Kemampuan membaca merupakan variabel
bebas, alasannya karena kemampuan membaca dapat mempengaruhi atau mengakibatkan
hasil belajar seseorang meningkat ataupun berkurang. Sedangkan hasil belajar
merupakan variabel terikat karena hasil belajar merupakan hasil atau akibat
yang diperoleh dari variabel bebas. Atau hasil yang diperoleh dari kemmapuan
membaca siswa kelas 4 SD. Semakin tinggi tingkat kemampuan siswa kelas 4 SD
membaca maka semakin tinggi pula hasil belajarnya atau nilai yang diperoleh dalam
pembelajaran Bahasa Indonesia jauh baik. Atau pengetahuan yang diperoleh siswa
kelas 4 SD yang kemampuan membacanya tinggi jauh lebih baik.
Begitu pula sebaliknya semakin rendah
tingkat kemampuan membaca siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia maka akan
semakin rendah pula nilai yang akan diperoleh dalam mata pelajaran Bahasa
Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar